close

Pengertian Order Taker Beserta Tugas Dan Tanggung Jawab Order Taker Housekeeping


Pengertian Order Taker


Order Taker adalah bagian yang terkandung dalam ruang atau departemen Housekeeping. Order taker tampak sederhana di mejanya hanya duduk di belakang meja mengangkat dan menerima pesanan melalui telepon tapi order taker memiliki tanggung jawab besar dalam memberikan informasi tentang status kamar tamu dan tamu VIP.

Rincian setiap order harus ter-record dengan SISTEM administrasi file yang rapi. Meja kerja order taker berada di ruangan atau kantor Departemen housekeeping . pekerjaan order taker tampak sederhana Ia hanya terlihat duduk di belakang meja, mengangkat dan menerima pesanan melalui order taker telepon, tetapi memiliki tanggung jawab besar ketika memberikan informasi mengenai status kamar tamu serta tamu vip di papan . pencatatan setiap pesanan harus detail , serta dengan sistem file administrasi ter-record rapi .
 


Kegiatan Order taker memang banyak melibatkan komputer dan perangkat elektronik telepon, membuat buku log untuk setiap kegiatan operasional transaksi . subjek sangat perlu dikontrol sebagai perintah petugas pengambil harus memiliki kemampuan memilih tingkat urgensi dan jiwa kepemimpinan, mempunyai waktu untuk memutuskan kasus kasus , misalkan berlangsung banyak pesanan layanan overload. Petugas order taker harus dapat melihat urgensi situasi. bukan hanya kegiatan yang dilakukan pada rekaman perintah individu, urutan petugas taker juga melakukan kegiatan yang berkaitan dengan prosedur yang lost and found , karena itu order taker harus melakukan pemeriksaan intensif pada setiap adanya lost and found.

Setiap item - item lost and found memiliki konten yang perlu diberikan kepada pemiliknya ( tamu hotel). Jika tamu tidak mengklaim hal-hal yang tertinggal dan ditemukan oleh karyawan, sesuai dengan kebijakan, pihak hotel membatasi waktu penyimpanan . waktu harus melakukan pemeriksaan dan memberitahukan executive housekeeper atas barang yang hilang dan menemukan bahwa waktu penyimpanan berakhir, ass. Exc. housekeeper yang akan menentukan akan dikeluarkan serta hak-hak karyawan yang menemukannya .


Tugas Dan Tanggung Jawab Order Taker Housekeeping

Order taker merupakan section yang terdapat di dalam ruangan atau office Housekeeping department. Order taker terlihat simple dalam tugasnya mengangkat dan menerima request ataupun menyampaikan informasi penting dari setiap departement kepada pihak yang bersangkutan melalui telephone. Ordert taker memiliki tanggung jawab yang besar dalam memberikan informasi tentangs status kamar tamu dan tamu VIP yang on board. Pencatatan setiap request ataui nformasi yang disampaikan harus details, dan terecord dengan system administrasi file yang rapi. Kegiatan order taker memang banyak melibatkan alat elektronik komputer dan telephone, membuat log book setiap transaksi kegiatan operasional .Hal paling penting untuk dikuasai sebagai order taker harus memiliki
kecakapan untuk memilih tingkat urgency dan mempunyai jiwa leadership dalam memutuskan suatu masalah, jika terjadi banyak request yang overload order taker
harus mampu melihat kondisi urgency tersebut.

Job Description Order Taker

  1. Melakukan hand over dengan supervisor atau order taker shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan pada saat akan menyelesaikan tugasnya.
  2. Mencatat segala informasi dari telepon atau complaint tamu pada log book, atau dari department lain, maupun telepon dari luar.
  3. Menerima setiap request tamu melalui sambungan telepon atau direct request, untuk di follow up.
  4. Mengelola administrasi dengan baik .
  5. Membuat setiap purchase request untuk setiap Material Requisition
  6. Bertanggung jawab atas persediaan peralatan administrasi.
  7. Menerima laporan kerusakan dan membuat work order.
  8. Menghandle Lost and Found.
  9. Membuat log inventory linen, cleaning supplies dalam system.
 

 
Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Order Taker Beserta Tugas Dan Tanggung Jawab Order Taker Housekeeping. Semoga Bermanfaat dan jangan lupa di Share. Trimakasih
 
Penelusuran yang terkait dengan ORDER TAKER

  • pembahasan tentang order taker
  • tugas seorang order taker restaurant
  • tugas order taker laundry
  • fungsi order taker dalam suatu hotel
  • prosedur penanganan order taker
  • pengertian order taker menurut para ahli
  • contoh order taker
  • order taker juga sering disebut dengan sebutan

0 Response to "Pengertian Order Taker Beserta Tugas Dan Tanggung Jawab Order Taker Housekeeping"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->