Hubungan Housekeeping Dengan Departemen Lain Menurut Para Ahli Darsono

Admin
0

Dalam Buku Tata Graha Hotel (Housekeeping) Menurut Darsono (1995: 2-6) Mengatakan bahwa:“Hubungan departemen Housekeeping (HK) dengan departemen lain sebagai berikut”:

1. Hubungan housekeeping dengan Front Office

  1. Laporan status kamar (room report)
  2. Laporan mengenai kehilangan barang-barang milik hotel yang dibawa tamu
  3. Laporan mengenai penemuan barang-barang milik tamu yang tertinggal di kamar sesudah tamu berangkat/check out.
  4. Front office member informasi kepada housekeeping bahwa ada tamu yang segera masuk/check in, sehingga housekeeping akan menyiapkan kamar untuk tamu tersebut.

Baca Juga: Prosedur Kerja dan Peran Income Audit di Hotel


2. Hubungan Housekeeping dengan binatu (Loundry)

  1. Menangani masalah pencucian pakaian tamu, pakaian karyawan, dan pencucian linen-linen yang dipakai oleh bagian HK.
  2. Penanganan keluhan tamu pada cucian, meliputi cucian kurang bersih,cucian bernoda, cucian hilang atau rusak, dan cucian tertukar.
  3. Penanganan keterlambatan pengiriman linen yang dipakai oleh HK maupun outlet lain karena listrik mati, kerusakan mesin dan lain-lain.

3. Hubungan housekeeping dengan bagian pembelian (Purchasing)

  1. Menangani pembelian dan penyimpanan barang-barang yang dibutuhkan oleh HK. Barang tersebut meliputi alat-alat pembersih, obat pembersih,perlengkapan tamu, linen-linen untuk HK, dan alat penunjang operasional lain seperti formulir-formulir.

4. Hubungan Housekeeping dengan bagian Engineering

  1. Perbaikan dan pemeliharaan alat-alat terutama yang menyangkut operasional HK.
  2. Perbaikan perlengkapan HK yang ada di kamar tamu.

5. Hubungan Housekeeping dan Security

  1. Pengawasan oleh pihak keamanan pada area-area HK, meliputi corridor, tempat tugas room boy dan kantor HK.
  2. Keamanan barang-barang milik tamu dan keselamatan tamu.

6. Hubungan Housekeeping dengan Food & Beverage

  1. Pelayanan room service kepada tamu.
  2. Pengiriman karangan buah (fruitstand) untuk tamu VIP

7. Hubungan Housekeeping dengan bagian Personalia

  1. Pengadaan tenaga kerjA
  2. Pengangkatan pegawai
  3. Pelatihan pegawai
  4. Pemutusan hubungan kerja
  5. Cuti karyawan
  6. Surat peringatan untuk pegawai
  7. Pembayaran gaji dan lembur pegawai

Baca Juga: Cara Making Bad Menggunakan 3 Sheet maupun Duve


Penelusuran yang terkait dengan HUBUNGAN HOUSEKEEPING DENGAN

  • hubungan housekeeping dengan accounting
  • hubungan tata graha dengan departemen lain
  • hubungan masing-masing departemen hotel
  • hubungan kerja front office dengan food and beverage department
  • departemen housekeeping
  • mengapa kebutuhan persediaan housekeeping memerlukan departemen lain
  • room division housekeeping
  • hubungan kerja kitchen dengan accounting

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close