Makalah Pengolahan Makanan Potato Dish

BAB 1 PENDAHULUAN
A.    SEJARAH KENTANG
Menurut sejarahnya, kentang berasal dari lembah-lembang dataran tinggi di Chili, Peru, dan Meksiko. Jenis tersebut diperkenalkan bangsa Spanyol dari Peru ke Eropa sejak tahun 1565.Semenjak itulah, kentang menyebar ke negara-negara lain -termasuk Indonesia-.Menurut catatan awal di Indonesia, tumbuhan ini mulai ada semenjak tahun 1794, dimulai dengan penanaman di sekitar Cimahi.Semenjak itu, kentang dapat ditemui pula di Priangan dan Gunung Tengger.Pada tahun 1812, kentang sudah dikenal dan dijual di Kedu.Sedangkan, di Sumatera tumbuhan ini dikenal setahun sebelumnya, 1811. Kentang tumbuh di pegunungan dengan ketinggian antara 1000 mdpl hingga 2000 mdpl, pada tanah humus. Tanah bekas letusan gunung berapi yang berstruktur remah lebih disukai.

B.    PENGERTIAN KENTANG
Kentang adalah salah satu jenis bahan baku untuk membuat berbagai macam jenis makanan dan juga menjadi bahan pangan utama untuk yang sedang menjalankan diet. Umumnya kentang memiliki bentuk bulat, memiliki kulit berwarna coklat, dan di dalamnya memiliki daging yang berwarna kuning. Bila dipotong, kentang akan mengeluarkan sedikit air. Kentang yang merupakan ke dalam jenis umbi-umbian kentang ini memiliki jenis yang sesuai dengan kebutuhan Anda dalam mengolah masakan.

Jenis kentang yang sering digunakan untuk membuat sop dan somay adalah kentang biasa yang memiliki ukuran bulat. Sedangkan untuk kentang yang direbus atau untuk membuat kentang tumbuk sebaiknya menggunakan kentang jenis granola karena kentang ini lebih empuk dari jenis lainnya.Jika untuk kesehatan kentang merah yang memiliki warna merah sangat baik untuk kesehatan tubuh. Untuk Anda yang menyukai kentang sebagai pelengkap, Anda dapat menyajikan dengan kentang kecil yang memiliki ukuran seperti buah cheri.

C. Fungsi
Kentang sebagai salah satu sumber karbohidrat ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan. Kentang memiliki manfaat sebagai memperlancar pencernaan, menurunkan kadar kolesterol, dan melindungi dari polip usus serta kanker karena kentang memiliki kandungan serat. Selain itu kentang memiliki kandungan vitamin A, mineral, vitamin B kompleks, antioksidan, dan mengandung senyawa anti kanker.Jadi, sangat baik untuk mengkonsumsi kentang dalam takaran yang dianjurkan karena baik untuk kesehatan.
Kentang yang bagus memiliki rasa yang manis. Biasanya kentang yang manis dapat dilihat dari warna dagingya yang kuning dan memiliki tekstur yang empuk. Kentang dapat diolah menjadi berbagai macam olahan masakan dari mulai ditumis, direbus, dipanggang, ataupun digoreng. Masakan kentang paling sering ditemui adalah kentang goreng, sop, dan kentang tumbuk karena cara memasaknya yang mudah dan cepat.






File Lengkapnya Bisa Di Download di Bawah Ini:

Download File PDF/Docx




Penelusuran yang terkait dengan Pengolahan Makanan Potato Dish
  • masakan italia dari kentang
  • hidangan kentang kontinental
  • olahan kentang untuk makan siang
  • mashed potato
  • resep makanan berbahan dasar kentang yang simple
  • makanan yang cocok dengan mashed potato
  • mashed potato berasal dari
  • olahan kentang untuk sarapan

0 Response to "Makalah Pengolahan Makanan Potato Dish"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->