Makalah Belajar Mengenal Tata Graha/Housekeeping

Winstar Hotel Pekanbaru

PENDAHULUAN
Latar Belakang:
            Dunia perhotelan sekarang sudah tidak asing lagi di telinga kita, dimana-mana hotel,villa, maupun penginapan berdiri tegak. Kebutuhan akan sumber daya manusia terus meningkat. Daya saing di dalam ilmu pengetahuan atau life skill sangat du butuhkan guna menjadi sumber daya manusia yang professional. Mengkaji tentang perhotelan tidak lepas dengan tata graha dan pemasaran yaitu slah satu department yang bertugas di dalam pemeliharaan, membangun, membersihkan segala area hotel termasuk fasilitas-fasilitasnya. Salah satu contoh yaitu roomboy yang bertugas membersihkan dan menyiapkan kamar untuk tamu.           
            Bagian Tata Graha (Housekeeping) berasal dari kata tata yang artinya menata atau mengatur dan graha adalah rumah/wisma/hotel. Dalam baha inggris, tata graha disebut Housekeeping. House sama artinya dengan rumah/wisma/hotel, dan Keeping berarti memelihara atau merawat. Jadi Housekeeping adalah salah satu bagian yang mempunyai peranan dan fungsi yang cukup vital dalam memberikan pelayanan kepada para tamu, terutama yang menyangkut pelayanan kenyamanan dan kebersihan ruangan hotel. Pada makalah ini kita akan rangkum kegiatan apa saja yang tilakukan di perhotelan
Rumusan Masalah:
  1. Apa itu tata graha?
  2. Bagaimana dengan departemennya?
  3.  Apa itu pemasaran?
  4.  Apa peranan pemasaran dalam membangun perusahaan hotel?
Tujuan:
  1. Mengetahui pengertian tetnang tata graha di hotel
  2.  Menjelaskan department dan seksi di tata graha 
  3. Mengetahui pengertian pemasaran di hotel 
  4. Menjelaskan peranan pemasaran bagi hotel


II PEMBAHASAN
TATA GRAHA
            Bagian Tata Graha (Housekeeping) berasal dari kata tata yang artinya menata atau mengatur dan graha adalah rumah/wisma/hotel. Dalam baha inggris, tata graha disebut Housekeeping. House sama artinya dengan rumah/wisma/hotel, dan Keeping berarti memelihara atau merawat. Jadi Housekeeping adalah salah satu bagian yang mempunyai peranan dan fungsi yang cukup vital dalam memberikan pelayanan kepada para tamu, terutama yang menyangkut pelayanan kenyamanan dan kebersihan ruangan hotel. Dalam melaksanakan tugas-tugas di bidang pelayanan kenyamanan dan kebersihan ruangan hotel, maka bagian-bagian lainnya yang terdapat di hotel, seperti Minuman (Food & Beverage), bagian Engineering, bagian Akunting dan bagian Personel.
            Tanggung jawab bagian Tata Graha dapat dikatakan mulai dari pengurusan tentang bahan-bahan yang terbuat dari kain seperti taplak meja (table cloth), sprei, sarung bantal, korden, penjaga kerapihan, dan kebersihan ruangan beserta perlengkapannya, sampai pada program pengadaan/penggantian peralatan dan perlengkapan, serta pemeliharaan seluruh ruangan hote. Melihat ruang lingkup tanggung jawab bagian Tata Graha tersebut, maka yang dimaksud dengan ruangan ruangan hotel terdiri dari kamar-kamar tamu, ruangan rapat, ruangan umum seperti lobby, corridor, restaurant yang kesemuanya itu disebut sebagai front-of the-house. Disamping itu, bagian Tata Graha juga bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapihan bagian back-of-the house, di samping itu, bagian, Tata Graha juga bertanggung jawab terhadap kebersihan dan kerapihan bagian back-of-the-house seperti bagian dapur, ruanga`n makan karyawan-tuangan ganti pakaian karyawan, ruangan kantor dan sebagainya.
            Berkaitan dengan peranan dan fungsi bagian Tata Graha, maka para karyawan bagian Tata Graha dituntu untuk meiliki prilaku, pengetahuan, dan ketrampilan tentang bagaimana menjaga kerapihan dan kebersihan ruangan hotel dengan menggunakan teknik dan prosedur, serta peralatan yang benar. Dengan demikian dapat menjamin kualitas pelayanan yang sesuai dengan keinginan tamu.
            Dalam buku ini tidak akan dibahas tentang kegiatan-kegiatan Tata Graha yang bersifat teknis, tetapi lebih dititik beratkan pada pembahasan kegiatan-kegiatan manajerial yang strategis untuk meningkatkan kualitas pelayanan bidang tata graham untuk itu, terlebih dahulu disajikan struktur organisasi bagian Tata Graha. Untuk itu, terlebih dahulu disajikan struktur organisasi bagian Tata Graha, dengan demikian dapat dipahami lebih jelas tentang fungsi dan peranan bagian Tata Graha hotel.


File Lengkapnya:



Untuk File Nya Silahkan Di Download disini

DOWNLOAD FILE



Penelusuran yang terkait dengan makalah housekeeping
  • contoh makalah perhotelan
  • pengertian housekeeping
  • artikel tentang housekeeping
  • contoh judul karya tulis housekeeping
  • materi housekeeping
  • bahan pembersih housekeeping
  • belajar housekeeping
  • istilah housekeeping

0 Response to "Makalah Belajar Mengenal Tata Graha/Housekeeping"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->