Pengertian Hotel Menurut Para Ahli - Fungsi Hotel Beserta Perananya Secara Lengkap

Jenis – Jenis Hotel
Kata Hotel berasal dari bahasa France , hostel , yang berarti rumahpenginapan bagi orang – orang yang sedang mengadakan perjalanan atau berpergian. Dalam perkembangannya , Hotel di definisikan sebagai berikut :
  1. Hotel adalah bentuk bangunan yang menyediakan kamar – kamar untuk menginap para tamu , makanan dan minuman , serta fasilitas – fasilitas lain yang diperlukan dan dikelola secara profesional untuk mendapatkan keuntungan. ( Rumekso 2001 ;2 )
  2. Hotel adalah suatu badan usaha yang bergerak dalam bidang jasa akomodasi yang dikelola secara komersial. Didalam hotel para tamu mendapatkan layanan penginapan , makanan , serta fasilitas lainnya. (Agustinus Darsono 1992 : 1 )
  3. Hotel adalah usaha komersial yang menyediakan tempat menginap , makanan , dan pelayanan – pelayanan lain untuk umum. (Hotel Proprietors Act,1956, yang di kutip langsung oleh Agus Sulistiono , 1999 : 5 )

 

Berdasarkan system penetapan tarif kamar ( room rate ) , hotel di bagi menjadi :
( Agustinus Darsono , 1992 : 2 )
  1. Full American Plan ( FAP ), yaitu hotel yang menganut sistem dimana harga kamar termasuk tiga kali makan ( room rate 3 times meals ) yaitu breakfast ( makan pagi ),lunch ( makan siang ) , dinner ( makan malam ) .
  2. Modified American Plan ( MAP ), yaitu hotel menganut sistem dimana harga kamar termasuk dua kali atau room rate inclide 2 time meals , yaitu makan pagi dan makan siang atau makan pagi dan makan malam.
  3. Continental Plan ( CP ) yaitu hotel yang menganut sistem dimana harga kamar termasuk makan pagi atau breakfast, yang dalam hal ini adalah Continental breakfast.
  4. Bermuda Plan, dengan sistem sewa kamar yang sudah termasuk makan pagi ala Amerika ( American breakfast ) . Eroupean Plan yaitu , hotel yang menganut sistem dimana harga kamar tidak termasuk makan ( room rate only )
Menurut jumlah kamar yang tersedia , hotel di bagi menjadi :
  1. Hotel kecil, yaitu hotel yang memiliki jumlah kamar paling banyak 25 unit
  2. Hotel menengah, yaitu hotel yang memiliki jumlah kamar antara 25 sampai 100 unit
  3. Hotel sedang, yaitu hotel yang memiliki jumlah kamar antara 100 sampai 300 unit
  4. Hotel besar, yaitu hotel yang mempunyai jumlah kamar diatas 300 unit atau lebih 
( Agus Sulistiyono , 1999 : 12 ) Dari segi tipe tamu hotel ( diambil dari presentase terbesar jumlah tamuhotel yang menginap ) :
  1. Family Hotel : Hotel untuk keluarga
  2. Bussiness Hotel : Hotel untuk pengusaha
  3. Tourist Hotel : Hotel untuk wisatawan
  4. Transit Hotel : Hotel untuk yang transit ( singgah sementara )
  5. Cure Hotel : Hotel untuk tamu yang ingin berobat , juga dikenal dengan Sebutan Spa . ( Yayuk Sri Perwani , 1999 : 7 )

Fasilitas Hotel

  • Ruang pertemuan atau rapat, yang bisa juga digunakan untuk tempat seminar bagi para tamu.
  • Jasa laundry, apabila tamu ingin memakai jasa agar pakaiannya selalu rapi dan siap pakai.
  • Tempat berolahraga, fasilitas ini menjadi tempat favorit bagi pengunjung yang sangat suka berolahraga
  • Ruang santai, tempat ini adalah ruang untuk para tamu ingin melepaskan rasa penatnya, karena disini terdapat berbagai macam hiburan seperti karoke, bilyard dll.
  • Ruang bermain, jika tamu mempunyai anak kecil dan membutuhkan taman bermain.

 Fungsi dan Peranan Hotel

Fungsi utama dari hotel adalah sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan tamu (wisatawan atau pelancong) sebagai tempat tinggal sementara selama jauh dari tempat asalnya. Pada umumnya kebutuhan utama para tamu dalam hotel adalah istirahat, tidur, mandi, makan, minum, hiburan dan lain-lain. Namun dengan perkembangan dan kemajuan hotel sekarang ini, fungsi hotel bukan saja sebagai tempat menginap atau istirahat bagi para tamu, namun fungsinya bertambah sebagai tujuan konferensi, seminar, lokakarya, musyawarah nasional dan kegiatan lainnya semacam itu yang tentunya menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap.
Dengan demikian fungsi hotel sebagai suatu sarana komersial berfungsi bukan hanya untuk menginap, beristirahat, makan dan minum tetapi juga sebagai tempat melangsungkan berbagai macam kegiatan sesuai dengan tujuan pasar hotel tersebut.

Dalam menunjang pembangunan negara, usaha perhotelan memiliki peran antara lain :
  1. Meningkatkan industri rakyat
  2. Hotel banyak memakai barang-barang yang diproduksi oleh industri rakyat, seperti meubel, bahan pakaian, makanan, minuman dan lain sebagainya.
  3. Menciptakan lapangan kerja
  4. Membantu usaha pendidikan dan latihan
  5. Meningkatkan pendapatan daerah dan negara
  6. Meningkatkan devisa negara
  7. Meningkatkan hubungan antar bangsa.

Jenis – Jenis Hotel


1. Jenis Hotel Berdasarkan Lokasi
  • Resort Hotel ialah salah satu tempat menginap yang berlokasi di daerah pegunungan atau di tepi danau, ditepi aliran, di tepi pantai, tepi sungai. Hotel ini dipergunakan untuk keluarga yang mau beristirahat pada hari-hari libur atau bagi mereka yang ingin berrekreasi.
  • Hotel Residen yaitu suatu hotel yang terletak pada daerah pinggiran kota-kota besar yang jauh dari keramaian kota, tetapi mudah untuk mencapai lokasi kegiatan usaha. Biasanya residen hotel berlokasi di daerah yang tenang, karena dipergunakan untuk masyarakat yang ingin tinggal dalam jangka waktu lama. Hotel residen terdapat fasilitas yang lengkap untuk seluruh anggota keluarga.
  • City Hotel yakni sebuah hotel yang terletak di perkotaan, yang biasanya City hotel ini dipergunakan masyarakat untuk menginap dalam jangka waktu pendek. City hotel sering disebut juga sebagai transit hotel karena biasanya city hotel ditempati oleh para pembisnis yang memanfaatkan pelayanan bisnis dan fasilitas yang telah disediakan oleh hotel itu.
  • Motel (Motor Hotel) ini biasanya berada dipinggir jalan atau sepanjang jalan raya yang menghubungkan satu kota dengan kota besar lainnya atau berada di pinggiran jalan yang dekat pintu gerbang atau perbatasan kota-kota besar. Motel biasanya dipergunakan untuk tempat istirahat sementara bagi masyarakat yang melakukan perjalanan jauh dengan menggunakan kendaraan umum atau mobil sendiri.

2. Jenis Hotel Berdasarkan Jumlah Kamar
  • Small Hotel – Jumlah kamar yang tersedia maksimal sebanyak 28 kamar.
  • Medium Hotel – Jumlah kamar yang sudah sediakan antara 28- 299 kamar.
  • Large Hotel – Jumlah kamar yang telah sediakan sebanyak lebih dari 300 kamar.

3. Jenis Hotel Berdasarkan Bintang
  • Hotel Bintang 1 – Jumlah minimum kamar standar 15, kamar mandi di dalam dan luas minimum kamar standar 20 m2.
  • Hotel Bintang 2 – Jumlah minimum kamar standar 20, jumlah minimum kamar suite 1, kamar mandi di dalam, luas minimum kamar standar 22 m2 dan luas minimum kamar suite 44 m2.
  • Hotel Bintang 3 – Jumlah minimum kamar standar 30, jumlah minimum kamar suite 2, kamar mandi di dalam, luas minimum kamar standar 24 m2 dan luas minimum kamar suite 48 m2.
  • Hotel Bintang 4 – Jumlah minimum kamar standar 100, jumlah minimum kamar suite 4, kamar mandi di dalam, luas minimum kamar standar 26 m2 dan luas minimum kamar suite 52 m2.

Baca Juga: Klasifikasi Peralatan dan Bahan Pembersih (Cleaning Supllies & Equipment Classification) Seorang Houseman



4. Jenis Hotel Berdasarkan Kelas
  • Hotel Bintang
  • Hotel Melati
  • Wisma
  • Guest House

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Hotel Menurut Para Ahli - Fungsi Hotel Beserta Perananya Secara Lengkap. Semoga Bermanfaat

0 Response to "Pengertian Hotel Menurut Para Ahli - Fungsi Hotel Beserta Perananya Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->