Pengertian Banquet dan Macam - Macam Banquet Event di Hotel

 Pengertian Banquet

Berdasarkan Kamus Pariwisata dan Perhotelan, pengertian banquet adalah suatu resepsi mewah yang diadakan di ruangan khusus dari hotel, dengan menyediakan makanan mewah dan juga fasilitas lainnya.
  • Menurut Marsum (2001:298), menyebutkan, “Banqueting adalah suatu istilah yang dipergunakan untuk meliputi kegiatan pelayanan dari upacara- upacara spesial didalam sebuah perusahaan pelayanan makan yang berpisah dari pelayanan makan yang terdapat diberbagai restoran pada umumnya dan di Grill Room, dimana hidangan panggang- panggangan disajikan juga dalam ruang istirahat yang lazim disebut Longue. Banqueting adalah suatu istilah yang dipergunakan untuk meliputi kegiatan pelayanan banquet.
  • Menurut Naimuddin Dely Putra dan Mhd. Yunus dalam buku Pengelolaan Makan Minum Dalam Usaha Jasa Hotel, Banquet merupakan outlet Food and Beverage Departement yang bertugas untuk menangani segala macam kegiatan pesta atau jamuan yang diselenggarakan oleh suatu panitia atau pihak lain yang membuat pesanan ke hotel.
  • Menurut Goodman Raymond (2003:87), Banquet adalah pelayanan yang dilakukan secara serentak yang mana semua tamu dilayani pada waktu yang sama. Semua penataan, menu, minuman, dan waktunya harus dijadwalkan dengan hati-hati sebelum acara sebenarnya.


Awalnya hotel tidak menyediakan fasilitas ruangan khusus yang mempunyai kemampuan untuk menampung orang banyak yang akan melakukan kegiatan perjamuan di hotel , itu dikarenakan ruangan pertemuan atau ruangan rapat bila ditinjau secara ekonomis dianggap kurang menguntungkan jika hotel harus menyediakan ruangan besar, dengan peralatan dan tenaga pelayanan yang hanya digunakan pada waktu tertentu. Dalam kurun waktu 15 tahun terakhir ini telah terjadi perubahan-perubahan besar di dalam kebiasaan dan tata kehidupan masyrakat khususnya kota besar.
Sejarah banquet dilatar belakangi oleh kodrat manusia yang saling berinteraksi yang pada masa dahulu bangsa Perancis, keluarga maupun kerabat kaisar sering kali menyelenggarakan acara berkumpul sambil makan enak diantara kelompoknya masing-masing. Mereka mengundang para relasinya dan koleganya untuk berkumpul bersama dengan makanan yang tersedia.
Banquet merupakan sarana yang tidak jauh berbeda dengan restaurant baik perlengkapan, peralatan, serta tata saji yang disuguhkan, hanya saja banquet tidak menyediakan sajian secara permanen seperti restaurant, melainkan diselenggarakan setelah adanya pihak pemesanan yang akan menyelenggarakan berbagai bentuk jamuan.


 Berikut ini macam-macam banquet event yang bisa dijual oleh staf sales and marketing hotel kepada pihak luar:
  • Wedding Party
Wedding party atau pesta pernikahan adalah salah satu banquet event yang bisa dijual oleh seorang staf sales and marketing. Biasanya, departemen sales and marketing akan membuat harga promo untuk penyelenggaraan pesta pernikahan di hotel dan memberikan sebuah complimentary berupa menginap satu malam bagi pasangan yang menikah untuk menikmati honeymoon di hotel.
  • Meeting atau Rapat
Meeting atau rapat adalah banquet event yang paling laris di-order oleh instansi pemerintah maupun perusahaan. Meeting atau rapat ini dibagi menjadi 2 yakni half day meeting dan full day meeting.Half day meeting adalah pemakaian meeting room untuk rapat selama setengah hari. Biasanya dimulai pukul 08.00 dan berakhir pukul 12.00. Fasilitas half day meeting ini terdiri dari 1x coffe break dan 1x lunch (makan siang).
    Sedangkan full day meeting adalah pemakaian meeting room untuk rapat selama sehari penuh. Fasilitas yang diberikan pun berbeda dari half day meeting, yakni 2-3x coffe break, 1x lunch, dan 1x dinner (setiap hotel memiliki kebijakan tersendiri mengenai fasilitas yang ditawarkan untuk full day meeting).
  • Seminar
Pemakaian meeting room atau ballroom untuk seminar hampir sama dengan paket meeting, ada half day seminar dan full day seminar. Untuk penyelenggaraan seminar di hotel, biasanya divisi sales and marketing hotel akan melakukan kerja sama dengan pihak event organizer (EO) yang meng-handle acara seminar.
  • Event Music Indoor
Meeting room atau ballroom hotel bisa disulap menjadi venue untuk penyelenggaraan konser musik maupun hiburan lainnya secara indoor (terutama untuk unit hotel yang memiliki ball room dengan kapasitas lebih dari 1000 orang). Ballroom hotel bisa menjadi salah satu tempat alternatif penyelenggaraan konser musik apabila di kota tersebut tidak ada hall ataupun gedung yang bisa dipakai sebagai venue acara musik.
  • Pelatihan Table Manner                                                                                        
Seorang sales and marketing bisa juga menjual banquet event ke sekolah maupun kampus-kampus yang memiliki jurusan pariwisata dan perhotelan untuk pelatihan table manner bagi siswa-siswanya. Jadi, siswa-siswa dari sekolah maupun kampus tersebut bisa secara real (praktek langsung) table manner di hotel.
  • Training-Training                                                                                                
Ada Beberapa perusahaan yang ingin menjadikan staf mereka agar semakin termotivasi dalam bekerja keras. Maka perusahaan tersebut akan mengadakan training. Training tersebut berdasarkan keahlian yang akan diujikan. biasanya perusahaan yang bersangkutan mengadakannya di Hotel
  • Gathering                                                                                                            
Gathering merupakan suatu acara yang biasanya dilakukan berdampingan dengan makan-makan. baik itu lunch maupun dinner. akan tetapi kebanyakan yang sering dilakukan adalah dinner gathering, mengingat saat periode lunch para undangan  masih beraktivitas bekerja. contoh dari gathering misalnya acara kocokan arisan, acara peluncuran penjualan apartemen, peluncuran produk baru untuk nasabah bank. intinya sambil mereka makan, sambil mereka mendengarkan presentasi yang sedang berlangsung
  • Exebition. 
exebition merupakan acara seperti pameran. mereka menampilkan beberapa produk yang didisplay yang kemudian ditawarkan kepada para undangan yang datang di suatu acara tersebut. dalam acara exebition ini biasanya harga produk yang di pamerkan harganya lebih murah dibanding harga normal yang dijual di toko-toko.
  • Incentive. 
Beberapa perusahaan yang mencapai target penjualan melebihi yang diperkirakan akan memberikan insentive kepada stafnya. insentive tersebut dapat berupa uang, liburan atau kegiatan lainnya. dalam hal ini perusahaan yang bersangkutan akan bekerjasama dengan hotel untuk mengatur segala keperluan aktivitas yang akan dilakukan oleh staf yang mendapatkan insentive tersebut.

Itulah beberapa contoh macam-macam banquet event yang umumnya dijual oleh departemen sales and marketing hotel.
Di dalam menjual maupun menerima order banquet event, Departemen sales and marketing harus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan departemen lainnya seperti departemen F&B baik itu kitchen maupun service, departemen accounting untuk pengadaan bahan masakan, departemen housekeeping untuk pengawasan kebersihan di sekitar meeting room, dan departemen engineering untuk set up alat-alat yang ada di dalam meeting room (sound system, mic, proyektor, LCD) sehingga acara tersebut bisa berjalan dengan baik. Apabila acara berjalan dengan baik, maka tamu akan puas terhadap pelayanan banquet yang diberikan oleh karyawan hotel.


Penelusuran yang terkait dengan Banquet adalah
  • banquet department
  • fungsi banquet
  • peralatan banquet
  • struktur organisasi banquet
  • ruang lingkup banquet
  • banquet event order adalah
  • banquet operation
  • layout banquet

0 Response to "Pengertian Banquet dan Macam - Macam Banquet Event di Hotel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->