Hotel Terminologi dari H - Z Bagian 2 Lengkap | E-book Seri Perhotelan

HOTEL TERMINOLOGY


H.


HACCP (FB)
( Hazard Analysis and Critical Control Points ) : Analisis Bahaya dan Pengendalian Titik Kritis didefinisikan sebagai suatu pendekatan ilmiah, rasional, dan sistematik untuk mengidentifikasi, menilai dan mengendalikan bahaya. Prinsip HACCP dibuat untuk pengendalian kualitas dan meningkatkan keamanan pangan atau sebagai alat pengatur keamanan pangan yang dapat memberikan keuntungan, yaitu mencegah terjadinya bahaya sebelum mencapai tamu, meminimalkan risiko kesehatan yang berkaitan dengan konsumsi makanan, meningkatkan kepercayaan akan keamanan makanan olahan sehingga secara tidak langsung mempromosikan perdagangan dan stabilitas usaha makanan.

Handicap Room (HK)
Kamar hotel yang di tata khusus untuk para penyandang cacat, mulai dari bentuk  kamar mandi maupun tempat tidur. Istilah lain dari ”disable room”.

Half Board (Gn) (FO)
Penginapan yang sudah termasuk biaya untuk makan pagi dan makan siang atau makan malam.

Hand Brush (HK)
Sikat tangan ( alat yang dipergunakan ) untuk menyikat, menggosok lantai dan membersihkan noda.

Hand Caddy (HK)
Sebuah tempat yang digunakan untuk menyimpan, dan mengangkut persediaan alat- alat pembersihan (tools). Hand Caddy biasanya terletak di roomboy trolley ataupun public area trolley.

Hand Glove (HK)
Sarung tangan ( hand protector ) dipergunakan sebagai bahan pelindung tangan dari kotoran ataupun bahan kimia pembersih lainnya.


Head Waiter / Hostess (FBS)

Membawahi captain dan waiter, bertanggung jawab atas pelayanan, kebersihan dan penampilan ruang dimana dia bertugas begitu juga dengan pekerjaan yang ada di restaurant dimana dia bekerja. Juga bertanggung jawab mengenai SDM beserta pengembangannya.

Hors D’oeuvre (FBS)
Hidangan pembuka.

Hospitality (Gn)
Berasal dari 'hospes istilah latin - tamu. Suatu istilah yang digunakan dalam perjalanan dan wisata untuk menggambarkan pelayanan ramah dan murah hati para tamu, termasuk menyambut, salam dan makanan-layanan. Bahasa lain untuk keramah tamahan.


Hotel Terminologi dari A - G Bagian 1 Lengkap | E-book Seri Perhotelan



Hospitality Industry (Gn)

Perusahaan yang bergerak di bidang keramah tamahan seperti hotel dan restaurant.

Hot Kitchen (FBP)
Yaitu atau bagian dapur panas. Bagian dapur panas ini diawasi oleh Kepala Dapur
(Chef de Cuisiene ) atau Executive Chef.

Hotel (Gn)
Tempat penginapan yang ditangani secara komersial, dengan menyediakan fasilitas akomodasi yang memadai beserta hidangan dan pelayanan yang baik.

Hotel Arcade (Shopping Arcade)
Bagian hotel yang disewakan kepada suatu perusahaan dalam jangka panjang yang digunakan untuk kantor, toko, biro jasa, dsb.

Hotel Chain (Gn)
Jaringan Hotel, bagian dari kelompok “hotel afiliasi”.

Hotel Competitor (SM)

Adalah hotel yang dijadikan pesaing utama.

Hotel financial report (AG)

Laporan keuangan yang meliputi: neraca, laporan rugi laba, serta laporan lainnya dari sebuah hotel.

Hotelier (Gn)
Para pemilik maupun pekerja di bidang perhotelan.

House Artist (SM) (Gn)
Bagian di bawah departemen marketing yang bertanggung jawab atas pekerjaan- pekerjaan yang berhubungan dengan seni,

House bank (AG)
Adalah uang tunai “dalam jumlah terbatas” yang disetujui oleh manajemen dan dipergunakan dalam operasional sehari-hari untuk kepentingan hotel. “Uang tunai” / cadangan yang posisinya ada dimasing-masing kasir ( baik itu di Front Office ataupun Restaurant ) yang gunanya untuk cadagan / pengembalian pembayaran tamu / “paid out” atau cadangan jika sewaktu-waktu diperlukan. Besarnya masing- masing housebank ditentukan oleh Accounting dan selalu di cek jumlahnya.

House Use (FO)
Kamar hotel yang digunakan untuk ditempati oleh karyawan hotel sendiri.


Housekeeping Departement (HK)

Departemen bagian yang bertanggung jawab pada bagian kamar, publlic area, laundry dan recreation area.

Housekeeping Order Taker (HK)

Petugas housekeeping yang menangani pekerjaan order taking. Memastikan tamu  yang menginginkan pelayanan Housekeeping yang berhubungan dengan kondisi kamar ( tambahan fasilitas maupun kerusakan ) dapat segera ditindak lanjuti oleh staf housekeeping dengan efektif dan efisien. Ruang Lingkupnya adalah penanganan pelayanan tambahan yang berhubungan dengan housekeeping maupun departemen lain yang di sampaikan melalui telpon ke bagian housekeeping.

Housekeeping Report (HK)

Adalah format untuk membuat laporan seluruh status kamar.

I.


IATA ( International Association Travel Agent ) (Gn)
Asosiasi Internasional Travel Agent.

Ice Bucket (FBS)
Wadah, tempat yang dipergunakan untuk ice batu.

Ice Cube Machine (FBP)
Adalah alat yang memproduksi Ice cubes. Es adalah bahan makanan yang sang berperan pada saaat memasak dan digunakan tanpa melalui proses pemanasan sedangkan langsung dimakan.

IDD ( International Direct Dialing ) (FO) (Gn)
Sambungan Langsung International ( untuk telephone )

Incentive / Incentive Group (FO)

Sekelompok orang yang bekerja untuk perusahaan yang sama dan bepergian bersama- sama. ( Biasanya hal ini dilakukan oleh peusahaan dengan manajemen modern untuk memotivasi bagian penjualan, dealer, distributor, pelanggan dan karyawan internal yang telah mencapai dari target perusahaan ).

Incognito (FO) (HK)
Tamu yang menginap di hotel dan melakukan registrasi standar namun ingin keberadaannya tidak mau diketahui oleh orang lain ( minta dirahasiakan ) walau ada yang mencarinya. Untuk kasus ini biasanya dalam akhiran namanya biasanya ada kode “incognito”. Dalam daftar “ Guest In House” tertulis namanya lalu “incognito”. Misal Mr. Budi ( incognito ).

Incoming Call (FO)
Telephone dari luar yang masuk ke hotel.

In house laundry (Ldy)
Garmen/cucian yang berasal dari hotel misalnya: linen di outlet-outlet hotel, linen dari kamar-kamar tamu, dan pakaian seragam karyawan.

Ink Go (Ldy)
Bahan kimia ( chemicals ) untuk menghilangkan noda tinta.


Inspection program (HK)

Salah satu program pengecekan kamar maupun area yang telah terprogram yang biasanya dilakukan pengecekan secara bersamaan dengan GM dan beberapa department yang berguna untuk perbaikan.

Inventory (AG)
Penghitungan dan pendataan barang, benda, makanan, minuman, FF&E yang dilakukan secara berekala.

Invloice (AG)
Nota tagihan

J


Jambalaya (FBP) (FBS)
Adalah makanan yang berasal dari Louisiana, Amerika Serikat. Masakan ini bersumber dari makanan khas dari Spanyol dan Perancis. (wikipedia.org ).

Job Description (Gn)

Uraian pekerjaan. Daftar uraian pekerjaan yang berisi tugas dan tanggung jawab masing-masing posisi (jabatan) yang ada d i hotel.

K.


Kaldu (FBP) (FBS)
Adalah hasil rebusan tulang, daging yang dimasak, dipanaskan dalam waktu tertentu dengan menggunakan sayuran sebagai penambah aroma, kaldu digunakan sebagai bahan soup, saus ataupun sebagai penyedap jika dicampurkan kedalam masakan. Kaldu berwarna putih / bening ( white stock ) dan kaldu warna coklat (brown stock).

Key Control Program (FO-HK-Eng)
Adalah suatu program yang dilakukan dengan cara mengacak, memindah kunci (silinder) per floor yang dilakukan dengan terencana dan berkelanjutan untuk pencegahan penduplikatan kunci oleh orang yang tidak bertanggung jawab. ( biasanya dilakukan oleh hotel yang hanya menggunakan metal key, dihotel-hotel kecil, villa, bungalow dll.

Key Rack (FO)
Rak untuk menyimpan kunci kamar tamu yang terletak di Front Office.

Kitchenette (FBP)
Fasilitas memasak (mini kitchen) yang ada pada kamar hotel. Bisanya kamar suite, presiden suite, penthouse, apartement ataupun cottage.

Kiblat Sign (HK)
Arah penunjuk kiblat di dalam kamar. Istilah lain “ macca direction”.

L.


Labeling (act) (FBP)
Adalah pemberian tanggal, bulan, tahun penerimaan barang yang datang khususnya food & beverage.


Ladle (FBS)
Sendok besar untuk mengambil makanan. Soup ladle / sendok untuk soup
Sauce lade / sendok untuk mengambil saus.
Punch ladle / sendok besar untuk mengambil es campur ( fruit punch )

Lasagna (FBP) (FBS)
Adalah pasta yang dipanggang di oven dan merupakan makanan tradisional Italia. Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging. Lasagna sendiri dapat diisi dengan banyak isian lainnya seperti daging, sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya sesuai selera. Kulit Lasagna dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, lalu dipanggang sampai matang. ( wikipedia.org )

Late Arrival (FO)
Kedatangan terlambat, kedatangan melampaui waktu yang telah ditetapkan.

Late Check Out (FO)
Check out terlambat, meninggalkan hotel setelah melewati batas waktu yang telah ditetapkan.

Late Charge (FO)
Biaya tamu yang terlambat dibayar saat tamu “check out”. keterlambatan biaya ini umumnya minibar ataupun biaya outlet lain jika pada saat tamu “consume” di tempat tersebut tidak segera “diposting”.

Laundry department (Ldy)
Bagian yang bertanggung jawab dalam pencucian linen baik untuk keperluan internal hotel maupun untuk pelanggan, tempat para tamu hotel menyerahkan pakaian-pakaian kotor untuk dicuci oleh laundry maid (petugas cuci). Laundry Department merupakan bagian dari department di hotel yang melaksanakan pencucian ( Laundry, Dry Cleaning ataupun Pressing ) atas semua bahan / pakaian.

Laundry Chemicals ( Bahan-bahan dasar pencuci ) (Ldy)
Bahan – bahan pencuci yang digunakan di laundry mempunyai sifat, karakteristik kimia dan fungsi yang berbeda antara satu dan lainnya baik yang berupa bubuk (powder) ataupun cairan (liquid). Dalam produk yang dipasarkan mempunyai nama / merek yang berbeda namun mempunyai bahan dasar yang sama.

Laundry List (Ldy)
Daftar cucian tamu (berisi daftar jenis pakaian, tarif cucian, nama pemiliknya).

Lay-Over / (Stranded Passanger ) (Gn) (SM)
Penumpang pesawat yang menginap di hotel untuk waktu yang singkat karena masalah teknis penerbangan. Dan akan melanjutkan penerbangan keesokan harinya.

Length of Stay (FO)
Lamanya tamu menginap di hotel

Limited Hourse (FO)
Waktu terbatas bagi tamu yang sudah memesan kamar.

Linen (HK)
Kain, lena yang dipergunakan dalam operasional di hotel, baik itu untuk FB (Restaurant) ataupun untuk Housekeeping ( room ) seperti Towels, Sheets, napkin, bed skirting, bed cover, duvet, pillow case dll)


Linen Attendant (HK)

Petugas yang menangani, melayani, merawat, mendistribusikan linen hotel.

Linen Room (HK)
Tempat, area yang dipergunakan untuk menyimpan dan mengurusi linen hotel.
Liqueur (FBS)
Liquor dengan rasa manis.

Liquor (FBS)
Minuman beralkohol kadar tinggi (brendi, wiski)

Locker (Gn) (HK)
Kotak, lemari karyawan untuk menyimpan uniform ( pakaian, sepatu ) dan keperluan kerja.

Lodge ( Lodging House ) (Gn)

Hotel kecil yang berada di lingkungan pedesaan.

Log Book (Gn)
Buku komunikasi yang digunakan oleh staff dimasing-masing department untuk mencatat kejadian yang penting atau pekerjaan yang telah dikerjakan dan yang akan di serah terimakan.

Log Book Order Taker (HK)

Adalah log book untuk mencatat semua informasi .

Long Staying Guest (FO)

Adalah tamu yang menginap di hotel dengan masa tinggal minimal 14 hari (2 minggu) tanpa terputus.

Lost and Found (HK)
Istilah di hotel yang menjadi bagian housekeeping departemen yang menyimpan barang-barang milik tamu yang ketinggalan di lingkungan hotel dan di temukan oleh staff. Barang akan diidentifikasi, disimpan sampai waktu yang telah ditentukan oleh manajemen dan kemudian di keluarkan untuk si penemu barang tersebut atau disumbangkan ke yayasan sosial ( tergantung dari aturan manajemen ). Namun jika sebelum waktu penyimpanan habis dan pemilik mencari, menanyakan maka barang akan diberikan ke pemilik dengan mengisi beberapa form / dokumen.

Lost & Found Article (HK)

Adalah format yang digunakan untuk mencatat barang tamu yang tertinggal berisi  nama tamu, no kamar, nama barang, tanggal ditemukan, nama penemu, tanda tangan Order Taker, Executive Housekeeper.

Lost & Found Log Book (HK)

Adalah buku yang di gunakan untuk mencatat barang tamu yang tertinggal serta catatan pengambilan lost & found baik oleh tamu maupun si penemu.

Lugage tag (FO)
Document / tag / form yang digantungkan di barang bawaan tamu sebagai tanda / identifikasi kepemilikan ( untuk mengenali kepemilikan barang bawaan tamu  yang berisi No kode / seri, nama, kamar, tanggal penerimaan, jenis barang, jumlah barang dan informasi khusus ).

Lugage trolley (FO)
Kereta dorong yang digunakan oleh bellboy untuk membantu mengangkat barang- barang tamu yang besar, banyak, berat.


Lunch / Luncheon (FBS)
Jamuan makan siang

Lunch menu (FBS)
Adalah informasi berbentuk data makanan yang khusus disiapkan untuk makan siang.


M.


Main Course (FBS)
Makanan utama / pokok dalam satu hidangan.

Making Bed (HK)
Membersihkan dan merapikan tempat tidur sesuai dengan standar yang berlaku di hotel tersebut.

Manpower Planing (HR)

Perencanaan tenaga kerja yang dibutuhkan di satu hotel dan telah mendapat persetujuan Manajemen.

Marking Guest Laundry (Ldy)

Kegiatan memberi tanda berupa nomor kamar sesuai dengan nomor kamar tamu yang menginap.

Market inteligent (SM)

Adalah kegiatan yang dilakukan secara terselubung untuk mencari informasi mengenai fasilitas, pelayanan dan standart hotel. Memperhatikan / bertanya mengenai perbandingan yang dimiliki seperti fasilitas, standart pelayanan hotel pesaing (ditinjau dari segi yang dianggap sebagai kelemahan dan kekuatan hotel).

Market List (SM)
ML (Market List) adalah form pembelian sayur mayur dan buah buahan yang dibuat oleh FB Product setiap hari.

Marketing Strategy (Strategi pemasaran) (SM)
Strategi kegiatan pemasaran sesuai kebijaksanaan pemasaran untuk mencapai sasaran.

Master Bill (FO) (FBS)
Account utama / Bill Utama / Rekening Utama di mana tagihan akan pemakaian fasilitas hotel ( kamar, makanan, minuman, laundry dan lainnya ) yang dibebankan kepada perusahaan, atau orang tertentu direcord. dikenal juga sebagai "master account " atau “master folio”.

Master Key (HK)
Kunci yang dapat membuka semua kamar di hotel.

Mattrass Pad (HK)
Alas tipis untuk kasur (diatas tempat tidur). Istlah lain untuk matras protector, bed protector.

Media Clipping (SM)
Pengumpulan data-data liputan media cetak yang terkait dengan tema tertentu.

Menu (FBS)
Daftar makanan


Menu Ala Carte (FBS)
Daftar hidangan yang disertai harga tiap-tiap hidangan sehingga tamu dapat memilih hidangan sesuai dengan kamampuan.


Metal Polish (HK)
Cairan khusus untuk membersihkan bahan yang terbuat dari stanliss steel, metal, kuningan ataupun besi.

Minestrone (FBS)
Sop khas Italia.

Mini Bar (FBS)
Lemari es (refrigator) kecil yang ditaruh di dalam kamar dan diisi dengan minumanringan (soft drink) untuktamu. Tamu dapat memilih sendiri jenis minuman yang disenanginya, sedangkan tagihannya dapat dibayar kemudian.

Minuman Campuran (Mixed Drink) (FBS)
Jenis minuman hasil campuran liquor dengan beverage.

Minutes Meeting (SM) (Gn)
Catatan resmi pertemuan. Yang akan dicatat oleh sekretaris selama pertemuan.

Mise-en-place (FBS)
Adalah terminology Prancis yang berarti menempatkan dan mengatur segala suatu pada tempatnya untuk sesuatu proses pekerjaan.

Moctail (FBS)
Jenis minuman yang ”tidak beralkohol” dan merupakan minuman campuran ( cocktail).

Moke-Up Room (HK)
Sebuah kamar tampilan untuk properti hotel baru / kamar contoh.

Motel (Gn)
Akomodasi dengan fasilitas khusus berupa tempat parkir mobil yang luas di dekat kamar-kamar hotel, sehingga tamu mudah menempatkan mobilnya di dekat pintu kamarnya. Motel menyediakan fasilitas akomodasi selama kurang dari 24 jam.

Mopping (HK)
Tehnik membersihkan lantai ( sistem basah ) dengan cara mengepel menggunakan alat yang disebut “Cotton Mop”.

Multi Purpose Cleaner (MPC) (HK)

Cairan / chemical serba guna dengan Ph 6 – 7 ( netral ) yang digunakan untuk membersihkan noda pada bathroom, lantai.


Material Safety Data Sheets (MSDSs) (HK-Ldy-Eng)
Lembar data keselamatan bahan (LDKB) merupakan suatu berkas data yang mengandung informasi mengenai sifat-sifat suatu bahan. Lembar data ini bertujuan memberikan informasi kepada para pekerja dan personel gawat darurat mengenai informasi penanganan suatu bahan dengan aman. Lembar data ini memberikan informasi data seperti titik leleh, titik didih, titik nyala, toksisitas, efek kesehatan, perawatan pertama, reaktivitas, cara penyimpanan, cara pembuangan, peralatan pelindung yang diperlukan, dan prosedur penanganan tumpahan bahan. Format lembar data ini berbeda-beda bergantung pada persyaratan tiap-tiap negara. Lembar data keselamatan bahan juga digunakan secara luas dalam mengkatalogkan informasi bahan-bahan dan campuran kimia. Lembar data ini dapat ditemukan di mana pun suatu bahan kimia digunakan. http://id.wikipedia.org/wiki/Istimewa

N.


Napkin (FBS)
Serbet makan / sapu tangan makan yang ada di restaurant untuk alas supaya tidak kotor ( membersihkan ) sisa pada makanan.

Name Tag (Gn)
Papan nama yang diletakkan di baju / uniform.

Net Rate (FO)
Harga yang ditawarkan kepada agen perjalanan telah dikurangi kominsi.

Night Club (Gn)
Sarana hiburan yang menyediakan makanan, minuman baik yang alkohol maupun non- alkohol dilengkapi dengan live musik dan tersedianya tempat untuk dansa.

Night Audit (AG)
Mencatat seluruh penerimaan dari semua outlet / departmen revenue hotel dalam satu hari yang dikerjakan / bertugas pada malam hari dan akan menjadi pelaporan Daily Revenue Report.

Night Manager (FO)
Manager yang bertugas pada malam hari dan bertangung jawab untuk operasional malam hari. Istilah lain untuk Duty Manager.

No Show (FO)
Tamu yang tidak jadi datang tanpa pemberitahuan / tamu yang telah membuat reservasi tidak datang di hotel pada hari yang diharapkan dan tamu tersebut juga tidak membatalkan pemesanan.

No Show Charge (FO)
Biaya yang dikenakan bagi pemesan kamar yang tidak jadi menginap tanpa pemberitahuan sebelumnya.

No Smoking Room (HK)

Kamar di hotel yang diperuntukkan untuk tamu yang tidak merokok ( kamar bebas rokok )

O.


Occupied Clean (HK)
Kamar hotel yang ditempati tamu dan sudah dibersihkan.


Occupied Dirty (HK)
Kamar hotel yang ditempati tamu namun belum dibersihkan.

Occupied No Lugage (HK)

Kamar hotel yang ditempati tamu namun di dalam kamar tidak ditemukan barang- barang tamu sedang status di sistem Occupied Rooms

Occupied Rooms (HK)
Kamar hotel yang sedang ditempati oleh tamu.

Omelette (FBP) (FBS)
Telur dadar, telur yang digoreng setelah dikocok dan dibumbui secukupnya.

On-the-rocks (FBS)
Istilah salah satu pelayanan minuman yang disajikan dengan es ( misal whiskey on the rock ).

On-the-job training (OJT) (HR)

Adalah siswa, mahasiswa atau trainee yang sedang belajar / praktek / magang di hotel dan perlu mendapat bimbingan / arahan dari senior.

Option (SM)
Perjanjian sementara ( tentative ) tanpa komitmen yang pasti oleh pembeli.

Option date (SM)
Tanggal disetujui saat perjanjian tentatif menjadi komitmen yang pasti (definite) oleh pembeli.

Order Control (FBS)
Formulir sebagai bukti rekaman aktivitas room service dari penerimaan order sampai dengan clear up.

Oregano (FBP) (FBS)
Sejenis bumbu untuk masakan italia dengan bau yang tajam. Oregano atau Pot Marjoram (Origanum vulgare) merupakan sebuah tanaman yang biasa ditanam di Mediterania dan Asia tengah dan selatan. Tanaman ini biasanya cocok digunakan untuk membuat makanan seperti pizza, bolognase sauce, minestrone dan spaghetti. Tanaman ini memiliki panjang 20-80 cm.

Outgoing Call (FO)
Permintaan sambungan telephone dari hotel ke luar.

Out Of Order (OOO) (HK)

Tidak dapat dipakai (kamar hotel yang sudah rusak sehingga tidak dapat digunakan oleh tamu yang akan menginap disitu) kamar OOO masuk dalam available rooms

Out Of Service (OOS) (FO) (HK)
Kamar tamu yang sedang dalam perbaikan / renovasu dan tidak bisa dipergunakan tamu dan tidak bisa dijual, status ini tidak masuk dalam room available.

Outside Catering (FBS)
Pelayan Pelayanan makanan dan minuman dalam suatu acara yang diselenggarakan di luar lingkungan hotel.

Outside Laundry (Ldy)
Pakaian, cucian tamu atau garmen pelanggan hotel yang tidak menginap


Outstanding Account / Outstanding Bill (FO) (AG)

Rekening tamu yang belum dibayar.

Outsourcing Employee (Gn)

Karyawan dari pihak ke 3 dari luar yang dipekerjakan di hotel ( hotel membuat perjanjian kotrak ) dengan pihak ke 3 untuk mengerjakan beberapa bagian ( outlet ).

Outsourcing Fee (Gn)

Biaya jasa outsourcing yang telah menjadi kesepakatan dalam kontrak kerja perbulan.

Overbooking (FO)
Kelebihan pesanan, yaitu suatu keadaan yang menunjukkan jumlah pemesan lebih banyak daripada jumlah kamar yang tersedia.

Oxygen Bleach, Hydrogen Peroxide (Ldy)

Cairan pengelantang yang diformulasikan khusus untuk melepaskan noda, kotoran dari bahan tekstil alami, sintetis dan katun, polyester berwarna dan tidak memudarkan material / tekstil. Bekerja baik pada suhu 60 ’C – 95 ’C. PH 1.

Oxtail (FBP) (FBS)
Bagian ekor ( butut ) dari sapi yang biasa digunakan untuk sop.( sop buntut ).

P.


PABX (Eng)
PABX ( Private Auto Branch Exchange )
Telephone system yang digunakan di hotel system. Biasanya digunakan operator telephone dan banyak terdapat tombol-tombol yang digunakan untuk menerima telephone dan menyambungkan telephone.

Package Plan (FO) (FBS)
Harga kamar termasuk sejumlah layanan yang telah ditentukan.

Paging Board (FO)
Papan yang dipergunakan untuk mendapatkan tamu, dimana dalam papan tersebut tertulis nama tamu. Biasanya paging board digunakan untuk menjemput tamu yang kita tidak kenal atau sebaliknya di bandar udara ataupun stasiun kereta api.

Paid Out (FO)
Pinjaman sementara untuk tamu di Front Office yang telah check in dalam jumlah terbatas dan dicatat dan diperhitungkan ke rekening tamu yang harus dibayar saat check out. Untuk melakukan “Paid out “ harus seijin Front Office Manager atau Duty Manager. ( Misalnya saat tamu baru datang naik taxi “TAPI” tamu tidak mempunyai uang kecil atau tidak membawa uang rupiah untuk pembayaran taxi ).

Paket Wisata (Gn)
Jadwal acara perjalanan wisata yang sudah diatur dengan teliti termasuk tarif seluruhnya (akomodasi, transportasi, konsumsi, obyek wisata, biaya masuk menonton atraksi wisata).

Pantry FB (FBS)
Ruang dapur hotel yang digunakan untuk menyimpan makan pagi / bagian yang mempersiapkan kopi, susu, teh, juice, toast dan sandwich, bagian ini biasanya juga  ada pada department FB Service.

Parking Lot (HR) (Gn)
Maximal kapasitas parkir mobil di dalam lingkungan hotel.


Par (Gn)
Normal setup, jumlah standart.

Par of Linen (HK)
Nominal dari jumlah / kuantitas linen yang harus dipenuhi oleh hotel. Jumlah yang harus dihitung adalah di lokasi kamar, laundry (pencucin) dan gudang housekeeping / pantry / roomboy stasion ( minimal 3 par linen dalam satu hotel ).

Part-time employee (HR)

Tenaga kerja yang bekerja di hotel hanya pada saat event tertntu / saat event besar / High Season atau pada jangka waktu yang pendek dan dengan perjanjian khusus.


Pass Key / Master Key (HK):

Kunci yang dapat digunakan untuk membuka beberapa buah kamar dalam satu lantai hotel.

Pastry (FBP) (FBS)
Hal-hal yang berkaitan dengan kue (tempat pengolahan kue, kue-kue kecil, seksi pengolah kue).

Patty Cash (AG)
Pengeluaran uang untuk kepentingan mendesak dalam jumlah kecil. “Patty Cash” masing-masing hotel mempunyai aturan sendiri-sendiri dan harus diketahui oleh Supervisor atau manage yang bertugas saat itu.

Patiseri (FBP)
Berasal dari bahasa Prancis “patisserie” artinya kue-kue. Ilmu yang mempelajari tentang pembuatan kue-kue ( tradisional ataupun moderen ).

Patroli Security (HR)

Memastikan keamanan lingkungan hotel terjaga dan dilakukan dengan efektif dan efisien. Merupakan kegiatan pengecekan dan pengamanan harian di lingkungan hotel misal: lobby, koridor kamar, pintu gerbang, outlet, kendaraan di area parkir, pos-pos penjagaan, dan lain-lain

Peak Season (Gn)
Istilah lain untuk high season.

Peralatan Saniter (HK)

Alat / fasilitas yang ada di toilet umum

Performance Appraisal (HR)

Adalah salah satu sistem yang dipergunakan department HRD atau tools untuk menilai perkembangan dan kinerja karyawan dalam periode tertentu. Intilah lain adalah “ Penilaian karya”, “Penilaian Kinerja”, “Performance Review”.

Perishable (FBP)
Bahan makanan yang mudah rusak, misalnya kol, daging, susu segar, ikan.

Pest Control (Eng)
Program pest control adalah pengendalian serangga, hama terpadu dan berkelanjutan seperti nyamuk, tikus dan kecoa bertujuan untuk mencegah dan mengatasi masalah- masalah yang ditimbulkan akibat hama seperti : kerusakan jaringan kabel listrik, computer dan peralatan elektronik lainnya, menurunkan image bisnis, menimbulkan kerugian kesehatan akibat penyakit yang dibawanya, kontaminasi produk makanan dan mengurangi kenyamanan dalam ruangan.


Photo taking (SM)
Adalah program pengambilan foto promosi menu food & beverage atau liputan hotel untuk dipublikasikan oleh media cetak.

Pick up laundry (Ldy)
Kegiatan mengambil laundry tamu yang akan dicuci

Pigeon Hole (Gn)
Kotak kecil yang terbuka, yang diletakkan di dinding, meja yang biasa digunakan untuk meletakkan kunci kamar ataupun sebagai tempat kertas informasi ( kotak ini seperti kotak / sarang / kandang burung dara ).

Pitcher (FBS)
Alat untuk tempat air minum ( mineral water ) atau beer yang bisa dituangkan .

Pizza (FBP)
Makanan yang terbuat dari adonan roti yang berbentuk seperti piring sebagai dasarnya dan bagian atasnya ditaburi dengan tomat, keju, rempah-rempah, dan macam-macam daging, sosis, sayur dan hidangan laut.

Place Mate (FBS)
Adalah kain kecil untuk alas piring dan peralatan makan.

Platter (FBS)
Piring yang dipergunakan di restaurant yang bentuk dan ukurannya bermacam-macam.

Please Make up Room Sign (HK)

Adalah tanda yang dipasang pada handle pintu kamar sebagai isyarat kamar tersebut minta dibersihkan.

Poached Eggs (FBP)
Telur yang dipecah kemudian dimasukkan ke dalam air mendidih dan dimasak lagi sebentar, sehingga putih telur matang menggulung kuning telur yang masih setengah matang.

Polishing Restaurant Equipment (FBS)

Proses pengerjaan membersihkan dan mengkilapkan peralatan restaurant dengan supplies yang dinamakan “silver polish” dengan cara menggosok.

Posting (FO)
Semua biaya, tagihan dibebankan / dimasukkan / diletakkan / “diposting” ke “guest account”, baik secara manual atau melalui sistem komputer hotel, system ini ter-koneksi (inter -connection) antar bagian / outlet dalam hotel, sehingga memungkinkan untuk setiap “consume” tamu dapat segera diposting ke dalam system dan bisa di buka / dilihat di bagian front desk. Sedang untuk data pendukung “ manual bill “ harus dilampirkan pada saat membuat laporan dan didistribudikan ke bagian front desk.

Pot’s (FBS)
Tea pot                                 : tempat teh, poci teh, teko untuk teh.
Cofffee pot                          : tempat kopi, poci kopi, teko untuk kopi.

Public Area (HK)
Bagian / outlet dalam department Housekeeping yang mengurusi ( bertanggung jawab ) atas kebersihan, keindahan, kerapian ruang umum ( lobby, koridor, ruang meeting, Locker, toilet baik itu back of the house dan front of the house )

Publikasi (Mkt)
Kegiatan memberikan informasi kepada media masa.


Publish Rate (FO)
Harga kamar yang dijual untuk umum.

Purchasing     (AG)
Bagian pengadaan dan pembelian bahan baku untuk keperluan hotel

Purchase Request (AG)

Adalah permintaan pembelian barang / keperluab hotel dari masing-masing deparment ke bagian Purchasing dan harus disetujui oleh Akunting Manager dan General Manager. ( biasanya menggunakan format yang sudah dibakukan )

Purchase Order (AG)
PO (Purchase Order) adalah form yang dibuat oleh purchasing untuk pemesanan barang ke Supplier. Pembelian barang dari hotel ke pihak Supplier dan telah mendapat persetujuan dari Akunting Manager dan General Manager. ( biasanya menggunakan format yang sudah dibakukan )

Press Conference (SM)

Adalah kegiatan promo temu wartawan atau jumpa pers (media cetak dan elektronik) untuk memberikan penjelasan lebih detail mengenai informasi promo atau hal-hal lain yang layak diberitahukan.

Press Release (SM)
Adalah informasi singkat dan faktual yang disiapkan untuk menarik mass media untuk dipublikasikan yang berisi tentang program promo atau berita menarik mengenai hotel.

Pressing (HK) (Ldy)
Kegiatan seterika / merapikan pakaian dengan alat bantu khusus sehingga cucian yang sudah bersih dan kering dapat menjadi lebih rapi dan halus.

Pre-registration (FO)

Prosedur ini digunakan untuk beberapa jenis group / bisnis konferensi, tamu reguler dan VIP. Semua rincian yang diperlukan telah diisi sebelum kedatangan tamu begitu tamu datang memasuki hotel hanya membubuhkan tanda tangannya saja.

Pre-opening (SM) (Gn)
Kegiatan / pekerjaan yang dilakukan sebelum Hotel / restaurant di buka untuk umum.

Pre-Payment (FO)
Jumlah yang dibayar di muka untuk jasa yang diberikan.

Probationary period of employment (HR)

Masa percobaan kerja, Biasanya tiga bulan pertama atau empat bulan kerja saat pelatihan. Masa ini adalah masa dimana seorang calon karyawan dilihat kinerja dan perilakunya sebelum memasuki masa kontrak kerja.

Problem solving (Gn)

Pemecahan masalah baik itu yang berhubungan dengan sistem kerja, kekaryawanan maupun keluarga.

Profit & Loss (AG)
Uraian laba rugi dalam satu perusahaan.


Q.


Quality Record (Gn) (FBS)
Adalah catatan dari pelaksanaan suatu aktivitas yang sekaligus merupakan bukti bahwa suatu aktivitas sudah dilaksanakan.

Qwik GO (Ldy)
Bahan kimia laundy untuk menghilangkan noda seperti darah, telur, coklat, kaldu, ice cream, susu, bumbu-bumbu salad.

R.


Rack Rate (FO)
Tarif kamar yang berlaku disuatu hotel. Harga penuh / full rate yang dibebankan untuk setiap akomodasi yang ditetapkan oleh manajemen. Istilah lain untuk ini adalah "Published."

Receiving (AG)
Bagian penerimaan, mengecek barang baku masuk.

Receiving Record (RR) (AG)

Adalah dokumen yang digunakan untuk mencatat penerimaan barang sebagai laporan penerimaan harian.

Reception (FO)
See Front Desk

Receptionist (FO)
Petugas yang menerima tamu hotel ketika pertama kali masuk hotel (check in), dan memberi informasi kepada para tamu mengenai hal-hal yang bersangkut paut dengan akomodasi.

Reconciliation (AG)
Menentukan yang menyebabkan perbedaan dalam satu pelaporan dari berbagai sumber yang berbeda ( antara bank account dan hotel account ).

Reimburse (HR)
Perusahaan mengganti biaya yang telah dikeluarkan karyawan terlebih dahulu.

Reprimand (HR)
Adalah pemberian peringatan ( warning ) yang bisa menjadi sarana pembelajaran kepada Karyawan untuk berbuat yang lebih baik lagi sehingga tidak merusak pelayanan kepada tamu dan melakukan pembinaan dan pembelajaran dari tingkah laku ( attitude ) untuk bertindak lebih baik lagi.

Reservation (FO)
Salah satu bagian di hotel, masuk dalam bagan organisasi Front Office Department yang bertugas mengelola / mengurusi pemesanan kamar. Petugasnya disebut Reservastion Agent.

Rat & Mouse Control ( Rats Repeller ) (Eng)

Adalah alat yang dipasang dilingkungan hotel untuk pengusir tikus menggunakan gelombang ultrasonic dan gelombang electromagnetic, dengan 4 kombinasi gelombang untuk mencegah resistensi tikus, cakupan area 460 m2.


Rat Trap Monitoring (Eng)

Adalah alat yang dipasang untuk mengendalikan tikus diarea dalam hotel dengan menggunakan lem.

Recreation Section / Health Club / tempat club kesehatan (Gn)

Bagian yang bertanggungjawab terhadap fasilatas tamu yang ada di hotel seperti kolam renang, spa, sauna, steam room, Jacuzzi, massage room, fitness centre, lapangan olah raga ( tennis, golf dll ) untuk dijaga kebersihannya, kelengkapan peralatannya maupun kondisinya.


Refund (AG)
Pengembalian deposit yang berlebih dari jumlah biaya yang telah digunakan.

Registration Card R/C (FO)
Sebuah formulir di mana tamu mencatat nama, alamat, dan rincian lainnya (misalnya lamanya tinggal, metode pembayaran, kebangsaan, tujuan kunjungan dan mobil nomor pendaftaran) ketika mereka check-in. Kamar disediakan untuk tanda tangan, jumlah kamar dan tarif kamar.

Registration & Guest Service (FO)

Tamu yang akan menginap harus melakukan registrasi, pendaftaran,  pengidentifikasian tentang keberadaannya di hotel dimana tamu mengisi di registration card / registration form ( tamu diminta untuk menyerahkan KTP, Passport ) dan deposit, GL, Voucher dari data tersebut petugas akan memindahkan ke database system computer sehingga bisa terhubung ke semua department.

Regular Cleaning / Daily Cleaning (HK)

Pekerjaan yang harus dilakukan setiap hari pada beberapa area yang sering digunakan, dilalui dan dikerjakan secara teratur, terjadwal. Contoh : Pembersihan area restaurant, koridor, locker, mopping loading dock, mopping back area, lobby duster koridor area, vacuum koridor carpet, sweeping carpark, cleaning door glass lobby, cleaning restroom dll.

Remitence of Fund (AG)

Sejumlah uang hasil transaksi dalam satu shift di outlet-outlet hotel di letakkan (dimasukkan) di dalam amplop khusus dan di sebutkan detail jumlah, lembaran dengan lengkap untuk diserahkan ke General Cashier.

Rental Space (AG)
Ruang hotel yang disewakan kepada pihak luar untuk dimanfaatkan sebagai kantor perwakilan biro penerbangan, agen perjalanan, took cindera mata, kantor bank, dan lain-lain.

Reservation (FO)
Pemesanan kamar di suatu hotel.

Reservation Form (FO)

Adalah formulir yang digunakan untuk mencatat data-data pemesan dan pesanan kamar.

Resort Hotel (Gn)
Hotel yang terletak di daerah wisata ( pantai, gunung, danau ).

Revenue (FBS) (AG) (FO)
Pendapatan hotel yang diterima dalam periode tertentu.


Revenue per Available Guest (RevPAG) (FO)

Pendapatan rata-rata per tamu yang menginap. RevPAG sering dipergunakan hotel ketika melakukan penghitungan pendapatan per tamu rata.

Revenue per Available Room (RevPAR) (FO)

Statistik yang digunakan untuk mengukur pendapatan rata-rata per kamar yang tersedia.

Roasting (FBP) (FBS)
Memanggang digunakan untuk menunjukkan suatu proses memasak potongan daging yang besar di atas api terbuka, dimana daging disiram dengan minyak untuk memelihara kelembaman daging. Roasting mengandung arti hampir sama dengan grilling.

Rodent Control (Eng)
Rodent control adalah usaha pengendalian tikus baik itu tikus got, tikus rumah maupun tikus atap.

Roll away bed (HK)
Sebuah tempat tidur tambahan bergerak ( extra bed yang ada rodanya ).

Room Available (FO)
Adalah jumlah kamar yang tersedia.

Room Boy (HK)
Petugas hotel yang menangani masalah keberhasilan kamar hotel (menghias kamar, membersihkan tempat tidur, mengganti sarung bantal, seprei, mengumpulkan barang- barang yang harus dicuci, dll) room-boy juga sering disebut dengan pramugara. Istilah lain Room Attendant, Housekeeping Attendant, Room Maid ( kalau wanita ).

Roomboy Control Sheet (HK)

Format yang dipergunakan Roomboy untuk mencatat barang, linen, guest amanities di dalam kamar berikut status awal dan akhir.

Room Charge (FO)
Tamu yang memiliki kartu kredit pada account harus menandatangani tagihan ke kamar tamu. Pada point of sale (POS) di lembar dan kolom penjualan, tamu tanda tangan untuk otorisasi biaya yang harus dibayar dengan memasukkan pada account tamu. biaya tersebut kemudian diposting ke folio yang sesuai dengan biaya yang digunakan.

Room Checklist (HK)
Daftar terperinci di dalam kamar tentang nama, item yang harus di periksa (check) baik itu kondisi, kualitas, fungsi maupun kebersihan.

Room Dicrepancy (HK)

Perbedaan status kamar ataupun hitungan tamu dalam kamar antara Front Office dengan Housekeeping.

Room Division (HK)
Department di hotel yang terdiri dari department Front Office dan Housekeeping

Room Inspection (HK)

Proses rinci dan sistematis pengecekan kamar di mana kamar secara detail diperiksa baik itu fungsi, standard, kualitas maupun kebersihan.

Room Night (FO)
Kamar yang terisi tamu pada satu malam.


Room Rate (FO)
Harga kamar yang dijual pada satu malam.

Room Rate up dating (FO)

Kegiatan untuk selalu meng-upto date harga kamar sesuai dengan negosiasi antara pihak hotel dan tamu dari Group atau Perusahaan.

Room Revenue (FO)
Jumlah pendapatan kamar yang dijual.

Room Service (FBS)
Hidangan makanan & minuman yang dikirim ke kamar sesuai dengan pesanan pada jam-jam yang telah ditentukan. Ada hotel yang siap melayani tamu selama 24 jam untuk room service ini.

Room Service Menu (FBS)
Daftar menu ( makanan & minuman ) yang ditawarkan hotel untuk tamu yang berada di kamar ( diantar ke kamar ).

Room Sold (FO)
Data / jumlah kamar yang terjual ( tidak termasuk complimentary ).

Room Status (FO)
Informasi tentang status / data / kondisi kamar pada saat diperlukan. Rooms status  juga dibutuhkan sebagai data Informasi tentang ketersediaan kamar baik saatu ini maupun yang akan datang ( saat tamu melakukan reservasi ), misal VC, VD, OD, OC, OOO, OS, VR, VM dll.

Rooming List (FO)
Daftar nama-nama tamu yang menginap.

Russian Service (FBS)
Pelayanan gaya Rusia / Soviet yakni tamu-tamu siap duduk di kursi masing-masing kemudian pramusaji menghidangkan makanan dan minuman dengan platter, tamu baru dipersilahkan mengambil sendiri-sendiri yang disukainya.

RSVP (Gn)
Respondes S’il Vous Plai (tolong dibalas / jawab), suatu kode keprotokoleran yang ditujukan bagi tamu-tamu istimewa yang diundang dalam suatu acara, dimana mereka harus memberikan konfirmasi tentang kedatangannya

S.


Safety Chain (HK)
Rantai pengaman pintu kamar yang disarankan digunakan apabila tamu sedang berada di dalam kamarnya (demi menjaga keamanan). Istilah lain “ safety lock”, “saffety chain”, “safety guard”.

Safety Deposit Box (SDB) (Gn)
Kotak tempat menyimpan barang-barang berharga milik tamu hotel yang ditaruh di kantor depan hotel (front office) ataupun di dalam kamar tamu.

Salad (FBP) (FBS)
Hidangan dari makanan segar dan dibumbui dengan saus kental dengan rasa asam, manis, asin.


Salaries and Wages (AG)

Gaji dan Upah termasuk pembayaran yang teratur, uang lembur, uang liburan, membayar sakit, membayar liburan, upah insentif, uang pesangon, dan bonus untuk karyawan dari setiap departemen .

Salt & Pepper (FBS)
Adalah tempat untuk merica dan garam.

Sales Blitz (SM)
Memperkenalkan produk / program baru kepada pelanggan / calon pelanggan secara berkala dengan jadwal yang telah ditetapkan tanpa perjanjian

Sales Call (SM)
Proses mengunjungi, mendatangi perusahaan baik yang potensial maupun tidak untuk dapat dijadikan target.

Sales Message (SM)
Adalah formulir yang berisi data-data lengkap dari pelanggan yang meminta contract rate / perpanjangan contract rate.

Same day reservation (FO)

Pemesanan kamar pada hari yang sama

Sanitary Hygiene Card (HK)

Adalah format check list public area yang ditempatkan di restroom / public toilet untuk mencatat pekerjaan yang sudah di laksanakan dan yang di isi setiap waktu pengerjaannya.

Sanitizer (HK)
Produk, bahan kimia atau zat pembersih yang digunakan untuk membersihkan dan mencegah penyebaran penyakit.

Saus (FBP) (FBS)
Adalah cairan yang dikentalkan yang diberikan pada daging, ikan ataupun kue manis untuk menambah rasa makanan ataupun hanya sebagai hiasan yang menutupi bahan aslinya untuk penampilan.

Saute (FBP) (FBS)
Cara memasak / menumis dengan minyak panas.

Scrapping (FBS)
Adalah proses pembersihan sisa makanan dan minuman yang melekat pada piring dan gelas juga sendok.

Service Charge (AG) (HR)
Ongkos pelayanan dikenakan atas jasa-jasa yang dinikmati oleh tamu selama tinggal di hotel / restoran, sesuai dengan keputusan yang berlaku, biasanya sebesar 10% dari biaya keseluruhan. Service charge bersifat mengikat dan harus dibayar oleh tamu. Hal itu berbeda dengan tips atau hadiah.

Service Directory (HK)

Petunjuk-petunjuk khusus yang dipasang di dalam kamar hotel, sehingga tamu mengetahui hal-hal yang boleh dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan.


Service Refused (HK)

Kamar tamu yang pada saat room attendant / room boy / petugas kamar ingin membersihkan kamarnya namun oleh tamu ditolak ( tidak mauu dibersihkan ). Dalam catatan Room Boy control Sheets di beri tanda “SR” / Service Refused.

Serving from a deep dish (FBS)

Memindahkan / menyajikan makanan dari pinggan yang dalam dengan mempergunakan service spoon dan fork ke piring tamu.

Sewing Kit (HK)
Alat jahit menjahit untuk sekali – dua kali pakai yang di se-up di dalam kamar. (biasanya jarum jahit, benang merah, kuning, hitam, biru, putih, kancing baju, peniti kecil).

Shallow Frying /sautéing (FBP) (FBS)
Proses menggoreng yang dilakukan dengan cepat dalam minyak goring, proses ini jugabiasa disebut Sauteing dan Pan Frying. Sauteing berasal dari bahasa Francis yakni “Sautoir” yang berarti meloncat atau menggerak-gerakkan / men ggoyang dengan cepat bahan makanan yang sedang dimasak dengan tujuan untuk membalik-balik makanan agar tidak hangus. Karena memasaknya cepat maka bahan makanan yang cocok untuk dimasak deng\an cara ini adalah bahan makanan yang teksturnya lembut, halus.

Shake (FBS)
Istilah yang digunakan pada persiapan pembuatan minuman dengan cara mencampur beberapa bahan dan menggoncang-goncang / menggoyang / mengocok.

Shampooing Carpet (HK)

Tehnik membersihkan carpet yang kotor dengan menggunakan mesin shampoo (extractor)

Shoe Shine (HK)
Alat untuk mengkilapkan sepatu.

Shoe Horn (HK)
Alat untuk memasukkan kaki ke dalam sepatu kalau sepatu kekecilan. Istilah lain “sendok sepatu”.

Showing Room (HK)
Kamar Hotel yang hanya dipakai untuk tempat showing ( dilihat-lihat ) sebagai bahan perbandingan bagi booker.

Side Stand (FBS)
Meja untuk menaruh bermacam-macam saus dan peralatan bersih yang siap digunakan (piring, gelas, garpu, sendok, pisau, dll)

Silk Hanger (HK)
Hanger yang dikhususkan untuk menggantung pakaian dari bahan sutera. Dimana bentuknya hampir sama dengan hanger biasa hanya ada penambahan ( hanger kawat biasa yang dibungkus spon / busa dan dilapisi / cover kain satin halus ).

Silverware (FBS)
Adalah peralatan makan minum yang terbuat dari silver / perak, stainless steel, aluminium ataupun plastic ( untuk plastic tidak digunakan di restaurant tapi hal ini biasa digunakan pada catering box ( lunch box / nasi kotak).

Silver service techniques (FBS)

Cara mempergunakan service spoon dan fork yang benar.


Single Bed (HK)
Tempat tidur tunggal, tempat tidur yang digunakan untuk satu orang (berukuran kecil).

Single Occupancy (HK):
Penghuni tunggal sebuah kamar hotel.

Sleep Out (FO)
Tamu yang telah melakukan check in dan mendapat kamar dengan beberapa barang di dalam kamar ( ter-register) namun pada malam tersebut tamu tidak tidur di kamar.

Sous Chef (FBP)
Asisten dari Executive Chef dan orang kedua di dalam bagan organisasi dapur (Food & Beverage Product ).

Special Cleaning ( SPC ) (HK)

Konsentrasi 1 (satu) pekerjaan yang dilakukan pada 1(satu) tempat yang dikerjakan secara detail dengan hasil yang maximal. Contoh : Shampooing carpet meeting room, Shampooing sofa, Cleaning St. Steel, Spotting carpet / wall, marble crystalisasi, coating floor, cleaning glass wall / windows, cleaning wooden lobby furniture, cleaning stair case, brushing floor corridor dll.

Special Menu (FBS)
Sebuah daftar makanan yang berbeda pada hari-hari biasa, baik pada saat makan pagi, siang maupun malam. Special menu juga biasa ada pada saat chef mempunyai menu baru atau pada hari – hari besar khusus, baik itu hari keagamaan maupun hari besar nasional.

Split Rate (FO)
Dua tamu yang menginap dalam satu kamar dan ingin memiliki dua tagihan terpisah ( dua bill terpisah )

Six PM-Release (FO)
Pemesanan yang dilakukan tidak bergaransi, jika sampai pada jam 6 sore ( 6.00 pm ) tidak datang maka kamar tersebut bisa dijual ke tamu lain. Untuk kondisi ini biasanya pada saat reservasi tamu ( pemesan ) telah diberitahu tentang kondisi dan aturan ini.

Skewer (FBP)
Tusuk sate

Skipper (FO)
Tamu yang semula menyewa kamar hotel, tetapi tidak menyelesaikan pembayaran terhadap hotel atas biaya sewa kamar dan pelayanan yang telah dinikmati selama di hotel tersebut.

Sleep Outs (FO)
Tamu yang sudah tercatat sebagai pengisi kamar di suatu hotel, namun tamu tidak tidur di kamar itu, dia tidur ditempat lain (kenalan, hotel lain).

Steaming (FBP)
Memasak dengan uap air panas, proses ini dapat dilakukan dengan mudah. Menaruh bahan makanan di atas sebuah tempat yang berlubang atau sebuah tempat tertutup di atas air yang sedang mendidih. Tapi dengan menggunakan ”Pressure Steamer’ hasil dari steamer bisa sempurna dan menyerupai proses boiling. Misal : Steamed Rice, Steamed Potatoes.


Stewing (FBP)
Proses memasak yang dilakukan perlahan-lahan dalam cairan atau saus dalam jumlah yang hamper sama denan bahan yang dimasak.

Store Room Requestation (AG)

SSR (Store Room Requisition) adalah form yang digunakan untuk mengajukan permintaan barang oleh masing-masng department ke bagian gudang hotel (General Store ).

Storekeeper (AG)
Bagian penyimpanan, dan menyimpan barang-barang menurut jenisnya.

Stripping Bed (HK)
Kegiatan mengumpulkan linen kotor sebelum make up room.
Sugar Container (FBS)
Adalah tempat untuk meletakkan macam-macam gula.

Surat Proposal / Penawaran Banquete (SM)

Adalah format yang berisi rencana kegiatan / event, harga paket pertemuan dan beberapa fasilitas yang didapat.

Suplier (HK)
Adalah pihak luar yang menjalin kerjasama dengan hotel untuk memasok / supplai barang-barang / makanan / minuman dan kebutuhan hotel lainnya untuk kelancaran operasional hotel.

Sour ( Neutralizer ) (Ldy)

Cairan penetral multiguna yang diformulasi untuk menetralisir sisa, bau detergent, chlorine, kadar alkali pada saat proses pencucian baik dalam larutan dingin maupun hangat. Larutan ini mengurangi kerusakan tekstil atau efek kuning akibat unsur pengelantang chlorine. PH 6.

Soup (FBP)
Hidangan berbentuk cair ( kental, encer ) baik disajikan saat panas.

Softener (Ldy)
Cairan kental berwarna mengandung pelembut kationik bersifat pembunuh bakteri untuk semua katun, sintetis, wool sehingga menjadi lembut, halus, harum dan pakaian dapat disetrika dengan mudah. PH 6,5.

Solvent (Ldy)
Bahan kimia ( jenis : perkloroentheline, perclone, tetra-cloroetheline ) berbentuk minyak yang digunakan untuk proses mencuci “dry cleaning” ( mencuci tidak menggunakan media air).

Sortir Linen (Ldy) (HK)
Adalah pemilahan jenis linen kotor yang akan di cuci.


Spoon (FBS)
Sendok. Ada bermacam-macam sendok yang digunakan dalam FB Service antara lain. Bouillon spoon                         : sendok soup encer
Demitasse spoon    : sendok kopi atau untuk selai Dessert spoon : sendok untuk hidangan penutup Dinner spoon         : sendok makan
Onion soup spoon   : sendok soup kental
Serving spoon          : sendok makan besar untuk menyajikan makanan. Tea Spoon                                    : sendok teh.
Ice cream spoon       : sendok ice cream
Ice tea spoon            : sendok ice teh/kopi ( long spoon ).

Spot Check (HK)
Istilah yang dipergunakan dalam pemeriksaan kamar, pemeriksaan yang lebih selektif, detil dan bagian perbagian dari kamar hotel untuk memastikan bahwa standar kebersihan dan pemeliharaan tetap bisa dipertahankan.

Spray buffing (HK)
Pekerjaan pembersihan lantai dengan cara melakukan polishing pada permukaan lantai yang diikuti penggunaan cairan pelapis / pembersih dengan cara disemprotkan  “(spray)” kemudian “buffing” untuk menghilangkan kotoran dan mengembalikan tampilan lantai menjadi kilat / glossy.

Standard resep masakan (FBP) (FBS)
Adalah formula yang harus diikuti juru masak di dalam pengolahan bahan menjadi masakan kecuali bahan makanan musiman dapat diganti dengan yang sejenis.

Standard Recipe (Makanan) (FBP) (FBS)
Resep yang berisi cara pembuatan dan bahan yang digunakan untuk memasak makanan.

Standard Recipe (Minuman) (FBP) (FBS)
Resep yang berisi cara pembuatan dan bahan minuman yang dijadikan acuan untuk menyiapkan minuman.

Standar operasional prosedur (SOP) (Gn)

Sebuah dokumen formal yang bersifat baku untuk menentukan pekerjaan ataupun metode tertentu yang dipergunakan staff dalam melakukan suatu pekerjaan / prosedur kerja.

Starch ( Laundry Starch ) (Ldy)
Adalah jenis kanji yang berguna membuat pakaian, linen menjadi kaku (kerahbaju, pergelangan tangan, napkin, table cloth ) dan licin setelah disetrika / pressing.

Stay Over (FO)
Tamu yang masih tinggal dihotel.

Stirer (FBS)
Alat pengaduk minuman

Straw (FBS)
Alat sedotan untuk minuman.


Stripper (HK)
Sebuah produk yang dirancang untuk menghapus, menghilangkan, mengupas, membersihkan permukaan lantai lama dari bahan-bahan pelapis lantai sebelumnya. Metode ini dipergunakan jika akan melakukan kristalisasi lantai ataupun coating lantai. Pekerjaannya / metodenya disebut dengan stripping.

Suite Room (FO) (HK)
Jenis kamar di hotel dengan fasilitas perlengkapan yang lebih banyak. Selain kamar tidur, juga terdapat kamar tamu, ruang duduk (sitting room), dapur kecil (kitchenette) mini bar dan fasilitas lainnya sehingga dalam keseluruhannya tampak lebih besar dari kamar-kamar yang biasa.

Sunny Side Up (FBP)
Telur mata sapi.

Supper (FBS)
Waktu santap malam yang agak larut (+ jam 23.00) setelah payah dan lapar dari bepergian menonton suatu pertunjukan.

Supper Club (FBS)
Restoran yang dibuka pada malam hari untuk melayani tamu-tamu yang ingin santap malam (supper). Biasanya supper club juga menyajikan hiburan pengiring berupa music band, peragaan busana, dansa bersama dengan iringan musik yang sudah diatur sehingga fungsinya mirip dengan night club.

Surcharge (FBS) (FO)
Biaya tambahan yang dibebankan ke tamu.

Sweeping ( HK )
Tehnik membersihkan lantai dengan cara menyapu / menggunakan sapu.

SWOT Analysis (SM)
( Strenghts, Weakness, Opotunities, Treaths) Salah satu tolls untuk menilai perusahaan dan comptetitor yang berguna untuk menentukan target, mengetahui kelemahan dan kekuatan sendiri dan lawan untuk menentukan strategi yang akan diambil.

T


Table Cloth (FBS)
Alat meja / taplak meja restaurant.

Table D’hote (FBS)
Suatu menu dengan sajian yang lengkap dan pasti. Bila tamu menghendaki tambahan hidangan, akan dikenakan tambahan biaya secara tersendiri.

Table Skirting (FBS)
Kain yang digunakan sebagai penutup meja bagian sisi, pinggir yang gunanya untuk memperindah dan kaki-kaki meja tidak kelihatan.

Table set-up (FBS)
Menata, merapikan dan melengkapi meja makan dengan peralatan makan.

Taking Order (FBS)
Kegiatan mengakomodasi permintaan pelanggan akan minuman dan atau makanan dengan menggunakan format yang disebut Captain Order.


Tata Boga (FBP) (FBS)
Adalah pengetahuan di bidang boga (seni mengolah masakan) yang mencakup ruang lingkup makanan, mulai persiapan pengolahan sampai menghidangkan makanan.

Telephone Charge (FO)

Biaya telepon yang dibebankan kepada pemakai.

Telephone Courtessy (FO)

Sopan santun berbincang-bincang lewat telepon.

Telephone Operator (FO)

Salah satu outlet Front Office yang bertugas menerima telephone yang masuk dan menyambungkan telephone keluar ( termasuk faximile ) / Operator saat ini tidak lagi  jadi department revenue melainkan sudah jadi bagian dari service tamu / fasilitas. Hal ini dikarenakan sudah banyaknya pemakai mobile phone yang memang telah menjadi kebutuhan untuk setiap orang.

Telemarketing (SM)
Kegiatan memasarkan produk tanpa bertemu langsung secara fisik dengan pelanggan, melainkan melalui media-media komunikasi.

Telescopic pole (HK)

Alat bertangkai yang panjang dan bisa diatur ( panjang, pendek ) untuk membersihkan kotoran, sawang di area plafon, langit-langit ( ujungnya bisa dipasang sapu kecil , ceiling brush/broom ataupun window washer ). Istilah lain dari “sapu sawang”.
Teppanyaki (FBP) (FBS)
Proses memasak daging, sayur, ikan langsung dilakukan di depan tamu di atas grill.

Terrazzo / Teraso (HK)

Sebuah lantai buatan yang memiliki komposisi bahan yang terbuat dari chip marble / marmer halus, granit, batu-batu yang halus / dihaluskan, travertine, epoxy-resin, pasir untuk beton, porselin, zat warna atau bahan lainnya dan portland semen dimana permukaannya dibuat mengkilap dan halus.

Termite control (HK)

Adalah usaha pengendalian rayap hama secara efektif, terprogram dan berkelanjutan. Chemicals Barrier System adalah pengendalian rayap dengan sistem injeksi dan penyemprotan untuk bangunan yang belum jadi ( pre-construction ) dan yang sudah jadi ( post construction ). Termite Baiting System adalah pengendalian rayap dengan sistim pengumpanan yang dapat menuntaskan seluruh koloni rayap di bawah tanah.

Time card control (HR)

Kartu yang terbuat dari karton yang berbentuk persegi panjang yang dipergunakan staff untuk posting ( absensi kartu ) dengan cara posting in / out di mesin absensi.

Tourist Kit / Sales Kit (SM)

Kumpulan beberapa brosur, kartu pos bergambar, dan lain-lain berisi informasi wisata yang bertujuan sebagai sarana promosi.

Tour Leader (SM)
Orang yang ditunjuk oleh biro perjalanan wisata utama (dari luar negeri / dalam negri) untuk menemani kelompok dalam semua tujuan termasuk dalam program dan mengkoordinasikan kebutuhan kelompok.


Tong’s (FBS)
Jepitan untuk makanan yang dipergunakan di restaurant. Ice tong’s                                    : Jepitan untuk mengambil ice batu. Cake tong’s                                    : Jepitan untuk mengambil kue.
Lobster tong’s           : Jepitan untuk menjepit udang.
Snail tong’s               : Jepitan untuk menjepit kulit kerang (bersamaan dengan snail fork)

Training Record (HR)

Adalah catatan pelatihan yang diikuti oleh masing-masing karyawan untuk mendukung penilaian karyawan.

Travel Agent Reservation (FO)

Pemesanan kamar dilakukan oleh biro perjalanan ( dalam hal ini jika tamu tersebut tidak datang maka yang ditagih adalah pihak dari travel agent, hal ini dilakukan karena telah ada perjanjian / kontrak dengan Travel Agent tersebut )

Hotel Terminologi dari A - G Bagian 1 Lengkap | E-book Seri Perhotelan



Travel Agent Voucher (FO)

Voucher yang dikeluarkan oleh travel agent dan diberikan ke tamu untuk mendapatkan kamar ( fasilitas hotel yang telah disepakati ). Voucher ini sebagai garansi pembayaran travel agent. Sebelum tamu datang biasanya pihak TA telah melakukan reservasi.

Traveller’s Cheque (SM)

Cek khusus yang dikeluarkan oleh American Express Company atau biro-biro perjalanan dan bank, dengan tujuan mengurangi resiko kehilangan uang selama dalam perjalanan.

Tray (FBS)
Baki, nampan yang biasanya untuk membawa makanan, minuman ataupun alat-alat makan lainnya ( dengan beberapa bentuk : bulat, oval ataupun persegi panjang ).

Trimming (FBS) (FBP)
Adalah menghilangkan bagian-bagian bahan makanan yang tidak terpakai.

Triple Bed Room (HK)

Hotel yang fasilitas kamarnya mempunyai 3 bed ( tempat tidur dalam satu kamar.

Trolley Room Attendant (HK)

Alat angkut / kereta dorong yang dipergunakan room attendant untuk kerja yang berisi linen, towels, guest supplies / amanities dan alat kerbersihan.

Tumbler Machine (Ldy)
Disebut juga dengan drying machine untuk laundry yang berfungsi sebagai pengering pakaian ataupun linen.

Turn Down Service (HK)

Pelayan pembersihan kamar tidur yang dilakukan pada sore / malam hari untuk pelayan ini biasanya disebut juga “second service” atau “open bed”, hal yang dilakukan adalah merapikan tempat tidur ( membuka bed cover ), mengganti guest supplies , air munium yang terpakai ataupun menambahkan gift, snack, coklat pralin ataupun sekedar kartu ucapan yang diletakkan disamping tempat tidur atau bahkan di atas tempat tidur.

Twin Bed / Room (HK)

Kamar hotel yang memiliki dua tepat tidur terpisah.


U


Uniform (HK)
Perlengkapan pakaian seragam yang digunakan.

Uniform room (HK)
Tempat penyimpanan dan pengaturan seragam karyawan hotel.

Uniform Service (HK)

Melayani tamu yang baru datang (membawakan barang-barang, membukakan pintu, menyalakan lampu kamar, menghidupkan AC, membersihkan kantor depan hotel dan lain-lain).

Uniform Requisition (HK)

Formulir yang dibuat oleh bagian bagian Personalia, berdasarkan permintaan pakaian seragam yang telah disetujui oleh manajemen, yang merupakan perintah kerja ke bagian Housekeeping untuk menyediakan pakaian seragam.

U-Shape (FBS)
Jenis set up / lay out / penempatan / penataan ruang meeting ( meja dan kursi ) berbentuk huruf “U”.

Utensils (FBP) (FBS)
Adalah peralan kecil yang digunakan untuk memasak dengan ukuran yang kecil sehingga mudah diangkat dan di bawa-bawa (portable). Utensils : Knives,  Food  Tongs, Ladles, Chopping Board, Cutting Board, Jugs, Spatulas, Pans, Wok / Wajan/Penggorengan /Toples.

Utility Press (Ldy)
Mesin laundry yang gunanya untuk melicinkan, mengepress, menyetrika pakaian yang baru dicuci. Mesin yang menggunakan uap panas ( steam ) dan mempunyai dua sisi elemen panas bagian atas dan bawah.

Up-Grade Room (FO)
Kondisi dimana kamar yang diberikan lebih baik dari yang seharusnya yang dibayar, baik dari segi pelayanan maupun jenis kamar.

Upselling

Tehnik cara menjual kamar dengan cara menawarkan kamar yang potensial untuk mendatangkan revenue.

V


Vacant Clean (HK)
Status kamar hotel yang telah dibersihkan oleh room attendant

Vacant Clean Inspected (HK)

Status kamar hotel yang telah dibersihkan oleh room attendant dan sudah siap untuk dijual istilah lain yang digunakan “Vacant Ready”

Vacan Dirty (HK)
Status kamar hotel yang masih belum dibersihkan / kotor atau tamu baru saja check out.

Vacant Room (HK)
Kamar yang masih kosong, kamar yang dapat dipesan.


Vacuum Cleaner (HK)
Alat yang dipergunakan untuk menghisap / menyedot debu di karpet (membersihkan karpet). Alat ini mempunyai dua jenis wet and dry “vacuum cleaner”.

Valet (Ldy)
Bentuk pelayanan berupa menandai pakaian para tamu yang akan disetrika oleh pihak binatu, kemudian mengantarkan kepada pemiliknya dalam keadaan terbungkus rapi.

Valet delivery (Ldy)
kegiatan pengantaran hasil proses pencucian bagian laundry ke kamar tamu.

VIP (Gn)
Very Important Person. Status / Kondisi / Tamu yang sangat penting baik dilihat dari jabatan dalam pemerintahan maupun swasta ataupun dilihat dari public figure.

VVIP (Gn)
Very Very Important Person. Pengkondisian / status di atas VIP.
Orang atau pejabat negara baik dalam negeri maupun negara lain yang dianggap sangat penting untuk disambut misalnya presiden dan wakil presiden.

Voucher (FO)
Dokumen yang dikeluarkan oleh biro perjalanan lain, dapat ditukarkan dengan fasilitas- fasilitas yang tersedia (akomodasi, transportasi, dalam kota, makan minum, dll) sesuai dengan apa yang telah dibayar oleh wisatawan kepada biro perjalanan itu.

V-Shape (FBS)
Jenis set up / lay out / penempatan / penataan ruang meeting ( meja dan kursi ) berbentuk huruf “V”.

W


Waiter/ess (FBS)
Petugas service yang berada di restaurant / outlest FB yang Langsung melayani tamu, menerima pesanannya untuk kemudian disajikan setelah melalui proses memberikan pesanannya, captain order, ke kitchen.

Wake Up Calls (FO)
Panggilan untuk membangunkan tamu (dilakukan oleh bellboy atau roomboy) ataupun oleh telephone system ( secara otomatis telephone akan berdering pada jam yang telah dikendaki tamu).

Walk in Chiller / Walk in Refrigerator / Walk in Frezzer (FBP)

Sebuah lemari es besar atau freezer yang digunakan di dapur dengan volume besar, banyak untuk penyimpanan barang yang tahan lama dan dapat dimasuki orang.

Walk in Guest (FO)
Tamu hotel yang datang untuk menginap tanpa mengadakan pemesanan kamar terlebih dahulu. Biasanya seorang tamu akan memesan kamar lebih dahulu, baik melalui biro perjalanan maupun secara langsung.

Wall To Wall Carpeted Room (FO) (HK)
Kamar yang lantainya dilapisi dengan karpet.

Wardrobe (HK)
Almari pakaian, almari yang digunakan untuk menyimpan pakaian.


Ware Washing (FBP)
Yaitu bagian yang tugasnya mencuci alat-alat perlengkapan dapur dan restaurant, baik itu yang terbuat dari gelas (glass wares), siver ware, ceramic (china ware) maupun dari plastic.

Wash Formula ( Ldy )
Formula penentu dalam melakukan pencucian yang menggunakan mesin cuci dalam satu kali pencucian ( loading ).

Water Goblet (FBS)
Gelas untuk menyajikan air putih dengan air es.

Washer Extractor ( washex ) (Ldy)

Adalah  mesin  untuk  mencuci pakaian dan  linen kotor yang berfungsi juga sebagai pemeras ( extractor ).

Water hardness / conditioner (Ldy)

Bahan   kimia   untuk   laundry   yang   berguna   untuk   menetralkan   kadar    air   yang mengandung zat besi ( Fe), kapur, Mg, Ca.

Weekend Rate (FO)
Harga kamar hotel yang dikhususkan untuk akhir pekan.

Weekly Maintenance (HK) (Eng)
Sebuah program kerja tentang perbaikan yang telah dijadwalkan pada setiap minggu.

Welcome Drink (FO) (FBS)
Minuman yang disuguhkan saat tamu baru saja tiba di hotel “minuman selamat datang”, Biasanya minuman khas daerah setempat atau minuman kreasi dari hotel tersebut tanpa dikenakan biaya.

Window Squeezer (HK)

Alat yang dipergunakan untuk membersihkan kaca. Istilah lain “glass squeeze”.

Wine Basket (FBS)
Keranjang anggur, keranjang yang digunakan untuk menghidangkan anggur merah segar (anggur buah).

Wine Cellar (FBS)
Gudang bawah tanah untuk menyimpan minuman anggur.

Wine Vinegar (FBS)
Cuka dengan bahan dasar buah anggur.

Wok (FBP)
Wajan

Work Order (Eng)
Salah format yang ada di hotel dan berguna untuk meminta perbaikan yang diberikan ke Enginering departement akan fasilitas ataupun barang—barang hotel yang rusak. Istilah lain “ Maintenance Request ” atau “Work Request”.


X


Xpress Check in (FO)
Kondisi dimana tamu melakukan check in / registrasi secara cepat ( hanya tanda tangan ). Kondisi seperti ini terjadi jika sebelumnya tamu telah melakukan reservasi dengan data dan dokumen yang lengkap atau tamu yang sering datang ( menginap ) dihotel dengan garansi dan hotel telah mempunyai data-data tamu tersebut. Kebalikan dari istilah ini adalah “Xpress Check out”.

Y


Yellow Go (Ldy)
Bahan kimia pembersih ( obat ) untuk membersihkan noda kelunturan.

Yield Management System (FO) (SM)
Pengelolaan, penjualan harga kamar berdasar sedikit banyaknya permintaan kamar pada saat itu. ( hotel bisa menjual kamar berdasarkan target hotel saat itu ), biasanya hal ini dilakukan pada saat waktu ramai ataupun saat event / hari-hari tertentu.

Youth Hostel (Gn)
Sejenis sarana akomodasi untuk remaja dan para wisatawan yang berkantong tipis untuk dapat menikmati fasilitas pelayanan yang memuaskan selera dengan biaya murah.

Yoghurt (FBP)
Susu yang telah diasamkan demgan proses fermentasi.

Z


Zero-base budgeting (AG)
Sebuah konsep penganggaran ( pembuatan budget ) yang memerlukan perencanaan, dimana untuk memulai proses pembuatan anggaran keseluruhan dari awal tahun namun tidak ada data pada tahun sebelumnya. Untuk kasus ini biasanya pada saat pembuatan budget hotel-hotel baru atau hotel take over dengan minimal data / data kosong.

Zero Complaint (Gn) (HR)
Pelayanan yang telah dilakukan oleh hotel pada periode tertentu tanpa mendapat keluhan negatif dari tamu.

Zone inspection program (HK) (Eng)
Sebuah program zona inspeksi ( area yang akan diinspeksi / dicek ) di dalam lingkungan hotel dimana beberapa sections hotel terlibat didalamnya dan dibagi menjadi zona-zona, biasanya dilakukan satu kali setiap minggu. Istilah lain dari progam ini “house tour”.

Zuppa Soup (FBP) (FBS)
Sejenis soup ( italian soup ) yang disajikan dengan rasa asin dan manis. Bahan puff pastry: Jamur kaleng, ayam rebus, bawang bombay, kaldu ayam, susu evaporated, tepung terigu, mentega, merica bubuk, garam, chicken powder


0 Response to "Hotel Terminologi dari H - Z Bagian 2 Lengkap | E-book Seri Perhotelan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->