close

Manajemen Housekeeping Hotel - Tugas Dan Tanggung Jawab Supervisor Public Area Maupun Supervisor Room


Housekeeping  berasal dari kata house yang berarti rumah, wisma, hotel, dan to keep yang berarti merawat atau memeilihara. Jadi house keeping adalah bagian atau department yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan member dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenagkan penghuninya (Agusnawar, 2000:20).
Housekeeping Departement juga berarti bagian yang bertugas dan bertanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapian, keindahan dan kenyamanan diseluruh area hotel, baik di luar gedung maupun didalam gedung, termasuk kamar-kamar tamu, ruangan-ruangan yang disewa oleh para tamu, restaurant, office serta toilet ( Rumekso, 2002:1).



Tujuan utama pengelolaan department housekeeping disuatu hotel adalah untuk mencapai pengelolaan department yang efekif dan efisien, yaitu pemberdayaan semua sumber dan unsure yang tersedia untuk mendukung visi dan misi hotel dalam menyajikan produk dan pelayanan kepada para tamu. Hasil pengelolaan department housekeeping yang baik  yaitu berupa kebersihan, penampilan faslitas dan produk hotel tentu akan dapat menarik tamu untuk menginap

Tugas dan Tanggung Jawab  Supervisor Public Area

Bertanggung jawab terhadap kebersihan, kerapian dan pemeliharaan Public area, seperti lobby, F&B outlet, meeting room, offices, parking area, swimming pool, public toilet dan sebagainya, dan pelaksanaan kerja public area dalam menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan, uaraian tugas Public Area Supervisor adalah sebagai berikut :
  1. Bertanggung jawab terhadap kebersihan public area sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan.
  2. Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dijalankan   oleh Public area Attendant, Night Cleaner, Toilet Attendant, Florist serta meyakinkan   bahwa   pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standard yang ditentukan.
  3. Melakukan handing over dengan dengan shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handing over dengan shift berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas dan mendelegasikan tugas-tugas yang harus dilanjutkan kepada shift berikutnya dengan jelas.
  4. Memeriksa daftar kehadiran Staff public area setiap hari.
  5. Memeriksa kondisi area umum secara teliti. Pemeriksaan kamar harus berdasarkan kebersihan, kerapian, kelengkapan dan fungsi dari peralatan atau fasilitas yang ada di area masing-masing.
  6. Memeriksa secara teliti atas ruangan-ruangan restoran, bar, ruang rapat dan sebaginya yang telah dikerjakan oleh Staff pada hari itu.
  7. Melengkapi laporan dalam Public area Supervisor Log book setiap shift.
  8. Membuat laporan Maintenance Request kepada Engineering dan menindaklanjuti    area-area, fasilitas atau peralatan memiliki kerusakan, mengawasi pengerjaan dan memeriksa kembali hasil pengerjaannya.
  9. Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan seperti janitor trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment baik di area maupun di janitor room atau Pantry.
  10. Bertanggung jawab terhadap biaya dan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agents, supplies dan equipment.
  11. Membuat program pelatihan (training program)  terhadap  Staff Public area secara rutin.
  12. Mengawasi pelaksanaan program pemeliharaan atau pembersihan secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pencucian lantai karpet, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
  13. Melakukan  pemeriksaan  atau  inspeksi  area  secara  rutin  untuk meyakinkan kualitas pemeliharaan kebersihan public area terjaga baik sesuai dengan standard yang ditentukan.
  14. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh Assistant Executive Housekeeper atau Floor Housekeeper serta melaporkan hasilnya.
  15. Melakukan kerjasama yang erat dan baik dengan semua bagian, seperti Floor, Linen/Uniform dan Laundry, serta dengan departemen lain, terutama Front office dan Engineering untuk meyakinkan koordinasi atas pelayanan kamar yang prima serta perawatan kamar dan public area yang terbaik.
  16. Mengadakan briefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handing over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan dengan Staff Public area untuk melakukan koordinasi operasional serta saling bertukar pikiran (sharing idea) untuk meningkatkan dan memperbaiki kualitas pekerjaan dan pelayanan.
  17. Menjalankan prosedur keamanan, keselatnatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
  18. Menjalankan tugas yang diberikan oleh Public area Housekeeper atau Executive Housekeeper/Assistant atau Floor Housekeeper

Tugas dan Tanggung Jawab Supervisor Room

Membantu Executive Housekeeper dalam mengatur dan mengawasi kelancaran kerja staff yang berada pada department Housekeeping
  1. Bertanggung jawab atas kebersihan kamar sesuai dengan standard dan prosedur yang telah di tentukan.
  2. Memberikan penugasan dan arahan terhadap tugas-tugas yang harus dikerjakan oleh karyawan di floor section serta meyakinkan bahwa pelaksanaan kerja  sesuai dengan standar yang di tentukan.
  3. Memberikan pengarahan dan bimbingan kepada Room Attendant dan Order taker terhadap cara-cara yang sistematis dan evisient.
  4. Melakukan hending over dengan floor supervisor pada saat akan melakukan jerja dan handling over  pada saat akam emnyelesaikan tugas.i peralatan kamar.
  5. Memeriksa daftar kehadiran Room Attendant dan Ordet taker setiap saat.
  6. Memeriksa kondisi kamar dan melaporkan status kamar sesuai dengan pemeriksaan yang ada pemeriksaan kamar harus berdsarkan atas kebersihan,kerapihan,kelengkapan,dan fungsi dari peralatan kamar.
  7. Memeriksa secara teliti atas kamar-kamar yang akan di gunakan hari itu berdasarkan Expected Arrival oleh Front office.
  8. Memeriksa kerapihan,kebersihan, dan kelengkapan peralatan keperluan Floor Section seperti Tolly,linen,ameneties,cleanind Suplies,cleaning agent,dan cleaning equipment baik di floor station atau pantry,maupun di trolly yang disediakan di setiap lantai.
  9. Menjalankan procedure keamanan,keselamatan,higinies,dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu,orang lain dan diri sendiri.
  10. Menjalankan tugas yang diberikan oles Executive Housekeeper/assistant.



Demikian Penjelasan Tentang Manajemen Housekeeping Hotel - Tugas Dan Tanggung Jawab Supervisor Public Area Maupun Supervisor Room. Semoga Bermanfaat


Penelusuran yang terkait dengan housekeeping
  • gaji housekeeping
  • bagian bagian housekeeping
  • housekeeping report adalah
  • housekeeping department
  • materi housekeeping
  • ruang lingkup housekeeping
  • perbedaan housekeeping dan cleaning service
  • departemen housekeeping

0 Response to "Manajemen Housekeeping Hotel - Tugas Dan Tanggung Jawab Supervisor Public Area Maupun Supervisor Room"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->