Manajemen Housekeeping Hotel - Tugas Dan Tanggung Jawab Exc. Housekeeper maupun Asst. Executive Housekeeper


Housekeeping  berasal dari kata house yang berarti rumah, wisma, hotel, dan to keep yang berarti merawat atau memeilihara. Jadi house keeping adalah bagian atau department yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan member dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenagkan penghuninya (Agusnawar, 2000:20).
Housekeeping Departement juga berarti bagian yang bertugas dan bertanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapian, keindahan dan kenyamanan diseluruh area hotel, baik di luar gedung maupun didalam gedung, termasuk kamar-kamar tamu, ruangan-ruangan yang disewa oleh para tamu, restaurant, office serta toilet ( Rumekso, 2002:1).

Baca Juga: Pengertian Linen Beserta Jenis Linen Supplies Dari Hosekeeping dan Food and Beverage Department



Tujuan utama pengelolaan department housekeeping disuatu hotel adalah untuk mencapai pengelolaan department yang efekif dan efisien, yaitu pemberdayaan semua sumber dan unsure yang tersedia untuk mendukung visi dan misi hotel dalam menyajikan produk dan pelayanan kepada para tamu. Hasil pengelolaan department housekeeping yang baik  yaitu berupa kebersihan, penampilan faslitas dan produk hotel tentu akan dapat menarik tamu untuk menginap


Exc. Housekeeper

Tugas Pokok

Mengerahkan dan mengawasi seluruh bawahan secara langsung serta mengontrol operasional sehari-hari di tata graha, sehingga dapat berjalan lancar.

Rincian Tugas

  1. Menerncanakan program kerja dan anggaran department tatagraha
  2. Menhubungi kantor depan untuk mendapatkan pemberitahuan mengenai today’s expected arrival list, guest in house list, VIP list dan departure list sebelum memulai tugasnya dan kemudian meneruskannya kesetiap penyelia kamar (room supervisor)
  3. Memberi perhatian khusus kepada tamu-tamu VIP.
  4. Mengkoordinir bidang kerja seluruh karyawan dalam lingkungan tatagraha.
  5. Mengerjakan pemeriksaan dan pencatatan terhadap barang-barang yang hilang atau rusak.
  6. Mengadakan pengawasan agar rencana kerja yang telah disusun dapat berjalan dengan sebaik-baiknya.
  7. Menampung, menelaah, dan bertindak sebaik-baikya terhadap semua complaint dari tamu.
  8. Mengadakan pelatihan dan memberikan petunjuk-pentunjuk penggunaan metode kerja yang benar serta menciptakan suasana kerja yang harmonis didepartemen tatagraha.
  9. Bertanggungjawab atas pengeluaran semua biaya untuk keperluan operasional tatagraha yang meliputi pembelian alat-alat atau bahan pembersih, lena dan lain-lain
  10. Membuat evaluasi kerja bawahan setiap bulan/tahun.
  11. Membina hubungan kerjasama yang haromonis dengan kepala depertemen atau bagian lain.

Tugas dan Tanggung Jawab Asst. Executive Housekeeper


Membantu Executive Houseekeper dalam mengelola dan mengawasi semua operasional harian housekeeping dan memberi dukungan berupa pelatihan,coaching dan konseling kepada semua staff housekeeping demi mencapai tujuan bersama.
  1. Bertanggung jawab terhadap operasional sehari-hari atau melakukan penyelesaian masalah    yang terjadi.apabila melakukan perubahan dalam mengambil keputusan harus di konsultasikan terlebih dahulu dengan Executive Housekeeper.
  2. Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus di jalankan oleh karyawan di Housekeeping serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja di jalankan sesuai dengan standar yang ditentukan.
  3. Menyusun jadwal kerja yang di sesuaikan dengan kondisi dan situasi yang berpengaruh pada ocupancy (tingkat hunian kamar)
  4. Membantu Executive Housekeeper terhadap pengusunan program perawatan dan perbaikan yang bersangkutan dengan area tanggung jawab Housekeeping,terutama di kamar tamu dan pubic area.
  5. Melakukan pengontrolan persediaan atas barang yang diperlukan dalam pengoperasian sehari-hari di Housekeeping,guest room supplies,linen dan sebagainya agar sesuai dengan per stock yang di tentukan,dan memberikan laoran terhadap executive housekeeper apabila kondisi memerlukan penggantian atau penambahan stock baru.
  6. Melakukan pengawasan terhadap penggunaan peralatan yang di sediakan untuk operasional di Housekeeping sehingga berfungsi sesuai standar yang di tentukan.
  7. Melakukan pemeriksaan secara rutin terhadap proses pelaksanaan perawatan dan penyimpanan linen/uniform
  8. Melakukan pengawasan terhadap lost and pound dan meyakinkan bahwa prosedur berjalan sesuai dengan yang telah di tentukan.
  9. Membuat program pelatihan (training program) terhadap seluruh karyawan Housekeeping secara rutin.
  10. Menjalankan tugas yang di berikan Executive Housekeeper atau Room Devision Manager.



Demikian Penjelasan Tentang Manajemen Housekeeping Hotel - Tugas Dan Tanggung Jawab Exc. Housekeeper maupun Asst. Executive Housekeeper. Semoga Bermanfaat

0 Response to "Manajemen Housekeeping Hotel - Tugas Dan Tanggung Jawab Exc. Housekeeper maupun Asst. Executive Housekeeper"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->