Makalah Tentang Peranan Front Office | Makalah Perhotelan


BAB I
PENDAHULUAN


I. Alasan Pemilihan Judul
Perubahan yang cepat dalam industri pariwisata dan perhotelan, memberi pengaruh pada banyak hal yang terkait, khususnya pendidikan perhotelan yang semakin harus bereaksi cepat menghadapi berbagai perubahan, pergeseran nilai budaya, kondisi sosial dan globalisasi bisnis serta pertumbuhan ekonomi dalam skala mikro maupun makro. Hotel sebagai salah satu yang mendukung kegiatan kepariwisataan dalam jasa pelayanan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan bagi tamu-tamu yang datang dan menginginkan tempat menginap (akomodasi), makan minum dan jasa-jasa yang lainya yang terdapat dari hotel tersebut. Industri perhotelan telah banyak berdiri dan berkembang di negara kita ini.

berkembang industri perhotelan di negara kita ini banyak juga memperoleh keuntungan terutama membantu pemerintah dalam hal mengatasi penggangguran, karena banyak tenaga-tenaga kerja yang dibutuhkan bagi hotel. Tetapi hotel tidak bisa menerima tenaga kerja begitu saja, yang menjadi hambatanya ialah bahwa hotel sangat memerlukan tenaga kerja yang profesional yang memiliki keahlian, ketrampilannserta kedisiplinan yang tinggi. Tamu akan sangat merasa sangat senang dan puas bila mereka memperoleh pelayanan yang terbaik. Pelayanan yang baik tersebut akan tersendiri bagi mereka dan akan membawa mereka untuk lebih lama lagi menginap dan suatu saat mereka asti akan datang kembali untuk menginap di hotel tersebut. Kesan pertama yang  paling penting adlah ketika pertama kali tiba di hotel dan atas sambutanya yang  diperoleh dari Front Office dalam menyambut kedatgangan mereka.  Karena pentingnya Front Office dalam memberikan pelayanan akan kesan  pertama bagi tamu dan merupakan otak pusat dari kegiatan hotel, hal inilah yang  menjadi faktor bagi penulis untuk mengangkat masalah ini sebagai judul kertas  karya yang penulis ajukan yaitu “ KINERJA DAN PERANAN FRONT OFFICE  DEPARTMENT DALAM MELAYANI TAMU YANG CHECK-IN DAN  CHECK-OUT DI HOTEL DANAU TOBA INTERNATIONAL”. Selain itu ada  juga alasan-alasan lain yang diraskan penulis selain melakukan pengamatan dan  praktek langsung di hotel tersebut sehingga mempermudah memperoleh data dan
informasi langsung bahwa di front office pertama menjalankan peranan sebagai  penghubung tamu dengan hotel pada saat tamu itu datang dan meninggalkan hotel  sehingga department ini sering disebut first and last impression atau juga dapat  disebut kesan pertama dan kesan terkhir.

II. Pembatasan Masalah

Dalam menyusun kertas karya ini penulis membatsi masalah hanya pada Front  Office Department terutama dalam menangani tamu yang check-in dan check-out.  Mengingat kemampuan penulis yang sangat terbatas, jadi penulis membatasi  permasalahan yang dibahas tidak terlalu luas maupun menyimpang dan dapat  mencapai tujuan bagi penulis dalam menyelesaikan kertas karya ini.

III. Tujuan Penulisan

Adapun tujuan penulisan kertas karya ini adalah:

  1. Untuk menembangkan teori-teori tentang ilmu perhotelan yang penulis  dapatkan selama di bangku perkuliahan dan membandingkanya dengan apa  saja yang terjadi di lapangan, khususnya dalam Front Office Department. 
  2. Untuk melengkapi salah satu syarat akademis dalam menyelesaikan studi  program Diploma III Fakultas Sastra jurusan bidang keahlian Perhotelan. 
  3. Memperluas serta mengembangkan kemampuan mahasiswa melalui  pengalaman-pengalaman yang didapatkan selama menjalani praktek kerja lapangan di hotel.

IV. Metode Penulisan

Metode yang telah dilakukan untuk mendapatkan informasi maupun data-data  dalam menyusun kertas karya, penulis menggunakan dua metode dalam usaha  mendapatkan data dan informasi yang diperlukan tersebut,yaitu:
  1. Studi Kepustakaan (Library Research)
Suatu cara atau metode mengumpulkan data-data terlebih dahulu melalui buku-  buku kepariwisataan yang direkomendasikan oleh dosen selama di bangku  perkuliahan baik dari perpustakaan maupun dari luar yang berkenaan dengan judul yang penulis pilih.
  1. Studi Lapangan (Field Research)
Suatu cara atau metode yang dilakukan dengan cara memperoleh data secara  langsung ketika melakukan praktek kerja lapangan di Front Office Department  dan juga dari hasil wawancara dari pihak manajer




Untuk File Nya Silahkan Di Download disini

DOWNLOAD FILE



Penelusuran yang terkait dengan makalah housekeeping
  • contoh makalah perhotelan
  • pengertian housekeeping
  • artikel tentang housekeeping
  • contoh judul karya tulis housekeeping
  • materi housekeeping
  • bahan pembersih housekeeping
  • belajar housekeeping
  • istilah housekeeping
  • artikel peran penting front office
  • perbedaan front office dan resepsionis
  • skill yang harus dimiliki front office
  • sop front office secara umum
  • presentasi front office
  • pertanyaan tentang front office
  • fungsi tambahan front office
  • mengapa front office disebut jantung hotel

0 Response to "Makalah Tentang Peranan Front Office | Makalah Perhotelan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->