Pengertian Housekeeper Meliputi Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeper

Admin
0
Pengertian Housekeeper Beserta Tugasnya Via: kampungilmu.web.id

Pengertian Hosekeeping

Housekeeping atau Tata Graha adalah salah satu bagian atau department yang ada di dalam hotel yang menangani hal – hal yang berkaitan dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh kamar, juga area – area umum lainnya, agar seluruh tamu maupun karyawan dapat merasa nyaman dan aman berada di dalam hotel. Selain itu Housekeeping department merupakan bagian rumah tangga hotel yang bertugas membuat perencanaan, perawatan / pembersihan semua kamar tamu, ruang kantor, lobby, terrace, corridors, lift / elevator, toilet umum, public space, locker’s room, linen dan uniform rooms, halaman, taman, kolam renang dan ruang parkir.
 
  1. Menciptakan suasana hotel yang bersih ,menarik,nyaman ,dan aman. 
  2. Memberikan  pelayanan di  kamar  dengan  sebaik-baiknya  kepada  tamu, supaya tamumerasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel.
  3. Penyiapan ,penataan,dan pemeliharaan kamar-kamar. 
  4. Bertanggung  jawab  atas  pemeliharaan  kebersihan  seluruh  outlet  dan ruangan umum dihotel. 
  5. Melaporkan dan membawa lost and found pada supervisor 
  6. Mengenakan seragam hotel,sepatu dan kaus kaki yang ditentukan.


Pengertian Housekeeper

Housekepeer adalah pemimpin tertinggi dalam housekeeping secara struktur, housekeeper bertanggung jawab kepada Room Devison Manager  (RDM) atau langsung kepada General Manager . House keeper bertanggung jawab penuh terhadap operational housekeeping secara keseluruahan, bertanggung jawab atas segala kebershan dan keindahan Hotel.  Seorang Housekeeper harus selalu mampu dan puny aide-ide cemerlang terhadap segala permasalahan dalam operasional Housekeeping.

Tugas Housekeeper

  1. Membuat Budget untuk operasional Housekeeping satu tahun kedepannya.
  2. Menjaga dan memonitor penggunaan bahan chemical.
  3. Mengkordinir peredaran barang-barang linen
  4. Mengevaluasi barang linen yang tidak layak lagi digunakan untuk operasional.
  5. Membuat perencanaan pergantian barang-barang linen.
  6. Mengevaluasi kama-kamar yang perlu mendapat perbaikan atau renovasi.
  7. Mengecek asset-aset hotel yang ada dikeseluruhan bangunan hotel.
  8. Berkordinasi dengan assisten housekeeper tentang kesiapan kamar-kamar yang akan  dipergunakan hari ini.
  9. Mengevaluasi dan memberi  penilaian terhadap kenerja staff housekeeping.
  10. Mempromosikan staff yang dinilai berprestasi.
  11. Membuat jadwal untuk general cleaning untuk masing-masing section.
  12. Menjaga keharmonisan dalam tim housekeeping.
  13. Membuat jadwal dengan pihak keketiga selaku orang yang akan emgerjakan perbaikan atau renovasi pada bagian bangunan atau kamar hotel yang harus segera diperbaiki.
  14. Membuat perencanaan pembelian keperluan housekeeping lainnya.


1. Bertanggung jawab terhadap kebersihan, keindahan dan kenyamanan seluruh lingkungan dan area hotel, meliputi :
  • Kamar tamu hotel. 
  • Koridor setiap lantai. 
  • Public Area (lobby, restaurant, Pub/Lounge). 
  • Taman/garden (seluruh tanaman baik yang ada di pot maupun di hotel termasuk rumput). 
  • Seluruh office area (utility termasuk locker karyawan).
2. Menjaga seluruh investasi yang berada di bawah pengawasan Housekeeping Department.



Demikian Artikel Tentang Pengertian Housekeeper Meliputi Tugas dan Tanggung Jawab Housekeeper. Semoga Artikel Ini Bermanfaat dan jangan Lupa Share Artikel Ini.Trimakasih


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Housekeeper
  • pengertian housekeeping dalam bahasa inggris
  • gaji housekeeping
  • housekeeping hotel artinya
  • bagian bagian housekeeping
  • tugas housekeeping
  • housekeeping rumah sakit adalah
  • perbedaan housekeeping dan cleaning service
  • struktur organisasi housekeeping

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close