Pengertian Restoran Meliputi Tujuan , Fasilitas Restoran dan Macam - Macam Restauran Menurut Ahli

Admin
0

Pengertian Restoran


Industri jasa perhotelan yang juga dinamakan hospitality industri dengan menjual jasa keramah-tamahan yang terdiri dari akomodasi, food and beverage service.Maju mundurnya usaha perhotelan ditentukan oleh kedua unsur tersebut. Bahkan sebuah perusahaan perhotelan dapat dikatakan berhasil bila dalam mencapai tujuan pendapatan yang didapat dari food service lebih besar dari penjualan kamar.

Salah satu sarana untuk  melaksanakan food service industry  adalah restoran. Dalam  hal ini restoran yang ada dalam suatu hotel bukan hanya untuk memenuhi tamu-tamu hotel, tetapi juga menerima tamu-tamu dari luar hotel yang tidak ada kaitannya dengan akomodasi yang tersedia. Dalam penulisan ini penulis menitik beratkan pada pelayanan yang diberikan oleh sebuah restoran mengenai ruang lingkup dan permasalahan.

Restoran juga merupakan yang berdiri sendiri dimana sekarang ini banyak ditemukan berbagai macam restoran, seperti rumah makan, cafetaria dan lain-lain. Ciri pelayanan disesuaikan dengan jenis restoran, sedang-kan harga harus bersaing, maka disini peranan sebuah restoran semakin sangat penting dan saling berlomba untuk meningkatkan mutu makanan serta pelayanan dengan sebaik-baiknya dengan harapan dapat meraih tamu sebanyak-banyaknya.

Untuk mencapai hal tersebut pelayanan yang diberikan harus benar-benar diperhatikan mulai dari persiapan kerja sampai pada penyajiannya kepada tamu selain didukung oleh aspek aspek lain, seperti penampilan fisik restoran, penampilan menu, kebersiahn makanan dan peralatannya, untuk melengkapi penyajian pelayanan dalam menjual hasil pengelohan di restoran yang diperlukan pramusaji yang dapat memberikan pelayanan yang baik kepada tamunya. Mengingat pelayanan yang diberikan kepada tamu adalah kunci utama keberhasilan operasional restoran disamping aspek-aspek lainnya.

Restoran secara umum dapat didefinisikan sebagai ruang atau tempat yang diorganisir secara komersial untuk menyelenggarakan pelayanan berupa makan dan minum yang tersedia di dalamnya, maka restoran dalam sebuah perusahaan hotel merupakan sarana penjualan dan penyajian makanan dan minuman dalam sebuah hotel.



Tujuan Restoran

Tujuan operasional restoran adalah untuk mencari keuntungan dan membuat puas para konsumennya. Berdasarkan aspek dasar keberadaan, restoran memiliki empat tujuan sebagai berikut:
  • Perdagangan = Restoran berfungsi sebagai jasa penjualan dan pelayanan kepada pelanggan dari jenis produknya.
  • Keuangan = Restoran menjaga kelancaran dari berlangsungnya kegiatan merupakan perputaran dari biaya penanaman modal.
  • Kedudukan = Pengoperasian restoran yang utama adalah menyajikan berbagai jenis makanan dan penampilan suasana ruang restoran.
  • Kepraktisan = Restoran dalam penyusunannya menarik perhatian, penyajian dan pelayanan dari jenis usaha tersebut diharapkan dapat memberikan kepuasan.

Macam - Macam Restauran Menurut Ahli

Menurut Mertayasa (2012:3-5) pada hotel besar terdapat lebih dari satu restaurant, bahkan bisa mencapai 5-10 buah. Tetapi kalau kita kelompokakan akan dapat dibagi menjadi 2 yaitu:
1. Restaurant formal
Restaurant formal/dinning room adalah sebuah restaurant yang berpenampilan mewah, dengan pelayanan khusus dan harga mekanan yang mahal. Di samping itu menu yang dihidangkannya akan dipilih, tamu yang datang kesana adalah orang-orang yang mengenakan pakaian lengkap (full dress).

Ciri-ciri dinning room restaurant :
1. Penampilan restaurant kelihatan mewah
2. Terdapat alat-alat yang berkualitas baik dan indah
3. Service yang digunakan adalah french service dan rusian service
4. Menu yang disajikan adalah menu pilihan
5. Kemampuan waiter harus baik
6. Tamu pilihan dan pakaian lengkap
7. Waktu buka lebih banyak untuk dinner
8. Entertainment/musik yang sendu dan apik
2. Restaurant sederhana/unformal
Adalah restaurant yang penampilannya sederhana dan mengutamakan pelayanan yang cepat (quick service). Restaurant ini sangat banyak terdapat di dalam hotel dan luar hotel.
Restaurant dapat dibagi menjadi :
a. Coffe Shop/Brasserie
Adalah suatu restaurant yang pada umunya terdapat dalam hotel dengan menghidangkan makanan International dan menggunakan pelayanan cepat. Restaurant ini akan dibuka 24 jam. Sekecil-kecilnya
hotel, harus memiliki coffe shop/restaurant yang beroperasi 24 jam untuk melayani tamu.
b. Cafetaria atau cafe
Adalah sebuah restaurant kecil yang menghidangkan makanan ringanseperti cake (kue-kue), kopi, teh, dan makanan terbatas.
c. Canteen
Adalah sebuah restaurant kecil dan tidak formal yang terdapat disekolah, kantor, yang dipergunakan untuk makan dan istirahat oleh karyawan dan mahasiswa. Makanan yang dijual sangat terbatas dan
pelayanannya sangat cepat.
d. Night Club/Supper Club
Adalah sebuah restaurant yang dibuka dimalam hari, yaitu diatas jam 23.00 dengan menggunakan pelayanan yang mewah da dekorasi yang megah. Makanan yang dihidangkan terbatas dan dilengkapi dengan bermacam-macam minuman campuran serta terdapat tempat melantai/menari.
e. Speciality restaurant
Adalah restaurant khusus yang dapat dilihat dari makanannya yang dihidangkan, dekorasi yang digunakan:
Contoh:
- Chinese Restaurant
- Seafood Restaurant
- Fizaria Restaurant


Fasilitas Restoran


Pada dasarnya peralatan-peralatan yang digunakan pada setiap restoran baik yang berada diluar maupun dalam hotel adalah sama. Dalam sebuah restoran harus tersedia perlengkapan dan peralatan dalam jumlah yang memadai yang akan menunjang kelancaran operasional di restoran, serta mempunyai mutu dan penampilan yang baik karena citra restoran dapat dibangun melalui kualitas perlengkapan dan peralatan yang disediakan. Dari jumlah peralatan yang begitu banyak dijumpai di restoran, dapat digolongkan menjadi beberapa jenis berikut:

 

Perlengkapan Restoran

Perlengkapan yang mutlak yang harus disediakan adalah :
  • Meja dengan berbagai ukuran dan bentuk yang bervariasi
  • Kursi yang disesuaikan dengan jenis restoran
  • Side stand/board adalah perlengkapan yang berbentuk meja atau lemari/ rak,sebagai alat bantu pelayanan yaitu tempat penyimpanan pelayanan dan bumbu-bumbu.Memiliki kotak atau laci dan dikelompokkan menurut
  • Dispencer counter berupa sebuah meja panjang yang biasanya diletakkan ditempat yang strategis di sudut ruangan restoran.Fungsinya juga sebagai tempat meletakkan sementara makanan yang baru diterima dari dapur atau meletakkan peralatan kotor sebelum dikirim ke dishwashing
  • Gueridon adalah kereta dorong untuk membawa makanan dalam jumlah yang banyak,juga untuk keperluan clear-up peralatan dari meja

Perlengkapan Meja Makan (Table Accessories)

Yang termasuk perlengkapan meja makan ini adalah salt and pepper shaker, ashtray,flower vase, table number, creamer/milk jug, napkin, sugar bowl dan sugar spoon,tootholder, candle holder, jam dish and spoon.

Peralatan Makan (Equipment)

Peralatan makan yang dipergunakan pada bagian restoran cukup banyak jenisnnya sehingga dapat digolongkan menjadi beberapa jenis, yaitu :
  • Silver ware/cutlery adalah alat-alat sejenis pisau yang digunakan untuk kepentingan potong memotong. Silver ware terbuat dari bahan stainless steel atau bahan perak,bentuknya berupa garpu,sendok makan dan
  • China ware adalah peralatan pecah belah yang terbuat dari keramik, porselin atau tembikar dan untuk keperluan operasional restoran. Pada suatu restoran digunakan satu model china ware saja, tapi tidak tertutup kemungkinan sebuah restoran menggu nakan beberapa china ware.Alat ini berupa piring (plate), cangkir (cup & saucer).
  • Glass ware adalah peralatan restoran yang digunakan untuk minum dan terbuat dari bahan jenis kaca. Adapun jenisnnya adalah seperti champagne, wine glass,high ball glass,water goblet. 4 . Linen Meja Makan



Penelusuran yang terkait dengan Restoran
  • pengertian restoran dan jenisnya
  • restoran terdekat
  • restoran di bandung
  • perbedaan restoran dan rumah makan
  • gambar restoran
  • restoran jakarta
  • nama restoran
  • restoran jepang

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close