Hubungan Departemen Lain di Perhotelan Menurut Bagyono Dan Ludfi Orbani

Admin
0

Dalam Buku Dasar – Dasar Housekeeping dan Loundry Hotel Menurut Bagyono dan Ludfi Orbani Mengatakan bahwa (2003:11-14) “Kelancaran operasional hotel sehari-hari didukung oleh beberapa departemen”. Bagian yang satu dengan lainnya saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Adapun departemen-departemen tersebut adalah:



1. Departemen Kantor Depan (Front Office Department)


  1. Menerima reservasi kamar, check in dan check out.
  2. Menyediakan list dan membuat catatan (special request) ke Housekeeping untuk tamu VIP.
  3. Konfirmasi perbedaan kamar (room discrepancy), pindah kamar, early arrival, atau late check out ke Housekeeping.
  4. Memastikan tamu-tamu yang datang dengan sistem rombonga (group) dan koordinasi dengan housekeeping untuk keperluan kamarnya.
  5. Koordinasi dengan housekeeping tentang kamar yang rusak (OOO) dan yang siap untuk dijual.

Baca Juga: Pengertian Food & Beverage Department Beserta Hubungan Food & Beverage Department dengan Department lain Menurut Mertayasa


2. Departemen Teknik (Engineering Department)

  1. Maintenance/memperbaiki kerusakan-kerusakan yang ada di kamar dan area hotel.
  2. Koordinasi dengan housekeeping untuk memperbaiki kerusakan dikamar out of order (telepon, AC, air, listrik, sipil dan lain-lain).
  3. Menindak lanjuti perintah kerja (work order) yang diberikan oleh housekeeping.
  4. Bertanggung jawab atas penyediaan listrik dan air yang ada di hotel.

3. Departemen Pelayanan Makanan dan Minuman (Food & Beverage Service Department)

  1. Menyediakan makanan dan minuman baik itu di restoran, bar, maupun room service.
  2. Koordinasi dengan Housekeeping untuk pembersihan FB outlet dan function room.
  3. Koordinasi dengan Housekeeping / Laundry untuk penyediaan napkin dan FB linen.
  4. Koordinasi dengan housekeeping untuk mengambil room service tray.

4. Accounting Department

  1. Pengelolaan keuangan yang ada di hotel.
  2. Melayani pembayaran gaji karyawan.
  3. Menyediakan/pembelian (purchasing) barang-barang kebutuhan hotel baik itu makanan, minuman, peralatan, linen, maupun chemical yang dibutuhkan hotel sesuai dengan masing-masing departemen.
  4. Melayani permintaan dari housekeeping (store requisition) terhadap barang-barang kebutuhan housekeeping yang ada di gudang.

5. Departemen Penjualan dan Pemasaran (Sales & Marketing Department)

  1. Bertugas memasarkan, menjual, dan mempromosikan produk yang ada di hotel.
  2. Mengadakan perjanjian dengan biro periklanan maupun biro perjalanan.
  3. Membuat permintaan khusus ke housekeeping untuk pembuatan taman di meeting room (dry garden, mini garden).

6. Departemen Personalia/Kepegawaian (Human Resources Department)

  1. Pengadaan tenaga kerja (housekeeping) dan pengangkatan karyawan.
  2. Pelatihan dan promosi pegawai.
  3. Pengadaan dan penempatan siswa/pelajar, mahasiswa (trainee) di housekeeping.
  4. Pemutusan hubungan kerja.
  5. Pencatatan dan penghitungan gaji dan lembur karyawan.

7. Departemen Keamanan (Security Department)

    Tugas departemen kemanan adalah menjaga agar tamu terhindar dari pencurian, perusakan, 
    perampokan, dan bahaya kebakaran hingga tamu merasa aman menginap di hotel.
  1. Pengawasan area hotel bagian dalam ruangan maupun luar ruangan.
  2. Keamanan parker tamu dan karyawan.
  3. Menjaga asset hotel dari tindakan pencurian dan kerusuhan.

8. Departemen Binatu (Laundry Department)

  1. Pencucian linen yang ada di hotel (HK linen dan FB linen).
  2. Koordinasi dan kontrol linen ataupun uniform yang ada di hotel.
  3. Suplai linen bersih ke Housekeeping.

Baca Juga: Inventory Amenities Hotel Beserta Tujuan Inventarisasi yang ada Di Housekeeping


9. Departemen Produksi Makanan dan Minuman.

  1. Membuat/menyediakan makanan dan minuman yang di pesan oleh tamu sesuai dengan menunya , atau menyediakan makanan dan minuman pada saat pesta / jamuan ( meeting, party dan sebagainya)sesuai dengan pemesanan.
  2. Membuat food promotion.
  3. Mengganti menu (menu rotation).
  4. Membuat roti ( Pastry dan Bakery).

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close