House Keeping Hubungan antar Departement dan Departement Lain Secara Lengkap

Admin
0

Hubungan antar Departement

Organisasi hotel Merupakan Pengelolaan sumber daya manusia (tenaga kerja, pegawai, karyawan), fasilitas, dan product hasil produksi (makanan dan minuman). Setiap departemen memiliki tugas dan tanggung jawab tertentu. Hubungan dan kerja sama yang baik sangat penting untuk mencapai tujuan hotel secara keseluruhan dan tujuan masing-masing dpartemen. Oleh karena itu, penting untuk memperkuat hubungan antar dpartemen hotel.



Hubungan Housekeeping Departement & HRD

  1. Bertanggugjawab atas pengangkatan dan pemberhentian karyawan Housekeeping.
  2. Menjalin hubungann kerjasama dengan pihak luar teutama sekolah/akademi pariwisata untuk traning di bagian Housekeeping.
  3. Menyeleksi dalam pengangkatan karyawan baru yang berkompeten di bagian Housekeeping.
  4. Mengurus, mengatur dan menyelenggarakan pendidikan serta pelatihan terhadap karyawan Housekeeping.

Hubungan Housekeeping Departement & Marketing

  1. Memberitahukan Housekeeping jika akan ada confrence, weeding dan lain – lain
  2. Memberitahukan jika ada perubahan tanggal, peserta, tempat dalam acara di function room
  3. Meminta bantuan Housekeeping untuk memasang spanduk dan dekorasi ruangan
  4. Meminta bantuan Housekeeping utk menyebarkan flayer ke kamar jika ada pertunjukan, pameran dan lain – lain

Hubungan Housekeeping Departement & Accounting

  1. Laporan keuangan seperti pembuatan summary
  2. Laporan terhadap semua minuman yang di konsumsi oleh tamu terhadap mini bar yang telah tersedia di kamar.
  3. Laporan untuk barang-barang kebutuhan pemenuhan jumlah anggaran yang di butuhkan Housekeeping Departement.
  4. Pemberian infoormasi terhadap pembelian kebutuhan luar purchasing seperti orderan bunga atau pembelian bunga.

Hubungan Housekeeping Departement & Engineering

  1. Melaporkan kerusakan-kerusakan yang terjadi di lingkungan kerja Housekeeping Department, seperti kerusakan alat-alat kerja : mesin-mesin, lampu, AC,TV,telephone dan lain-lain.
  2. Membuat dan mengirim W.O (Work Order) kepada enginering department untuk perbaikan kerusakan atau pembuat sarana kerja yang di perlukan Housekeeping.
  3. Membuat Work Order untuk pengecetan ulang(repaiting), baik di dalam kamar tamu maupun di tempat-tempat lain.
  4. Meminta bantuan enginering untuk pemasangan perlengkapanperlengkapan yang menggunakan tenaga listrik

Hubungan Housekeeping Departement & F&B

  1. Memberikan informasi untuk pelayanan khusus mengenai makanan dan minuman dikamar dan ruangan hotel , maupun di restaurant.
  2. pemberian informasi untuk menyiapkan keperluan kamar seperti air es dan lainnya

Hubungan Housekeeping Departement & Purchasing

  1. Purchasing membelikan peralatan- peralatan untu Housekeeping seperti alat pembersih , obat pembersih , guest supplies , dan linen – linen
  2. Housekeeping membantu inventori peralatan yang kurang dan menginformasikan kepada purchasing agar bisa di belikan.

Hubungan Housekeeping Departement & Scurity

  1. Melakukan tugas pengamanan seluruh area HK
  2. Memantau keluar masuknya tamu
  3. Menangani barang-barang yg hilang baik barang tamu maupun hotel yg hilang di area hotel
  4. Mengawasi karyawan HK pd saat masuk kerja
  5. Melakukan body checking bagi karyawan yg pulang setelah selesai bertugas

Struktur organisasi Housekeeping Departement yang ada di
Hotel

Hubungan kerja antar section di Housekeeping Departement

Kerjasama Housekeeper

1. Hubungan Housekeeper dengan Housekeeping Supervaisor
  • Memberikan briefing pagi dan pengarahan terhadap supervaisor
  • Mengawasi dan mengatasi masalah yang timbul di housekeeping.
  • Melakukan house-rules serta peraturan – peraturan lain terhadap staffnya.
  • Menginformasikan mengenai tamu-tamu khusus yang harus mendapatkan pelayanan khusus
  • Menginformasi menegenai persiapan-persiapan yang harusdilakukan di dalam melayani tamu
2. Hubungan Housekeeper dengan Room Boy
  • Memberikan pengawasan terhadap kerja room boy
  • Menginformasikan apabila ada tamu-tamu khusus
  • Memberi tahu cara-cara menghadapi tamu
  • Mengadakan hubungan kerjasama yang baik dengan bawahan
3. Hubungan Housekeeper dengan Order Taker
  •  Menginformasikan kembali apabila ada event – event yang harus disediakan kelengkapannya seperti : pengadaan bunga
  • Memberi tugas lainnya.
4. Hubungan Housekeeper dengan Houseman/Public Area
  • Mengkordinir kerja Houseman
  • Memeriksa dan mengawasi hasil kerja Houseman Kerjasama Supervaisor

Kerjasama Supervaisor


1. Supervaisor dengan Housekeeper
  • Melaporkan keadaan kamar,kamar-kamar yang O.O serta melaporkan hasil pengecekan/pengawasan35
  • Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Housekeeper
2. Supervaisor dengan Room Boy
  • Memberikan pengawasan dan pengecekan terhadap kamarkamar yang sudah dikerjakan oleh Room Bo
  • Menginformasikan kamar-kamar yang segera harus dipersiapkan dan memberikan pembagian section
3. Supervaisor dengan Order Taker
  • Menyerahkan summary pencucian tiap hari untuk dihitung oleh bagian order taker , menanyakan apabila ada laundryan di Housekeeping Office.
4. Supervaisor dengan Public Area/Houseman
  • Mengkordinir pekerjaan yang dilakukan oleh Houseman

Kerjasama Room Boy

1. Room Boy dengan Order Taker
  • Menginformasikan terhadap kerusakan-kerusakan yang ada di kamar,memberikan informasi-informasi mengenai posisi,lokasi,tempat bekerja , menginformasikan mengenai mini bar yang di consum oleh tamu,melaporkan apabila ada  lost & found yang ditemukan dan menginformasikan apabila membutuhkan vase flower
2. Room Boy dengan Houseman/Public Area36
  • Menginformasikan apabila ada guest laundry

Kerjasama Order Taker

1. Order Taker dengan Housekeeper
  •  Menyerahkan Hasil inventory
  • Menginformasikan apabila ada informasi – informasi khusus yang diberikan oleh pihak management
  • Meminta persetujuan apabila melakukan requistion
  • Melaporkan barang-barang / alat-alat yamng rusak
2. Order Taker dengan Supervaisor
  • Membuat H.K report dan Supervaisor check list untuk Supervaiso
  • Melaporkan tambahan-tambahan EA yang diberikan oleh F.O
  • Menanyakan kamar-kamar Ready
3. Order Taker dengan Room Boy
  • Menginformasikan apabila ada kamar-kamar yang C.O.
  • Menginformasikan apabila ada permintaan-permintaan dari tamu kepada Room boy yang bersangkutan
  • Menginformasikan tambahan blockingan yang harus dikerjakan oleh Room boy serta menginformasikan apabila ada guest laundry yang harus diambil di kamar.
4. Order Taker dengan Houseman/ Public Area37
  • Menginformasikan terhadap pemeliharaan vase flower yang dibuat oleh Order Taker
  • Menyiapkan vase flower yang harus dipersiapkan untuk ruang meeating

Kerjasama Houseman/Public Area

1. Public area dengan Housekeeper
  • Melaporkan apabila ada kerusakan alat-alat
  • Bertangung jawab atas tugas-tugas yang diberikan oleh Housekeeper
2. Public Area dengan Supervisor
  • Melaksanakan project-project area yang diberikan oleh Supervaisor
  • Membantu Supervisor dalam inventory alat-alat yang ada di Public Area
3. Public Area dengan Order Taker
  • Pemesanan terhadap vase flower untuk ruang meeting
4. Public Area dengan Room Boy
  •  Membantu Room Boy men set up Trolley


Demikian Penjelasan Tentang House Keeping Hubungan antar Departement dan Departement Lain Secara Lengkap. Semoga Bermanfaat

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close