close

Pengertian housekeeping Meliputi Room Section, Struktur Organisasi dan Tugas House Keeping Department

Materi Lengkap housekeeping Via : Ilmuips.my.id

Pengertian housekeeping

Housekeeping atau dalam bahasa Indonesia disebut Tata Graha merupakan salah satu departemen yang berada di dalam divisi yang disebut Room Division atau Divisi Kamar. Departemen lain yang berada dalam Divisi Kamar adalah Front office atau Kantor Depan. Jadi ketika akan mengambil suatu pilihan, daftar Housekeeping tidak tertera, melainkan nama Rooms Division yang terdapat di daftar selain Food and Beverage Service, Food & Beverage Product, Bakery and Pastry Production, Tours and Travel dan sebagainya.

Bagian yang bertanggung jawab dalam hal penyediaan dan pemesanan kamar adalah Front office Department atau Departemen Kantor Depan.Sedangkan bagian yang bertanggung jawab terhadap pelayanan jasa kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar serta area-area umum adalah Housekeeping Department atau Departemen Tata Graha. Dalam lingkup Housekeeping ini, Laundry atau Binatu merupakan satu bagian di dalamnya yang bertanggung jawab terhadap jasa pelayanan pencucian pakaian tamu serta pencucian, penyimpanan dan pemeliharaan linen yang digunakan oleh Housekeeping maupun departemen lain.

Housekeeping department

Houseman Section

 Bagian Houseman Departement Housekeeping merupkan salah satu bagian yang berperan penting pada sebuah Hotel seorang Houseman atau disebut    denagan    Departement Housekeeping sesuai denagan SOP (Standar Operasional Prosedur) merupakan salah satu yang bertanggung jawab memberikan sambutan dengan baik dan nyaman terhadap tamu dalam mencari ruangan.Di situ dipasang pula standing ashtray serta pot-pot tanaman,baik yang tinggi maupun pendek dan memanjang dengan tanaman yang bagus sebagai hiasan.Di sana-sini juga ditempelkan hiasan dinding.
Houseman Section adalah suatu bagian di Housekeeping yang tugasnya menangani pembersihan dan tanggung jawab atas kebersihan seluruh lingkungan hotel, kecuali kamar tamu dan dapur. Adapun lingkungan yang menjadi tanggung jawabnya antara lain ruang rapat, ruang kantor, lobby, gang-gang atau koridor, lift, elevator, restoran, public space, toilet umum dan toilet karayawan, minor department, kebersihan ruangan locker karayawan, dinding, jendela dan tirai, termasuk pembuangan kotoran (rubbish) dan sebagainnya. Section ini dipimpin oleh seorang chief houseman yang dibantu oleh dua orang atau tiga orang houseman supervaisor, serta puluhan houseman atau house-maid atau toilet attendant (Abd. Rachaman Arief. 2005).

Room Section

Adalah sebuah seksi yang bertugas dan bertanggungjawab terhadap kebersihan, kerapian dan kelengkapan kamar-kamar tamu. Biasanya seksi ini dikepalai langsung oleh Assistant Chief Housekeeper.

Assistant Chief Housekeeper ini bertugas dan bertanggungjawab meliputi:
  • Melaksanakan program kerja.
  • Mengkordinasikan Assistant manager, Supervisor dan bawahan lainnya.
  • Membuat evaluasi kerja bawahannya.
  • Memimpin dan membuat jadwal kerja untuk para Assistant manager atau supervisornya.
  • Membantu dan bekerjasama kepada Chief Executive Housekeeper untuk program kerja.
  • Mengawasi dan mengontrol hasil kerja bawahannya.
  • Menyelesaihan masalah yang timbul baik dari internal department maupun tamu.
  • Salah satu pembuat keputusan setelah Chief Housekeeper.
  • Mengajukan pembelian peralatan dan perlengkapan untuk operasional.

Adapun tugas dan tanggungjawab seorang Assistant Manager adalah :
  • Memberikan arahan kepada seluruh Floor Supervisor di awal shift
  • Membagikan tugas kerja kepada seluruh Floor Supervisor.
  • Memeriksa kesiapan kamar untuk kedatangan tamu VIP.
  • Mengkontrol dan supervisi kinerja bawahan.
  • Mengumpulkan semua report dan mem-follow up kerusakan dan kesiapan kamar melalui   Floor Supervisornya.
  • Memberikan laporan kinerja bawahan kepada atasan.

Adapun tugas dan tanggungjawab seorang Floor Supervisor adalah :
  • Mempersiapkan lembaran kerja/worksheet Room Attendant.
  • Mengawasi, memeriksa dan membagikan tugas-tugas Room Attendant.
  • Memeriksa kebersihan, kerapihan dan kelengkapan seluruh kamar hotel.
  • Mengubah status kamar untuk siap di pakai oleh tamu.
  • Membuat laporan mengenai kerusakan barang.
  • Mengajukan job order ke bagian engineering untuk perbaikan.
  • Mengkontrol barang-barang perlengkapan kamar tamu dan inventarisasi barang.
  • Membuat jadwal kerja Room Attendant.
  • Membuat program kerja untuk pemebersihan secara berkala baik harian, mingguan dan bulanan.
  • Membuat laporan kerja harian pada logbook.
  • Memastikan dengan memeriksa kerapihan dan kebersihan Room Attendant ( well Groomed standard).

Adapun tugas dan tanggungjawab seorang Room Attendant adalah:
  • Menjaga kebersihan dan kerapian diri dan tepat waktu.
  • Menjalankan tugas yang diberikan oleh atasan dengan baik.
  • Membersihkan seluruh kamar sesuai dengan tugas yang telah diberikan oleh atasan.
  • Bertanggungjawab atas peralatan dan perlengkapan yang dimilikinya.
  • Melaporkan setiap kerusakan barang atau barang kehilangan kepada atasannya.
  • Bertanggungjawab atas kenyamanan tamu.
  • inventarisasi peralatan dan perlengkapan di masing-masing trolley dan pantry pada tiap bulannya.
  • Membuang sampah pada tiap akhir tugasnya ke lokasi yang sudah ditentukan.
  • Melakukan Turn down service pada shift sorenya.
  • Memberikan atau menyediakan pelayanan atau permintaan tamu seperti tambahan amenities, es      batu,adaptor dan lain-lain.
  • Memberikan dan menyelesaikan laporan kerja harian.
  • Mengajukan order barang amenities tiap harinya kepada runner.

Gardening Section

Gardener adalah bagian yang bertanggung jawab dalam hal pemeliharaan tanaman dan kebun yang ada di Hotel. Gardener Bertanggung Jawab dalam hal penyedian bunga atau kembang untuk dekorasi di kamar maupun di area hotel yang lainnya seperti Loby, Restoran, Rest Room. Gardener juga membibit atau mencangkok bunga untuk keperluan regenerasi tamanan. kerapian dan keindahan taman sangat tergantung dari sentuhan seorang gardener. tugas lainnya adalah memupuk dan menyiram semua tanaman yang ada di Hotel. Seorang Gardener memiliki Duties and Responsibilities terhadap hasil dan kinerjana sesuai Job Description yang sudah ditetapkan oleh atasannya atau Supervisor Gardener.

Tugas - Tugas atau Job Description Gardener.
  1. Memelihara keindahan Taman dan Kebun Hotel.
  2. Menjaga kebersihan area taman.
  3. Memupuk dan menyiram kebun sesuai jadwal.
  4. Mengganti dan Merawat bunga- bunga yang ada di area Loby Hotel.
  5. Responsibilities dalam Menyediakan Bunga atau Kembang untuk staff Office Housekeeping untuk keperluan Dekorasi.
  6. Memelihara bunga yang ada si sepanjang koridor hotel.
  7. Merawat bunga atau anggrek yang ada si Restoran.
  8. Mendekorasi Rest Room dengan bunga segar.
Standar Kerja Gardener.
  1. Membaca log Book untuk mendapatkan informasi terbaru.
  2. Menghadiri Briefing setiap saat.
  3. Menjaga standar dan kualitas kerja.
  4. Efisiensi menggunakan Bahan-bahan.
  5. Menjaga ketersediaan bunga untuk dekorasi
  6. Melaporkan segalah hal yang diperlukan oleh atasan.
  7. Melaksanakan Tugas-Tugas tambahan dari atasan.
  8. Memiliki List atau daftar Tools alat dan perlengkapan gardener.

Swimming Pool Section

Swimming pool section adalah suatu seksi di housekeeping yang bertugas menangani pemeliharaan,pembersihan kolam renang berserta perlengkapannya dan memberikan pelayanan kepada tamu-tamuyang memerlukan perlengkapan untuk berenang. Bagian ini di pimpin oleh swimming pool manager yang dibantu swimming pool supervisor. Di beberapa hotel Internasional swimming pool section ada di bawah naungan housekeeping department.


Uniform Section

Bagian linen & uniform adalah bagian yang bertanggung jawab untuk pengadaan dan penggantian linen untuk keperluan kamar , restoran , ruang pertemuan dan outlet lainnya .
menentukan sirkulasi linen kelancaran setiap outlet , oleh karena itu proses cuci untuk distribusi ke outlet harus dipastikan sesuai dengan standar yang ditetapkan .

Dalam sirkulasi normal linen,  kelancaran pengiriman linen kotor ke luandry atau pengiriman kain ke ruang cuci akan menentukan seberapa cepat distribusi linen - linen ke setiap outlet . Oleh karena itu , cara yang baik untuk menyimpan sheet dan linen parstock cukup untuk memperlancar proses distribusi linen .


Bagan Struktur Organisasi Housekeeping Department



Tugas house keeping department

  1. Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik, nyaman, dan aman.
  2. Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu, supaya tamu merasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel. 
  3. Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar. 
  4. Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum di hotel. 
  5. Melaporkan dan membawa lost and found pada supervisor.
  6. Mengenakan seragam hotel, sepatu dan kaus kaki yang ditentukan



Demikian Penjelasan Pengertian housekeeping Meliputi Room Section, Struktur Organisasi dan Tugas House Keeping Department semoga Artikel Ini Bermanfaat Buat Kalian Yang Membutuhkan.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian housekeeping
  • pengertian housekeeping dalam bahasa inggris
  • pengertian housekeeping manager
  • housekeeping hotel artinya
  • gaji housekeeping
  • ruang lingkup housekeeping
  • tugas housekeeping hotel
  • struktur organisasi housekeeping
  • housekeeping rumah sakit adalah

0 Response to "Pengertian housekeeping Meliputi Room Section, Struktur Organisasi dan Tugas House Keeping Department"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->