Pengertian Food & Beverage Product Secara Umum dan Menurut Para Ahli Beserta Tugas Dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Food & Beverage Product dan Tugas Dan Tanggung Jawab Food & Beverage Departement

Pengertian Food & Beverage Product

Food and Beverage Product merupakan salah satu bagian di hotel yang menangani pengolahan makanan dan minuman dari bahan mentah menjadi produk siap saji mulai dari appetizer, soup, main course dan dessert bagi para tamu hotel. Perlu adanya pengetahuan dan keahlian yang kompeten sesuai dengan standar dalam mengolah produk makan dan minum, agar tamu merasa puas mencicipi produk yang ditawarkan.
Seorang yang bertugas dalam departemen ini sering dikenal dengan sebutan chef / koki. Dalam pengolahan makanan dan minuman tentu saja tidak hanya handal dalam pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan, namun juga butuh adanya kedisiplinan, kerapihan, penampilan yang baik, kejujuran, tanggung jawab, kecepatan, ketepatan serta sikap profesional dalam melaksanakan tugasnya.
Pada bidang tata boga ini, peserta didik tidak hanya melatih dirinya ketika pembelajaran saja, akan tetapi bisa mengajukan diri untuk melatihnya dalam program Unit Produksi, baik dalam pengolahan roti, patiseri, cake, jajanan pasar, dan produk olahan makanan lainnya.

Pengertian F & B Menurut Para Ahli

Dalam hal ini bisa dikatakan sebagai Restoran suatu usaha yang bersifat komersial dan menyediakan jasa pelayanan makan dan minum bagi umum dan dikelola secara profesinal.
  • Rachman Arief, Abd (2005:113)
Food & Beverage merupakan bagian yang bertugas atau mengolah, memproduksi dan menyajikan makanan dan minuman untuk keperluan hotel, baik dalam kamar , restaurant , makanan karyawan dan sebagainya
  • Soekresno dan Pendit (1998:4)
Food & Beverage adalah sebuah bidang usaha yang merupakan bagian usaha seperti hotel yang bertanggung jawab terhadap kebutuhan, karena dalam pelayanan nya menyediakan makanan dan minuman serta dalam kebutuhan lain yang terkait dari sebuah hotel atau dikelola secara komersial.

Pada umumnya tata hidang dalam pelayanan di bagi dalam beberapa yaitu :
  1. Restoran, merupakan suatu ruangan atau tempat di mana tamu dapat menikmati atau membeli makanan dan minuman, karena hal ini merupakan suatu seksi untuk menyiapkan makanan dan minum bagi tamu yang memerlukannya.
  2. Bar, merupakan suatu tempat secara komersil yang menyiapkan dan menjual minuman, baik yang mengandung alkohol maupun tidak
  3. Room Service, merupakan bagian yang bertugas dalam pelayanan makanan dan minuman
  4. Banquet, merupakan bagian yang melayani dan bertanggung jawab dalam penjualan makanan dan minuman khusus di luar restoran
  5. Steward, merupakan bagian yang bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan dan penyimpanan peralatan F&B departemen
  • Food and Beverage Product (F&B Product) bertugas atau mengolah bahan makanan yang mentah menjadi makanan siap saji.
  • Food and Beverage Service (F&B Service) bertugas melayani dalam menyajikan atau menghidangkan makanan kepada tamu



Food and beverage department merupakan departemen yang sangat mutlak diperlukan di hotel dalam penyediaan dan pelayanan makanan dan minuman dalam menjalankan tugasnya food and beverage department terbagi menjadi dua bagian yang saling bergantung satu sama lain dan harus saling bekerjasama. 2 (dua) bagian tersebut adalah:

1. Food and beverage bagian depan (front service)
Yaitu bagian yang langsung berhubungan dengan tamu, terdiri dari bar, restoran, banquet dan room service.

2. Food and beverage bagian belakang (back service)
 Yaitu bagian yang tidak langsung berhubungan dengan tamu karena harus melalui perantara pramusaji, terdiri dari kitchen, stewarding.

Tujuan departemen food and beverage menurut Soekarno dan Pendit (1998:5) adalah:
  •  Menjual makanan dan minuman sebanyak-banyaknya dengan harga yang sesuai.
  • Memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada tamu sehingga tamu merasa puas. Hal ini menyangkut mutu pelayanan mutu makanan dan minuman, sikap karyawan, dekorasi ruangan serta suasana sekitar, peralatan yang dipakai dan sanitasinya.
  •  Mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dan untuk kesinambungan usaha.

Food and beverage product mengelola makanan mulai dari makanan pembuka sampai makanan penutup.dibawah ini adalah pengertian makanan pembuka sampai makanan penutup


1. Appetizer (makanan pembuka)

Appetizer, dalam istilah bahasa Indonesia yaitu ‘hidangan pembuka’. Sedangkan istilah Perancis menyebutnya Hors d’oeuvre (starter). Appetizer merupakan hidangan pembuka sebelum hidangan utama (main course) yang disajikan dengan tujuan membangkitkan nafsu makan atau selera makan. Sumber lain memberikan pengertian sebagai berikut: Appetizer merupakan penghantar untuk menikmati hidangan utama, sebagai hidangan pembuka untuk menimbulkan selera makan karena itu porsinya kecil dengan rasa asam, asin atau pedas.

Appetizer hendaknya memiliki rasa yang enak (tastefull), ringan (ligth), menyegarkan (biasanya berasa agak asam untuk merangsang selera makan), berukuran kecil (biet size, finger food), dan disajikan dengan penampilan menarik. Appetizer dapat berupa hidangan panas (canape, fritters, soup) atau dingin (salad, Chilled Fruit Cocktail, Shrimp Cocktail), dan adakalanya berasa pedas.
Hidangan appetizer hendaknya disajikan dengan prima, meliputi rasa, aroma, penampilan, dan kesesuaian dengan alat saji agar dapat membangkitkan selera dan memberikan kesan bahwa hidangan yang akan disajikan setelahnya akan lebih enak lagi.


Tugas Dan Tanggung Jawab Food & Beverage Departement

       Departemen ini memiliki tugas dan tanggung jawab tertentu, bertanggung jawab untuk mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan pelayanan makan dan minum serta penyediaan tempat atau ruangan yang akan digunakan untuk event meeting atau acara resmi yang berhubungan dengan pelayanan makan dan minum.
      Selain itu, Food & Baverage Departement juga memiliki tugas-tugas lainnya yang mendukung berlangsungnya operasional kerja pada departemen ini. Tugas-tugas tersebut yaitu:
  1. Membersihkan dan atau memeriksa area makan/restoran sebelum pelayanan pada pelanggan berlangsung sesuai dengan prosedur Hotel.
  2. Membersihkan dan atau memeriksa fasilitas pelanggan sebelum pelayanan.
  3. Mempersiapkan area yang nyaman secara rapih untuk pelayanan termasuk penyesuaian penerangan dan musik bila perlu.
  4. Menyesuaikan dan menata meja kursi sesuai dengan persyaratan perusahaan dan atau permintaan pelanggan.
  5. Memastikan kenyamanan rancangan perabotan dan keselamatan staf dan pelanggan.
  6. Mempersiapkan dan memeriksa perlengkapan untuk pelayanan.
  7. Selalu mencari informasi tentang variasi menu dengan cara selalu mengontak staf dapur.



Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Food & Beverage Product Secara Umum dan Menurut Para Ahli. Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa di Share Bagi yang Membutuhkan


Penelusuran yang terkait dengan Tugas dan Tanggung Jawab Food and Beverage (F&B)
  • tugas dan tanggung jawab food and beverage product
  • tugas dan tanggung jawab f&b service
  • tugas f&b supervisor hotel
  • tugas f&b director
  • food and beverage service department
  • download buku food and beverage service
  • food and beverage adalah
  • tugas dan tanggung jawab captain waiter

0 Response to "Pengertian Food & Beverage Product Secara Umum dan Menurut Para Ahli Beserta Tugas Dan Tanggung Jawabnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->