close

Pengertian Housekeeping Meliputi Tanggung Jawab, Tugas dan Ruang Lingkup | Materi Perhotelan

Sumber Img : freepik.com

Pengertian Housekeeping

Definisi Housekeeping menurut Djohan, T.M (1993)adalah salah satu bagian yang ada didalam hoetl yang menangani hal-hal terkait dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan seluruh kamar juga seluruh areal umum agar seluruh tamu dan karyawan dapat merasa aman dan nyaman di dalam hotel.
Definisi Hotel menurut Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi No. KM3/PW/003/MPPT86 adalah salah satu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruhnya jasa lainnya bagi umum yang dikelola secara komersil.
Pengertian housekeeping lainnya adalah salah satu departement yang berada di sebuah hotel yang mementingkan kelengkapan, kebersihan, kamar, keselamatan, kelestarian lingkungan pada area hotel baik dalam hal operasional ataupun administrasinya.


Tugas  Housekeeping

Adapun tugas seorang housekeeping dalam suatu hotel antara lain:

Pagi Hari
  • Menghubungi F.O untuk memperoleh informasi tentang kamar VIP dan check out room sebelum memulai tugasnya, lalu mengirimkan laporan itu ke masing-masing Supervisor.
  • Melakukan pemeriksaan dan pencatatan barang yang rusak atau hilang.
  • Membagi cleaning supplies ke masing-masing floor.
Sore Hari
  • Bertanggung jawab kepada jalannya pekerjaan di waktu sore hari utamanya jika Executive Housekeeper sedang tidak ada.
  • Membuat housekeeping evenenig shift report.
  • Mengisi log book untuk housekeeping morning shift utamanya jika ada pesan penting.
Selain itu tanggung jawab dan tugas dari housekeeping yaitu:
  • Melakukan pemeliharaan dan membersihkan kamar-kamar tamu di hotel.
  • Selalu menjaga kebersihan area umum hotel atau public area
  • Membuat laporan status kamar pada bagian front office
  • Menjaga kebersihan linen hotel
  • Selalu merawat peralatan kerja housekeeping
  • Menata kamar supaya dapat digunakan agar terlihat indah dan bersih.
Dalam hotel housekeeping departement dibagi menjadi beberapa seksi atau section yaitu:Room Section
  • Public Area Section
  • Room Attendant
  • Laundry Section
  • Linen Section dan Storekeeper
  • Florist
  • Gardener
  • Dan lain-lain



Ruang Lingkup & Tanggung Jawab Departemen Housekeeping terhadap Hotel


Departemen Housekeeping memiliki beberapa bagian yang berada dalam lingkup tanggung jawabnya, yaitu :
1.      Room Division manager
Room Division Manager bertugas menangani segala sesustu yang berhubungan dengan kamar-kamar hotel.
2.      Executive housekeeper
Executive Housekeeper bertugas merencanakan program kerja, mengkoordinir pelaksanaan tugas pekerjaan di housekeeping, memimpin para supervisor maupun bawahan housekeeping, mengontrol kerja bawahan, bertanggung jawab atas standar kebersihan, membuat evaluasi kerja bawahan setiap tahun, menangani keluhan tamu, membuat laporan pada room division manager dan general manager.
3.      Asstant Excecutive Housekeeper
Assistant Executive Housekeeper bertugas membantu executive housekeeper, mengkoordinir para supervisor dan bawahan, melaksanakan program kerja, memimpin dan membuat daftar kerja bawahan, mewakili excecutive housekeeper saat berhalangan, mengajukan pembelian alat-alat, chemical, perlengkapan tamu, mengontrol pemakaian alat-alat, chemical, dll.
4.      Order taker
Order Taker bertugas menerima informasi baik dari luar hotel maupun dari dalam hotel dan menyampaikannya kepada orang yang berkepentingan tersebut. 
5.      Floor atau Geust Rooms
Bagian ini bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan  pemeliharaan kamar tamu. Dalam beberapa hotel, pengaturan tanggung jawab Floor ini termasuk kepada area koridor setiap lantai.
Petugas-petugas yang ada dalam bagian ini adalah :
a.      Floor Housekeeper atau Floor Section Manager
b.      Floor Supervisor
c.       Room Attendant
6.      Public Area
Bagian ini bertanggung jawab terhadap kebersihan, perawatan dan pemeliharaan area-area dan fasilitas umum yang ada di hotel. Dalam beberapa hotel memiliki kebijakan dengan memberikan area koridor lantai dalam tanggung jawab public area. Fasilitas tersebut bervariasi tergantung dari kriteria hotel tersebut.
Fasilitas itu antara lain :
a.    Lobby area (area Lobby)
b.    Public toilet (toilet umum)
c.    Restaurant (restoran)
d.    Bar
e.    F&B Outlets (outlet food & beverage lainnya)
f.    Meeting/conference Room ( Ruang rapat/konferensi)
g.    Ballroom
h.    Bussiness center (Pusat pelayanan bisnis)
i.     Fitness & Health center (Pusat kebugaran)
j.     Swimming pool (kolam renang)
k.    Parking Area (Area Parkir0
l.      Geust lift
m.   Serevice lift
n.    Back office, executive office atau management office
o.    Employee locker room
p.    Employee corridor
q.    Employee dinning room (koridor kantin)
r.    Dan sebagainya
Petugas-petugas yang berada dalam bagian ini antara lain :
1)    Public Area Supervisor atau houseman supervisor
2)   Public Area Attendant
3)   Toilet Attendant
4)   Night Cleaner
5)   Gardener Floris
7.      Linen/Uniform
Bagian ini bertanggung jawab terhadap penyediaan, penanganan, penyimpanan dan pemeliharaan linen atau lena yang yang digunakan oleh departemen-deprtemen terkait, seperti Floor section, Banquet dan Food & beverage service dan uniform untuk pakaian seragam karyawan hotel.
Petugas-petugas yang berada dalam bagian ini antara lain :
a.      Linen Supervisor
b.      Uniform Supervisor
c.       Linen Attendant
d.      Uniform Attendant
e.       Tailor/Seamstress
8.      Laundry
Bagian ini bertanggung jawab dalam hal penanganan dan penyediaan jasa pencucian dan pemeliharaan baik untuk Geust Laundry maupun House Laundry adalah linen (lena) yang digunakan oleh housekeeping maupun departemen lain, seperti banquet sevice dan F&B service, serta penanganan uniform atau pakaian seragam kerja unytuk seluruh karyawan hotel.
Petugas-petugas yang berada didalam bagian ini antara lain :
a.      Laundry Manager
b.      Assistant Laundry manager
c.       Laundry Supervisor
d.      Geust laundry supervisor
e.       House laundry supervisor
f.        Valet
g.      Washer
h.      Presser
i.        Ironer
j.        Marker
k.       Checker



Demikian Materi Perhotelan Tentang Pengertian Housekeeping Meliputi Tanggung Jawab, Tugas dan Ruang Lingkup Semoga Materi Ini Bermanfaat Bagi Yang membutuhkan.


Penelusuran yang terkait dengan housekeeping
  • gaji housekeeping
  • tugas housekeeping
  • tujuan housekeeping
  • bagian bagian housekeeping
  • ruang lingkup housekeeping
  • perbedaan housekeeping dan cleaning service
  • housekeeping hotel artinya
  • pengertian housekeeping dalam bahasa inggris

0 Response to "Pengertian Housekeeping Meliputi Tanggung Jawab, Tugas dan Ruang Lingkup | Materi Perhotelan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->