Laundry Section Beserta Tugasnya Secara Lengkap


Struktur Organisasi dan Seksi-seksi di Laundry
Laundry adalah bagian hotel yang bertanggung jawab terhadap pencucian pakaian tamu, seragam karyawan dan linen-linen hotel. Susunan struktur organisasi laundry tergantung pada besar kecilnya hotel dan kebutuhan hotel itu sendiri. Di departemen laundry terdapat organisasi yang dipimpin oleh laundry manager dan di wakili oleh ass laundry manager yang mengawasi dan bertaggung jawab penuh terhadap seksi-seksi yang ada di laundry. Seksi-seksi ini memiliki tugas yang terperinci namun dalam pelaksanaan tugasnya saling bekerjasama satu sama lain untuk menghasilkan pelayanan yang baik kepada tamu. Bahkan adakalanya seseorang bisa melakuka beberapa tugas sekalligus bila hotel tersebut punya personil terbatas



Struktur Organisasi dan Seksi-seksi di Laundry

Pimpinan laundry (laundry manager) bertanggung jawab pada operational departemen ini. Dalam melaksanakan tugasnya dibantu oleh :
  • wakil pimpinan laundry
  • sekretaris pimpinan laundry
  • pengawas laundry
  • wakil pengawas
  • seksi-seksi yang menangani tugas di laundry secara langsung

Seksi-seksi yang ada di laundry adalah :
  • seksi counter
  • seksi valet
  • seksi ordek taker
  • seksi checker
  • seksi marker
  • seksi washer
  • seksi presser
  • seksi finisher
  • seksi dry cleaning


 Laundry Section Beserta Tugasnya :

Seksi-seksi yang ada di bagian laundry adalah sebagai berikut:
  1. Seksi Kantor Binatu (Laundry Office) Seksi ini bertanggung jawab atas kelancaran tugas dan administrasi di binatu.
  2. Seksi Counter Seksi ini bertanggung jawab atas kelancaran penerimaan dan pengembalian cucian bersih kepada tamu luar hotel yang mencuci outside laundry counter.
  3. Deliver Valet (Pengambil Cucian) Deliver adalah petugas yang bertanggung jawab atas pengambilan cucian cucian kotor ke laundry dan pengiriman cucian bersih kepada tamu di kamar. Semua cucian yang diantar harus sesuai dengan laundry list (daftar laundry).
  4. Order Taker (Pengambil Pesanan) Petugas ini bertanggung jawab atas order permintaan pencucian dari tamu lewat telepon. Setelah order taker menerima permintaan dari tamu maka order taker mencatat pada order taker mencatat pada order taker book dan memberitahukan kepada valet agar mengambil cucian tersebut
  5. Checker (Pengecek) Petugas ini bertanggung jawab memeriksa jumlah dan jenis cucian agar sesuai dengan laundry list.
  6. Marker (Penyortir) Seksi ini bertanggung jawab memberi tanda/kode pada cucian agar cucian tersebut mudah penanganannya saat pengembalian serta tidak terjadi kesalahan.
  7. Washer (Pencuci) Seksi ini bertanggung jawab pada pencucian pakaian yang dilakukan secara laundry yaitu menggunakan air dan obat pencuci.
  8. Dry Cleaning (Pencucian secara kering) Seksi ini bertanggung jawab pada pencucian yang dicuci secara dry cleaning .
  9. Ironer (Penyetrika linen-linen) Seksi ironer adalah seksi yang bertanggung jawab pada penyetrikaan cucian yang berbentuk lembaran, seperti sprei, sarung bantal, taplak meja, dan serbet.
  10. Finisher (Penyelesai) Finisher adalah seksi yang bertanggung jawab menyelesaikan pengepresan dan penyetrikaan pakaian tamu setelah selesai dikeringkan. Bila ada cucian yang belum bersih dan belum sempurnamaka akan dikembalikan oleh seksi finisher untuk dicuci ulang.
  11. Presser (Penyetrika) Presser adalah seksi yang bertanggung jawab pada penyetrikaan cucian yang menggunakan setrika maupun setrika pres.



Demikian Penjelasan tentang Laundry Section Beserta Tugasnya  Secara Lengkap semoga Bermanfaat


0 Response to "Laundry Section Beserta Tugasnya Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->