Pengertian Charge To Room Atau Room Charge Secara Lengkap

Admin
0


Charge to room atau biasa kita sebut dengan istilah room charge adalah sistem pembayaran yang dilakukan tamu dengan cara menggabungkan biaya-biaya yang dikeluarkan oleh tamu (makan, minum, laundry, menginap, dll), dimana pembayarannya dilakukan pada saat tamu check out. Setiap tamu yang melakukan transaksi baik itu makan, minum, laundry, dll, wajib untuk dimintai tanda tangan pada setiap bill yang diserahkan sebagai bukti bahwa tamu tersebut melakukan suatu transaksi yang dimaksud.

beberapa hotel berbintang tidak menerima charge to room jika tamu yang menginap tidak memiliki deposit. hal ini dilakukan untuk menghindari skipper (tamu yang kabur tanpa membayar), mengingat banyak tamu yang check out tidak mampir ke front office terlebih dahulu. solusinya jika tamu tidak memiliki uang cash maka bisa dilakukan dengan credit card atau debit card, karena setiap hotel berbintang saat ini sudah memiliki mesin EDC bank masing-masing.
 
 

Contoh dan ilustrasi  transaksi dengan cara charge to room atau room charge

Pak Prabowo menginap di hotel Aston dengan harga 1.000.000 per malam. namun beliau membayar 1.500.000. dimana yang 500.000 digunakan untuk deposit. uang deposit tersebut akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pak prabowo selama menginap di hotel Aston. pada malam harinya beliau memesan makanan dan minuman dengan total bill 300.000 dan pembayarannya dengan cara charge to room. selain itu pak prabowo melaundry pakaiannya seharga 150.000. dan pembayarannya pun dengan cara charge to room. 

hitung-hitungannya adalah sebagai berikut :
  • Room                                               :   1.000. 000 Lunas pada saat Check In
  • Deposito                                           :      500. 000
  • Makan Minum                                 :     -300. 000
  • Laundry                                            :     -150.000
  • Sisa uang deposit pak Prabowo       :        50.000
Pada saat check out pak Prabowo akan menerima refund (uang kembalian) sebesar 50.000. 


 NOTE PENTING :
  1. Untuk setiap bill charge to room tamu wajib untuk tanda tangan dan nama jelas di bill suatu transaksi. 
  2. jika tamu tidak memiliki uang deposit, maka tidak disarankan untuk memberikan pembayaran charge to room. informasikan agar membayar cash atau credit / debit card
  3. jika tamu tersebut merupakan tamu reguler yang sudah menjadi pelanggan setia, meskipun dia tidak deposit maka dapat dilakukan charge to room. hal ini dikarenakan hotel sudah mengetahui identitas lengkap tamu langganan tersebut.


Istilah Perhotelan yang Harus Kamu Ketahui

  1. Bell boy: seseorang yang bertugas membantu tamu hotel, mulai dari mengangkat tas koper, membersihkan kamar, membelikan sesuatu, dan tugas-tugas lainnya yang bersifat melayani tamu.
  2. Suite room: kamar yang mahal dan terbaik di hotel.
  3. Single bed: kamar yang berisi 2 kasur ukuran kecil. Biasanya disebut twin sharing.
  4. Double bed: kamar yang berisi 1 kasur besar dan sering disebut king size room.
  5. Pool side: kamar yang berada tepat di samping kolam renang.
  6. Breakfast: sarapan.
  7. Buffet: penyajian makanan yang dilakukan dalam bentuk prasmanan.
  8. A la carte: penyajian makanan dengan cara taking order, seperti di warung atau lesehan.
  9. Cocktail: minuman dengan alkohol.
  10. Mocktail: minuman tanpa alkohol.
  11. Booking atau reserve: memesan kamar.
  12. Blocking room: kamar yang diblok untuk suatu keperluan.
  13. Check in: saat datang dan mengambil kunci pertama kali datang.
  14. Check out: saat keluar dan membayar tagihan kamar hotel.
  15. Check out time: batas waktu check out.
  16. Late check out: waktu kelonggaran yang diberikan pengelola hotel setelah melewati batas check out.
  17. Room rate atau rate: harga atau biaya sewa kamar.
  18. Contract Rate: harga kamar yang diberikan pihak hotel ke travel agent berdarsarkan term and condition.
  19. Agent rate: harga kamar yang dikhususkan untuk travel agent. 
  20. Lobby: ruang utama hotel.
  21. Fully booked: ketersediaan kamar yang sudah habis.
  22. Deluxe room: kamar kondisi standar.
  23. Superior room: kamar dengan kondisi di atas standar, tapi di bawah suite.
  24. Bar atau lounge: tempat bersantai berbentuk resto dengan musik.
  25. Minibar: fasilitas hotel yang ada di dalam kamar yang disewa, yang berupa kulkas kecil dengan isi lengkap di dalamnya. Kebanyakan hotel menerapkan charge tersendiri dan dibedakan dengan biaya kamar.
  26. Bill: tagihan biaya hotel.
  27. Concierge: bagian pelayanan tamu hotel. Bell boy ada dalam struktur team concierge. Divisi ini biasanya tersedia di hotel mewah.
  28. Pick up service: layanan penjemputan maupun pengantaran. Biasanya dari bandara ke hotel dan sebaliknya. Layanan ini bisa saja menggunakan armada operasional milik hotel atau ada juga yang bekerjasama dengan rental mobil.
  29. Compensation: pelayanan ekstra yang diberikan kepada tamu atas dasar kesalahan atau kekurangan yang dimiliki hotel sebagai bayaran atas kesalahan tersebut.
  30. Vacuum: membersihkan kotoran yang berada di kamar ataupun kolam renang.

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close