Food
& Beverage Departement merupakan salah satu departemen yang ada di
hotel dan termasuk departemen yang sangat penting, sebab dapat menghasilkan
atau mendatangkan keuntungan. Tamu yang tinggal di hotel tidak saja memerlukan
kamar tetapi juga memerlukan makanan dan minuman yang akan dilayani oleh bagian
tata hidangan atau F&B service.
Menurut mertayasa (2012:2) yang dimaksud
dengan tata hidangan adalah bagian yang mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan
dan menyajikan makanan dan minuman kepada para tamu baik di hotel maupun di
luar hotel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa F&B
Departement adalah departemen yang bertanggung jawab mengelola makanan dan
minuman yang disertakan dengan pelayanan.
Berdasarkan ruang lingkup operasionalnya
maka dapat disimpulkan bahwa Food &
Beverage Department mempunyai peranan dan fungsi yang penting bagi hotel. Food & Beverage Department juga
merupakan sumber pendapatan, reputasi, dan kepuasan tamu. Adapun sumber
pendapatan yaitu:
1. Sumber
pendapatan pada hotel melalui penjualan produk Food & Beverage Departement.
Disebuah Hotel tentunya sangat memperhatikan keuntungan yang akan
diperoleh, sebuah hotel beroperasional dangan memperkirakan keuntungan.
Keuntungan tersebut bisa didapat dari departemen yang mendukung operasional
hotel, dengan menjual produk hotel dan jasa kepada tamu dengan sebaik mungkin
akan meningkatkan pendapatan hotel sehingga keuntungan yang diperoleh sebuah
hotel pun menjadi lebih besar. Dengan menjual makanan dan minuman, ruangan
meeting atau untuk acara tertentu serta fasilitas lainnya yang ada di hotel.
Dengan demikian sumber pendapatan dari tamu dan berdasarkan pendapatan yang di
peroleh, maka hotel dapat melangsungkan operasionalnya.
2. Meningkatkan
Reputasi Hotel
Banyak cara yang dapat dilakukan untuk membangun citra hotel yaitu bisa
dengan membangun gedung yang luas serta kelengkapan fasilitas yang mewah,
tetapi ada faktor yang dikategorikan sulit untuk membangun citra hotel yaitu
pelayanan yang baik dan maksimal, jika hal tersebut berhasil dilakukan maka
citra perusahaan akan mudah didapat melalui faktor tersebut, keuntungan yang
lebih besar pun akan lebih mudah di raih, yang menjadi permasalahan yaitu
kurangnya standart baku untuk pelayanannya. Baik buruknya pelayanan yang diberi
oleh sebuah hotel sangat berpengaruh terhadap kepuasan tamu atau harapan
pelanggan. Setiap pramusaji yang ada di Food
& Bevarage Departement diharapkan dapat memberikan pelayanan yang baik
dan berkesan bagi tamu yang ada di hotel.
3. Menambah
Kepuasaan Tamu Dari Segi Pelayanan
Memberikan pelayanan terbaik sudah menjadi tugas utama dari management Food & Bevarage Departement dikatakan
demikian karena petugas dari departemen ini berhubungan langsung dalam melayani
makan dan minum para tamu yang ada di hotel. Untuk itu petugas dari departemen
ini pun harus senantiasa berusaha memberikan pelayanan terbaik sesuai dengan
standart pelayanan yang baku agar dapat menimbulkan kepuasan tamu, tidak hanya
itu keberhasilan memberi pelayanan terbaik dan berkualitas kepada tamu dapat
mengangkat citra hotel, karena tamu merasa sangat di perhatikan dan diberi
pelayanan dengan baik.
Hubungan Food & Beverage Department dengan Department lain Menurut Mertayasa
Hubungan Food & Beverage
Department dengan Department lain. Menurut Mertayasa (2012:2-3) Pada
umumnya di dalam bagian tata hidangan terdapat lagi beberapa bagian
(seksi) yang masing-masing mempunyai tugas tertentu. Besar kecilnya
operasi dari bagian ini. Pada dasarnya seksi-seksi itu terdiri dari :
- Restaurant
- Bar
- Room Service
- Banquet
- Steward
Bagian-bagian tersebut sangat memiliki hubungan yang sangat erat,
selain mempunyai hubungan dengan departemen tersebut Food & Beverage
Departement juga memiliki hubungan yang erat dengan departemen lain
yang ada di hotel. Hubungan fungsional antara Food & Beverage
Department dengan bagian lain yaitu :
1. Front Office Department ( F.O)
- F.O akan menginformasikan kepada semua departemen tentang jumlah tamu yang tinggal dihotel, tamu yang akan datang (check-in), tamu yang keluar (check-out). Dan tamu penting sehingga F & B dapat menggunakan informasi tersebut sebagai pedoman dalam operasional.
- F.O akan menjual produk F & B ( food, beverage, dan service ) kepada tamu yang datang.
- F & B akan menyiapkan welcome drink kepada tamu yang baru checkin.
2. Housekeeping Department (HK)
- Housekeeping (HK) akan menyiapkan linen-linen (table clouth, napkin, skirting) yang diperlukan oleh f&b service.
- HK membersihkan area f&b service.
- HK akan menyiapkan vas flower yang diperlukan f&b service.
- Menyiapkan menu yang ada di kamar tamu (room service menu).
3. Accounting Department
- Accounting akan menyiapkan kasir.
- Accounting akan membeli dan menyiapkan besarnya biaya yang diperlukan di F & B baik besarnya biaya makanan maupun minuman.
4. Human Reseources Departement
Menyangkut masalah personal karyawan Food & Beverage Department seperti pengrekrutan
karyawan, promosi jabatan, gaji dan lain sebagainya.
5. Marketing and Sales promotion Department
Pada sebuah hotel bagian ini menjalin hubungan baik dengan perusahaan lain untuk
mempromosikan ruangan meeting dan makanan yang dikelola oleh F & B Department yang
terdapat di hotel.
6. Bar
Bar salah satu seksi dari Food & Beverage Department, sama halnya dengan kitchen dan steward.
Setiap minuman, baik yang tidak mengandung alkohol maupun yang mengandung alkohol
disiapkan di bar, kecuali teh atau kopi yang disediakan di pantry.
7. Kitchen
Restaurant salah satu seksi dari F & B departement sangat berhubungan dengan kitchen, karena
semua pesanan tamu yang berupa makanan di olah di kitchen. Dan hasil dari olahan makanan yang
disajikan sangat berpengaruh terhadap kepuasan tamu serta didukung dengan pelayanan yang baik.
8. Steward
Bagian ini bertugas untuk mencuci semua alat hidang dan alat makan minum di restuarant dan
bertanggung jawab dalam menjaga kebersihan dan penyimpanan peralatan pada F&B Departement
dalam menunjang kelancaran pelayanan kepada tamu .
9. Laundry
Uniform, napkin, table cloth, skirting place mate, dan sebagainya yang berupa kain untuk keperluan
operasional restaurant disediakan oleh laundry. Termasuk pencucian, penyeterikaan, dan
perbaikannya.
10. Purchasing
Bagian ini bertugas untuk mengorder atau memesan bahan dan barang yang dibutuhkan oleh
masing-masing departemen seperti seluruh perbelanjaan untuk kitchen, air mineral dan
bahan-bahan lain untuk restaurant dan bar, snack untuk mini bar dan amenities housekeeping dan
lain sebagainya.
11. Engeneering
Bertugas untuk dekorasi lampu, terutama pada acara-acara spesial, AC, pengeras suara, kulkas,
mesin pembuat es batu, cold storage, telepon, perbaikan engsel pintu, jendela, laci, dan sebagainya
untuk keperluan restoran ditangani oleh engeneering.
Penelusuran yang terkait dengan Hubungan Food & Beverage Department dengan Department lain Menurut Mertayasa
- hubungan front office dengan departemen lain
- hubungan engineering dengan departemen lain di hotel
- hubungan masing-masing departemen hotel
- hubungan sales marketing dengan departemen lain
- hubungan kerjasama hrd dengan departemen lain di hotel
- jelaskan hubungan kerjasama antara restoran dan kitchen
- hubungan laundry dengan departemen lain
- hubungan housekeeping dengan food & beverage