Makalah Tugas dan Wewenang Front Office | Makalah Perhotelan

Hotel Angkasa Garden Hotel Pekanbaru Via: Trivago.co.id
BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Setiap bisnis yang mengandalkan pelayanan langsung kepada customer atau pelanggan, istilah front office dan back office bukanlah istilah yang asing. Dunia perhotelan, travel agent, perbankan dan swalayan adalah sedikit contoh dari bisnis yang menerapkan system ini. Secara garis besar, front office adalah orang atau sekelompok orang yang berurusan langsung dengan customer atau nasabah jika dalam perbankan terkait dengan jasa yang ditawarkan. Customer atau calon custmer datang mencari informasi atau melakukan transaksi jual beli dilayani oleh staff front office. Sedangkan back office adalah orang atau sekelompok orang yang bertugas mengurusi laporan- laporan penjualan, keuangan maupun masalah administrasi dan tidak secara langsung melayani konsumen. Untuk bisnis /supermarket/mall/bank, petugas seperti kasir/teller, pramuniaga, supervisor adalah staff-staff yang bertugas sebagai front office. Khusus untuk kasir/teller, mereka mendapat tugas khusus selain menerima pembayaran seperti yang sering kita lihat di mall/minimarket/swalayan/bank, juga bertugas memberi laporan penjualan kepada staff back office agar staff back office mendapatkan informasi lengkap tentang ketersediaan barang/ stock, profit yang diperoleh, serta hal lain yang terkait dengan
transaksi penjualan atau dalam perbankan yaitu transaksi pemasukan dan penarikan.

B. Rumusan Masalah
  1. Apa pengertian dari customer service dan apa saja fungsi, tugas, serta wewenang dalam melaksanakan tugasnya?
  2. Apa pengertian dari teller dan apa saja fungsi, tugas, ruang lingkup serta peralatan yang digunakan dalam melaksanakan tugasnya?
  3. Apa tugas dari seorang satpam di bank?
  4. Bagaimana pelayanan yangbaik itu?
  5. Apa saja yang termasuk kedalam dasar-dasar pelayanan yang baik?
  6. Apa pengertian dari excellent service dan apa saja unsur-unsurnya?

BAB II
PEMBAHASAN

A. Customer Service
1. Definisi Customer Service
Pelayanan nasabah atau yang sering kita dengar sebagai Customer Service Officer berasal dari dua kata yaitu Customer yang berarti pelanggan dan Service yang berarti pelayanan. Pelayanan menurut Kasmir, S.E., M.M., diartikan sebagai tindakan atau perbuatan seseorang atau organisasi untuk memberian kepuasan kepada pelanggan atau nasabah. Sedangkan Pelayanan nasabah atau Customer Service Officer menurut Buku Operasional Bank Rakyat Indonesia adalah kelompok kerja pelayanan yang merupakan himpunan dari pegawai yang profesional dibidang pelayanan dan ditujukan untuk
meningkatkan kepuasan kepada nasabah, dengan cara memenuhi harapan dan kebutuhannya. Customer Service Officer dituntut untuk selalu berhubungan dengan nasabah dan menjaga hubungan itu tetap baik. Hal ini tentu saja harus dilakukan karena menjaga hubungan yang baik dengan nasbah juga berarti menjaga image bank agar citra bank dapat terus meningkat di mata nasabah. Customer Service Officer harus memiliki kemampuan melayani nasabah secara tepat dan cepat serta memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik. Customer Service Officer yang baik harus diikuti dengan tersedianya sarana dan prasarana yang mendukung kecepatan, ketepatan, dan keakuratan pekerjaannya.

Selain itu, Customer Service Officer dituntut untuk memberikan pelayanan yang prima kepada nasabahnya, agar pelayanan yang diberikan dapat memuaskan nasabah. Untuk itu seorang Customer Service Officer harus memiliki dasar-dasar pelayanan yang kokoh seperti etiket pelayanan, pengenalan produk, dan dasar-dasar lainnya.Pelayanan yang  diberikan akan berkualitas jika setiap petugas Customer Service Officer dibekali pengetahuan tentang dasar-dasar pelayanan yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang akan dihadapinya, termasuk kemampuannya menguasai pengetahuan tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan bank dan produk yang ditawarkan.




Untuk File Nya Silahkan Di Download disini

DOWNLOAD FILE



Penelusuran yang terkait dengan makalah housekeeping
  • contoh makalah perhotelan
  • pengertian housekeeping
  • artikel tentang housekeeping
  • contoh judul karya tulis housekeeping
  • materi housekeeping
  • bahan pembersih housekeeping
  • belajar housekeeping
  • istilah housekeeping
  • artikel peran penting front office
  • perbedaan front office dan resepsionis
  • skill yang harus dimiliki front office
  • sop front office secara umum
  • presentasi front office
  • pertanyaan tentang front office
  • fungsi tambahan front office
  • mengapa front office disebut jantung hotel

0 Response to "Makalah Tugas dan Wewenang Front Office | Makalah Perhotelan "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->