Unsur-Unsur Dalam Organisasi dan Bagan Struktur Organisasi untuk Hotel Bintang 4 dan 5

Pengertian Organisasi Secara Umum


Apa yang dimaksud dengan Organisasi? Pengertian organisasi adalah sebuah wadah atau tempat berkumpulnya sekelompok orang untuk bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dan terpimpin untuk mencapai suatu tujuan tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Pada umumnya organisasi akan memanfaatkan berbagai sumber daya tertentu dalam rangka untuk mencapai tujuan, seperti; uang, mesin, metode/ cara, lingkungan, sumber daya manusia, dan sumber daya lainnya, yang dilakukan secara sistematis, rasional, dan terkendali.

Pengertian organisasi dalam dunia bisnis yaitu sekelompok orang atau grup yang berkolaborasi bersama-sama demi mencapai tujuan komersil. Layaknya organisasi non-profit, dalam dunia binis istilah ini juga memiliki strukturyang jelas dan sudah memiliki budaya kerja. Karena itu, beda organisasi akan beda pula struktur dan tujuannya

Fungsi Struktur Organisasi


1. Kejelasan Tanggung Jawab
Setiap anggota dari organisasi tersebut harus bisa bertanggung jawab dan tau apa yang harus dipertanggung jawabkan.
Setiap anggota organisasi tentu harus bertanggung jawab kepada pimpinannya atau atasan yang telah memberikan suatu kewenangan, sebab dengan pelaksanaan atau implementasi kewenangan tersebut yang perlu dipertanggung jawabkan.

2. Kejelasan Kedudukan
Kejelasan kedudukan berarti anggota atau seseorang yang ada di dalam struktur organisasi sebenarnya dapat mempermudah dalam melakukan koordinasi dan hubungan, karena adanya keterkaitan penyelesaian mengenai suatu fungsi yang telah dipercayakan kepada seseorang atau anggota.

3. Kejelasan Mengenai Jalur Hubungan
Kejelasan mengenai jalur hubungan berarti melaksanakan pekerjaan dan tanggung jawab setiap pegawai dalam sebuah organisasi maka akan dibutuhkan kejelasan hubungan yang tergambar dalam terstruktur sehingga dalam jalur penyelesaian suatu pekerjaan akan semakin lebih efektif serta dapat saling memberikan keuntungan.

4. Kejelasan Uraian Tugas
Kejelasan uraian tugas dalam struktur organisasi akan sangat membantu pihak atasan atau pimpinan untuk dapat melakukan pengawasan maupun pengendalian serta bagi bawahan akan dapat lebih berkonsentrasi dalam melaksanakan surat tugas atau pekerjaan karena uraian yang jelas.


Unsur – Unsur Struktur Organisasi


1. Anggota
Anggota adalah orang yang memiliki peran penting di sebuah organisasi itu. Orang-orang ini berhubungan dengan aktivitas seperti melakukan pekerjaan, memecahkan masalah, membeerikan ide, berfikir. Mereka merupakan bagian dari terbentuknya suatu organisasi.

2. Pekerjaan dalam Organisasi
Pekerjaan disini terdiri dari tugas formal dan informal, pekerjaan ini ditandai dengan tiga dimensi universal yakni isi, keperluan, konteks dan praktik-praktik pengolahan.

3. Orang – Orang
Di sebuah organisasi atau usaha lembaga sering kali disebut dengan pegawai, atau personal, karyawan.

4. Kerjasama
Kerjasama sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi, sebab dengan mencapai tujuan bersama sangat diperlukan kekuatan yang dibuat dari hasil saling membantu antara sesama anggota.

5. Tujuan Bersama
Adalah sebuah arah atau sasaran yang menjadi suatu tujuan utama yang hendak dicapai atau yang diinginkan menjadi kesepakatan bersama.

6. Peralatan
Merupakan sarana yang bisa dalam bentuk materi seperti mesin-mesin, uang, gedung atau kantor.

7. Lingkungan
Lingkungan ini berkaitan dengan tempat disekitar, termasuk sosial, budaya, teknologi dan ekonomi.




Struktur Organisasi Di Hotel



0 Response to "Unsur-Unsur Dalam Organisasi dan Bagan Struktur Organisasi untuk Hotel Bintang 4 dan 5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->