Pengeritan dan Definisi Industri Pariwisata Meliputi Prasarana dan Sarana Beserta Ciri-ciri Produk Industri Pariwisata



Pengeritan dan definisi industri pariwisata

Industri pariwisata bukanlah industri yang berdiri sendiri, tetapi merupakan suatu industri yang terdiri dari serangkaian perusahaan yang menghasilkan jasa atau produk yang berbeda satu dengan lainnya. Perbedaan itu tidak hanya dalam jasa yang dihailkan, tetapi juga dalam besarnya perusahaan, lokasi tempat kedudukan, letak geografis, fungsi, bentuk organisasi yang mengelola dan metode atau cara pemasarannya.

Industri pariwisata adalah kumpulan dari macam-macam perusahaan yang secara bersama menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa yang dibutuhkan para wisatawan pada khusunya dan traveller pada umumnya, selama dalam perjalanannya.

Bila ditinjau dari segi ekonomi mikro, industri pariwisata adalah setiap unit produksi yang dapat menghasilkan produk atau jasa tertentu. Sedangkan dalam segi makro, industri pariwisata adalah keseluruhan unit-unit produksi (travel agent, tourist transportation, hotel, restaurant dan bar, tour operator, tourist objek and tourist attractions, dan souvenir shop) baik yang tempat kedudukannya di daerah, dalam negeri atau di luar negeri yang ada kaitannya dengan perjalanan wisatawan yang bersangkutan.



Pengelompokkan perusahaan-perusahaan yang termasuk dalam industri pariwisata adalah :
  1. travel agent
  2. tourist transportation
  3. hotel dan akomodasi lainnya
  4.  restaurant dan bar
  5.  tour operator
  6. tourist objek and tourist attractions serta entertainment lainnya
  7. souvenir shop

Prasarana dan sarana kepariwisataan

Yang dimaksud dengan prasarana adalah semua fasilitas yang memungkinkan proses prekonomian dapat berjalan dengan lancar sedemikian rupa, sehingga dapat memudahkan wisatawan untuk memenuhi kebutuhannya. Jadi fungsinya adalah melengkapi sarana kepariwisataan sehingga dapat memberikan pelayanan sebagaimana mestinya.

Yang termasuk dalam prasarana adalah :
  • prasarana umum Yaitu prasarana yang menyangkut kebutuhan umum bagi kelancaran perekonomian.
  • kebutuhan masyarakat banyak Yaitu prasarana yang menyangkut kebutuhan masyarakat banyak.

Ada tiga macam sarana kepariwisataan, dimana satu dengan lainnya saling melengkapi. Ketiga sarana yang dimaksudkan adalah :
a. sarana pokok kepariwisataan
adalah perusahaan-perusahaan yang hidup dan kehidupannya sangat tergantung kepada lalu lintas wisatawan. Fungsinya adalah menyediakan fasilitas pokok yang dapat memberikan pelayanan bagi kedatangan wisatawan. Adapun perusahaan-perusahaan yang termasuk kelompok ini adalah :
  •  perusahaan yang usaha kegiatannya mempersiapkan dan merencanakan perjalanan wisatawan
  • perusahaan yang memberikan pelayanan di daerah tujuan kemana wisatawan pergi

b.sarana pelengkap kepariwisataan
adalah fasilitas-fasilitas yang dapat melengkapi sarana pokok sedemikian rupa, sehingga fungsinya dapat membuat wisatawan lebih lama tinggal di tempat atau daerah yang dikunjunginya.

c.sarana penunjang kepariwisataan
adalah fasilitas yang diperlukan wisatawan, khususnya wisatawan bisnis, yang berfungsi tidak hanya melengkapi sarana pokok dan sarana pelengkapa, tetapi fungsinya yang lebih penting adalah agar wisatawan lebih banyak membelanjakan uangnya di tempat yang dikunjunginya tersebut.

 

Hasil (produk) industri pariwisata

Pariwisata sebagai suatu industri menghasilkan jasa-jasa sebagai produk yang dibutuhkan wisatawan pada khususnya dan traveller pada umumnya. Jadi, yang dimaksud dengan hasil industri pariwisata ialah semua jasa-jasa yang dibutuhkan wisatawan semenjak ia berangkat meninggalkan tempat kediamannya, sampai ia kembali kerumah dimana ia tinggal.

Pada dasarnya ada tiga golongan pokok industri pariwisata tersebut, adalah :
  • Tourist object yang terdapat pada daerah-daerah tujuan wisata, yang menjadi daya tarik orang-orang untuk datang berkunjung kedaerah tersebut.
  • Fasilitas yang diperlukan di tempat tujuan tersebut
  • Transportasi yang menghubungkan negara asal wisatawan dengan daerah tujuan wisatawan serta transportasi di tempat tujuaan ke objek-objek wisata

Ciri-ciri produk industri pariwisata

Di bawah ini dikemukakan beberapa ciri-ciri hasil produk pariwisata yang terpenting, diantaranya adalah :
  • Tidak dapat dipindahkan.
  • Pada umumnya peranan perantara tidak diperlukan
  • Tidak dapat ditimbun
  • Tidak mempunyai standart atau ukuran yang objektif
  • Permintaan terhadap hasil atau produk industri pawisata tidak tetap dan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor non ekonomis
  •  Calon konsumen tidak dapat mencoba atau mencicipi produk yang dibelinya
  • Hasil atau produk industri pariwisata itu banyak tergangung dari tenaga manusia dan sedikit sekali yang dapat digunakan mesin
  • Dari segi pemilikan usaha, penyediaan produk industri pariwisata dengan membangun sarana-sarana kepariwisataan yang besar, sedangkan perubahan elastisitas permintaan sangat kuat

Baca Juga:  Pengertian Wisata, Wisatawan, Pariwisata, Kepariwisataan, Obyek dan Daya Tarik Wisata


Demikian Penjelasan Tentang Pengeritan dan Definisi Industri Pariwisata Meliputi Prasarana dan Sarana Beserta Ciri-ciri Produk Industri Pariwisata. Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Pengeritan dan Definisi Industri Pariwisata Meliputi Prasarana dan Sarana Beserta Ciri-ciri Produk Industri Pariwisata"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->