Manajemen Housekeeping Hotel - Tugas Dan Tanggung Jawab Housekeeping Secretary/Order Taker



Housekeeping  berasal dari kata house yang berarti rumah, wisma, hotel, dan to keep yang berarti merawat atau memeilihara. Jadi house keeping adalah bagian atau department yang mengatur atau menata peralatan, menjaga kebersihan, memperbaiki kerusakan, dan member dekorasi dengan tujuan agar hotel tampak rapi, bersih, menarik dan menyenagkan penghuninya (Agusnawar, 2000:20).

Housekeeping Departement juga berarti bagian yang bertugas dan bertanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapian, keindahan dan kenyamanan diseluruh area hotel, baik di luar gedung maupun didalam gedung, termasuk kamar-kamar tamu, ruangan-ruangan yang disewa oleh para tamu, restaurant, office serta toilet ( Rumekso, 2002:1).



Tujuan utama pengelolaan department housekeeping disuatu hotel adalah untuk mencapai pengelolaan department yang efekif dan efisien, yaitu pemberdayaan semua sumber dan unsure yang tersedia untuk mendukung visi dan misi hotel dalam menyajikan produk dan pelayanan kepada para tamu. Hasil pengelolaan department housekeeping yang baik  yaitu berupa kebersihan, penampilan faslitas dan produk hotel tentu akan dapat menarik tamu untuk menginap


Tugas dan Tanggung Jawab  Housekeeping Secretary/Order Taker

Tugas pokok : Bertanggung jawab administrasi, operasional housekeeping dan menerima, mencatat, serta memberikan informasi yang dibutuhkan oleh tamu.
uraian tugas :
  1. Membaca log book, function sheet, Expected arrival, dan expected depature
  2. Membagikan kunci kepada room attendant sesuai dengan sectionnya/pembagian tugasnya.
  3. Membuat Work schedule utk Floor Supervisor/houseman Supervisor, Office Clerk, maupun Room attendant /Public Area attendant.
  4. Membuat laporan harian, Mingguan, maupun bulanan atas penggunaan berbagai obat pembersih oleh Room Attendant/Houseman
  5. Menerima, mencatat, menyimpan dan merawat barang temuan milik tamu di area hotel
  6. Melayani penukaran jadwal kerja , laporan lembur
  7. Melayani permohonan ijin, cuti dll
  8. Membuat pengumuman untuk HK crew
  9. Mencatat dan melaporkan kpd EHK bila ada barang milik hotel dibawa tamu saat CO /Dirusak oleh tamu
  10. Melaporkan kpd EHK bila ada complaint tamu yg tdk dpt diatasi oleh Sup
  11. Membuat jadwal in house training bagi karyawan HK
  12. Mengarsipkan surat keluar, surat masuk dll
  13. Menerima telpon dari  dr dept lain serta menindak lanjuti
  14. Menerima order/permintaan tamu dr dlm kamar dan menyampaikannya kpd roomboy utk segera menindaklanjuti
  15. Membuat Work order, Purchase Requisition, Membuat Store Room Requiisition, Housekeeping Report, Menerima Banquet Event Order


 Sifat yang harus dimiliki oleh Order Taker :

  • Fleksibel
  • Profesional
  • Empati
  • Sopan santun
  • Ramah
  • Responsive
  • Administration skill
  • Dapat berkomunikasi
  • Product knowladge
  • Berpengalaman kerja di kamar ( floor section )
  • Berpengalaman di outlet-outlet lain


Syarat-syarat Menjadi Order Taker

  1. Berpengalaman di public area, room dan outlet-outlet yang lain
  2. Menguasai product knowledge di dalam maupun luar hotel 
  3. Mampu menguasai bahasa Inggris
  4. Mampu menggunakan telepon sesuai dengan standar prosedur perusahaan
  5. Mampu mengoperasikan komputer
  6. Mempunyai keahlian dalam administrasi dan pembukuan
  7. Sikap profesional. Contohnya adalah penampilan yang menarik, rapih, self-control, dan mengikuti SOP
  8. Ramah. Order taker harus memperhatikan apa yang diinginkan tamu dan menunjukkan sikap amtusias dalam membantu
  9. Sopan santun. Order taker harus menghormati tamu secara wajar, dan menunjukkan bahwa setiap saat kita selalu memperhatikan tamu
  10. Empati. Order taker harus memahami perasaan tamu dalam situasi apapun jika tamu mengalami masalah. Memahami keadaan dengan sikap yakin dan tidak berlebihan
  11. Tanggung jawab. Order taker harus bisa mengambil tindakan yang bertanggung jawab, tepat, serta memuaskan tamu
  12. Fleksibel. Order taker memperlakukan tamu sebagai pribadi seutuhnya serta ikut memberikan saran dan jalan keluar yang dapat diterima oleh tamu

Perlengkapan yang harus ada di Order Taker

1.Formulir :
  • Order taker log book
  • Lost and found form
  • Lost and found book
  • Work order / Maitance request
  • Pestcontrol book
  • MC book
  • Key control book
2. Alat :
  • Computer system
  • Telephone switch board
  • Hotel information
  • Housekeeping information
  • Pager / Telephone / HT
  • Key drop



Demikian Penjelasan Tentang Manajemen Housekeeping Hotel - Tugas Dan Tanggung Jawab Housekeeping Secretary/Order Taker. Semoga Bermanfaat


Penelusuran yang terkait dengan housekeeping
  • gaji housekeeping
  • bagian bagian housekeeping
  • housekeeping report adalah
  • housekeeping department
  • materi housekeeping
  • ruang lingkup housekeeping
  • perbedaan housekeeping dan cleaning service
  • departemen housekeeping

0 Response to "Manajemen Housekeeping Hotel - Tugas Dan Tanggung Jawab Housekeeping Secretary/Order Taker"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->