Pengertian Guest Relation Officer Meliputi Tugas dan Standar Kerja Guest Relation Officer

Pengertian Guest Relation Officer dan Tugasnya Via: Blogiseng.web.id

Pengertian Guest Relation Officer

Guest Relation Officer - adalah bagian yang bertugas menyapa dan memberi salam kepada setiap tamu, membantu dan menjawab setiap pertanyaan tamu dan memberi  penjelasan yang sejelas-jelasnya kepada tamu tentang hal atau kegiatan yang hendak dilakukan oleh tamu.  Guest Relation Officer bertanggung jawab dan memastikan bahwa setiap tamu telah mendapatkan sambutan yang hangat dan membuat mereka  merasa istimewa selama mereka menginap di hotel.  Guest Relation Officer bertanggung jawab untuk rooming tamu dan memastikan bahwa setiap tamu telah tahu kamarnya dan jalan menuju kamarnya masing-masing. serta memastikan apakah mereka senang dengan pelayanan yang mereka dapatkan selama tamu mengunakan akomodasi di hotel.

Tugas Guest Relation Officer.


  1. Bertemu dan menyapa serta member salam kepada setiap tamu yang datng ke Hotel.
  2. Memastikan kepada Bell Boy untuk pengaturan barang bawaan tamu.
  3. Mengantar tamu kekamar mereka.
  4. Menjawab setiap pertanyaan tamu tentang fasilitas hotel.
  5. Membantu tamu dalam hal reservasi atau pemesanan  restaurant berdasarkan permintaan   mereka.
  6. Member salam perpisahan kepada tamu yang akan berangkat
  7. Membuat atau menelpon tamu ke kamar dan menanyakan kepuasan tentang akomodasi yang    mereka dapatkan sat tamu baru datang ke hotel untuk menginap.

Baca Juga: Pengertian Front Office reservation Meliputi Tugas dan Standar Reservation


Standar Guest Relation Officer.

  1. Membaca Log book atau buku catatan untuk mendapatkan informasi terbaru dan menindak lanjuti bilamana ada hal-hal yang perlu untuk segera  ditindak lanjuti dari shift sebelumnya.
  2. Mengadiri setiap pertemuan pergantian shift .
  3. Menyapa tamu dengan hangat dan mengarahkan mereka ke receptionist.
  4. Menginformasikan setiap kegiatan yang sifatnya hiburan dan sejenisnya kedalam kotak informasi yang ada di area tertentu di hotel.
  5. Memastikan jumlah tamu yang bisa hadir dalam setiap kali ada kegiatan.
  6. Mengatur dan menyusun jadwal transportasi atau biasa disebut shuttle bus.
  7. Menjaga dan dapat meningkatkan pendapatan hotel.
  8. Menyapa tamu dengan menyebutkan namanya.

 Selain melakukan tugas harian ataupun periodik, GRO juga mempunyai tugas-tugas yang dilakukan secara insidensial yaitu tugas yang dilakukan apabila tamu membutuhkan layanan tersebut, tugasnya antara lain:
  • Memastikan tiket pesawat tamu/reconfirmed airlines ticket.
  • Pemesanan tiket pesawat.
  • Melakukan table manner.
  • Menyambut tamu rombongan.
  • Mengantar tamu negara yang akan makan di restoran.

Dalam melaksanakan tugas-tugasnya GRO akan berhubungan atau bekerjasama dengan bagian lain, kerjasama ini antar lain dengan bagian:
  • Hubungan dengan bagian Housekeeping dalam hal mempersiapkan & pengiriman bunga untuk tamu VIP
  • Hubungan dengan bagian Room Service dalam hal mempersiapkan & mengirim buah atau kue ulang tahun untuk tamu VIP, long staying ataupun tamu yang berulangtahun. 
  • Hubungan dengan bagian Engineering dalam hal memperbaiki kamar tamu 
  • Hubungan dengan bagian Sekretaris GM dalam hal mempersiapkan welcome letter yang ditandatangani oleh GM. 
  • Hubungan dengan bagian Bar dalam hal mempersiapkan welcome drink.  
  • Hubungan dengan bagian Public relation dalam hal mendokumentasikan kedatangan tamu penting.

Tugas seorang Chief Guest Relations

  1. Jenis pekerjaan sangat penting sebagai tamu hubungan petugas merupakan hotel di mana dengan cara bagaimana ia tidak karyanya akan mencerminkan apa jenis hotel atau pembentukan pelanggan telah mengalami secara keseluruhan.
  2. Salah satu tugas dari Guest Relations Officer adalah untuk menyambut tamu ke dalam pendirian usaha, untuk sebuah hotel, sambutan hangat dibuat pasti akan diberikan. Mereka memastikan bahwa tamu mereka puas dengan layanan mereka setiap saat. Ketika VIP check-in, ia mengawal mereka ke kamar mereka dan menawarkan mereka fasilitas yang mereka mungkin ingin memanfaatkan.
  3. Guest Relations Officer bertugas untuk mempromosikan hotel mereka atau pendirian usaha. Dia menyajikan kepada para tamu apa fasilitas hotel harus membuat mereka tetap tak terlupakan banyak. Dia menentukan bahwa tamu puas dan mempertahankan kepuasan mereka sepanjang waktu mereka di dalam hotel.
  4. Sebuah Guest Relations Officer harus mampu mendengarkan keluhan yang mungkin timbul dari para tamu. Dia harus tetap tenang dan terdiri sepanjang waktu dan merespon secara positif terhadap tamu yang standar tidak terpenuhi.
  5. Sebuah Guest Relations Officer membantu para tamu dalam kebutuhan perjalanan mereka, seperti wisata mereka dapat menikmati, di mana untuk makan, berbelanja atau menyewa mobil di antara pengaturan lain bahwa tamu mungkin keinginan untuk membantu dengan.

Kondisi Kerja Officer Guest Relation


  1. Hotel dan pendirian usaha serupa lainnya adalah lingkungan kerja biasa petugas hubungan tamu. Dia bekerja empat puluh jam seminggu dan dapat ditugaskan pada jadwal pergeseran sebagai jenis perusahaan bisnis harus memiliki orang-orang di meja depan.
  2. Sebuah Guest Relations Officer diharapkan menjadi tipe orang yang berorientasi orang. Dia harus memiliki keterampilan interpersonal yang besar, pendengar yang sangat baik dan dapat berkomunikasi dengan baik. Seorang ahli dalam layanan pelanggan diperlukan untuk posisi ini karena ia adalah pembicaraan tamu pertama dan orang terakhir untuk selama penginapan hotel. Pekerjaan ini menuntut Guest Relations Officer untuk bekerja di bawah situasi stres yang ia hadapi mungkin, ia harus menjaga sikap menyenangkan di tengah tekanan yang dia masuk
  3. Kesopanan yang tepat diharapkan dari petugas Guest Relations. Karena ia adalah frontliner hotel, ia harus memiliki penampilan rapi  
  4. Manfaat  Selain dari kepuasan kerja melihat bahwa tamu puas dengan layanan yang mereka berikan, Gros juga menikmati fasilitas bekerja untuk hotel. Hotel karyawan dan keluarga mereka mendapatkan potongan harga di setiap lokasi yang mereka layani. Beberapa hotel menawarkan diskon karyawan ketika makan di restoran hotel atau sambil memanfaatkan layanan dalam kamar makan. 
  5. Potensi Seorang petugas hubungan tamu dapat mengajukan permohonan untuk promosi dalam perusahaan. Sebagai contoh, ia dapat mengajukan permohonan untuk posisi pengawas atau manajemen. Sebuah GRO bisa menjadi hubungan tamu seorang supervisor / palungan, resepsionis supervisor / manager dan dapat menjadi tugas manajer atau manajer hotel diberi pengalaman yang cukup, pelatihan tambahan dan pengalaman. Untuk membantu mendapatkan posisi manajemen dalam perusahaan, seorang GRO harus mengejar pendidikan tinggi, selain dari gelar sarjana empat tahun, ia juga harus menyelesaikan gelar master. Sebuah yayasan yang baik akan menjadi gelar Bachelor of Science di Pariwisata atau kursus bisnis, dan kemudian Master di bidang Administrasi

Demikian Artikel Tentang Pengertian Guest Relation Officer Meliputi Tugas dan Standar Kerja Guest Relation Officer .Semoga Artikel Ini Bermanfaat dan Jangan Lupa di Share Apa Bila di Butuhkan.Trimakasih


Penelusuran yang terkait dengan Guest Relation Officer
  • guest relation officer gaji
  • syarat menjadi guest relation officer
  • pengertian guest relation officer menurut para ahli
  • guest relation officer karaoke adalah
  • guest relation officer restaurant
  • tugas dan tanggung jawab guest relations
  • tugas guest relation manager
  • apakah semua hotel memiliki guest relation officer? mengapa?

0 Response to "Pengertian Guest Relation Officer Meliputi Tugas dan Standar Kerja Guest Relation Officer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->