Prosedur Kerja dan Peran Income Audit di Hotel

Admin
0
Income Audit merupakan salah satu sub bagian dari Finance & Accounting department yang melaksanakan pekerjaan memeriksa, mencatat, dan melaporkan informasi data tentang hasil penjualan sehari penuh, dikatakan sehari penuh karena biasanya kalau di Hotel Tempat saya bekerja transaksi di closing atau di tutup pada pukul 03.00 WITA, Hal ini di lakukan ters menerus oleh night audit setiap harinya. Setelah ke Esokan Harinya Income mulai melakukan Pemeriksaan dari setiap transaksi yang sudah fix masuk dalam laporan transaksi untuk mengetahui balance atau tidaknya revenue yang didapat dengan hasil yang diperoleh, dan kecocokan antara bukti - bukti pendukung yang diberikan oleh cashier FO meliputi,cashier closing report, guest folio, cashier outlet-outlet hotel meliputi, bill dan captain order The Lounge, H&E Restaurant, SPA, Bar, deposit voucher, bank copy, dan bukti bank transfer, dengan rincian yang secara otomotis sudah ada di sistem dan telah direkap dan diteliti terlebih dahulu oleh Night Auditor. 


Data penjualan tidak bisa diterima begitu saja oleh bagian akuntansi. Data tersebut harus diperiksa atau diverifikasi terlebih dahulu sebelum dibukukan. Subbagian di bagian akuntansi yang melaksanakan pekerjaan memeriksa, mencatat, dan melaporkan informasi data tentang hasil penjualan ini biasa disebut Income Audit.
          Dengan demikian Income Audit dapat diartikan sebagai salah satu seksi atau bagian yang berada di organisasi akuntansi yang menyelenggarakan fungsi penerimaan, pemeriksaan, pencatatan, dan pelaporan seluruh data penjualan baik tunai maupun kredit yang dihasilkan oleh seluruh unit penjualan yang ada di dalam perusahaan.
          Income Audit memiliki peran besar dalam sebuah industri perhotelan, karena bagian ini merupakan pihak kedua setelah Night Audit dalam mengevaluasi revenue yang diperoleh dari transaksi setiap harinya dan dapat berpengaruh terhadap revenue hotel.


Berikut Deskripsi Kerja Income Audit :
  1. Menerima Sales Report / laporan penjualan di seluruh outlet.
  2. Mencocok kan sales report dengan transcript of sales Night Accounting untuk memastikan apakah seluruh penjualan telah terposting.
  3. Memeriksa seluruh kelengkapan data penjualan.
  4. Menyerahkan seluruh data penjualan kredit dan credit card kepada AR
  5. Melakukan konfirmasi kepada General Cashier atas penjualan tunai.
  6. Melakukan tindakan koreksi atas kekeliruan pencatatan penjualan sebatas kewenangan yang di miliki.
  7. Membuat rekapitulasi penjualan daily, monthly dan yearly.
  8. Membuat jurnal penjualan.

Sedangkan Standard Operasional Income Audit :
  1. Memeriksa penjualan : Front Office, Food and Beverage, Loundry, Bisnis centre dan yang lain nya.
  2. Kemudian membuat laporan hasil penjualan nya.
  3. Laporan penjualan harus di lampirkan : SO/CO, Bill, SGA, RC dan GL.
  4. Memisahkan laporan tunai dan kredit dan yang menggunakan credit card.
  5. Laporan kredit di serahkan ke A.R clerk.
  6. Penjualan yang menggunakan Credit card harus melalui mesin EDC ( Entry Data Capture ).                
  7. Menerima dan memeriksa hasil sales report dari nite audit untuk memastikan seluruh laporan penjualan nya telah lengkap.
  8. Meng- gandakan laporan penjualan daily, monthly dan yearly dan menyimpan / mem file kan nya dengan rapi untuk mempermudah pencarian kembali apabila di perlukan.
  9. File di simpan maksimal selama 20 tahun.


Penelusuran yang terkait dengan peran income audit
  • jurnal income audit
  • metode income audit
  • jurnal income audit hotel
  • income audit adalah
  • contoh laporan income audit hotel
  • income audit pdf
  • skripsi income audit
  • gaji income audit hotel
Tags

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close