Pengertian Hotel Meliputi Sejarah dan Jenis - Jenis atau Macam - Macam Hotel [ LENGKAP ]

Pengertian Hotel dan Jenisnya Via: Cintaindonesia.web.id

Pengertian Hotel


Ilmu Pariwisata dan Perhotelan - Hotel adalah salah satu bentuk usaha yang menyediakan akomodasi penginapan, makan minum serta jasa lainnya seperti jasa binatu. Seiring dengan perkembangan jaman modern sekarang ini Hotel bukan hanya berfungsi sebagai akomodasi belaka namun kita dapat menyaksikan berbagai even penting baik  yang berskala nasional maupun international sering dilaksanakan  diberbagai hotel berbintang maumpun non bintang yang ada disuatu kota maupun daerah.  Namun bila kita merujuk pada keputusan Menprapostel tahun 1987 no Km 94/HK103/MPPT, Hotel  adalah Salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi masyarakat umum yang dikelola secara komersil.
Kata Hotel mulai popular digunakan di London Ingris sekitar abad 18. Dan bangunan ini hanya diperuntukkan untuk kaum pendatang tanpa pungut biaya tahun 1797 yang mana seluruh biaya maupun gaji pegawai saat itu di tanggung oleh pemerintah.  Oleh karena perkembangan jaman makin modern dan permintaan untuk kamar penginapan mulai meningkat maka mulailah dibangun kamar yang ditata rapih dengan memberikan layanan yang baik pula.  Di New York Amerika Serikat tahun 1793 mulailah dibangun City Hotel sebagai pelopor  pembangunan Hotel di pinggiran kota. New York sebagai kota modern yang perkembangan lalu lintasnya mulai membaik dengan dibangunnya rel-rel kereta api, dimana dibangun juga hotel-hotel sebagai tempat transit  sepanjang rel kereta api. Dengan semakin majunya lalu lintas darat permintaan untuk hotel transit mulai menurun seiring dengan mulai gemarnya masyarakat melakukan perjalanan dengan memakai mobil dan beristirahat pun diatas mobil maka muncullah istilah baru Motel. Dan seiring perkembangan kota semakin pesat keejayaan Motel tak berlangsung lama karena munculnya Resort yang dibangun di luar kota bagi pengendera yang kebetulan melintas.



Hotel Berbintang


Sesuai SK Menprapostel RI  No. PM/PW 301/PHB-77 Jenis Hotel berdasarkan Bintang dibagi menjadi 5 bagian yaitu :
  1. Hotel Bintang 1 (satu) adalah hotel yang memiliki kurang lebih 15 kamar dan 1 kamar    suite room serta memiliki restaurant dan Bar
  2. Hotel Bintang 2 (dua) adalah hotel yang memiliki kurang lebih 20 kamar dan dua jenis kamar suite room serta memiliki Restauran dan Bar.
  3. Hotel Bintang 3 (tiga) adalah Hotel yang memiliki kurang lebih 30 kamar dan memiliki 3 (tiga) kamar suite Room memiliki Restauran dan Bar.
  4. Hotel Bintang 4 (empat) adalah Hotel yang memiliki kurang lebih 50 kamar dan memiliki 4 (empat) suite room serta memiliki Restauran dan Bar.
  5. Hotel Bintang 5 (lima) adalah Hotel yang memiliki kurang lebih 100 kamar 5 suite room dan memiliki Restauran dan Bar. 


Hotel Berdasarkan Lokasi


Lokasi dimana Hotel dibangun juga sangat menentukan hunian dari hotel tersebut. Selain tipe yang sudah disebutkan salah satu tipe hotel yang sangat strategis adalah Lokasi. Type hotel berdasarkan lokasi dapat kita kategorikan masing-masing berdasarkan tempat hotel tersebut dibangun.
Hotel Resort.
Hotel Resort adalah type hotel yang berdasarkan lokasi dibangunnya yang jauh dari pemukiman perkotaan, Hotel resort ini biasanya dibangun dekat dengan atau diatas perbukitan yang hijau. Type bangunan hotel resort juga saling ada jarak dari bangunan satu ke bangunan lainnya namun tetap dalam satu lokasi yang sama. Beberapa jenis hotel ini antara lain :

  1. Mountain Hotel yaitu hotel yang dibangun di daerah pegunungan, hotel jenis ini memanfaatkan alam pegunungan sebagai pusat pemandangan bagi tamu yang menginap. Suasana alam yang asri diharapkan akan membawah tamu menginap dengan nyam
  2.  Riverside Hotel yaitu hotel yang dibangun di dekat dengan sungai atau sepanjang aliran sungai yang mana tamu yang menginap dapat mendapatkan suasan pedesaan yang dekat dengan sungai sambil mendengarkan bunyi percikan aliran sungai yang memenjakan telinga.
  3. Ravine Hotel yaitu hotel yang dibangun di tepi jurang. Tipe hotel ini biasanya sangat digemari oleh pecinta alam karena letak hotel ini ditepian jurang.
  4. Lake Hotel yaitu hotel yang dibangun di sekitaran danau dimana danua sebagai pemandangannya. Hembusan angin danau sangat membuat nyaman para tamunya.
  5. Beach Hotel adalah hotel yang dibangun di tepian pantai. Hotel ini memanfaatkan pemandangan pantai sebagai pemandangan yang dapat memanjakan tamu untuk menginap lebih lama. Biasanya hotel ini juga memanjakan tamu dengan pemandangan sun set pada sore hari.
  6. Jungle Hotel adalah hotel yang letaknya di perhutanan, suasana hutan memberikan suasana nyaman dan sejuk ke setiap tamu yang menginap.

City Hotel.
City Hotel adalah hotel yang dibangun di dalam perkotaan yang mana ditujukan kepada orang orang yang melakukan perjalanan karena berbisnis, urusan perdangangan dan acara-acara resmi baik dari pemerintahan maupun perusahaan suasta. City Hotel juga biasanya untuk kalangan tamu pemerintah baik dari daerah maupun tamu Negara dari luar negeri.
Motel.
Motel adalah Hotel yang dibangun antara dua kota yang jaraknya lumayan jauh. Motel biasa juga disebut mobil hotel artinya hotel tempat pemberentian atau peristirahatan sementara waktu untuk meneruskan perjalan ke kota berikutnya.

Hotel Berdasarkan Jumlah Kamar


salah satu jenis hotel yang ada adalah Hotel berdasarkan jumlah kamarnya. Banyak kita jumpai hotel yang kelihatan besar namun bila kita hitung jumlah kamarnya mungkin kurang dari 100 kamar. Jumlah kamar suatu Hotel menentukan rangking dan masuk klasifikasi mana Hotel tersebut. Terkadang jumlah kamar sangat menentukan tamu jenis mana yang ditergetkan oleh marketing hotel tersebut. Jumlah kamar juga menentukan fasilitas lainnya, semakin banyak jumlah kamar suatu hotel maka semakin lengka juga fasilitas penunjang operasional laninnya. Kita dapat menkategorikan jenis hotel ini kedalam tiga jenis yaitu :
Small Hotel.
Small Hotel - adalah jenis Hotel yang memiliki jumlah kamarnya kurang dari 50 kamar. Biasanya hotel ini dibangun dilokasi yang jumlah kunjungan wisatanya juga agak kurang. Contoh Hotel jenis ini adalah Hotel Melati.
Medium Hotel.
Medium Hotel adalah Hotel yang memiliki jumlah kamar lebih dari 50 sampai 200 kamar. Hotel jenis ini biasanya dibangun di daerah uang memiliki kunjungan wisatawannya dalam jumlah sedang.
Large Hotel.
Large Hotel adalah Hotel yang memiliki jumlah kamar kurang lebih 300 kamar. Biasanya type hotel ini adalah Hotel berbintang yamg memiliki kelengkapan fasilitas. Hotel jenis ini dibangun di daerah yang mempunyai kunjungan wisatawan cukup tinggi.


Hotel Berdasarkan Lama Tamu Menginap


Selanjutkan jenis Hotel berikutnya yaitu hotel berdasarkan lamanya tamu menginap. Lamanya seorang tamu menginap di salah satu hotel sangat ditentukan oleh tujuan orang tersebut melakukan perjalanan. Pada jenis hotel ini kita dapat membagi pada tiga bagian yaitu :
  
 Hotel Transit.
Hotel transit adalah hotel yang hanya digunakan hanya untuk sementara waktu saja, bisa dalam hitungan jam sekedar untuk istirahat sejenak atau untuk mandi saja sebeelum melanjutkan perjalannya. Biasanya Hotel Transit ini letaknya berdekatan dengan Bandar Udara, terminal Bus, terminal kereta api atau stasion pemberangkatan lainnya

Residential Hotel.

Hotel Residential adalah Hotel yang diperuntukkan untuk tamu dengan jangka waktu tin gal yang relative lama bisa sampai satu bulan atau lebih. Biasanya hotel jenis ini di lengkapi dengan sarana prasarana yang dibutuhkan oleh tamu yang menginap. Kenyamanan tamu sangat diperhatikan pada jenis hotel seperti ini. Kelengkapan fasilitas dan pendukung lainnya harus terpenuhi seperti tempat belanja segala jenis kebutuhan tamu, fasilitas kebugaran juga sangat dibutukan, fasilitas rekreasi.


 Semiresidential Hotel.

Semiresidential Hotel adalah jenis hotel dengan tipe tamu yang menginap mingguan. Biasanya hotel tipe ini diminati oleh pengunjung yang dalam melakukan perjalanannya melakukan kegiatan berbisnis.


Demikian Artikel Tentang Pengertian Hotel Meliputi Sejarah dan Jenis - Jenis atau Macam - Macam Hotel . Semoga Artikel Ini Bermanfaat dan Jangan Lupa di Share Ke Teman Kamu. Trimakasih


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Hotel
  • pengertian hotel wikipedia
  • jurnal pengertian hotel
  • pengertian hotel pdf
  • pengertian hotel dalam bahasa inggris
  • pengertian hotel bisnis
  • pengertian hotel menurut para ahli tahun 2015
  • pengertian hotel non bintang
  • pengertian hotel brainly

0 Response to "Pengertian Hotel Meliputi Sejarah dan Jenis - Jenis atau Macam - Macam Hotel [ LENGKAP ]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->