Pengertian Pastry Menurut Para Ahli Meliputi Jenis Jenis Pastry dan Hubungan Kerja Pastry Dengan Departemen lain


Pengertian Pastry (Patiseri)

Pastry atau patiseri adalah salah satu pengetahuan didaam sebuah pengolahan dan penyajian makanan, terutama pada proses serta pada berbagai jenis kue. Patiseri tersebut berasal dari bahasa Prancis yaitu, “Patisserie” yang memiliki arti kue-kue.
Oleh karena itu Patiseri atau pastry ini dapat diartikan sebagai ilmu yang mempelajari mengenai seluk beluk kue kontinel baik, itu oriental serta juga kue Indonesia entah itu mulai dari persiapan, pengolahan sampai pada presentasi.Pastry di dunia perhotelan merupakan salah satu departemen f & b. Dan produknya itu memiliki tugas membuat kue juga dessert kue untuk keperluan seperti sarapan, coffe break, makan siang dan makan malam.
Bakery di perhotelan adalah salah satu bagian dari kue. Pekerjaan itu membuat berbagai roti untuk keperluan seperti kue, sarapan, coffe break, makan siang serta juga makan malam.

Pengertian Pastry Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah pengertian pastry menurut para ahli, yaitu:
  • Adjab Subagjo (2007 :87)

Menurut Adjab Subagjo didalam bukunya Management Pengolahan Kue dan Roti. Pastry adalah suatu bagian dari food product atau dapur yang terdapat di dalam lingkup food and beverage department yang memiliki tugas didalam pembuatan dessert atau juga makanan penutup, snack atau makanan pengirim minuman, seperti misalnya kue dan roti.
  • Menurut Bartono (2005 :164)

Menurut Bartono dalam bukunya Food Product Management di Hotel dan Restoran. Pastry adalah suatu bagian dari dapur yang memproduksi itu khususnya pada berbagai jenis roti, cake dan juga dessert.


Jenis Jenis Pastry


1. Choux Pastry
Di Indonesia, choux pastry atau yang lebih dikenal sebagai kue sus ini sering kita temukan di dalam snack box di berbagai acara. Jenis pastry ini berbeda dari yang lainnya, choux pastry dimasak di panci tanpa digiling ataupun dilipat sebelumnya. Cara membuat choux pastry yaitu masak mentega dan air sampai meleleh lalu tambahkan tepung terigu. Aduk hingga merata dan tidak lengket, lalu dibentuk. Choux pastry memiliki tekstur yang lembut dan kosong bagian dalamnya yang biasa diisi dengan vla atau krim.

2. Croissant Pastry

Untuk para penikmat kopi atau mereka yang sering mengunjungi coffee shop, pastry jenis ini pasti sering mereka temukan. Croissant pastry ini biasa disajikan untuk sarapan sebagai pendamping kopi atau teh. Pastry ini terbuat dari tepung terigu dan lemak (bisa mentega atau minyak) lalu ditambahkan ragi. Untuk membuat croissant, dibutuhkan kesabaran karena memerlukan waktu setidaknya 30 menit untuk pengistirahatan. Dari segi bentuk, pastry ini paling mudah dikenali karena berbentuk bulan sabit.

3. Puff Pastry


Tidak kalah populer dibandingkan dengan choux dan croissant, puff pastry juga mudah untuk ditemukan. Puff pastry terbuat dari campuran terigu dan lemak (dari margarin atau minyak). Berlapis tipis dengan tekstur yang ringan dan renyah menjadi ciri khas dari pastry ini. Lapisan terbentuk karena adonan dasar pastry diolesi lemak dan dilipat berkali-kali. Sehingga, setelah dipanggang hasilnya akan berlapis-lapis dan terasa renyah. Puff pastry dapat diolah manis maupun asin.

4. Short Pastry

Short pastry atau kue pie merupakan jenis pastry yang cukup banyak digemari di Indonesia. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis pie, yang paling sering ditemui yaitu kue pie dengan potongan buah-buahan segar di atasnya. Short pastry mengandung lemak lebih banyak dibandingkan dengan pastry lainnya. Terbuat dari tepung terigu, lemak, gula, garam, dan air.

5. Phyllo Pastry

Phyllo terlihat sangat mirip dengan puff pastry, adonan yang digunakan pun sama dengan puff, hanya saja phyllo menggunakan minyak yang lebih sedikit. Phyllo pastry biasa dikonsumsi sebagai pengganti puff untuk mengurangi konsumsi lemak. Setelah dipanggang hasilnya akan berlapis tipis dan terasa sangat renyah.

6. Danish Pastry

Danish pastry mirip dengan croissant, tetapi pembuatannya tidak membutuhkan waktu yang lama seperti croissant. Untuk adonan, sama seperti croissant, danish pastry juga menggunakan ragi untuk membuat adonan mengembang saat dipanggang.





Hubungan Kerja Pastry Dengan Departemen lain

Dalam suatu hotel pastry termasuk bagian dari food and beverage department di bawah departemen food product atau kitchen. Maka dalam operasionalnya tidak akan terlepas dari hubungan kerjasama dengan department lain yang ada di hotel.Hubungan kerja ini dilakukan agar dapat memperlancar aktifitas yang ada di hotel.Adapun hubungan kerja pasrty dengan department lain menurut Adjab Subagjo, dalam bukunya Management Pengolahn Kue & Roti (2007 :87).
  1. Purchasing Bertanggung jawab terhadap semua barang dan bahan kebutuhan pastry section. Dalam melaksanakan pembelian harus benar-benar memperhatikan kualitas, kuantitas dan harga barang yang dibeli.
  2. Enegineering Department Bertanggung jawab memelihara dan memperbaiki peralatan, termasuk peralatan di pastry section yang mempunyai perlatan yang besar, yang perbaikannya menggunakan alat khusus. Engineering department secara rutin mengecek peralatan di pastry section untuk menjaga agar peralatan yang ada dapat bekerja sesuai dengan fungsinya.
  3. Laundry Section Bertanggung jawab mengenai pencucian linen, napkin dan uniform yang dikenakan karyawan pastry section. Secara rutin uniform yang kotor harus segera diganti untuk menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan pastry section.
  4. Steward section Bertanggung jawab terhadap penyediaan kebersihan alat dan kelengkapan alat serta keamanan alat-alat yang digunakan oleh pastry section.
  5. Marketing department  Peranan marketing department juga penting bagi pastry section. Dengan adanya marketing department produk-produk pastry yang ada di hotel dapat di promosikan termasuk produk yang dihasilakan pastry section.
  6. Accounting department Bagi pastry section peranan accounting department juga penting untuk pembelian barang dan bahan yang dibutuhkan di pasrty section.
  7. Room Service dan Restaurant Section Room service dan restoran section adalah bagian yang sangat penting untuk untuk penjualan produk yang dihasilkan oleh pasrty section. Selanjutnya restoran atau cafe juga menyajikan product pastry section seperti untuk breakfast biasanya tersaji bermacam-macam bread, cake, dan pudding


Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Pastry Menurut Para Ahli Meliputi Jenis Jenis Pastry dan Hubungan Kerja Pastry Dengan Departemen lain  . Semoga Artikel ini Bermanfaat. Trimakasih

0 Response to "Pengertian Pastry Menurut Para Ahli Meliputi Jenis Jenis Pastry dan Hubungan Kerja Pastry Dengan Departemen lain "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->