close

Tugas dan Tanggung Jawab Reservation Supervisor dan Chief Concierge

Sumber Gambar : 123RF.com

Reservation Supervisor

Supervisor Pemesanan Kamar (Reservation Supervisor) Tugas Utama Mengawasi dan mengontrol pekerjaan para petugas reservasi sehingga dapat berjalan sebagaimana ditentukan dalam stan- dard operating procedure yang berlaku di hotel, khususnya untuk pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan masalah pemesanan kamar. Tugas dan Tanggung Jawabnya :
  1. Membuat jadwal kerja para petugas reservasi 
  2. Membuat perkiraan tentang tingkat hunian kamar pada hari ini dan dibandingkan dengan yang ada di bagian reception 
  3. Menerima penyerahan tugas dari supervisor yang shift sebelumnya 
  4. Mempersiapkan expected arrival list (daftar tamu yang diharapkan tiba) dan expected departure list (daftar tamu didaftar akan meninggalkan hotel) 
  5. Mencek hal-hal yang menyangkut kedatangan tamu rombongan -dari persiapan hingga kedatangan- untuk mengetahui bila ada masalah yang berhubungan dengan yang pemesanan. 
  6. Secara teratur menghadiri rapat di departemen kantor depan 
  7. Membuat dan memperbaiki data di bagian pemesanan agar tetap dalam kondisi up-to-date. 
  8. Melakukan 'courtesy call' dengan pihak travel agent, air- line company, dan perusahaan lainnya.
  9. Memeriksa 'filing document' agar selalu rapi dan akura 
  10. Mengawasi tata cara bertelepon para petugas reservasi.
  11. Menjalin kerja sama yang baik dengan bagian lain di FO Dept. 
  12. Mengawasi dan mengontrol pemblokiran kamar, terutama untuk kamar yang telah dipesan. Hubungan kerja Pelaporan kepada Pengawasan terhadap Reservation Manager t semua petugas reservasi.

Chief Concierge

Chief Concierge Tugas Utama Mengorganisir, mengarahkan dan mengawasi penampilan para bellboy dan petugas informasi dalam menyambut tamu, mengurus barang-barang bawaan tamu dan mengantarkan tamu, serta memberikan penjelasan yang tepat kepada tamu dan pengunjung tentang fasilitas dan produk hotel. Tugas dan Tanggung Jawabnya :
  1. Mengarahkan dan mengawasi bawahan yaitu Parking Valet (Hotel bintang IV dan V), doorman, bellboy, bell- captain dan petugas informasi dalam memberikan pelayanan kepada tamu. 
  2. Mengurus tagihan koran (majalah) khusus bagi tamu yang meminta diluar item yang diberikan hotel.
  3. Memerintahkan bellcaptain untuk pendistribusian semua surat, telex dan faksimili yang masuk. 
  4. Memastikan bahwa semua pesan untuk tamu dapat disampaikan secepatnya. 
  5. Menangani sistem pengeluaran 'kunci duplikat' dan pengembaliannya ke dalam log book 
  6. Mencek kebenaran berita di papan pengumuman di pintu masuk hotel tentang event yang sedang berlangsung pada hari itu. 
  7. Mencek dan memastikan bahwa semua tamu telah menerima koran dan majalah yang merupakan 'compli- ment' dari hotel.
  8. Mengawasi proses penitipan barang dan sistem penyimpanannya. 
  9. Secara teratur Menghadiri rapat di FO Department. 
  10. Mencek dan mengawasi penampilan (grooming) para staf agar sesuai dengan standar hotel.
  11. Mengatur jadwal kerja staf sehingga tidak bentrok dengan program pelatihan yang diselenggarakan hotel. 
Hubungan Kerja Pelaporan kepada Pengawasan terhadap : Assistant Front Office Manager : Bell Captain, Information Shift Leader, Information Clerk, Bell boy, Parking valet dan Office Boy. k.Group Coordinator Tugas Utama Secara umum bertugas mengkoordinir kedatangan grup (rombongan dari travel agent, airline, dan perusahaan serta konvensi, dll) yang dikategorikan sebagai kedatangan tamu rombongan Tugas dan Tanggung Jawabnya :
  1. Mengambil dan menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan kedatangan tamu rombongan dan memprosesnya sebagai kegiatan awal 
  2. Membaca dan menganalisis data yang ada dalam 'expected arrival list' 
  3. Memberi tanda khusus bagi tamu-tamu yang dianggap istimewa 
  4. Menarik kesimpulan untuk klasifikasi tamu dari 'expected arrival list', dan mendaftar kedatangan tamu sesuai dengan prosedur yang berlaku 
  5. Mengisi data dari dokumen group reservation ke dalam group reservation form dan group rooming list. 
  6. Menjalin kerjasama yang baik dengan pihak travel agent, airline dan perusahaan, terutama yang menyangkut ihwal kedatangan rombongan 
  7. Melakukan konfirmasi mengenai reservasi yang dibuat untuk tamu rombongan 
  8. Mencek dan memastikan bahwa group rooming list telah didistribusikan ke berbagai outlet yang berkepentingan. 
  9. Mengarsipkan dokumen group reservation' sesuai dengan tanggal kedatangan. 
  10. Mempersiapkan meal coupon untuk tamu rombongan 
  11. Menjalin kerja sama dengan bagian lain seperti Guest Relations, Concierge dan Lobby Bar (lounge). 
  12. Menghitung biaya kamar, makan dan transportasi sesuai dengan sistem pembay aran yang tercantum dalam pemesanan. 
  13. Bekerja sama dengan resepsionis untuk memblokir kamar rombongan.

Demikian Artikel Tentang Tugas dan Tanggung Jawab Reservation Supervisor dan Chief Concierge. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa di share Ke Teman Kamu Yaaa. Trimakasih

Penelusuran yang terkait dengan Reservation hotel
  • reservation hotel dialog
  • dialogue reservation hotel telephone
  • dialog reservation hotel singkat beserta artinya
  • listening reservation hotel
  • reservation hotel bahasa inggris
  • reservation hotel form
  • tugas reservation hotel
  • reservation hotel by phone

0 Response to "Tugas dan Tanggung Jawab Reservation Supervisor dan Chief Concierge"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->