Pengertian General Cashier Beserta Tugas dan Peran General Cashier di Hotel

General Cashier adalah seorang staf dari departemen accounting yang bertugas untuk mengelola kas kecil dan kas brankas unit hotel tersebut. Biasanya kas kecil dari unit hotel memiliki jumlah maksimum sekitar 10 juta rupiah.




Berikut ini Job Description General Cashier…
  1. Menerima seluruh hasil penjualan tunai dari hasil penjualan outlet hotel.
  2. Menerima seluruh hasil penagihan utang dari Bill Collector.
  3.  Menerbitkan bukti penerimaan kas atas seluruh hasil penerimaan tunai dari Casir Outlet atau Bill Collector.
  4. Menyerahkan bukti penerimaan kas atas tagihan bill collector kepada AR Clerk.
  5. Menyetorkan hasil penjualan tunai kepada Bank Perusahaan.
  6. Menerima giro dari AP Clerk untuk pembayaran kepada supplier.
  7. Menerima Voucher Payment (bukti penjualan kas) dari AP untuk pembayaran supplier.
  8. Membayar seluruh tagihan atau kewajiban perusahaan.
  9. Menginformasikan kepada AP Clerk Realisasi Pembayaran Kas.
  10. Mencatat / membukukan seluruh penerimaan atau penjualan ke dalam buku kas / bank.
  11. Meminta atau mengambil rekening Koran dari bank atas nama perusahaan.

SOP (STANDARD OPERATING PROCEDURE) General Cashier
  1. General Cashier menyetor uang hasil pendapatan beserta giro dan cek setiap hari nya ke bank.
  2. Seluruh jumlah pendapatan di catat di buku kas.
  3. Setiap penyerahan atas tagihan, harus ada tanda terima penyerahannya, setelah itu General Cashier menerbitkan Form Bukti Penerimaan kas, setelah itu diserahkan ke AR’
  4. Voucher Payment di terbitkan oleh Account Payable.
  5. Voucher Payment diApprove oleh Chief Account dan General Manager (minimal 2 orang atasan), diterima oleh AP ( sebagai bukti pengeluaran kas ).
  6. Seluruh uang yang dikeluarkan oleh Voucher Payment harus di tanda tangani oleh penerima.
  7. Buku Kas di gunakan untuk mencatat semua pengeluaran kas.
  8. Buku Bank di gunakan untuk mencatat semua pengeluaran Bank.
  9. Supplier memberikan tanda terima untuk pembayaran kepada General Cashier, setelah itu General Cashier membuat form penerimaan dan di tandatangani oleh supplier.
  10. Rekening Koran di ambil oleh General Cashier, untuk dilakukan Bank Rekonsiliasi.
  11. Melakukan penutupan buku ( closing ) sebelum jam 3 dengan menerangkan Saldo Kas dan Saldo Bank.
  12. Mencatat kelebihan/kekurangan yang terjadi ketika penyetoran hasil pendapatan oleh Cashier Outlet, dan segera di tindak lanjuti.


Mengingat risiko pekerjaan seorang General Cashier ini berhubungan dengan uang milik hotel, maka seorang General Cashier haruslah orang yang teliti di dalam melakukan penghitungan dan pencatatan agar tidak terjadi selisih kas yang dapat merugikan keuangan hotel. Selain itu, di dalam melakukan pekerjaannya seorang General Cashier ini diberikan alat penghitung uang (mesin money counter) untuk memudahkan penghitungan jumlah lembar uang.

Itulah beberapa paparan mengenai posisi kerja sebagai seorang General Cashier. Jadi, seorang General Cashier ini haruslah teliti dan cermat di dalam mengelola kas milik hotel agar tidak terjadi selisih yang dapat menyebabkan kerugian keuangan.

Penelusuran yang terkait dengan General Cashier
  • gaji general cashier di hotel
  • general cashier summary adalah
  • laporan yang dihasilkan oleh general cashier
  • tugas general cashier pada hotel
  • laporan general cashier
  • makalah general cashier
  • sop general cashier
  • tugas kasir hotel

0 Response to "Pengertian General Cashier Beserta Tugas dan Peran General Cashier di Hotel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->