close

Pengertian Minibar dan Prosedur Kerja Minibar di Hotel Terlengkap

Pengertian Minibar

Pengertian Minibar

Minibar adalah pelayanan minuman (softdrink dan akoholic drink) dam snack untuk tamu yang disediakan secara pribadi didalam kamar hotel. Petugas yang memeriksa dan melengkapi minibar tesebut disebuut minibar attendant. Minibar akan diperiksa oleh minibar attendant setiap hari dan semua makanan maupun minuman yang telah dikonsumsi tamu akan dilengkapi kembali, system pembayarannya sesuai dengan makanan danminuman yang dikonsumsi tamu tersebut.

Untuk tamu tamu-tamu yang akan check out, minibar akan diperiksa dan dilaorkan minibar attendant ke front office cashier untuk dimasukkan ke dalam rekening tamu tersebut. Ada beberapa hotel pelayanan minibar dibebankan kepada housekeeping, dimana pengecekan kelengkapan minibar items dilakukan oleh room attendant, namun demikian ada juga hotel yang membebankan minibar service kepada food and baverage service. Semuanya tergantung pada kebijakan dan peraturan hotel masing-masing.

 Baca Juga: Pengertian Extra Bed Beserta Pelayanan Tempat Tidur Tambahan (Exra Bed) dan Prosedurnya

Pemeriksaan Minibar

Hal-hal yang harus diperhatikan berkaitan mengenai minibar yaitu:
  • Items yang ada harus sesuai dengan bill (minibar list).
  • Waktu pemeriksaan minibar harus benar, untuk minuman seal atau tutupnya harus dalam keadaan baik.
  • Tidak terdapat barang yang kadaluwarsa (expired).
  • JIka item telah dikonsumsi harus segera disiisi (refill) kembali.
  • Semua barang yang telah dikonsumsi tamu harus segera dilaporkan ke front office cashier dengan dilampiri minibar bill.
  • Minibar list akan diperiksa oleh accounting.
  • Copy yang berada di housekeeping untuk file dan sebagai dasar untuk melengkapibarang yang telah terkonsumsi.

Di setiap akhir shift minibar attendant harus membuat laporan minibar yang terkonsumsi pada haari itu (minibar summary), dengan perincian berapa items minibar yang laku dan berapa rupiah pendapatannya (revenue). Laporan ini dilaporkan ke accounting

 

Prosedur Pembebanan Minibar

1.Kamar yang disewa (occupied room)
Semua minuman yang dikonsumsi tamu dicatat dalam minibar bill yang dibuat tiga rangkap, yakni:
  • Asli (bill putih) untuk tamu.
  • Salinan pertama (bill merah) dikirim ke front office cashier.
  • Salinan kedua ( bill biru) untuk file sebagai dasar untuk melengkapi minibar yang telah dikonsumsi tamu.

2. Kamar yang check out

Sebelum tamu check out, minibar akan diperiksa oleh minibar attendant secara teliti, kemudian minibar bill diisi dan segera dikirim ke front office cashier. Selanjutnya berdasarkan catatan pada salinan minibar bill, items di minibar dilengkapi seperti semula.


3.Tamu yang pindah kamar (room change)

Minibar attendant akan memriksa kamar yang tamunya pindah ke kamar yang baru. Jika ada minuman yang dikonsumsi maka segera dibuatkan bill dan akan dikirim ke front office cashier.

 

Persediaan Minibar

Apabila persediaan minbar sudah hampir habis maka pihak minibar akan meminta persediaan minuman pada pihak gudang (store). Minuman diambil dari gudang baru kemudian disimpan di minbar.

 

Minibar Inventory

Jumlah minuman pada minibar tiap akhir bula diperiksa kembali dan diperhitungkan sebagai berikut:
  • Semua persediaan minibar dikamar dijumlah.
  • Semua persediaan minibar digudang dijumlah.
  • Total makanan dan minuman yang sudah dikonsumsi tamu dijumlah.
  • Selanjutnya dimasukkan dalam daftar minibar inventory.

 

Macam-Macam Formulir Minibar


a. Minibar Bill

Minibar bill adalah formulir yang berguna untuik mencatat minnuman yang tersedia dikamar. Jika tamu mengosumsi minuman atau makanan maka jumlah dan jenisnya, harganya, nomor kamar, dan nama tamu dicata pada formulir ini. Bila bill asli dikirim ke front office cashier untuk dimasukkan ke dalam rekening tamu, salinan bill yang lain diarsipkan di minibar office.

b. Daily Sales Report

Daily salaes report dalah formulir yang digunakan untuk mencatat semua minuman yang terjual.

c. Daily Late Charge Report

Daily late charge report adalah formulir untuk mencatat semua minuman minibar yang ada di kamar yang telah dikonsumsi tamu, tetapi tidak terbayar. Terjadinya late charge anatar lain disebabkan karena:
  •  Petugas terlambat dalam memberikan laporan minibar bill ke front office cashier.
  • Tamu skipper (tamu kabur dari hotel).

Kerusakan Pada Minibar

Apabila terjadi kerusakan pada isi minibar, maka minuman tersebut diganti dengan minuman yang masih bagus. Kerusakan yang terjadi pada minuman dapat disebabkan karena kaleng berkarat, kaleng penyok, atau minuman sudah kadaluwarsa



Penanganan Pemeriksaan Mini Bar

Pelayanan Mini Bar biasanya bertujuan untuk memberikan kemudahan bagi tamu yang memerlukan soft drink/minuman ringan dan makanan kecil lainnya di kamar. Sehingga tamu tidak perlu membuang waktu keluar kamar atau hotel untuk membelinya, disamping itu juga akan mendatangkan keuntungan dari hasil penjualan soft drink dan snacknya.
Agar minibar di kamar dapat ditangani dengan baik sehingga dapat mencegah terjadinya kehilangan atau late charge terhadap minibar.
Minibar disediakan di kamar beserta daftar minuman serta daftar snack yang tersedia disertai dengan minibar list/voucher yang merupakan bukti pembayaran untuk tamu. Front office cashier akan menagihkan bila mana tamu tersebut check-out. Housekeeping clerk atau order taker akan membuat laporan penjualan dan kehilangan mini bar berdasarkan jumlah minuman yang diambil oleh room attendant untuk melengkapi kamar. (Tugas ini biasanya diberikan kepada seksi/bagian mana saja yang telah ditetapkan oleh pihak hotel.)

Prosedur dan tanggung jawab

Housekeeping Office/Order Taker
  • Order taker menginformasikan kepada supervisor tentang kamar yang akan check out.
  • Mengambil salinan bukti pembayaran minibar di kasir.
  • Membuat daftar menibar yang terjual
  • Menyimpan daftar minibar yang terjual
  • Membuat bukti kehilangan yang disetujui oleh housekeeper supervisor dan front office cashier jika minibar tak terbayar
  • Membuat daftar minibar hilang
  • Menyimpan daftar minibar yang hilang.

Floor Supervisor
Segera menyampaikan kepada room attendant untuk segera mengadakan pemeriksaan terhadap kamar yang check out.

Room attendant
  • Meminta ijin kepada tamu untuk memeriksa minibar
  • Memeriksa minibar di kamar
  • Room attendant segera mendaftarkan ke cashier tentang minibar yang dikonsumsi oleh tamu.
Catatan:
  • Jika pada saat akan memeriksa minibar, tamu tidak mengijinkan maka room attendant menyampaikan kepada cashier.
  • Jika ketika akan diperiksa ternyata tamu tidak berada dalam kamar maka room attendant langsung memeriksa minibar.


Isi minibar hotel

Minibar merupakan salah satu fasilitas yang disediakan hotel. Minibar ini berupa kulkas kecil yang terdapat di dalam kamar hotel dan berisi minuman dan makanan bagi pengunjung hotel. Biasanya di dalam kulkas mini tersebut terdapat beberapa botol air mineral, soft drink, dan makanan ringan. Tapi jangan salah, minuman dan makanan yang terdapat di mini bar ini tidak gratis alias berbayar. Biasanya harga minuman dan makanan ringan di mini bar ini lebih mahal, jadi ambillah makanan dan minuman di minibar ini seperlunya saja, jangan sampai tagihan kamar hotel kamu membengkak nantinya.


Penelusuran yang terkait dengan Prosedur Kerja Minibar di Hotel
  • mini bar kamar hotel
  • isi minibar hotel
  • fungsi mini bar di kamar hotel
  • minibar hotel gratis
  • sebutkan 5 peralatan yang ada di order taker
  • fungsi mini bar di hotel
  • sebutkan 5 item yang ada di mini bar
  • minuman di kulkas hotel

0 Response to "Pengertian Minibar dan Prosedur Kerja Minibar di Hotel Terlengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->