Pengertian Food & Beverage Department Beserta Hubungan Food & Beverage Department dengan Department lain Menurut Mertayasa

      Food & Beverage Departement merupakan salah satu departemen yang ada di hotel dan termasuk departemen yang sangat penting, sebab dapat menghasilkan atau mendatangkan keuntungan. Tamu yang tinggal di hotel tidak saja memerlukan kamar tetapi juga memerlukan makanan dan minuman yang akan dilayani oleh bagian tata hidangan atau F&B service.

      Menurut mertayasa (2012:2) yang dimaksud dengan tata hidangan adalah bagian yang mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan dan menyajikan makanan dan minuman kepada para tamu baik di hotel maupun di luar hotel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa F&B Departement adalah departemen yang bertanggung jawab mengelola makanan dan minuman yang disertakan dengan pelayanan.
 
 
      Berdasarkan ruang lingkup operasionalnya maka dapat disimpulkan bahwa Food & Beverage Department mempunyai peranan dan fungsi yang penting bagi hotel. Food & Beverage Department juga merupakan sumber pendapatan, reputasi, dan kepuasan tamu. Adapun sumber pendapatan yaitu:

1. Sumber pendapatan pada hotel melalui penjualan produk Food & Beverage Departement.
      Disebuah Hotel tentunya sangat memperhatikan keuntungan yang akan diperoleh, sebuah hotel beroperasional dangan memperkirakan keuntungan. Keuntungan tersebut bisa didapat dari departemen yang mendukung operasional hotel, dengan menjual produk hotel dan jasa kepada tamu dengan sebaik mungkin akan meningkatkan pendapatan hotel sehingga keuntungan yang diperoleh sebuah hotel pun menjadi lebih besar. Dengan menjual makanan dan minuman, ruangan meeting atau untuk acara tertentu serta fasilitas lainnya yang ada di hotel. Dengan demikian sumber pendapatan dari tamu dan berdasarkan pendapatan yang di peroleh, maka hotel dapat melangsungkan operasionalnya.

2. Meningkatkan Reputasi Hotel
      Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun citra hotel yaitu bisa dengan membangun gedung yang luas serta kelengkapan fasilitas yang mewah, tetapi ada faktor yang dikategorikan sulit untuk membangun citra hotel yaitu pelayanan yang baik dan maksimal, jika hal tersebut berhasil dilakukan maka citra perusahaan akan mudah didapat melalui faktor tersebut, keuntungan yang lebih besar pun akan lebih mudah di raih, yang menjadi permasalahan yaitu kurangnya standart baku untuk pelayanannya. Baik buruknya pelayanan yang diberi oleh sebuah hotel sangat berpengaruh terhadap kepuasan tamu atau harapan pelanggan. Setiap pramusaji yang ada di Food & Bevarage Departement diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik dan berkesan bagi tamu yang ada di hotel.

3. Menambah Kepuasaan Tamu Dari Segi Pelayanan
      Memberikan pelayanan terbaik sudah menjadi tugas utama dari management Food & Bevarage Departement dikatakan demikian karena petugas dari departemen ini berhubungan langsung dalam melayani makan dan minum para tamu yang ada di hotel. Untuk itu petugas dari departemen ini pun harus senantiasa berusaha memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan standart pelayanan yang baku agar dapat menimbulkan kepuasan tamu, tidak hanya itu keberhasilan memberi pelayanan terbaik dan berkualitas kepada tamu dapat mengangkat citra hotel, karena tamu merasa sangat di perhatikan dan diberi pelayanan dengan baik.




Hubungan Food & Beverage Department dengan Department lain Menurut Mertayasa

Hubungan Food & Beverage Department dengan Department lain. Menurut Mertayasa (2012:2-3) Pada umumnya di dalam bagian tata hidangan terdapat lagi beberapa bagian (seksi) yang masing-masing mempunyai tugas tertentu. Besar kecilnya operasi dari bagian ini. Pada dasarnya seksi-seksi itu terdiri dari :
  1. Restaurant
  2. Bar
  3. Room Service
  4. Banquet
  5. Steward
   Bagian-bagian tersebut sangat memiliki hubungan yang sangat erat, selain mempunyai hubungan dengan departemen tersebut Food & Beverage Departement juga memiliki hubungan yang erat dengan departemen lain yang ada di hotel. Hubungan fungsional antara Food & Beverage Department dengan bagian lain yaitu :

1. Front Office Department ( F.O)

  1. F.O akan menginformasikan kepada semua departemen tentang jumlah tamu yang tinggal dihotel, tamu yang akan datang (check-in), tamu yang keluar (check-out). Dan tamu penting sehingga F & B dapat menggunakan informasi tersebut sebagai pedoman dalam operasional.
  2. F.O akan menjual produk F & B ( food, beverage, dan service ) kepada tamu yang datang.
  3. F & B akan menyiapkan welcome drink kepada tamu yang baru checkin.

2. Housekeeping Department (HK)

  1. Housekeeping (HK) akan menyiapkan linen-linen (table clouth, napkin, skirting) yang diperlukan oleh f&b service.
  2. HK membersihkan area f&b service.
  3. HK akan menyiapkan vas flower yang diperlukan f&b service.
  4. Menyiapkan menu yang ada di kamar tamu (room service menu).

3. Accounting Department

  1. Accounting akan menyiapkan kasir.
  2. Accounting akan membeli dan menyiapkan besarnya biaya yang diperlukan di F & B baik besarnya biaya makanan maupun minuman.

4. Human Reseources Departement

    Menyangkut masalah personal karyawan Food & Beverage Department seperti pengrekrutan 
    karyawan, promosi jabatan, gaji dan lain sebagainya.

5. Marketing and Sales promotion Department

   Pada sebuah hotel bagian ini menjalin hubungan baik dengan perusahaan lain untuk 
   mempromosikan ruangan meeting dan makanan yang dikelola oleh F & B Department yang 
   terdapat di hotel.

6. Bar

   Bar salah satu seksi dari Food & Beverage Department, sama halnya dengan kitchen dan steward. 
   Setiap minuman, baik yang tidak mengandung alkohol maupun yang mengandung alkohol 
   disiapkan di bar, kecuali teh atau kopi yang disediakan di pantry.

7. Kitchen

   Restaurant salah satu seksi dari F & B departement sangat berhubungan dengan kitchen, karena 
   semua pesanan tamu yang berupa makanan di olah di kitchen. Dan hasil dari olahan makanan yang 
   disajikan sangat berpengaruh terhadap kepuasan tamu serta didukung dengan pelayanan yang baik.

8. Steward

   Bagian ini bertugas untuk mencuci semua alat hidang dan alat makan minum di restuarant dan 
   bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan dan penyimpanan peralatan pada F&B Departement 
   dalam menunjang kelancaran pelayanan kepada tamu .

9. Laundry

  Uniform, napkin, table cloth, skirting place mate, dan sebagainya yang berupa kain untuk keperluan 
  operasional restaurant disediakan oleh laundry. Termasuk pencucian, penyeterikaan, dan 
  perbaikannya.

10. Purchasing

   Bagian ini bertugas untuk mengorder atau memesan bahan dan barang yang dibutuhkan oleh 
   masing-masing departemen seperti seluruh perbelanjaan untuk kitchen, air mineral dan 
   bahan-bahan lain untuk restaurant dan bar, snack untuk mini bar dan amenities housekeeping dan 
   lain sebagainya.

11. Engeneering

   Bertugas untuk dekorasi lampu, terutama pada acara-acara spesial, AC, pengeras suara, kulkas, 
   mesin pembuat es batu, cold storage, telepon, perbaikan engsel pintu, jendela, laci, dan sebagainya 
   untuk keperluan restoran ditangani oleh engeneering.




Penelusuran yang terkait dengan Hubungan Food & Beverage Department dengan Department lain Menurut Mertayasa
  • hubungan front office dengan departemen lain
  • hubungan engineering dengan departemen lain di hotel
  • hubungan masing-masing departemen hotel
  • hubungan sales marketing dengan departemen lain
  • hubungan kerjasama hrd dengan departemen lain di hotel
  • jelaskan hubungan kerjasama antara restoran dan kitchen
  • hubungan laundry dengan departemen lain
  • hubungan housekeeping dengan food & beverage

0 Response to "Pengertian Food & Beverage Department Beserta Hubungan Food & Beverage Department dengan Department lain Menurut Mertayasa "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->