Pengertian Food & Beverage Department Beserta Tugas Dan Tanggung Jawab Food & Beverage Departement Paling Lengkap

      Food & Beverage Departement merupakan salah satu departemen yang ada di hotel dan termasuk departemen yang sangat penting, sebab dapat menghasilkan atau mendatangkan keuntungan. Tamu yang tinggal di hotel tidak saja memerlukan kamar tetapi juga memerlukan makanan dan minuman yang akan dilayani oleh bagian tata hidangan atau F&B service.

      Menurut mertayasa (2012:2) yang dimaksud dengan tata hidangan adalah bagian yang mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman kepada para tamu baik di hotel maupun di luar hotel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa F&B Departement adalah departemen yang bertanggung jawab mengelola makanan dan minuman yang disertakan dengan pelayanan.
 
 
      Berdasarkan ruang lingkup operasionalnya maka dapat disimpulkan bahwa Food & Beverage Department mempunyai peranan dan fungsi yang penting bagi hotel. Food & Beverage Department juga merupakan sumber pendapatan, reputasi, dan kepuasan tamu. Adapun sumber pendapatan yaitu:

1. Sumber pendapatan pada hotel melalui penjualan produk Food & Beverage Departement.
      Disebuah Hotel tentunya sangat memperhatikan keuntungan yang akan diperoleh, sebuah hotel beroperasional dangan memperkirakan keuntungan. Keuntungan tersebut bisa didapat dari departemen yang mendukung operasional hotel, dengan menjual produk hotel dan jasa kepada tamu dengan sebaik mungkin akan meningkatkan pendapatan hotel sehingga keuntungan yang diperoleh sebuah hotel pun menjadi lebih besar. Dengan menjual makanan dan minuman, ruangan meeting atau untuk acara tertentu serta fasilitas lainnya yang ada di hotel. Dengan demikian sumber pendapatan dari tamu dan berdasarkan pendapatan yang di peroleh, maka hotel dapat melangsungkan operasionalnya.

2. Meningkatkan Reputasi Hotel
      Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun citra hotel yaitu bisa dengan membangun gedung yang luas serta kelengkapan fasilitas yang mewah, tetapi ada faktor yang dikategorikan sulit untuk membangun citra hotel yaitu pelayanan yang baik dan maksimal, jika hal tersebut berhasil dilakukan maka citra perusahaan akan mudah didapat melalui faktor tersebut, keuntungan yang lebih besar pun akan lebih mudah di raih, yang menjadi permasalahan yaitu kurangnya standart baku untuk pelayanannya. Baik buruknya pelayanan yang diberi oleh sebuah hotel sangat berpengaruh terhadap kepuasan tamu atau harapan pelanggan. Setiap pramusaji yang ada di Food & Bevarage Departement diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik dan berkesan bagi tamu yang ada di hotel.

3. Menambah Kepuasaan Tamu Dari Segi Pelayanan
      Memberikan pelayanan terbaik sudah menjadi tugas utama dari management Food & Bevarage Departement dikatakan demikian karena petugas dari departemen ini berhubungan langsung dalam melayani makan dan minum para tamu yang ada di hotel. Untuk itu petugas dari departemen ini pun harus senantiasa berusaha memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan standart pelayanan yang baku agar dapat menimbulkan kepuasan tamu, tidak hanya itu keberhasilan memberi pelayanan terbaik dan berkualitas kepada tamu dapat mengangkat citra hotel, karena tamu merasa sangat di perhatikan dan diberi pelayanan dengan baik.


Tugas Dan Tanggung Jawab Food & Beverage Departement

       Departemen ini memiliki tugas dan tanggung jawab tertentu, bertanggung jawab untuk mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan pelayanan makan dan minum serta penyediaan tempat atau ruangan yang akan digunakan untuk event meeting atau acara resmi yang berhubungan dengan pelayanan makan dan minum.
      Selain itu, Food & Baverage Departement juga memiliki tugas-tugas lainnya yang mendukung berlangsungnya operasional kerja pada departemen ini. Tugas-tugas tersebut yaitu:
1.      Membersihkan dan atau memeriksa area makan/restoran sebelum pelayanan pada pelanggan berlangsung sesuai dengan prosedur Hotel.
2.      Membersihkan dan atau memeriksa fasilitas pelanggan sebelum pelayanan.
3.      Mempersiapkan area yang nyaman secara rapih untuk pelayanan termasuk penyesuaian penerangan dan musik bila perlu.
4.      Menyesuaikan dan menata meja kursi sesuai dengan persyaratan perusahaan dan atau permintaan pelanggan.
5.      Memastikan kenyamanan rancangan perabotan dan keselamatan staf dan pelanggan.
6.      Mempersiapkan dan memeriksa perlengkapan untuk pelayanan.

7.      Selalu mencari informasi tentang variasi menu dengan cara selalu mengontak staf dapur.





Penelusuran yang terkait dengan Food & Beverage Department
  • food and beverage service department
  • pengertian food and beverage service department menurut para ahli
  • istilah dalam food and beverage service
  • ilmu food and beverage service
  • download buku food and beverage service
  • fungsi food and beverage service department
  • modul food and beverage
  • f&b service hotel adalah

0 Response to "Pengertian Food & Beverage Department Beserta Tugas Dan Tanggung Jawab Food & Beverage Departement Paling Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->