Pengertian Reception Front Office meliputi Tugas, Standar Kerja dan Standard Grooming Receptionist

Admin
0
Pengertian Reception dan Tugasnya Via: Ilmuips.my.id

Pengertian Reception Front Office

Reception adalah bagian yang menyambut dan memberi salam kepada tamu yang datang ke hotel, baik tamu yang akan registrasi maupun tamu yang hanya mencari informasi sekitar hotel saja.  Reception juga adalah bagian yang terakhir member salam perpisahan kepada tamu yang akan cek out dari hotel. Reception bertanggung jawab dan memastikan bahwa tamu telah mendapat sambutan dan perpisahan dengan hangat sehinggan tamu merasa  istimewa. Reception bertanggung jawab atas rooming tamu dan memastikan tamu telah mendapatkan informasi atas akomodasi yang mereka pesan sudah sesuai keinginan tamu. Juga reception punya tanggung jawab sebagai penghubung antara tamu dengan bell service, juga reception memiliki tanggung jawab dalam hal penyusunan welcome.
 
  1.   Menyapa dan member salam kepada semua tamu yang datang di counter reception. 
  2.    Memastikan kepada Bell Boy untuk mengatur barang-barang bawaan tamu..
  3.    Mengatur pengalokasian kamar untuk kedatangan tamu
  4.    Memberikan salam perpisahan kepada tamu yang akan berangkat
  5.    Memastikan kebersiahan meja reception dan area lobi pada kususnya
 
 
  1. Memastikan untuk selalu mambaca log book setiap atau sebelum melaksanakan tugas agar      selalu  mendapatkan informasi terbaru dan mengetahui hal-hal apa yang harus ditindak lanjuti    dari shift  sebelumnya. 
  2. Menghadiri setiap pertemuan pergantian shift.
  3. Menyapa tamu dengan menyebutkan nama tamunya.
  4. Memberi  salam kepada tamu dengan senyuman yang hangat. 
  5.  Member salam perpisahan kepada tamu yang akan berangkat dan mengantarkannya ke Front Office kasir untuk menyelesaikan segala bentuk kewajiban tamu dengan menyelesaikan pembayaran bill akomodasi maupun bil lainya. 
  6. Menginformasikan kepada tamu tentang akomodasinya sesuai yang tercantum dalam voucher akomodasi dari tamu tersebut. 
  7. Memeriksa kembali kamar-kamar yang sudah ditetapkan atau ditentukan  oleh reservasi untuk kamar kedatangan tamu hari ini. 
  8. Mempersiapkan surat pemberitahuan untuk tamu yang akan selesai masa tinggalnya satu hari sebelumnya. 
  9. Berkordinasi dengan Guest Relation staff untuk hal-hal yang harus ditindak lanjuti dengan segera.
  10. Menjaga kebersiahan disekitar  front office dan loby are
  11. Dapat meningkatkan pendapatan hotel kusunya meningkatkan penjualan kamar.


Standard Grooming Receptionist

Grooming dapat diartikan dengan tampak rapi, bersih dan menarik, baik berhubungan dengan tampilan diri sendiri maupun pakaian yang dikenakan oleh seseorang resepsionis hotel.
Hal itu merupakan faktor penting untuk staff hotel, khususnya staff Front Office.
Seorang resepsionis yang tidak rapi dan tidak bersih akan mengakibatkan tamu berimage buruk terhadap hotel. Tamu mungkin akan membatalkan niatnya untuk tinggal bila melihat penampilan staff yang tidak profesional, tidak sesuai dengan standard grooming. Berbeda bila penampilan staff yang menawan dan rapi. Penampilan ini dapat menimbulkan rasa hormat pada siapa pun yang datang di loby hotel. Berikut akan diuraikan mengenai kerapian dan pesona diri yang dikemas dalam dua bentuk pada Standard Receptionist Grooming yaitu secara fisik dan secara psikis.

A. GROOMING SECARA FISIK
Grooming secara fisik menyangkut hal-hal sebagai berikut:

1. KEBERSIHAN DIRI
  • Mandi setiap hari paling tidak sebelum mulai bekerja.
  • Gunakan deodoran yang bisa menyerap keringat dan dapat mencegah bau badan.
  • Gunakan parfum secukupnya; aroma parfum harus lembut tidak menyengat.
  • Menyikat gigi anda setiap kali selesai makan.
  • Gunakan obat kumur untuk menghindari bau mulut.
  • Cuci tangan dengan sabun setelah selesai menggunakan toilet.
  • Rambut harus dijaga kebersihannya, dikeramas secara teratur dan disisir rapi.
  • Jari tangan harus dijaga kebersihannya, kuku dipotong rapi secara teratur

2. KETENTUAN TENTANG SERAGAM  (uniform)
  • Pakaian seragam disediakan oleh pihak hotel.
  • Resepsionis pria harus menggunakan kaos kaki setiap saat bekerja dan warna yang dianjurkan adalah warna hitam.
  • Sepatu harus selalu disemir dan bebas debu.

3. PERHIASAN
  • Perhiasan. Hindari pemakaian yang berlebihan, gunakan perhiasan yang sederhana tetapi anggun.
  • Cincin. Gunakan hanya satu cincin kawin atau cincin lain yang tidak terlalu besar atau mencolok. Cincin dengan batu besar tidak diperbolehkan. Jangan menggunakan cincin lebih dari dua pada kedua tangan.
  • Jam tangan. Gunakan hanya satu jam tangan, jangan terlalu besar, mengikat atau berwarna-warni.
  • Anting. Resepsionis wanita hanya diperbolehkan menggunakan satu pada setiap telinga. Anting bisa berupa giwang yang terbuat dari emas perak atau mutiara (pakai anting yang tidak menggantung).
  • Seragam. Selama Memakai seragam (uniform), resepsionis hanya diperbolehkan memakai satu name tag yang telah ditentukan dan service award pin atau semua aksesori yang sudah ditentukan oleh pihak hotel.

4.RAMBUT
  • Warna rambut harus terlihat alami, tidak menggunakan warna yang mencolok. Gunakan yang konservatif dan anggun.
  • Rambut harus dijaga kebersihannya dan selalu tersisir rapi.
  • Resepsionis wanita yang memiliki rambut melebihi bahu harus memakai ikat rambut supaya tetap terlihat rapi dan tidak jatuh menutupi muka.
  • Jepit atau ornamen rambut harus sederhana tetapi anggun dan disarankan menggunakan warna yang senada dengan rambut anda.
  • Rambut bagi resepsionis pria harus di atas baju panjangnya dan tidak menutupi telinga.
  • Hindari menggunakan minyak rambut atau gel yang berlebihan, tetapi peliharalah supaya tata rambut tetap rapi.
  • Bagi resepsionis pria, kumis atau cambang harus dicukur setiap hari supaya tetap terjaga kerapiannya.
  • Hindari model rambut yang dicukur seperti rapper (dikerok di atas telinga, dan lainnya).

5. TATA RIAS
  • Tata rias. Resepsionis wanita sebaiknya menggunakan warna-warna yang lembut tetapi tetap terlihat anggun dan rapi.
  • Muka. Untuk kebersihan muka, cuci muka setiap hari agar tidak berminyak dan bersih, gunakan pelembab untuk melembabkan wajah.
  • Bedak dasar. Dianjurkan untuk menggunakan bedak bubuk yang berwarna senada dengan warna kulit anda. Supaya tetap terlihat segar, perbaiki rias wajah setelah makan siang atau pada waktu istirahat.
  • Mata. Untuk tata rias mata gunakan warna yang lembut, hindari warna yang telalu terang atau mencolok.
  • Maskara. Gunakan maskara warna hitam atau cokelat tua, tanpa pemakaian yang berlebihan.
  • Garis mata. Gunakan garis mata untuk mempertegas mata supaya tetap dan tidak terlihat mengantuk atau lelah.
  • Pemerah pipi. Gunakan pemerah pipi dengan warna yang senada dengan tata rias mata dan lipstik.
  • Lipstik. Gunakan lipstik dengan warna yang lembut, hindari penggunaan lipgloss yang terlalu mengkilat; gunakan pensil bibir yang sewarna dengan lipstik anda.



B. GROOMING SECARA PSIKIS
Grooming secara psikis menyangkut hal-hal sebagi berikut:
  • Pada saat bekerja wajah selalu dalam keadaan fresh dengan ekspresi muka yang menyenangkan.
  • Menunjukkan sikap positif terhadap hotel dan pekerjaan.
  • Selalu bersikap diplomatis dalam menghadapi masalah, hindari mengandalkan emosi.
  • Tidak mengutamakan urusan pribadi dalam pekerjaan.
  • Berbicara dan menanggapi pembicaraan secara intelek.
  • Dapat mengerti gagasan orang lain dan dapat bekerja dalam tim.

Demikian Artikel Tentang Pengertian Reception Front Office meliputi Tugas, Standar Kerja dan Standard Grooming Receptionist. Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa di Share Bagi yang membutuhkan.Terimakasih


Penelusuran yang terkait dengan Reception hotel
  • receptionist hotel gaji
  • job desk receptionist hotel
  • job desk front office hotel
  • job description receptionist hotel bahasa indonesia
  • greeter hotel adalah
  • front office adalah
  • pengertian receptionist office
  • gaji receptionist

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close