Pengertian Public Area Meliputi Job Description dan Hubungan PA Dengan Seksi Lain Departemen Berbeda

Hubungan PA Dengan Waiters, baquet, Sales MArketing, Enginnering,  dan Security

Pengertian Public Area

Public area berasal dari kata public dan area yang mempunyai arti masing-masing yaitu : public adalah umum dan area adalah area, kawasan, atau daerah.
Jadi public area itu berarti area umum atau daerah umum, kawasan umum. Jadi area umum itu area yang dapat dilalui oleh siapa pun tanpa terkecuali.

Public area section adalah salah satu bagian yang berada dalam Housekeeping department yang menangani semua urusan mengenai kebersihan, kerapian, kelengkapan, kenyamanan, semua area umum yang berpengaruh terhadap ketertarikan tamu untuk memakai jasa di dalam hotel. Public area section sangat berpengaruh besar terhadap pemasukan dan operasional kerja di dalam hotel, karena dengan adanya section ini kebersihan area yang dilalui oleh tamu tetap terjaga, dan tetap membuat tamu yang datang menjadi senang dan dapat beristirahat dengan tenang.
Tempat-tempat yang dijaga kebersihannya oleh seorang public area meliputi : toilet, lobby, basement, office, dan semua area yang menjadi perhatian penting untuk menarik tamu datang kedalam hotel.

Pengertian dari Public area adalah bagian dari housekeeping yang menangani kebersihan dan kerapian area-area umum hotel, kebersihan dan kerapian hotel yang banyak dikunjungi oleh tamu. Segala macam urusan kebersihan yang berada di kawasan umum di kerjakan oleh bagian Public Area, agar memberikan kesan bersih dan nyaman pada lingkungan hotel dan membuat tamu yang datang memiliki kesan yang baik terhadap hotel tersebut.



 Job Description Public area

Bagian department Housekeeping yang bertugas dalam membersihkan area umum.
  1. Bertanggung jawab atas kebersiahn public area sesuai dengan standar prosedur yang ditentukan.
  2. .Memberikan penugasan dan arahan terhadap yugas-tugas yang harus dijalankan oleh public area attendant,night cleaner,toilet attendant,florist serta bahwa pelaksanaan kerja dijalankan sesuai dengan standar yang ditentukan.
  3. Memeriksa daftar staff public area setiap hari.
  4. Memeriksa secara teliti atas ruangan-ruangan restoran,bar,ruang rapat,dan sebagainya yang telah di kerjakan staff pada hari itu.
  5. Membuat laporan Maintenance request kepada engeneering dan menindak lanjuti area-area,fasilitas,atau peralatan atas kerusakan,mengawasi pengerjaan,dan memeriksa kembali hasil penerjaannya.
  6. Bertanggung jawab terhadap biayadan penggunaan barang-barang keperluan seperti cleaning agent,supplies,dan equipment.
  7. Membuat program pelatihan terhadap staff public area secara rutin.
  8. Menjalankan prosedur keamanan,keselamatan,higienis,dan sanitasi baik untuk kepentingan umum,kepentingan tamu,orang lain dan diri sendiri.
  9. Melengkapi laporan dalam Public Area Supervisor Log Book setiap shift.
  10. Menjalankan tugas yang diberikan oleh Public Area Housekeeper,atau floor housekeeper.


 Hubungan PA Dengan Seksi Lain Dalam House Keeping

  1. Kerjasama dengan Floor Section : Memberikan work order kepada PA dan Membantu sesuai work order yang diterima
  2. Kerjasama dengan Linen dan Uniform: Menyiapkan seragam yang bersih, rapi dan harum dan Memperbaiki seragam apabila robek atau rusak, Mengambil secara rapi dan meletakkan di tempat yang disediakan seusai memakai seragam, Memberitahukan kepada Linen dan Uniform mengenai pakaian yang rusak atau robek.
  3. Kerjasama dengan Laundry Section: Membersihkan seragam agar harum dan bersih dan Membersihkan alat kerja bawaan PA seperti lap,  Memberitahukan laundry section apabila ada tamu yang ingin laundry, Meletakkan alat kerja bawaan seperti lap ke tempat yang disediakan laundry section

Hubungan PA Dengan Seksi Lain Departemen Berbeda

Kerjasama dengan waiter
  • Mengambil alat makanan dan minuman yang dipakai tamu di area tamu seperti meja di lobby dan restaurant
  • Meminta bantuan PA menambah meja dan kursi di restaurant, serta menguranginya jika tidak perlu lagi.
  • Melaporkan kepada waiter bila ada barang-barang (sendok, piring, gelas dan lain-lain) yang dipakai oleh tamu agar segera diambil.
  •  Menyampaikan kepada waiter, bila ada pemesanan makanan dan minuman dari tamu.
Kerjasama dengan banquet
  • Mengirim “Banquet Even Order” kepada PA untuk membuat lay out di dalam Banquet Hall atau Meeting Room.
  • Meminta bantuan PA menambah meja dan kursi di Ballroom atau Banquet Hall atau Meeting Room., serta menguranginya jika tidak perlu lagi.
  • Memberitahukan PA agar membuka lay out membersihkan ruangan jika event sudah selesai.
  • Menyediakan, merawat dan menyimpan linen supplies yang digunakan Food and Beverage Department seperti :Taplak meja (table cloth), Serbet makan (napkin), Alas meja di bawah taplak (multon)
  • Membantu banquet membuat lay out di Banquet Hall.
Kerjasama dengan sales marketing
  • Memberitahukan kepada PA, bila akan diadakan confrensi, seminar, lokakarya, rakor dan lain-lainnya di Conference Hall, Function Room atau Marketing Room.
  • Memberitahukan kepada PA jika ada perubahan jumlah peserta maupun lay out, menentukan jumlah penataan meja/kursi dalam ruangan.
  • Membersihkan office marketing dan ruangan/function room yang akan digunakan untuk acara-acara pertemuan.
  • Melakukan perubahan lay out seperti yang dikehendaki oleh tamu yang memesan.
Kerjasama dengan Enginnering
  • Perbaikan terhadap mesin-mesin yang digunakan oleh PA.
  • Melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang di kehendaki oleh PA berdasarkan WO (work order) yang diterima.
  • Memasang alat-alat mesin sebagai sarana kerja Housekeeping Department.
  • Memberitahukan cara-cara pengoperasian alat-alat tersebut serta cara perawatannya.
  • Memasang perlengkapan untuk acara-acara rapat pertemuan dan lain-lain.
  • Melaporkan kerusakan-kerusakan yang terjadi di lingkungan kerja seperti kerusakan alat-alat kerja, mesin-mesin, dan lain-lain.
  • Membuat dan mengirimkan WO (work order) kepada Engineering Department untuk perbaikan kerusakan, membuat sarana kerja yang diperlukan oleh Housekeeping Department.
Kerjasama dengan Security
  • Melakukan pengamanan kepada seluruh area kerja PA dan ikut memantau agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta memantau keluar masuknya tamu dari maupun ke hotel dan mengawasi tamu-tamu yang mencurigakan.
  • Melakukan “body checking” karyawan-karyawan yang pulang setelah selesai bertugas dan menangani barang-barang yang hilang.
  • Melaporkan kepada security apabila ada tamu yang mencurigakan, memberitahukan kepada security bila ada tamu VIP check in, serta kamar-kamar berapa yang akan ditempati.
  • Memberitahukan security dan melaporkan jika bawaan barang-barang keluar hotel (khususnya milik housekeeping) untuk keperluan out side carteting, rapat-rapat dan lain-lain.
 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Public Area Meliputi Job Description dan Hubungan PA Dengan Seksi Lain Departemen Berbeda. Semoga Artikel Ini Bermanfaat dan Jangan Lupa di Share. Trimakasih

0 Response to "Pengertian Public Area Meliputi Job Description dan Hubungan PA Dengan Seksi Lain Departemen Berbeda"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->