Tugas Dan Tanggung Jawab Publik Area Attendant Beseta Hubungan PA Dengan Seksi Lain Departemen Berbeda

Admin
0

Peran Pablik Area Attendant

Pablik area attendant Bertangung jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan public area dan pelaksanaan kerja, menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan terhadap tamu, sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan. Uraian tugas Public Area Attendant adalah sebagai berikut :
  1. Melakukan handing over dengan night cleaner pada saat memulai kerja, dan handing over dengan public area attendant shift sebelumnya pada saat akan menyelesaikan tugas.
  2. Membersihkan standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya.
  3. Melakukan dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
  4. Membersihkan lantai dengan sweeping dan mopping.
  5. Membersihkan restaurant atau F&B outlet lain selepas waktu makan pagi dan siang sehingga tidak mengganggu tamu yang berkunjung.
  6. Membersihkan kaca dan jendela di lobby, F&B outlet, pintu-pintu ruangan dan area lain.
  7. Membantu mengosongkan sampah dan linen kotor dari Room Attendant Trolley.
  8. Mengosongkan tempat sampah di area umum.
  9. Menjaga kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan.
  10. Menjaga kondisi seluruh area umutn bersih dan rapi.
  11. Melapor pada Public area Supervisor apabila adan kerusakan yang terjadi di area
  12. Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan
  13. Public area section, seperti trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment.
  14. Menghadiri program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.
  15. Menghadiri brlefing rutin setiap hari, baik pagi hari atau handing over sore hari, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan yang diadakan Supervisor atau Housekeeper.
  16. Menjalankan prosedur keamanan, keselamatan, higienis dan sanitasi baik untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
  17. Menjalankan tugas khusus yang diberikan sesuai kebutuhan.



Peran toilet attendant bertanggung jawab terhadap kebersihan dan pemeliharaan ruang- ruang toilet umum maupun di back Office dan locker room, menjalankan pelayanan Housekeeping yang nyaman dan menyenangkan, sesuai dengan standard dan prosedur yang ditentukan. Uraian tugas toilet attendant adalah sebagai berikut :
  1. Melakukan handing over dengan Shift sebelumnya pada saat akan memulai kerja, dan handing over dengan Shift berikutnya pada saat akan menyelesaikan tugas.
  2. Membersihkan toilet room di lobby, banquet room, back office, executive office, locker room dan ruang lainnya di public area.
  3. Membersihkan urinoir, wash basin, wah basin counter, cermin, toilet bowl, lantai dan lain- lain.
  4. Mengganti toilet tissue dan mengisi paper towel (bila tersedia) atau mengganti hand towel.
  5. Memeriksa dan mengosongkan serta membersihkan tempat sampah di toilet room.
  6. Melapor kepada Supervisor apabila ada kerusakan atau masalah yang terjadi di toilet room.
  7. Memeriksa kebersihan, kerapian peralatan keperluan kerja, seperti trolley cleaning supplies/agents dan cleaning equipment.
  8. Membantu pelaksanaan tugas Staff Public area lain sesuai yang diinstruksikan.
  9. Menghadiri program pelatihan (training program) yang diadakan secara rutin.
  10. Melaksanakan program pemeliharaan atau pembersihan secara berkala, seperti kristalisasi atau re-coating lantai marmer, pembersihan kaca jendela, general cleaning dan sebagainya.
  11. Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan tugas yang diberikan oleh Assistant Executive Housekeeper atau Floor Housekeeper serta melaporkan hasilnya.
  12. Menghadiri briefing rutin setiap hari atau handing over, dan pertemuan berkala, baik mingguan atau bulanan.
  13. Menjalankan    prosedur    keamanan,    keselamatan,    higienis    dan    sanitasi    baik    untuk kepentingan tamu, orang lain dan diri sendiri.
  14. Menjalankan tugas yang diberikan oleh Executive Housekeeper/ Assisitant atau Floor Housekeeper.

Syarat Seorang Public Area

1.Perilaku Dasar
  • Tepat waktu
  • Memiliki rasa hormat terhadap diri, teman dan pimpinan
  • Memiliki loyalitas
  • Menjalankan tugas dengan baik
  • Dapat dipercaya
  • Mengikuti jalur komunikasi
  • Keamanan untuk bekerja sama
  • Motivasi atau self motivation
2.Sikap Dasar
  • Hubungan kerja yang lebih baik
  • Kepercayaan diri yang lebih besar dengan diri sendiri dan orang lain
  • Meningkatnya tanggung jawab pribadi
  • Meningkatnya pengendalian diri
  •  Menghemat waktu dan tenaga
  • Memenuhi kebutuhan masing-masing
3.Syarat Khusus
  • Bersih dan Rapi - Seorang Publik Area harus berpenampilan bersih dan rapi baik dari pakaian maupun dari dirinya untuk memberikan citra yang baik terhadap tamu yang dimana PA berhadapan langsung dengan tamu.
  • Harum - Seorang Publik Area harus harum karena PA akan bertugas di seluruh area tamu sehingga tidak menggangu tamu dengan bau yang tidak menyenangkan.
  • Cepat dan tanggap - Seorang Publik Area harus dapat bekerja cepat agar tidak menggangu tamu terlalu lama dan tanggap terhadap kotoran sehingga tidak ada daerah yang telah dibersihkan ternyata masih ada kotoran tersisa serta tanggap saat melakukan pembersihan dengan menggunakan benda berat dan pemasangan tanda-tanda tertentu seperti “wet floor” agar tidak membahayakan tamu.
  • Memiliki pengetahuan cukup tentang hotel - Seorang Publik Area harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai hotel terutama fasilitas-fasilitasnya agar apabila saat ditanya oleh tamu dapat memberikan informasi.
  • Ramah dan sopan - Seorang Publik Area harus bersikap sopan dan ramah setiap waktu apalagi saat ditanya ataupun ingin menggangu sejenak tamu dan ramah terhadap seluruh karyawan agar membina hubungan baik karena PA selalu akan bekerja berdampingan dengan departemen lain.
  • Murah senyum - Seorang Publik Area harus murah senyum agar tamu senang melihat
  • Rajin memberikan salam - Seorang Publik Area harus rajin memberikan salam seperti “good morning” agar tamu merasa diperhatikan.

 

Hubungan PA Dengan Seksi Lain Departemen Berbeda

1.Kerjasama dengan waiter
  • Mengambil alat makanan dan minuman yang dipakai tamu di area tamu seperti meja  di lobby dan restaurant
  • Meminta bantuan PA menambah meja dan kursi di restaurant, serta menguranginya jika tidak perlu lagi.
  • Melaporkan kepada waiter bila ada barang-barang (sendok, piring, gelas dan lain-lain) yang dipakai oleh tamu agar segera diambil.
  • Menyampaikan kepada waiter, bila ada pemesanan makanan dan minuman dari tamu.
2.Kerjasama dengan banquet
  • Mengirim “Banquet Even Order” kepada PA untuk membuat lay out di dalam Banquet Hall atau Meeting Room.
  • Meminta bantuan PA menambah meja dan kursi di Ballroom atau Banquet Hall atau Meeting Room, serta menguranginya jika tidak perlu lagi.
  • Memberitahukan PA agar membuka lay out membersihkan ruangan jika event sudah selesai.
  • Menyediakan, merawat dan menyimpan linen supplies yang digunakan Food and Beverage Department seperti: Taplak meja (table cloth), Serbet makan (napkin), Alas meja di bawah taplak (multon)
  • Membantu banquet membuat lay out di Banquet Hall.
3.Kerjasama dengan sales marketing
  • Memberitahukan kepada PA, bila akan diadakan confrensi, seminar, lokakarya, rakor dan lain-lainnya di Conference Hall, Function Room atau Marketing Room.
  • Memberitahukan kepada PA jika ada perubahan jumlah peserta maupun lay out, menentukan jumlah penataan meja/kursi dalam ruangan.
  • Membersihkan office marketing dan ruangan/function room yang akan digunakan untuk acara-acara pertemuan.
  • Melakukan perubahan lay out seperti yang dikehendaki oleh tamu yang memesan.
  • Kerjasama dengan Enginnering
  • Perbaikan terhadap mesin-mesin yang digunakan oleh PA.
  • Melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang di kehendaki oleh PA berdasarkan WO  (work order) yang diterima.
  • Memasang alat-alat mesin sebagai sarana kerja Housekeeping Department.
  • Memberitahukan cara-cara pengoperasian alat-alat tersebut serta cara perawatannya.
  • Memasang perlengkapan untuk acara-acara rapat pertemuan dan lainlain.
  • Melaporkan kerusakan-kerusakan yang terjadi di lingkungan kerja seperti kerusakan alat-alat kerja, mesin-mesin, dan lain-lain.
  • Membuat dan mengirimkan WO (work order) kepada Engineering Department untuk perbaikan kerusakan, membuat sarana kerja yang diperlukan oleh Housekeeping Dept.
4.Kerjasama dengan Security
  • Melakukan pengamanan kepada seluruh area kerja PA dan ikut memantau agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta memantau keluar masuknya tamu dari maupun ke hotel dan mengawasi tamu-tamu yang mencurigakan.
  • Melakukan “body checking” karyawan-karyawan yang pulang setelah selesai bertugas dan menangani barang-barang yang hilang.
  • Melaporkan kepada security apabila ada tamu yang mencurigakan, memberitahukan kepada security bila ada tamu VIP check in, serta kamar-kamar berapa yang akan ditempati.
  • Memberitahukan security dan melaporkan jika bawaan barang-barang keluar hotel (khususnya milik housekeeping) untuk keperluan out side carteting, rapat-rapat dan lain-lain.



Penelusuran yang terkait dengan public area adalah
  • gaji public area hotel
  • contoh laporan public area
  • teknik pembersihan public area
  • makalah tentang public area
  • modul public area
  • job desk public area supervisor
  • jelaskan apa itu public area attendant
  • uraikan tugas seorang houseman dari shift pagi siang malam dengan benar

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close