close

Hotel Terminologi dari A - G Bagian 1 Lengkap | E-book Seri Perhotelan


HOTEL TERMINOLOGY

A


Account (AG)
Suatu dokumen di mana semua pembayaran dan biaya dari transaksi tamu selama tinggal / menggunakan fasiltas baik itu makanan, minuman, laundry dan outlet lainnya dicatat di dalam folio.

Account Payable (AG)

Bagian Utang ( Dept. Akunting ) bertanggung jawab mencatat pembelian barang yang tidak dibayar secara tunai serta biaya- biaya yang dikeluarkan.

Account Receivable (AG)

Bagian Piutang ( Dept. Akunting ) bertanggung jawab membukukan piutang dan bertanggung jawab atas semua tagihan dan umur piutang.

Accommodation (FO)
Kamar yang digunakan untuk menginap / kamar tamu ( guest rooms ).

Accommodation Voucher (FO)

Dokumen yang diterbitkan baik oleh Agen Travel atau Airline untuk menjamin setiap hotel yang ditunjuk dan memberi wewenang hotel untuk menagih pembayaran akomodasi tamu. Biasanya menyembutka, mencantumkan nama tamu, Jumlah orang, kedatangan dan keberangkatan tanggal secara detail, kebutuhan makan, tarif kamar, instruksi penagihan. Akomodasi Voucher menjadi dokumen rahasia yang tidak harus diinformasikan kepada tamu.

Additional Charge (AG)

Biaya tambahan kamar yang dibebankan ke tamu untuk “late check out” atau penambahan extra bed atau penambahan orang dalam satu kamar.

Adhoc Group (FO)
Istilah untuk group / kedatangan tamu yang datang "satu kali'' pada saat itu atau  datang tidak teratur .

Ad Hock rate (FO)
Pesanan kamar dengan harga khusus untuk perusahaan diluar kontrak rate untuk jangka waktu yang sudah ditentuka.

Adjoining Rooms / Adjacement Room s (FO)

Kamar-kamar tamu dua kamar atau lebih yang berdampingan “tanpa” dihubungkan  oleh pintu, atau satu lantai yang berdekatan, jadi pemesan kamar dapat saling berkomunikasi secara leluasa dengan rekan atau keluarganya yang tinggal di kamar yang berdekatan.

Advance Deposits (FO)

Uang yang dibayar di muka untuk kamar tamu atau pelayanan hotel lainnya, biasanya oleh kartu kredit atau cash, yang dibayar sebelum tamu tersebut datang / menginap / ke hotel. Jumlah biasanya sepadan dengan pembayaran penginapan pada suatu malam (untuk kamar) atau hitungan persentase dari total yang harus dibayar. Deposit tersebut digunakan untuk mengamankan / menjamin / menggaransi pemesanan yang diselenggarakan di hotel. Istilah lain adalah “booking fee”.

Affiliated Hotel (AG)

Suatu hotel yang menjadi bagian dari suatu rantai / bagian lebih besar dan biasanya dimiliki oleh suatu korporasi, lembaga atau dioperasikan oleh suatu franchisee mandiri.

Aging (AG)
Istilah dalam akunting yang menyebutkan tentang pengelompokan periode waktu tagihan tamu hotel.

Airport Hotel (Gn)
Suatu hotel yang terletak dekat Bandar Udara. Hotel tidaklah harus dihubungkan kepada Bandar udara ataupun bersebalahan me atau bahkainkan yang jaraknya tidak jauh dari Terimal Bandarapun bisa dikatakan airport hotel.


Hotel Terminologi dari H - Z Bagian 2 Lengkap | E-book Seri Perhotelan



Airport Representative ( Airport Rep ) (FO)

Petugas hotel yang bekerja di Bandara yang bertugas untuk mencari tamu / menjual.

AKP (Analisa Kebutuhan Pelatihan) (HR)

Adalah permintaan pelatihan oleh departemen berdasarkan konsisi atau kebutuhan departemen. Istilah lain ”Training Need”.

A la Carte (FBS)
Daftar menu lengkap, pemesan dapat memilih beberapa hidangan saja, atau hidangan disajikan secara lengkap namun dibayar hanya yang dimakan/diminum, hidangan lain yang tidak dimakan /diminum tidak dihitung. / Makan di mana setiap item pada menu ini harganya terpisah. Makanan harus dipersiapkan seperti yang diperintahkan.

Alkali Laundry (Ldy)
Alkali merupakan formulasi khusus yang digunakan sebelum proses penyabunan dengan deterjen yang berguna melepaskan noda, kotoran, minyak dari kain sehingga menghasilkan kualitas cucian yang baik. PH 13

Allotment (FO)
Kamar hotel yang telah di set, diblock dan dialokasikan untuk tamu yang telah melakukan reservasi.

All-Suite Hotel (Gn)

Hotel dengan semua kamar dengan type suite, biasanya suatu area terpisah ( seperti dipan, kursi atau ruang tamu / makan), Kadang juga didalamnya termasuk peralatan dapur baik yang berukuran kecil ataupun full kitchen.

Amano Time Control (HR)

Adalah alat kontrol untuk bukti pelaksanaan patroli, yang mana didalamnya terdapat “roll paper”. Roll Paper adalah cetakan hasil patroli yang memuat nomer kunci area, dan jam patroli dilaksanakan.

Amendment (SM)
Perubahan tempat, ruangan, jumlah, set-up yang telah ditentukan / disetujui dari pengaturan yang aslinya ke perubahan yang baru. ( untuk hal ini digunakan format seperti “ form amendment”)

Amendment Reservation (FO)

Koreksi atau revisi pemesanan.

Amenity (HK)
Sesuatu yang" ekstra" baik produk atau pelayanan yang diberikan kepada tamu oleh hotel, Istilah ini dengan luas digunakan untuk menjelaskan shampo, conditioner, body lotion, bath soap, hand soap, tooth brush, saving kit, sewing kit, cotton buds, comb, shoe shine dan lain produk yang diletakkan di kamar mandi / ruang tamu untuk penggunaan dan kenyamanan tamu.

American Breakfast (FBS)
Makan pagi (sarapan) gaya Amerika, berupa makanan dari telur dan roti, serta irisan- irisan daging dengan porsi kecil.

American Plan (FBS)
Sistem pembayaran sewa kamar hotel yang sudah termasuk biaya makan tiga kali sehari, dengan sajian table d’hole. Di daratan Eropa, cara seperti ini disebut full pension.

American Service (FBS)
Cepat, tepat, tamu tidak perlu menunggu terlalu lama. Makanan sudah tersaji di piring di service tray dari dapur, salads bisa disiapkan di meja dan rolls bisa disajikan dalam basket ataupun plates. Pelayanan ala America disebut juga Plate Service atau Ready Plate Service, Fungsi waiter/ss hanya menyajikan makanan yang sudah siap di plate. Service ini juga bisa dilakukan pada acara di Banquet.

Antichlor (Ldy)
Sebuah bahan kimia yang digunakan untuk membuang kelebihan klorin dari kain setelah pemutihan dalam proses pencucian.

Apartment hotel (Gn)

Akomodasi dalam apartemen terbagi beberapa unit dan kamar-kamar dan lebih spesifik dibanding kamar hotel dimana dalamnya lebih luas dilengkapi dengan fasilitas tempat memasak ( kitchen set ). Sedang untuk penghuni yang menginginkan makanan biasanya ada restaurant tersendiri yang terletak dalam gedung atau sekitar gedung. Kepemilikan apartment bisa pribadi maupun perusahaan.

Aperitif (FB)
Hidangan menggugah nafsu makan, makanan/minuman pembangkit nafsu makan misalnya sop panas.

Apetiser (Appetizer) (FB)
Makanan pembuka dalam European Standard Course untuk menimbulkan nafsu makan. Apetiser dapat berupa dingin atau panas.

APEX ( Advanced purchase excursion ticket ) (Gn)

Pembelian tiket perjalanan / pesawat yang dilakukan diawal. Tiket pesawat yang harus dibeli dalam jangka waktu tertentu sebelum keberangkatan dan tidak dapat dikembalikan, tidak dapat dialihkan juga tidak dapat diuangkan. ( biasanyya tiket seperti ini adalah tiket-tiket promo )

Appron (FBP)
Adalah celemek yang dipakai steward dan koki pada saat bekerja guna melindungi pakaian dari kotoran.

Apprentices (FBS)
Pelajar, murid, siswa, mahasiswa dari lembaga, sekolah, akademi yang sedang belajar dan membantu para Fb Service Staff.

Area Responsibility (HK)

Tanggung jawab area kerja yang dibebankan kepada staff public area untuk suatu rencana kerja ( progam kerja ) yang terjadwal dan dapat didokumentasikan / direcord sebagai bahan laporan dan target kerja.

Arrival Date (FO)
Tanggal kedatangan wisatawan ke suatu obyek wisata atau Negara tujuan wisata.

Arrival List (FO)
Daftar kedatangan tamu.

ASAP (AG)
As soon as possible / Sesegera mungkin.

Assets (AG)
Aktiva / harta, data seluruh kekayaan perusahaan yang terdapat pada neraca perusahaan

Audit / Auditing (AG)

Istilah untuk memeriksa catatan keuangan formal. Pemeriksaan laporan keuangan atau pemeriksaan lainnya mengenai kebenaran bukti formil maupun bukti materiil atas suatu transaksi yang bersangkutan

Au Gratin (FBS)
Makanan yang dihidangkan dengan bubuk keju kemudian dipanaskan dalam oven.

Available Room (FO)
Jumlah kamar tersedia yang dapat disewa oleh pemesan.

Average Lenght Of Stay (FO)

Rata-rata masa tinggal, yakni angka yang diperoleh dari jumlah bermalam dari tamu dibagi dengan jumlah tamu itu dalam jangka waktu tertentu. Atau total lama tamu menginap dibagi jumlah kamar yang terjual pada periode yang sama.

Average Room Rate (FO)

Biaya rata-rata sewa kamar, ini menunjukkan pendapatan rata-rata per kamar atau Rata-rata harga per kamar dengan cara membandingkan antara pendapatan yang diperoleh dari kamar dengan jumlah kamar yang terjual. Umumnya dihitung secara harian dan bulanan.

Average occupancy (FO)

Rata-rata tingkat hunian kamar pada suatu periode tertentu dengan cara membandingkan antara jumlah kamar yang terjual dibandingkan dengan jumlah kamar yang tersedia.

B.


Baby Cot / Box (HK)
Tempat tidur tambahan untuk bayi yang disediakan hotel.

Baby Crib (HK)
Tempat tidur kecil untuk bayi yang disediakan hotel.

Back to back (HK)
Istilah yang digunakan untuk tamu rombongan ketika “check out”, meninggalkan group dan kelompok lain “check in”, pada hari yang sama. Hal ini dikarenakan pememesan kamar yang terus menerus sepanjang periode tertentu. Istilah lain adalah ”Check in – Check out Group”.

Back Of The House (Gn)

Bagian hotel yang tidak langsung berhubungan dengan tamu, misalnya ruang dapur, binatu, ruang peralatan hotel, ruang administrasi, dan lain-lain. Istilah lain adalah “back office” (Hotel bagian belakang)

Bacon Fat (FBP)
Lemak babi, diambil dari bagian perut.

Bain Marie (FBP)
Tempat pemanas makanan dengan penguapan.

Bakery & Pastry (FBP)
The Baker Shop, yaitu bagian yang mempersiapkan kue-kue dan hidangan penutup
(dessert).

Baking (FBP)
Merupakan memasak kering tanpa ditutup, proses ini tidak menggunakan minyak, istilah ini lebih tepat digunakan untuk proses memasak adonan yang terbuat dari tepung, kentang atau bahan makanan selain daging atau unggas.

Bath Tub (Bak Mandi)
Bak mandi untuk berendam yang disediakan dalam kamar untuk para tamu yang menginap di hotel.

Banquette (Banket)
Jamuan pesta yang diadakan di hotel, dengan penghidangan makanan dan minuman diruang-ruang khusus.

Banquette Event Order ( BEO) (FBS)

Format yang dibuat oleh bagian Banquet berdasarkan Confirmation Letter yang telah disetujui pelanggan, yang merupakan perintah kerja ke bagian terkait dalam rangka mensukseskan suatu acara yang diminta oleh pelanggan. Format yang berisi mengenai detail acara suatu perusahaan yang akan dilaksanakan. Ditujukan untuk seluruh departemen berupa informasi ruang (lay out), makanan dan minuman, pembayaran, perlengkapan / equipment yang diperlukan, sound system, dekorasi, bunga.

Banquet Rerservation Book (FBS)

Adalah buku yang didalamnya tertulis bulan, tanggal, waktu, nama ruangan pertemuan, dan status reservasi (tentative / definite) dimana kita menuliskan / mencantumkan pemesanan acara.

Bank Account (AG)
Data rekening hotel yang dipergunakan untuk operasional sehari-hari dan dikenal dengan hotel system, yaitu : Bank In, Bank Out.

Bank In (AG)
Adalah rekening bank yang berfungsi untuk menerima setoran hasil usaha hotel. Setoran unit hotel ke rekening bank in dapat berupa uang tunai, credit card, cek, bilyet giro, dan transfer. Semua hasil operasional (revenue) & non operasional harus disetor seluruhnya ke bank in keesokan harinya (kecuali hari Sabtu dan hari libur) dan tidak boleh dikurangi untuk keperluan pengeluaran rutin atau pengeluaran lainnya oleh hotel. Sedang Sabtu dan hari libur, semua hasil operasional (revenue) harus disetorkan pada hari kerja berikutnya. Sementara dana disimpan di brankas.

Bank Out (AG)
Adalah rekening yang digunakan untuk menunjang kegiatan operasional juga pembayaran : supplier, remunerasi karyawan, dapat berupa uang tunai, cek, bilyet giro, dan transfer.

Bar (FBS)
Kedai atau restoran yang hanya menyediakan minuman beralkohol kadar tinggi untuk umum / tamu hotel.

Barbeque – BBQ (FBS)
Daging panggang dengan menggunakan alat tertentu, misalnya kambing guling (dibakar di atas api sambil diputar perlahan-lahan & diberi bumbu).

Bar Par (FBS)
Jumlah yang ditetapkan untuk masing-masing minuman bar yang akan dihidangkan yang biasanya di simpan di bar storage. Jumlah ini biasanya berdasarkan dari kosume harian minuman yang ada di bar.
Barter (Mkt)
Istilah yang lazim digunakan untuk kegiatan pertukaran produk dengan nilai yang sama.
Bartender (FBS)
Pramusaji minuman di bar, dan meramu minuman pesanan para tamu bar.

Bath Mat (Keset)
Alas kaki di dalam kamar mandi yang terbuat dari kain, ijuk atau karet.

Bath Towel (HK)
Handuk Mandi.

Bed and Breakfast (B&B) (FO) (FBS)
Suatu penginapan / hotel hanya menyediakan kamar dan sarapan / breakfast yang ditentukan dalam satu trif kamar. ( Room include Breakfast ) hal ini sering disebut juga sebagai Continental Plan.

Bed Cover (HK)
Kain penutup tempat tidur yang harus dilipat oleh roomboy / maid ketika tamu akan tidur.

Bedding all bed linen (HK)

Semua  linen  tempat  tidur,  seperti  seprei,  sarung  bantal, semua selimut,    bed pad, bantal, duvet cover, inner duvet, bed skirting, bed cover.

Bed Mat (HK)
Lapisan kasur sebelum diberi lapisan seprei.

Bellboy (FO)
Petugas bagian depan hotel yang melayani tamu-tamu masuk ke kamar yang dipesannya ( mengurus barang bawaan tamu, paket, informasi transport ) istilah lain dari “bell man”.

Bell Captain (FO)
Kepada seksi / outlet bell desk ( kepala bell boy )

Bell desk (FO)
Area / tempat / outlet / station dari petugas bellboy dan bell captain.

Bellboy Errand Card (FO)

Kartu yang digunakan oleh bellboy untuk mencatat segala kegiatan yang berhubungan dengan penanganan barang tamu tiba, pindah kamar atau berangkat, setelah kartu ini diisi akan segera diberikan oleh bell captain yang selanjutnya akan dimasukkan ke dalam bellboy control sheet.

Bellboy Control Sheet (FO)

Lembar atau formulir pengawasan yang digunakan bell captain untuk mencatat kegiatan bellboy selama penanganan barang tamu tiba, pindah kamar atau berangkat. Formulir ini di isiberdasarkan data dari bellboy errand card.

Beverage / tanpa alkohol (FBS)
Minuman yang tidak mengandung alkohol, misalnya dari jenis minuman lembut (soft drink) : Coca-cola, Pepsi, Cola, Sprite, Fanta, sari buah : nenas, jeruk, alpokat, kiwi, tomat, teh dalam botol, jahe dalam botol, teh panas, kopi panas, es teh, coklat dan sebagainya.

Billboard (SM) (Gn)
Papan promosi

Bill Rack (FO)
Rak yang dipergunakan untuk menyimpan data tamu mulai tamu check in, menggunakan fasilitas ( bill makan, minum, minibar, laundry dsb ) selama tinggal di hotel dan disusun berdasarkan nomor kamar.

Bin Card (Gn)
Adalah kartu untuk mencatat keluar masuknya barang di Store.

Bir ( Beer ) (FBS)
Adalah segala minuman beralkohol yang diproduksi melalui proses fermentasi bahan berpati dan tidak melalui proses penyulingan setelah fermentasi. Proses pembuatan bir disebut brewing. Karena bahan yang digunakan untuk membuat bir berbeda antara satu tempat dan yang lain, maka karakteristik bir seperti rasa dan warna juga sangat berbeda baik jenis maupun klasifikasinya. Kadar alkohol bir biasanya berkisar antara 4- 6 % abv (alcohol by volume; alkohol berdasarkan volume), meski ada pula yang serendah kurang dari 1% abv maupun yang mencapai 20% abv. (Wikipedia Ind.)
Black Beer     : bir hitam yang dibuat dari malt terlalu matang ( over roasted malt ). Light Beer   : bir biasa yang jernih.
Special Beer : bir yang dibuat dengan dua kali brewing process, disimpan lebih lama. Draught Beer: bir yang disiapkan dalam drum barrel / tank dan dikeluarkan dengan
Bantuan tekanan gas CO2.

Black List (FO)
Sebuah catatan yang disahkan oleh manajemen hotel untuk orang-orang yang tidak diterima di hotel ketika datang lagi untuk berbagai alasan.

Blance ( FBP )
Memasak makanan dengan cepat, dapat dilakukan dengan air dingin, air panas, atau air mendidih. Memblanching dapat juga dilakukan dengan minyak panas. Tujuannya memperbaiki warna, menghentikan aktivitas enzim, mengangkat kulit, contohnya pada tomat yang akan dibuat tahan lama.

Blanket (HK)
Kain selimut yang digunakan untuk making bed.

Blend ( FBS Bar )
Mencampur minuman dan menambahkan juga campuran wiski selama produksi

Blending ( FBS )
Mencampur bahan yang cair dengan yang keras

Blender ( FBS Bar )
Alat untuk mencampur ( mixer ).

Blocking (FO)
Pemblokiran kamar / ruangan khusus untuk pemesanan baik pada saat / atau / sebelum hari kedatangan.

Block Booking / Block Room (FO)

Mengacu pada reservasi awal atau disesuaikan dengan jumlah dan jenis kamar yang ada diambil dari ketersediaan kamar yang akan digunakan untuk menampung kelompok besar atau konvensi.

Blocked Space (SM)
Perjanjian dengan hotel yang menjamin akan alokasi area / ruang meeting untuk tamu- tamu tertentu.

Blower (HK)
Alat yang dipergunakan untuk mengeringkan carpet setelah dishampoo.

Body Checking (HR)
Kegiatan memastikan aset perusahaan tidak terbawa oleh staff atau orang, kegiatan ini dilakukan pada akhir shift atau saat staff / visitor ( pengunjung hotel ) akan meninggalkan hotel.

Boiling (FBP)
Adalah cara memasak dalam cairan yang sedang mendidih ( 100 ºC ) dengan air atau kaldu ( stock ), gelembung cairan sampai memecah di permukaan. “Simmering” adalahproses boiling (merebus) yang dilakukan perlahan (90ºC), ditandai gelembung cairan yang tidak memecah dipermukaan.

Botle Sprayer (HK)
Alat ( botol ) yang diisi larutan pembersih ataupun chemical lain dan dipergunakan untuk menyemprotkan larutan ( chemicals ).

Bomb threats Training (HR)

Training penangnan ancaman ledakan bom berbahaya yang akan datang di hotel.

Bon Go (Ldy)
Bahan kimia ( chemicals ) untuk menghilangkan noda makanan.

Bonning (FBP)
Salah satu istilah di dapur dengan cara mengeluarkan tulang dari daging.

Booking (Reservation) (FO)
Pemesanan tempat-tempat penginapan (hotel, motel, losmen).

Bowls (FBS)
Mangkok ( wadah kecil ) untuk meletakkan, menyimpan barang, makanan dll. Butter bowl                         / untuk trmpat mentega.
Cereal bowl   / untuk menyajikan sereal, bubur. Finger bowl / untuk cuci tangan.
Rice bowl      / untuk tempat nasi / mencetak nasi. Sugar bowl                        / untuk tempat gula
Supreme bowl / untuk tempat shrimp cocktail, ice cream. Soup bowl                           / untuk tempat suop kental.
Vegetable bowl / untuk tempat buah dan sayuran.

Boutique Hotel (Gn)
Bangunan Hotel yang mempunyai nilai sejarah / historis, klasik, atau ditata antic, remodeled dan umumnya kurang lebih 30 kamar.

Braising (FBP)
Cara memasak dengan cairan ( air / kaldu ) yang jumlahnya lebih sedikit dari pad bahan yang dimasak. Mula-mula daging yang akan dimasak digolongkan bagian luarny sampai coklat, kemudian memasaknya cairan atau saus dalam sebuah alat memasak yang tertutup rapat di dalam oven. Braising sangat cocok dilakukan untuk daging yang keras seperti : daging itik, daging paha, daging rusa yang berguna melembutnkan serat. Braising juga dilakukan untuk memasak sayuran.

Breakfast (FBS)
Sarapan pagi

Breakfast menu (FBS)
Adalah informasi berbentuk data daftar makanan yang khusus disiapkan untuk sarapan pagi.

Bread and butter knife (FBS)

Pisau roti dan mentega.

Bread and butter plate (FBS)

Piring roti dan mentega

Brochure (SM)
Pamplet / flayer / brosure / kertas yang berisi informasi ataupun promosi tentang hotel ataupun fasilitas / event / kejadian yang ada di hotel.

Brushing (HK)
Tehnik membersihkan lantai keras ( tegel / ubin / semen ) dengan cara disikat menggunakan mesin “brushing”.

Budget Karyawan (HR)

Adalah Kebutuhan Karyawan, prakiraan jumlah karyawan yang tertuang dalam analisa perkembangan karyawan tahunan.

Bufet (Buffet) : (FBS)
Sistem pelayanan hidangan yang disajikan di meja besar, dan tamu dipersilahkan memilih sendiri hidangan yang disukainya. Di Indonesia lebih dikenal dengan prasmanan.

Buffing (HK)
Tindakan menggosok permukaan lantai dengan menggunakan mesin buffing / polishing dan pad putih.

Bungalow (Gn)
Tempat peristirahatan yang tidak berbentuk hotel, namun menyediakan fasilitas-fasilitas penginapan untuk sejumlah orang.

Bus boy / girl (FO)
Membantu para waiters/ess dalam hal menyiapkan roti, air es, membersihkan alat-alat kotor dan menata meja. Menjaga persiapan peralatan dan perlengkapan kerja di side- stand dan bertugas pada waktu senggang menyiapkan table set-up untuk tamu berikutnya.

Business Centre (FO)

Area / Outlet di Front Office Department yang berfungsi untuk melayai foto copy, faximile, Internet, print out, tiketing, keperluan alat tulis kantor maupun sebagai tempat jualan merchandise.

Business Mix (SM)
Suatu kombinasi bisnis hotel dari berbagai segmen pasar seperti corporate group, business transient, leisure and convention.
Butter knife (FBS)
Pisau yang digunakan untuk potong roti atau pisau untuk mentega.

Butter spreader (FBS)
Pisau untuk mengoles mentega


C.


Cabana (Gn)
Kamar yang dihubungkan dengan kolam renang, tidak merupakan bagian bangunan inti hotel, karenanya tidak selalu disediakan fasilitas untuk tidur.

Cafetaria (Gn)
Suatu pelayanan makanan / tempat makan yang beroperasi di mana para tamu dapat masuk ke area makanan untuk menerima pemberian makanan dari petugas/staff ataupun para tamu dapat menunjuk makanan yang diinginkan dan membawa makanan sendiri-sendiri.

Cancellation (FO)
Pembatalan pemesanan kamar hotel ataupun fasilatas hotel yang lain.

Canteen (Gn) (HR)
Suatu pelayanan makanan / tempat makan dimana para tamu dapat mengambil / membawa makanan dengan tray / baki / nampan / piring / tempat makan dengan menu yang telah ditetapkan.

Captain Order (FBS)
Format yang digunakan sebagai permintaan melakukan pekerjaan ke bagian produksi makanan dan atau minuman serta kasir, yang dibuat oleh Waiter/ss.

Capsule Hotel (Gn)
Suatu hotel yang kamarnya di ditata dalam satu blok / kotak kecil / model capsule biasanya terbuat dari plastic ataupun fiberglass berukuran kurang lebih 2 x 1 x 1,25 m. yang hanya cukup untuk ruang tidur. Didalam capsul ini biasanya dilengkapi fasilitas internet, Mini TV. Model-model seperti ini dikembangkan di Jepang.

Car Call (FO)
Alat pemanggilan sopir atau kendaraan di lingkungan hotell

Card Entry System (FO – HK )
Sistem yang dipergunakan untuk masuk ke kamar tamu maupun area hotel ( guest lift ) menggunakan “teknis sistem kartu” yang telah diotorisasi oleh manajemen ( FO).

Card Key (FO)
Sebuah kartu plastic / seperti kartu kredit dimana didalamnya mengandung magnetic strip / barcode ataupun chip yang bisa program untuk digunakan membuka pintu kamarsebagai pengganti kunci metal. (kunci kartu memerlukan komponen perangakat kunci elektronik).

Cardex (SM)
Adalah formulir yang berisi data-data perusahaan serta contact person di perusahaan tersebut yang dimiliki oleh staf sales sebagai panduan dalam sales call

Car Valet (FO)
Karyawan hotel yang bertugas memarkirkan mobil tamu yang datang.

Cash Basis (AG)
Pembayaran yang dilakukan oleh tamu berdasarkan cash / tunai.

Cash Pay Out (AG)
Untuk mengambil sejumlah uang tunai dari Front Office Cashier dan akan mendebet pada rekening tamu. Hal ini dilakukan hanya untuk kasus yang sangat khusus dan tidak mungkin tanpa persetujuan atau Front Office Manager.

Cash Receipt (AG)
Tanda terima pembayaran tunai.

Cash Received (AG)
Penerimaan uang tunai.

Cassino Hotel (Gn)
Sebuah hotel yang menonjolkan fasilitas perjudian sebagai fasilitas utama di dalam ruangan / gedung / hotel.

Central Reservation Office (FO)

Bagian / Kumpulan jaringan reservasi yang terpusat dimonitor, terjadwal baik dalam hal iklan maupun program dan dapat diakses secara langsung oleh masyarakat dan menyediakan ( pada umumnya freephone) nomor telepon untuk pemesanan baik itu kamar maupun agenda pertemuan.

Charge (FO)
Nota, tagihan atas rekening yang dibayarkan

Check-In (FO) (HK)
Tamu masuk suatu hotel dan mendaftarkan dibagian penerimaan (receptionist) dan mengakhiri dengan tanda tangan kontrak / persetujuan antara hotel dan tamu untuk memiliki hunian sementara atau tempat khusus.

Check List (HK)
Daftar pengecekan tamu-tamu yang menginap di suatu hotel.

Check Out (FO) (HK)
Tamu pergi meninggalkan hotel setelah menyelesaikan perhitungan rekening/bill atau Prosedur penutupan atau penyelesaian suatu rekening kamar tamu pada saat berangkat / check out.

Check Out Time (FO) (HK)
Batas normal waktu tamu meninggalkan hotel ( normal check out ). Untuk regulasi ini setiap hotel mempunyai aturan yang berbeda, ada yang jam 12.00, 13.00 atau bahkan kesepakatan hotel dengan tamu ( untuk kasus ini biasanya terjadi dengan tamu-tamu group dikarenakan meeting belum selesai atau jam keberangkatan pesawat yang mundur dan biasanya ada biaya tambahan ).

Chef (FBP)
Kepala dapur di hotel atau restoran.

Chief steward (FBP)
Kepala bagian yang bertugas dalam pembersihan dapur dan peralatan masak ( kitchen utencil).

Chinaware (FBS)
Merupakan suatu hal yang diperlukan untuk alat makan restaurant yang terbuat dari keramik antara lain : Platter, Plate, Cups, Soucer, Pots, Jugs, Bowls, Ashtray.

Chlorine Bleach, Sodium Hypochloride (Ldy)

Cairan pengelantang yang memberikan kekuatan pemutih istimewa yang aman bagi cucian putih. Cairan ini cepat larut dalam air, sehingga proses pelepasan noda berlangsung cepat, juga bisa menghilangkan bau, sisa kotoran di kain dan sebagai penghilang kuman. PH 10 – 14. Bleach akan efektif pada larutan air dengan suhu 50ºC.

City Hotel (Gn)
Hotel yang terletak di tengah kota, hotel ini pasar tamunya biasanya bisnis, meeting atau seminar.

City Ledger (FO)
Semua rekening pembayaran tamu dengan cara kredit yang di tagihkan ke perusahaan penjamin. Penagihan dilakukan pada perusahaan-perusahaan yang telah disetujui dan perusahaan membayar tagihan mereka ( City Ledger ) secara bulanan dan telah diketahui / disetujui oleh bagian Kredit.

Classic menu (FBS - FBP)
Daftar menu peninggalan jaman kuno ( menu-menu kuno / tradisional ) yang bisa digunakan

Cleaning Supplies (HK)

Barang-barang yang dipergunakan untuk alat dan bahan pembersih di masing-masing departement.

Closed Date (FO)
Tanggal untuk pemesanan sudah penuh karena pada periode itu / periode yang dipesan kamar dalam keadaan penuh.

Closed Circuit Television ( CCTV) (HR) (Eng)
Bagian dari suatu sistem pengawasan hotel, yang menggunakan kamera sebagai alat monitor ( untuk merekam pada video atau DVD perekam ), Alat ini diikuti / serangkaian dengan alarm dan sistem kontrol akses. CCTV kamera telah digunakan sebagai suatu ukuran keamanan dan dimonitor staf keamanan dengan suatu bantuan visual / TV monitor untuk monitoring pengunjung dan staff.

Coating (HK)
Tehnik membersihkan lantai tertentu ( khususnya kayu / parquete ) dengan cara di lapisi dengan menggunakan bahan kimia pelapis.

Coffee break (FBS)
Rehat minum / istirahat minum pada saat meeting.

Coffee break menu (FBS)
Adalah informasi berbentuk data daftar makanan ringan / snack yang ditawarkan kepada tamu / yang diminta oleh tamu.

Coffee Table (HK)
Meja kecil di dalam kamar tamu diletakkan dekat kursi ( 1 -2 ) yang digunakan untuk meletakkan makanan ataupun minuman.

Cold Kitchen / Salad ( FBP) (FBP)
Yaitu atau bagian hidangan dingin yakni semua persiapan hidangan pembuka
(appetizer), selada (salad), atau juga hidangan laut (sea food).

Cold Storage (FBP)
Gudang untuk menyimpan barang yang tidak tahan lama, basah dan mudah rusak. Seperti sayuran, buah, daging, ikan segar. Istilah lain “refrigerator”. Suhu yang diperlukan untuk penyimpanan antara lain. Refrigerator (+ 4ºC), Chiller (+ 0-3ºC), Freezer (+ -18ºC).

Collateral Material (SM)

Jaminan Bahan. Item baris ini termasuk biaya brosur, Sales kit, peta, denah ruangan / lantai, dan bahan semacam itu yang digunakan untuk menggambarkan jasa properti.

Commission earnings (SM) (AG)
Uang komisi.

Communication symbols (FO-HK)
Simbol / tanda / kode yang digunakan dalam “room division” yang berhubungan dengan status kamar seperti : EA, ED, OC, OD, VD, VC, VR, OO, OS, EB dll.

Company Hot (SM)
Adalah perusahaan yang memiliki jumlah room night production tertinggi.

Company Medium (SM)
Adalah perusahaan yang memiliki jumlah room night production menengah.

Company Low (SM)
Adalah perusahaan yang memilki jumlah room night production yang paling sedikit.

Company New (SM)
Adalah perusahaan baru atau belum sama sekali mendatangkan bisnis.

Concierge Service (FO)

Istilah yang digunakan untuk seksi yang melayani barang-barang bawaan tamu baik untuk tamu yang baru datang, pulang maupun penitipan barang termasuk pelayanan taxi, driver dan bagian pengawas / petugas pintu depan.

Concierge Store (FO)

Ruang di outlet Concierge / bell desk yang digunakan untuk menyimpan barang titipan tamu.

Condiments (FBP) (FBS)
Bahan pelengkap penyedap makanan, seperti: garam, merica, sambal, kecap, saus tomat dan makanan pendamping untuk makan (contohnya: soto, bubur, dll.).

Conference (SM)
Sekelompok besar orang yang terorganisir berkumpul dalam satu tempat untuk membicarakan / memecahkan / mengambil keputusan sebuah permasalahan.

Confirmation Letter (SM)

Format untuk mengkonfirmasikan bahwa pelanggan dapat menerima syarat dan kondisi yang harus diterima dalam acara yang akan diselenggarakan.

Contact person(FO)
Orang yang membuatkan pesanan kamar untuk orang lain (calon tamu).

Content Marketing (SM)

Materi promosi berisi pesan yang akan disampaikan

Contract (SM)
Sebuah perjanjian yang mengikat secara hukum antara dua pihak.

Cooking (FBP)
Mengolah hidangan, mencampur semua ingredient dengan timbangan, jumlah ukuranyang tepat berdasarkan resep atau prosedute masak pada derajat panas dan waktu tertentu.

Coctail (FBS)
Minuman hasil ramuan dari dua atau lebih jenis-jenis minuman beralkohol (liquor dicampur dengan sampanye atau dengan alcoholic drinks lainnya).

Coffee Maker (HK)
Adalah semi-automatic mesin / mesin pemanas untuk digunakan memasak air, membuat kopi ataupun tea (biasanya alat ini disediakan dikamar-kamar hotel).

Coffee Shop (FBS)
Restoran yang menyediakan hidangan-hidangan ringan dan cepat dengan peralatan sederhana. Untuk kawan minum kopi panas biasanya disediakan sandwich, hamburger,snack dan lain-lain. Istilah lain untuk restaurant.

Collect Call (FO)
Penggunaan jasa telepon dengan biaya ditanggung oleh penerima telepon itu. Misalnya seorang wisatawan ingin berkomunikasi dengan keluarganya di Eropa, tetapi karenabiaya pelayanan telepon cukup mahal, diupayakan agar biaya itu ditanggung oleh si penerima untuk menanggung biaya pelayanan telepon itu.

Commercial Rate / Corporate rate (SM)

Harga khusus yang diberikan untuk perusahaan-perusahaan tertentu.

Commision (SM) (AG)
Sejumlah uang yang dibayarkan ke travel agent, booker atas reservasi yang telah dilakukan ke hotel ataupun provider credit card untuk “ fee credit card”

Commission earnings (Gn)

Uang komisi.

Complimentary (FO)
Cuma-cuma, misalnya makanan yang disajikan tanpa dipungut bayaran atau pemakain kamar tanpa dipungut bayaran.

Complaint Handling (HR) (Gn)
Cara penanganan keluhan tamu atas kesalahan pekerjaan, pelayanan, fasilitas dan permasalahan yang berhubungan dengan operasional hotel.

Concierge (FO)
Bagian suatu organisasi hotel yang melayani tamu-tamu hotel sejak menginjakkan kaki dipintu hotel hingga saat meninggalkan hotel. Misalnya : Informasi umum, membukakanpintu kamar penginapan, membawakan barang-barang tamu untuk dimasukkan ke kamar, dan membawa tamu masuk ke kamarnya. Bagian conciergerie juga sering memenuhi pesanan para tamu.

Condominium Hotel (Gn)

Sebuah hotel dengan spesifik model units / kamar, biasanya 1 units ada beberapa kamar. Pemilik unit boleh tinggal di units untuk selamanya atau menggunakannya sebagai rumah kedua atau bahkan dapat menyewakan unit tersebut. Tergantunglah pada kebijakan manajemen perusahaan apakah units tersebut akan disewakan dan dikelola oleh perusahaan dengan sharing profit atau akan ditinggali sendiri dengan pengelolaan pengelola gedung atau dikelola, dibersihkan, di-maintenance sendiri tergantung dari budget pemilik units )

Confirmed Reservation (FO)

Penegasan dari petugas hotel yang menerangkan bahwa pesanan kamar sudah diterima (via surat maupun telepon) dengan batas waktu sampai jam 18.00. Namun jika ternyata setelah jam itu kamar terisi penuh (full house), petugas harus mengupayakan agar tamu tetap dapat memperoleh kamar di hotel lain (biasanya ada semacam kerjasama antar hotel mengenai hal ini).

Connecting Room (FO)

Kamar-kamar yang digabungkan/dihubungkan dengan pintu khusus, sehingga tamu tidak perlu lewat koridor.

Continental Breakfast (FBS)

Menu sarapan gaya kontinental terdiri dari minuman (kopi, coklat, susu, teh) panas yang disajikan bersama roti bakar dan selai (nanas, strobery, jeruk, dll) continental breakfast gaya Belanda atau Norwegia, selain dihidangkan diatas, ditambah lagi dengan hidangan keju dan daging/ikan dingin.

Continental Plan (SM):
Tarif hotel dengan makan pagi, maksudnya tarif yang dikenakan terhadap yang menginap di hotel itu sudah termasuk untuk makan pagi.

Contracted Rate (SM)

Tarif yang disetujui oleh kedua belah pihak, terutama tarif yang dikenakan rombongan dalam jumlah banyak.

Coupon ( Meal Coupon ) (FO)

Kupon / Voucher menyebutkan hak tentang pelayanan makanan yang diberikan kepada tamu dan harus diserahkan kepada staf hotel sebelum mengambil konsumsi tersebut. (biasa digunakan untuk “breakfast” )

Courtesy Call (FO)
Adalah komunikasi dan interaksi dengan tamu yang menginap di hotel untuk membeerikan pelayanan, perhatian yang baik dan menawarkan bantuan tentang hal operasional hotel. Courtesy call bisa dilakukan lewat telephone.

Convention (SM)
Konvensi / Pertemuan komite yang formal dilakukan secara umum dalam sebuah gedung yang sebagian besar untuk sesuatu informasi dan biasanya pertemuan diadakan tahunan. Pertemuan ini biasa diadakan oleh asosiasi atau partai politik.

Corporate Rate (SM)
Harga yang dikhususkan untuk perusahaan tertentu. Harga telah disepakit dalam kontrak yang biasanya dibuat untuk jangka 1 tahun. Hotel biasanya menjamin kamar tersedia untuk jangka waktu tertentu.

Corporate Reservation (SM)

Pemesanan dilakukan oleh perusahaan atau untuk perusahaan.

Corkage (AG) (FBS)
Jumlah biaya yang ditagihkan ke tamu yang membawa minuman, makanan sendiri dari luar hotel (terutama anggur dan minuman keras) ke dalam restoran. Biasanya pembebanan biayanya presentasi harga per botol yang dijual di Bar / Restaurant Hotel.

Coaching ( HRD)
Adalah mengajarkan, membimbing, memberikan instruksi kepada seseorang (atau kelompok) agar dia (atau mereka) memperoleh ketrampilan atau metode baru dalam melakukan sesuatu untuk mencapai suatu sasaran yang dikehendaki. COACHING : Mengajarkan ketrampilan atau tugas baru, Coach menunjukkan “apa yang harus dilakukan” dan “bagaimana melakukannya”, Fokus pada “mengajarkan”, Coach memberikan solusi untuk permasalahan.

Counseling ( HRD)
Adalah suatu kegiatan untuk mengubah perilaku, sikap seseorang. Counseling membantu seseorang untuk menyadari perilaku, sikapnya yang menghambat atau menimbulkan masalah. COUNSELING :Mengubah sikap atau perilaku, Counselor meneliti sikap atau perilaku seseorang bersama orang tersebut, Fokus pada “mendengarkan” , Counselor membantu orang untuk menemukan solusinya sendiri.

Covers (FBS)
Jumlah orang yang dilayani dalam satu restaurant / jamuan makan.

Cover Charge (FBS)
Biaya yang dikenakan kepada setiap pengunjung yang akan memasuki suatu ruangan untuk menikmati pertunjukan yang diselenggarakan di tempat itu, misalnya : klab malam (night club), diskotik (discotheque), dan teater, Cover charge itu tidak termasuk biaya untuk makanan / minuman yang disajikan selama menonton acaranya.

Crystalisasi (HK)
Tehnik membersihkan / mengkilapkan lantai jenis marmer dengan mesin polisher menggunakan bahan kimia tertentu ataupun “marble powder”.

Crumbing down (FBS)
Membersihkan meja dari sisa – sisa makanan ( crumbs ) ataupun jenis kotoran yang lain di atas meja tamu.

Credit cards(FO)
Kartu kredit yang biasa dipakai untuk melakukan transaksi dan pengambilan uang tunai ke bank tertentu sesuai dengan jenis kartunya dan perjanjian antara pemilik kartu dengan perusahaan yang mengeluarkannya.

Crockery (Gn)
Peralatan yang terbuat dari gerabah / tembikar / tanah liat.

Croisant (FBP)
Kroisan, roti yang berbentuk tapak kuda, seperti lambang huruf Omega.

Croutons (FBP)
Potongan roti yang dibakar atau digoreng dengan mentega untuk pengirim makan sop panas.

Cross Training (HR)
Training / pelatihan yang dilakukan antar departement dalam satu hotel.

Currency (AG)
Uang logam atau kertas yang berlaku di dalam satu negara, ( Foreign currency = mata uang asing).

Cut-off-date (SM) (FO)
Pihak pembeli / booker (tamu atau Travel Agent) harus melepaskan kamar yang dipesan.

Cutleries (FBS)
Alat makan / peralatan makan seperti sendok, garpu, pisau.

D.


Daftar Tunggu (FO)
Daftar yang disediakan untuk para tamu yang belum mendaftarkan diri memesan kamar, dan belum memesan sebelumnya. (Waiting List)

Daftar Rekening (AG)

Daftar rekening adalah sangat penting, karena daftar rekening merupakan hal yang pokok untuk pencatatan dokumen, jurnal, buku-buku besar, laporan-laporan maupun keseluruhan procedure yang digunakan pada system akutansi. Karena banyaknya rekening-rekening (account) maka proses dan daftar itu perlu diatur secara teratut sehingga mudah untuk menemukannya dengan memberi nomor dan kode-kode pada semua rekening (account) yang ada.

Day Use (FO)
Pemakaian kamar hanya beberapa jam pada siang hari pemakai dikenakan tarif hanya 50% dari harga normal.

Daily Pick up Laundry Report (Ldy)

Daftar pencatatan kegiatan pick up laundry, yang berfungsi sebagai check list pemastian pelaksanaan pick up berlangsung dengan baik.

Daily Sales Laundry Report (Ldy)

Catatan harian yang berisi laporan tagihan laundry dalam satu hari

Damp mopping (HK)
Mengepel basah menggunakan mop lembab (tidak basah), press mop dan stickmop untuk membersihan spot lantai, kotoran dengan maksud untuk menghilangkan kotoran pada media yang akan di mop.

Deluxe Room (HK)
Kamar kelas utama suatu hotel, ukuran kamar lebih besar, kualitas sarana kamar lebih baik, pelayanan-pelayanan khusus yang berbeda dari kelas standar.

Deep fat frying (FBP)
Adalah menggoreng dengan minyak yang banyak, sehingga makanan yang digoreng betul-betul tenggelam dalam minyak.

Demi glace (FBP)
Saus yang dibuat dari brown sauce yang dipanaskan hingga kandunggan airnya berkurang.

Departure Date (FO)
Tanggal keberangkatan tamu dari suatu hotel, biasanya dihitung setelah check out.


Departure List (HK):
Daftar keberangkatan tamu dari hotel.

Deposit (AG)
Uang panjar yang diberikan untuk memesan suatu kamar hotel, persekot untuk memesan kamar hotel.

Depreciation (AG)
Penyusutan atas aktiva tetap yang dimiliki hotel.

Discoloration (Ldy)
Kelunturan oleh warna lain ( selain warna dari material tersebut ).

Disinfectants (HK)
Disinfektan Suatu zat yang terdapat dalam chemical yang dipergunakan di housekeeping untuk proses pembersihan dan dapat digunakan untuk menghancurkan mikroorganisme patogen.

Dessert (FBS)
Hidangan berupa makanan untuk pencuci mulut (perabung) misalnya buah-buahan segar (pisang, apel, nenas), roti keju.

Destination (Gn)
Daerah tujuan wisata ( daerah yang akan dituju / dikunjungi ).

Detergent (Ldy)
Deterjen penghilang noda ramah lingkungan terhadap saluran pembuangan air (biota air). Mudah larut dalam air, sehingga proses pelepasan kotoran dapat berlangsung dengan cepat dan direkomendasikan untuk pakaian putih ataupun warna. PH 10

Dinner (FBS)
Santap malam dalam hidangan European Standard Course.

Dinner menu (FBS)
Adalah informasi berbentuk data daftar makanan yang khusus disiapkan untuk makan malam.

Dinning Room (FBS)
Restaurant dengan menu yang lengkap, tata ruang yang mewah dan biasanya dilengkapi dengan persediaan “wine” .

Director of Sales ( DOS) (SM)

Manager dari hotel sales department.

Discrepancy (FO) (HK)
Perbedaan   /   selisih   hitungan barang,  jumlah,     status kamar antara satu outlet, departmet ataupun antara tamu dan hotel.

Discount (AG) (FO)
Potongan harga / pengurangan persentasi dari daftar harga aslinya

Dish washing machine (FBP) (FBS)
Alat yang digunakan untuk pencucian peralatan makan & minum .

Dont Distub Room (HK)

Status kamar yang di depan pintu ada gantungan tanda “jangan digangu” / privacy sign atau ada indicator make up room lampu merah. Kamar ini menandakan bahwa tamu yang menginap dalam kamar tersebut tidak mau digangu istilah lain untuk kamar ini “Privacy Room”.

Door Knob Menu (FBS)
Daftar menu yang digantung di pegangan pintu. Di situ tamu mengisi daftar makanan yang dipesannya untuk makan pagi, kemudian petugas malam menyerahkannya kepada bagian persiapan hidangan (food & beverage manager).

Doorman (FO)
Pramu pintu, petugas yang melayani tamu-tamu yang masuk dan keluar hotel (misalnya membukakan pintu mobilnya, membantu membawakan barang-barang, memegang payung untuknya).

Door View (HK)
Lubang kecil yang terletak di pintu yang gunanya untuk mengintip tamu yang akan masuk ( tamu di luar ) dan hanya bisa digunakan / dilihat dari dalam kamar saja. istilah lain peeping hole.

Double Bed (HK)
Tempat tidur ganda (dapat digunakan untuk dua orang).

Double Booking (FO)
Istilah yang digunakan di Front Office untuk pemesanan yang double ( dua kali reservasi / pemesanan ) atas nama tamu yang sama.

Double Bucket Trolley (HK)

Alat untuk menampung air kotor dan memeras “cotton mop” / “pel”.

Double Charge(FO)
Tamu yang dibuatkan penagihan dua kali dalam kamar yang sama.

Double Lock (HK)
Kunci ganda, yakni kunci yang dapat diputar dua kali sehingga lebih menjamin keamanan kamar atau Kamar tamu yang ditempati di mana tamu mengunci kamar dari dalam dengan menggunakan double lock. Pintu ini hanya dapat dibuka dengan menggunakan grand master key atau menggunakan metal key.

Double Occupancy(FO)

Penghuni ganda, yakni satu kamar yang diisi oleh dua orang (untuk menghemat biaya kamar)

Double Occupancy Rate(FO)

Suatu tingkat tarip / harga yang digunakan hotel untuk mencharge / membebankan harga ke tamu dengan harga per-orang dalam satu kamar.

Down grade room (FO)

Perpindahan / penempatan kamar dari harga yang lebih tinggi ke harga yang lebih rendah.

Draught Bear (FBS)
Bir yang dihidangkan dari tong khusus dan dituangkan ke dalam gelas dengan pompa yang dipasangi di counter.

Drink List (FBS)
Daftar harga minuman


Drug store (FO)
Toko kecil / kios / counter di dalam lingkungan hotel yang menjual berbagai obat dan keperluan pribadi sehari-hari lainnya.

Dry Cleaning Service (Ldy)

Pelayanan cuci kering, yakni jasa pencucian dengan mempergunakan solven (tidak mempergunakan air sebagai pembersih).

Dry Cleaning Machine (Ldy)

Mesin laundry yang berfungsi untuk mencuci pakaian yang tidak menggunakan air tapi menggunakan minyak ( solvent ) sebagai bahan dasarnya.

Dry Food Store (FBP) (FBS)
Gudang yang digunakan untuk menyimpan bahan-bahan yang kering, tahan lama dan tidak mudah rusak. ( beras, gula, makanan kaleng, dalam botol ) dan barang-barang groceries.

Drying capacity (Ldy)
Maximal kapasitas mesin pengering ( mesin yang digunakan untuk mengeringkan linen, towel ataupun pakaian. ( 20 kg, 30 kg, 35 kg, 50 kg, 80 kg dll ).

Duty Manager (FO)
Seorang yang bertugas atas operasional hotel saat itu, sementara manager yang biasanya bertugas libur, manajer yang lain sedang libur.

Dusting ( HK )
Tehnik membersihkan perabotan ( furnitur ) dengan cara mengelap menggunakan kain “dust cloth” atau memindahkan debu dari permukaan furniture ke kain lap.

Dustpan (HK)
Alat untuk mengangkat, mengambil, mengumpulkan debu, sampah.

E.


Early Arrival (FO) (HK)
Kedatangan dini, yakni tamu datang ketika kamar belum diatur karena masih terlampau Pagi            atau    tiba di hotel    sebelum tanggal atau waktu yang telah ditentukan dalam reservasi. Istilah lain “ early check in “.

Early Makeup (HK)
Status kamar dalam keadaan belum dibersihkan dan tamu check-in lebih awal dari waktu seharusnya sehingga kamar perlu dibersihkan secepatnya.

Eggs Stand (FBS)
Tempat untuk menyajikan telur rebus.

Emergency Call line (FO)

Alat komunikasi / telephone yang hanya digunakan pada saat darurat. ( bencana alam, kebakaran )

Employee Benefits (HR) (AG)
Imbalan Kerja termasuk pajak gaji, beban asuransi yang berhubungan dengan penggajian, pensiun, dan biaya lainnya yang berhubungan dengan penggajian yang berlaku untuk setiap departemen.

Employee handbook (HR)

Buku peganangan karyawan yang berisi tentang peraturan perusahaan, kewajiban, tanggung jawab, sanksi dan lain-lain.

Employee requisition (Gn)

Permintaan karyawan yang dilakukan oleh masing-masing department yang ditujukan ke bagian HRD sesuai dengan fungsi dan kebutuhan dalam department tersebut dan menggunakan form khusus.

Emulsifier (Ldy)
Larutan pengemulsi guna membantu deterjen mengangkat noda minyak, lemak dan noda lainya pada kain katun, polyester baik itu linen, uniform khususnya pakaian dapur maupun guest laundry. Bahan ini bersifat netral, sangat cocok untuk mencuci kain berbahan halus. PH 3

Encoder (FO)
Sebuah mesin yang digunakan untuk memprogram periode berlakunya kunci kartu.

Energy Cost

Biaya yang dikeluarkan hotel untuk pembayaran air, listrik, solar, gas.

English Service (FBS)
Sangat berbeda dengan yang lain, disini dibutuhkan “butler” atau waiter yang menunggu tuan rumah melakukan carving dan menyusun hasil carvingnya di piring untuk kemudian diantar oleh butler kepada tamu. Service ini juga disebut “Family Service”

Entree (FBS)
Hidangan utama (main course) dalam suatu penyajian European Standard Course.

Escorting the Guest (FO)

Pelayanan mengantarkan tamu yang menginap di hotel baik itu individu maupun group dan sekaligus menerangkan tentang fasilitas hotel dan sistem pelayanan yang ada.

ETA (Estimated Time of Arrival)     (FO)
Jam tiba berdasarkan perkiraan, mengingat keterlambatan Arrival)yang pernah terjadi, atau jam tiba yang lebih cepat dari waktu yang tercantum dalam daftar (kereta api, bus, penerbangan, pelayaran, dsb).

ETD (Estimated Time of Departure (FO))
Jam keberangkatan berdasarkan perkiraan (kereta api, bus, penerbangan dan sebagainya).

European Plan (FBS)
Tarif yang dipasang untuk sewa kamar saja. Tarif untuk makanan & minuman dikenakan tersendiri, berdasarkan pesanan.

Evakuasi (HR) (Gn)
Adalah tindakan penyelamatan kepada tamu.

Event (SM)
Adalah istilah yang lazim digunakan untuk kegiatan atau acara yang diselenggarakan di hotel.

Executive housekeeper (HK)

Orang yang bertanggung jawab akan operasional, program, adimin, staffing dalam department housekeeping.

Exit interview ( HRD)
Form yang harus diisi oleh seorang karyawan yang akan keluar dari kerja / manajemen dan melakukan proses wawancara dengan HR Manager guna memperoleh informasi mengenai kondisi selama kerja, suasana kerja dan alasan keluar ( resign ).

Extended Stay (FO)
Istilah yang sering digunakan untuk tamu kamar yang seharusnya check out pada tanggal yang direncanakan tapi membatalkan (tidak jadi) dan memperpanjang masa tinggal di hotel tersebut.

Extra Bed (HK)
Tambahan tempat tidur di dalam kamar hotel yang disewa bila jumlah penghuni melebihi daya tampung tempat tidur yang ada. Extra bed biasanya dapat dilipat karena untuk memudahkan dipindah-pindah atau disimpan lagi bila tidak digunakan.

Extractor Machine (HK)

Alat yang dipergunakan untuk menyampho “ shamphooing carpet” ( mencuci karpet ), dimana didalam sistem tersebut ada yang berfungsi untuk menyemprot carpet, brushing dan menyedot (vacuum) kotoran.

Expected Arrival (HK)

Formulir yang berisi daftar tamu yang akan datang

Expected Departure (FO)

Formulir yang berisi daftar tamu yang akan check out / meninggalkan hotel pada hari tersebut.

Express laundry (Ldy)
Pelayanan pencucian pakaian tamu secara cepat ( express ).


Hotel Terminologi dari H - Z Bagian 2 Lengkap | E-book Seri Perhotelan



F.


Family Rate (FO)
Harga kamar khusus untuk orang tua dan anak-anak menempati satu kamar / satu keluarga. Biasanya hotel yang memiliki family rate adalah hotel yang mempunyai type kamar family ( family room ) atau hotel yang ukuran kamarnya besar yang memungkinkan untuk ditempati untuk keluarga dengan penambahan extra bed.

Family Room (FO)
Kamar hotel yang berfasilitas seperti kamar keluarga, di dalamnya terdapat dua kamar tidur besar yang dapat menampung empat orang sekaligus.

Fax Cacmpaign (SM)
Kegiatan promosi melalui fax atau e-mail

FIT ( Frequent Individual Traveler).
Orang yang melakukan perjalanan secara perorangan / individu. Istilah yang sering digunakan dalam jenis-jenis tamu di FO atau Marketing.

FIFO (AG) (Gn)
First In First Out ( Kondisi dalam penyimpanan barang, dimana barang yang masuk duluan maka ia akan keluar duluan )

Fillet (FBP)
Potongan utuh, tipis, panjang tanpa tulang dan kulit.

Filleting (FBP)
Salah satu cara mempersiapkan bahan makanan di kitchen dengan cara memisahkan daging dari tulang.

FEFO (AG) (Gn)
First Expired First Out ( Kondisi dalam penyimpanan barang, dimana barang yang expired duluan maka ia akan keluar duluan )

FF&E (AG) (Gn)
Furniture, fixtures, and equipment (FFE) : Perabot, dan peralatan yang diklasifikasi aktiva tetap (fixed assets) dari hotel yang telah ditentukan nilai susut, biasanya mulai dari tiga sampai tujuh tahun.

Flambee (FBP)
Proses memasak secara langsung di depan tamu dengan memakai minuman alkohol (brandy).

Flat Rate (FO)
Harga yang diberikan kepada tamu konvensi besar atau group yang menggunakan banyak kamar (tidak termasuk suite) melalui negosiasi oleh Departemen Sales.

Flat work ironer (Ldy)
Adalah mesin laundry yang berfungsi untuk melicinkan, menghaluskan linen-linen yang berbentuk lembaran di cara diroll. Misalnya sheet, pillow case, napkin, table cloth. Istilah lain untuk mesin ini “ Flat Roll Ironer”, “Mangler” ataupun mesin roll / pelicin.

Flit Chart (HR) (FBS) (Gn)
Writing board / Papan tulis yang biasanya disertai dengan kertas besar untuk menulis yang bisa dilakukan secara berganti / membalik kertas yang sudah ditulis ( biasanya digunakan untuk meeting ).

Flie Control ( Flies Trap ) (Eng)

Adalah alat penangkap lalat yang dapat diletakkan / digantung disemua area, non- chemicals ( menggunakan lampu dan lem yang dapat menarik lalat di bagian dalam pada alat fly catcher ).

Flow Chart (HK)
Sebuah grafik / gambar yang menunjukkan urutan kegiatan yang diperlukan oleh departemen, untuk melaksanakan tugas dengan cepat dan efisien.

Floor Sign (HK)
Tanda segitiga pengaman, biasanya warna kuning untuk menandai bahwa area tersebut sedang dikerjakan atau tanda bahwa lantai licin sedang dalam pengerjaan. Biasanya ada tulisan “ wet floor ”, “wet coution” atau “danger”, “danger notice” atau “coution”.

Folding & Packaging (Ldy)

Kegiatan melipat dan mengepak guest laundry yang telah ditangani (melalui proses pencucian) oleh pihak laundry.

Folio ( Act )
Record / catatan dari semua debet dan kredit yang berhubungan dengan tamu atau perusahaan dan dapat dimasukkan ke account tamu / perusahaan tersebut. Data Folio didapat dari semua departmnet yang dipergunakan tamu baik itu makanan, minuman (guest folio).

Food & Beverage Cost (FBP) (FBS)
Perbandingan prosentase antara biaya bahan mentah dengan harga jual makanan dan minuman, pihak hotel berusaha memasang tarif yang sesuai dengan jumlah / kalkulasi biaya penyediaan bahan, ditambah keuntungan.

Forecast (FO)
Proyeksi persentase hunian kamar yang diharapkan untuk beberapa hari, minggu, bulan ataupun tahun.

Fork’s (FBS)
Sendok garpu yang dipergunakan dalam jamuan makan direstaurant biasanya dibarengi oleh pisau dan selalu disebut “knife & fork”.
Dinner fork / knife                : garpu / pisau untuk makan hidangan utama. Dessert fork / knife                                       : garpu / pisau untuk makan hidangan penutup. Fish fork / knife                                       : garpu / pisau untuk makan hidangan dari ikan. Fruit fork / knife                                       : garpu / pisau untuk makan hidangan dari ikan.
Steak fork / knife                  : garpu / pisau untuk makan hidangan steak ( garpu yang di-
gunakan biasa juga disebut “dinner fork” )
Fish carving fork / knife      : garpu / pisau besar untuk memotong ikan yang masih utuh. Pastry knife                                                : pisau untuk memotong kue.
Cheese knife                        : pisau untuk memotong dan memakan keju.

Form Finisher (Ldy)
Adalah mesin laundry yang berfungsi untuk menghaluskan, mengeringkan jas, jaket dan pakaian yang tidak bisa masuk mesin pengering. Mesin menggunakan uap panas ( steam ) dan penutup udara ( air bag ) yang mentuknya seperti badan manusia, dimana di dalamnya berisi uap panas dan udara . Istilah lain alat ini adalah “Suzy Q”.

Frequent Stay Programs (SM) (Gn)
Program Reguler untuk tamu yang menginap, setiap biaya yang berkaitan dengan program yang dirancang untuk membangun loyalitas tamu ke hotel.

French Service (FBS)
Dilakukan biasanya oleh 2 (dua) orang, waiter (Chef de Rang) bersama asistennya (bushboy / girl /commis de Rang ). Makanan disiapkan dari dapur dan dibawa menggunakan kereta dorong (trolly) atau kereta masak (guiridon) untuk membantu service dalam piring atau di chaffing dish kadang juga masak di depan tamu (flambee) dan kemudian disajikan ke piring tamu oleh waiter yang dibantu asistennya. Hidangan yang panas bisa dipanaskan didepan tamu dengan menggunakan alat pemanas (Rechaud) dan hidangan yang setengah matang dimasak (flambee) di depan tamu.

Front Desk (FO)
Kantor depan hotel tempat pendaftaran tamu yang akan menginap di hotel, atau tempat untuk memproses tamu yang akan meninggalkan hotel (check out).

Front Desk Agent (FO)

Adalah petugas kantor depan yang melayani kebutuhan tamu mulai dari proses check in, selama menginap, sampai dengan check out. Istilah lain untuk “Reception” .

Front Office (FO)
Bagian kantor depan hotel yang mengurus kedatangan tamu (check in) dan kepergiantamu (check out), sekaligs memberikan informasi lengkap yang diperlukan oleh wisatawan yang akan menginap di hotelnya.

Free Of Charge (FO)
Pelayanan tidak dikenakan biaya / gratis.

Frying (FBP)
Proses memasak makanan di dalam minyak panas

Full Board (FO)
Fullboard adalah kegiatan meeting dengan fasilitas 3 kali makan (pagi, siang, malam) yang digabungkan dengan permintaan penginapan / kamar.

Function Room (SM) (Gn)
Ruang pertemuan

Full House    (FO)
Terisi penuh, maksudnya suatu hotel yang seluruh kamarnya sudah dipesan oleh tamu, sehingga tidak mungkin untuk menerima pemesanan kamar lagi.

G.


Garnish (FBP) (FBS)
Menghias, misalnya menghias kue, es krim, coctail untuk disajikan kepada para tamu.

Garbage Bins (HK)
Adalah tempat sampah.

Gastronomy (FBP) (FBS)
Ilmu tentang pengetahuan mengolah hidangan yang lezat.

Gastronomist (FBS)
Ahli gastronomi, orang yang suka makan enak, orang yang pandai menyusun hidangan lezat.

General Cashier (AG)

Salah satu posisi di department akunting yang bertanggung jawab membayarkan semua bentuk pengeluaran tunai untuk keperluan hotel yang telah disetujui oleh manajemen.

General Store (AG)
Gudang umum, tempat penyimpanan kebutuhan-kebutuhan hotel yang bersifat umum, termasuk suku cadang mobil milik hotel itu

General Cleaning ( GC ) (HK)

Beberapa pekerjaan yang dilakukan / dikonsentrasikan pada satu tempat tertentu,waktu tertentu dengan hasil yang maximal. Contoh : General Cleaning Meeting Room, GC HK Store, GC Koridor floor 5, GC Restaurant, GC Restroom Lobby, GC HK Office, GC Locker, GC Room dll

Glass Cleaner (HK)
Cairan pembersih yang digunakan khusus membersihkan kaca.

Glassware (FBS)
Adalah peralatan makan minum yang terbuat dari glass / kaca, untuk restaurant – restaurant resmi biasanya berwarna polos ataupun bening. Glass ware dapat dibedakan 2 macam yaitu bertangkai dan tidak bertangkai.
Beer glass                             : untuk menyajikan minum bir. Champagne glass      : untuk menyajikan minuman champagne
Goblet                                    : untuk menyajikan minuman air putih / mineral / air es. Red wine glass                                       : untuk menyajikan minuman anggur merah.
Tumbler glass / 6 oz, 8 oz : untuk menyajikan minuman jenis juice / soft drink. White wine glass                                       : untuk menyajikan minuman anggur putih.

Go Show (FO)
Check in di hotel tanpa booking terlebih dahulu.

Grand Master Key ( GM Key )
Kunci yang di pegang oleh General Manager dan bisa membuka semua pintu kamar dalam satu hotel.

Griddling (FBP)
Adalah memanggang yang dilakukan diatas griddle atau lempengan besi rata yang dipanaskan. Sedangkan “Pan Broiling adalah memanggang diatas Frying Pan. Proses perambatan panas ini adalah proses konduksi dan minyak yang dioles pada griddle atau pan hanya untuk mencegah makanan lengket pada alat.

Groceries (FBP) (FBS)
Jenis bahan makanan yang tidak mudah rusak, kering dan bisa tahan lama jika disimpan. Misal gula, garam, bumbu-bumbu kering, tepung, sereal.

Grooming (HR) (Gn)
Tata cara penampilan baku tentang kerapian dan kebersihan pribadi baik luar maupun dalam yang mengatur rambut, kuku, perhiasan yang dipakai, make up, parfum, uniform, sepatu, kaos kaki, sopan santun dalam berucap dan bertindak didalam lingkungan hotel.

Guaranted Reservation (FO)

Pemesanan kamar yang disertai dengan deposit baik itu berupa uang, kartu kredit, voucher travel maupun surat jaminan dari perusahaan ( GL / guarantee letter ).

Guarantee Letter (FO)

Surat garansi, surat jaminan (untuk meyakinkan pihak hotel ketika tamu akan memesan kamar).

Guest Bill (FO)
Rekening/bill tamu, rekening yang harus dibayar untuk biaya sewa kamar & hidangan di hotel. Juga dikenal sebagai “Guest Folio” , “Guest Account” atau “Guest Statement” . Catatan terperinci kredit tamu dan biaya, yang diselenggarakan dalam Front Office sampai dengan check out. keberangkatan mereka.

Guest Card (FO)
Guest Card adalah kartu tamu sebagai tempat kunci kamar dan meal voucher. Tanda bukti yang dibawa tamu yang menginap di hotel.

Guest Comment Card (FO)

Kartu komentar untuk tamu yang berisi sejumlah pertanyaan tentang pelayanan, property, fasilitas dan keperluan tamu selama menginap di hotel ( kartu ini berguna untuk mengukur tingkat pelayanan hotel ke tamu ).

Guest History (FO)
Sebuah file data tentang tamu yang disimpan secara manual atau dengan komputer yang berisi pencatatan rincian penting dari kunjungan tamu, hal ini dilakukan untuk melihat kembali catatan tamu jika tamu tersebut datang lagi dan hal-hal penting akan bisa dilakukan.

Guest House (Gn)
Sebuah rumah pribadi dengan jumlah kamar yang sedikit yang digunakan untuk penginapan dimana termasuk sarapan pagi.

Guest In House (FO)
Nama / daftar tamu yang menginap di hotel pada saat itu.

Guest Laundry (Ldy)
Pakaian atau guest laundry tamu hotel yang menginap

Guest Mix (FO) (SM)
Tamu dari berbagai kalangan / jenis / yang menginap di hotel, restaurant dalam waktu tertentu (misalnya, bisnis, individu liburan, atau grup) dan dapat di prosentaskan.

Guest Profile (FO)
Daftar karakteristik tamu hotel. Hal ini membantu manajemen untuk mengidentifikasi pasar ( market segemen ).

Guest Request ( FO-HK) Gn
Permintaan   tambahan   tamu   setelah   tamu   check    in    misalnya    untuk tambahan handuk,  pengering  rambut,  pisau  cukur,  sewing  kit,  extra  bed  atau  boks bayi.

Guestroom types (Gn)

Type kamar tamu yang tersedia dalam satu hotel misalnya : Standar, Superior, Delux, Executive, Family, Duplex, Connecting, Non Smoking, Single, Double, Triple. Presiden suite, Penthouse. Villa,

0 Response to "Hotel Terminologi dari A - G Bagian 1 Lengkap | E-book Seri Perhotelan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->