Pengertian dan Fungsi Tata Graha | Materi Perhotelan

Pengertian Tata Graha

Usaha layanan hotel tidak dapat meninggalkan peranan berbagai bagian ( departement ) yang ada di dalam manajemen hotel termasuk bagian tata graha housekeeping. istilah tata graha berasal dari dua kata, tata dan graha, tata berarti aturan, kaidah ,susunan, cara menyusun. Adapun graha berarti rumah, secara hafiah tata graha berarti cara menyusun atau mengatur ruamah. Dalam terjemahan bebas, tata garaha dapat diartikan sebagai rumah tangga atau hal – hal yang berurusan dengan kerumah tanggaan. Jadi tata graha adalah salah satu bagian di dalam hotel yang bertugas untuk mengurusi, membersihkan dan merapikan kelengkapan kamar – kamar tamu.

Dalam pengertian ini, tata graha tidak mengurus semua urusan hotel karena dalam suatu hotel ada banyak bagian atau departement lain yang bertugas mengurus semua kelancaran penyelenggaraan layanan hotel, khususnya berkaitan dengan hal – hal yang bersangkutan dengan bangunan dan peralatan. bagian – bagian lain dalam system penyelenggaraan hotel adalah Front Office, Marketing, Personalia, Food & Beverage dan Security.


Struktur Organisasi House Keeping


Fungsi Tata Graha

  • Mengatur seluruh perabotan kamar hotel
  • Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman dan aman
  • Merawat dan memelihara secara teratur terhadap semua kamar tamu, ruangan umum dan ruangan pelayanan yang ada di hotel
  • Membuat dekorasi baik untuk di dalam maupun di luar ruangan yang masih merupakan area hotel

Pengertian ( Public Area section )

Public Area adalah salah satu bagian dari departement Housekeeping yang bertugas dan bertanggung jawab untuk menjaga kebersihan, kenyamanan dan kerapihan area umum yang ada di hotel.
Bagian Public Area Section :
  1. Lobby
  2. Corridor
  3. Restaurant
  4. Meeting Room
Bagaimana luas area tugas Public Area Section ini. Untuk menjangkau semua area itu, Public Area dibagi menjadi beberapa subseksi, kadang subseksi ini dapat menjadi satu seksi tersendiri di dalam Housekeeping departement, tergantung dari work load maupun luas areannya.


 Job Description Public area

     Bagian department Housekeeping yang bertugas dalam membersihkan area umum.
  1. Bertanggung jawab atas kebersiahn public area sesuai dengan standar prosedur yang ditentukan.
  2. Memberikan penugasan dan arahan terhadap yugas-tugas yang harus dijalankan oleh public area attendant,night cleaner,toilet attendant,florist serta bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standar yang ditentukan.
  3. Memeriksa daftar staff public area setiap hari.
  4. Memeriksa secara teliti atas ruangan-ruangan restoran,bar,ruang rapat,dan sebagainya yang telah di kerjakan staff pada hari itu.
  5. Membuat laporan Maintenance request kepada engeneering dan menindak lanjuti area-area,fasilitas,atau peralatan atas kerusakan,mengawasi pengerjaan,dan memeriksa kembali hasil penerjaannya.
  6. Bertanggung jawab terhadap biayadan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agent,supplies,dan equipment.
  7. Membuat program pelatihan terhadap staff public area secara rutin.
  8. Menjalankan prosedur keamanan,keselamatan,higienis,dan sanitasi baik untuk kepentingan umum,kepentingan tamu,orang lain dan diri sendiri.
  9. Melengkapi laporan dalam Public Area Supervisor Log Book setiap shift.
  10. Menjalankan tugas yang diberikan oleh Public Area Housekeeper,atau floor housekeeper.

Pengertian Peranan

Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia oleh W.J.S Poerwadarminta, 1976 : 735 peranan adalah sesuatu yang jadi bagian atau yang memegang pimpinan yang terutama ( dalam terjadinya sesuatu hal atau peristiwa ). Peranan adalah Mengawasi, Melindungi, Pembersihan dan Penataan Public Area ( area umum ). Dalam mewujudkan kelancaran oprasional Housekeeping Departement di Hotel Sheraton Senggigi Beach Resort maka peranan Houseman Section adalah
  1. Menangani pembersihan dan penataan area umum ( Public Area ), dengan bersikap berpengetahuan dan berketerampilan agar dapat melaksanakan tugas-tugas dengan baik.
  2. Memperlihatkan suatu citra yang baik di mata tamu merasa puas sesuai dengan Prosedure kerja.


Demikian Penjelasan Pengertian dan Fungsi Tata Graha | Materi Perhotelan . Semoga Bermanfaat

0 Response to "Pengertian dan Fungsi Tata Graha | Materi Perhotelan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->