close

Materi Bar Operations Meliputi Mixing Drink dan Berbagai Teknik Mencampur Minuman

Mixing Drink

  • Cocktail Adalah minuman campuran yang salah satu bahannya atau lebih mengandung     alkohol.
  • Mocktail  Adalah minuman campuran yang semua bahannya tidak mengandung alkohol.

Cocktail dikategorikan menjadi 5, yaitu :
  1. Low Ball - Mixed drink ini menggunakan old fashioned glass/ low ball. Misalnya : White Russian, Black Russian dll
  2. High Ball - Penyajiannya menggunakan highball glass. Highball adalah campuran dari liquor + soft drink misalnya : whisky Cola, Vidka Orange, Gin tonic, Rum Coke dan lain-lain.
  3. Cocktail - Mixed drink ini dihidangkan didalam gelas cocktail.Misalnya : Manhattan, Gibson, Martini dll
  4. Juices - Mixed drink ini material yang digunakan berbahan dasar juices. Misalnya : Singapore sling, Mai Tai, Planter punch dll
  5. Cream - Mixed drink ini material yang digunakan berbahan dasar cream atau egg Misalnya : Brandy Alexander, Grashoper, Brandy Eggnog dll


Jenis-jenis minuman campuran :

  • Collins - Minuman ini terbuat dari Gin atau spirit yang lain dengan sari buah, syrup gula dan    soda water dihidangkan dalam gelas collins misalnya Tom Collins.
  • Sling - Minuman ini terbuat dari Gin atau spirit yang lain, Benedictine, juice, gula dan soda     water .    misalnya Singapore Sling.
  • Punch - Terbuat dari bahan dasar Rum atau spirit lainya, juices dan soda misal : planters         punch.
  • Sour - dibuat dengan spirit dan di campur dengan gula, lemon juices misal : Margarita
  • High ball - Minuman campuran ini dibuat dengan sederhana , terdiri dari basic ingredient         dengan satu    mixer, Misalnya : Gin Tonic, Whisky cola dll

Lima Teknik Membuat Cocktail

Koktail merupakan sebutan untuk minuman beralkohol yang dicampur dengan liquor, sari buah, bitter, es batu dan minuman lainnya.
 
  • Stir
Teknik meracik minuman ini terbilang sederhana. Semua bahan dan campuran yang diinginkan hanya dituang dalam gelas dan diaduk seperti biasa. Umumnya, gelas yang sudah disiapkan diberi es batu lebih dulu dan diaduk tidak terlalu lama agar es batunya tidak terlalu mencair. 

  • Muddle
Ini adalah teknik meracik cocktail dengan campuran dari berbagai buah atau herbal lainnya untuk diambil juice-nya. Jus buah tersebut diperoleh dengan cara ditumbuk, setelah itu baru dicampurkan dengan minuman beralkohol dan campuran lain. Biasanya tumbukan tidak terlalu halus agar mencari tekstur dari buah atau herbal itu sendiri. 

  • Pour atau building
Semua orang bisa melakukannya. Teknik meracik cocktail ini juga terbilang sederhana. Semua minuman yang hendak dicampurkan langsung dituang ke dalam gelas saji.
  • Shake
Shake merupakan cara umum dalam meracik cocktail. Semua campuran dimasukkan ke dalam gelas termasuk es batu. Dan di-shake atau dikocok kencang. Hal ini berguna agar minuman semakin menyatu. 
  • Flaming
Teknik meracik dan penyajian cocktail ini terbilang unik. Minuman dituang dalam gelas saji, dan permukaanya disulut api hingga terbakar. Tujuannya agar aroma cocktail semakin keluar.
Biasanya minuman ini disajikan langsung saat api sedang menyala. Dengan catatan, cara menikmatinya juga harus tepat, yakni menggunakan sedotan dan langsung dimasukkan hingga ke dasar gelas. Ketika minuman langsung dinikmati, secara otomatis api akan mati dengan sendirinya.

Metode mencampur Minuman


Bar menjadi salah satu tempat favorit. Selain karena suasananya yang dianggap menyenangkan, beragamnya jenis minuman yang disajikan juga menjadi nilai tambah. Terlebih jika yang menyajikan minuman adalah bartender profesional. Keahliannya dalam meracik minuman bisa menjadi hiburan tersendiri bagi para pengunjung. Berikut ini adalah beberapa teknik yang umum digunakan oleh bartender untuk meracik dan menyajikan minuman pesanan pengunjung.

Preparing

Teknik ini adalah yang paling sederhana, karena bartender langsung menggunakan gelas untuk menyajikan minuman pada pengunjung. Teknik ini terbagi menjadi dua, yaitu menuangkan langsung minuman dan campurannya tanpa diaduk (misalnya Gin Tonic yang dicampur soda), atau menuangkan minuman dan campurannya lalu diaduk dengan bar spoon (misalnya orange squash).

Stiring

Teknik ini dilakukan dengan mencampurkan bahan-bahan minuman dan es dalam mixing glass, lalu diaduk sebentar dengan bar spoon. Kemudian minuman disaring dengan cocktail stainer saat akan dituangkan ke dalam gelas. Teknik ini menghasilkan minuman yang terlihat bersih dan terasa dingin tanpa adanya es di dalam gelas.

Shaking

Paling umum digunakan oleh bartender, teknik ini dilakukan dengan menuangkan bahan-bahan minuman dan es kedalam shaker untuk kemudian dikocok hingga tercampur. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan teknik ini, yaitu penggunaan es yang masih fresh, shake dengan sempurna, dan jangan pernah mengarahkan shaker ke arah pengunjung untuk menghindari risiko jika tanpa sengaja shaker terlepas dari tangan.

Blending

Teknik ini menggunakan alat bantu blender untuk mencampurkan berbagai bahan minuman dan es yang telah dihancurkan terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, cukup masukkan semua bahan dan es sesuai takaranke dalam blender lalu campurkan.

Layering

Teknik layering digunakan untuk membuat minuman tampak berlapis-lapis dengan perbedaan warna yang terlihat jelas, atau bisa disebut juga dengan efek pelangi. Untuk melakukannya dibutuhkan ketelitian dan kesabaran tingkat tinggi. Salah satu aturan saat akan melakukan teknik ini adalah dengan meletakkan spirits berkadar alkohol rendah di bawah spirits berkadar alkohol tinggi.

Muddling

Teknik ini dilakukan dengan mencampurkan minuman dengan buah atau sayur yang ditumbuk untuk kemudian diambil sari dan rasanya. Selanjutnya, campurkan dengan alkohol atau sirup.
Berbagai teknik mencampurkan minuman ini akan lebih sempurna jika bartender juga memahami takaran dari bahan yang digunakan untuk membuat sebuah kreasi minuman yang nikmat. (Yv)



Penelusuran yang terkait dengan Metode Mencampur Minuman
  • minuman campuran
  • cara mencampur minuman
  • alat untuk mengukur minuman di bar adalah
  • sebutkan bar tools
  • sebutkan dan uraikan jenis-jenis peralatan yang digunakan dalam pembuatan mocktail !
  • fungsi pembuatan minuman dingin
  • tips membuat layer pada minuman
  • muddling
  • Pengetahuan Bar - Bar knowledge

     

0 Response to "Materi Bar Operations Meliputi Mixing Drink dan Berbagai Teknik Mencampur Minuman"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->