Pengertian House Man Meliputi Tugas dan Tanggung Jawab

Pengertian House Man Meliputi Tugas dan Tanggung Jawab

Pengertian House Man

Houseman Section adalah suatu bagian di Housekeeping yang tugasnya menangani pembersihan dan tanggung jawab atas kebersihan seluruh lingkungan hotel, kecuali kamar tamu dan dapur.Seksi kebersihan umum/houseman dalam struktur organisasi housekeeping sangat berperan dalam kebersihan sebuah hotel. Dalam kegiatan di hotel pada dasarnya untuk memberikan pelayanan kebersihan dalam perawatan menjadi tugas houseman crew.

Dalam struktur organisasi Housekeeping ,Houseman crew dibagi dalam Tiga shift,untuk memper lancar oprasional dalam setiap group dipimpin oleh seorang leader.Dalam setiap group terbagi jam kerja,leader akan bertanggung jawab atas tugas-tugasnya dalam setiap shift,

Shift 
  1. = Jam 08.00 - 15.00
  2. =Jam 15.00 - 23.00
  3. =Jam 23.00 - 08.00
Dalam Sttruktur Organisasi HouseKeeping, Housman Bertanggung jawab atas setiap Shiftnya Shift 1 dan Shift 2 Bertugas dusting,vacuming,glasswiping,membuang sampah,moping,membersihkan guest toilet dan employe toilet.Sedangkan shift 3 akan melaksanakan general cleaning.Pembagian Tugas houseman dalam struktur organisasi housekeeping adalah sebagai berikut;

1.Shift kerja pagi  houseman dalam struktur organisasi Housekeeping.

Dalam shift kerja 1(satu)/Morning shift akan lebih banyak mengandalkan houseman crew dibandingkan dengan shift yang lain,mengingat begitu banyak pekerjaan yang dilakukan pagi sampai siang hari.Bila ada pekerjaan yang belum selesai akan dilanjutkan shift berikutnya.



2.Shift kerja sore  houseman dalam struktur organisasi Housekeeping

Untuk mendapatkan kebersihan,Pemeliharaan kebersihan dilakukan terus menerus.Untuk shift kerja sore mempunyai tugas sebagai berikut: Selalu menjaga melanjutkan kerja pagi yang belum selesai,setelah selesai bisa melanjutkan membersihkan seluruh kantor management,mengontrol kebersihan lobi hotel,

3.Shift kerja Malam  houseman dalam struktur organisasi Housekeeping.

Dalam pekerjaan malam hari Houseman dalam struktur organisasi housekeeping melakukan tugas tanggung jawab membersihkan area-area tertentu,membersihkan pembersihan secara menyeluruh,dalam kegiatan ini disebut general cleaning, General cleaning meliputi;Pembersihan karpet lobi,pembersihan tangga,gang,dinding lobi,pembersihan ruang rapat,banguet setelah pesta,pembersihan loker karyawan.

Tugas dan Tanggung Jawab House Man

  1. Melaksanakan Kebersihan setiap Public Area, Offices, Lobby, Restaurant, Lounge, Bar, toilet, Meeting Room dan lain-lain.
  2. Mengecek dan melaksanakan kebersihan di luar area gedung hotel (garder, koridor depan Arcade/tempat yang disewakan setiap salon, tangga menujuswimming pool) dan sebagainya.
  3. Menjaga, merawat, menempatkan dan mengganti tanaman pot yang ditemaptkan atau dileketakkan di Public Area tersebut di atas pada point 1, untuk keindahan dan kenyamanan tamu yang datang dan melihatnya.

Tugas Pokok House Man

  1. Membersihkan seluruh Public Area (Office, lobby, restaurant, pub atau lounge, bar, toilet-toilet, meeting room, arcade dan lainnya).
  2. Membersihkan furniture, lantai, karpet, kaca-kaca, pintu dan bingkainya, astray di setiap meja dan standing astray yang ada di Public Area.
  3. Memelihara setiap perlengkapan atau peralatan yang digunakannya untuk bekerja.
  4. Set-up function, restaurant dan ruang pertemuan bilamana ada meeting, party dan lain-lain.
  5. Membuang sampah-sampah yang ada di setiap astray dan standing astray pada tempatnya.
  6. Merawat tanaman dan membersihkannya.
  7. Merubah dan mengatur kembali susunan tanaman yang sudah tidak sesuai lagi (kurang bagus).
  8. Membersihkan parkir area tamu (bekerjasama dengan gardener.
  9. Melaporkan segaka kerusakan, kehilangan, kejadian-kejadian yang tidak semestinya kepada HK Supervisor.
  10. Pada periode tertentu melaksanakan General Cleaning.
  11. Merencanakan dan melaksanakan Pest Control (supaya bersih dari nyamuk, lalat, tikus dan jenis serangga lainnya).
  12. Menerima atau melaksankaan perintah atasan.
  13. Bekerjasama yang baik dengan rekan kerja di Department HK dan Department lainnya.
  14. Membuat mini garden untuk meeting room.

Tugas Tambahan House Man

  • Membina kekompakan kerja yang harmonis dan menjalin kerjasama yang baik dengan department lainnya.
  • Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat.
  • Melaksanakan semua perintah atasan.
  • Menghadiri meeting atau briefing yang diselenggarakan atasannya.

Demikian Penjelasan tentang Pengertian House Man Meliputi Tugas dan Tanggung Jawab . Semoga Bermanfaat dan Jangan Lupa di Share. Trimakasih

Penelusuran yang terkait dengan houseman
  • siapa yang melaksanakan tugas-tugas di seksi houseman
  • perbedaan tugas antara houseman dan gardener
  • uraikan tugas seorang houseman dari shift pagi siang malam dengan benar
  • perbedaan houseman dan gardener
  • cari perbedaan tugas antara houseman dan gardener
  • apa saja tugas tambahan houseman section
  • sebutkan area yang menjadi tanggung jawab seksi houseman
  • uraikan tugas seorang gardener yang ada di hotel dengan benar

0 Response to "Pengertian House Man Meliputi Tugas dan Tanggung Jawab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->