Wajib Tahu Costcontrol Hotel Yang Meliputi Tugas, Tanggung Jawab dan tandard Control atau Pengawasan

Cost Control Hotel
Seiring dengan Perkembangan Bisnis Jasa Perhotelan & Restaurant yang Sangat Pesat sehingga sangat terbuka lebar Bagi Anda yang Ingin Berkarier di Perusahaan jasa Hotel & Restaurant Terutama di Departement Accounting, Khususnya sebagai Cost Controller Hotel. Untuk itu wajib bagi kita yang ingin berkarir sebagai Cost Control Hotel, mencari tahu apa saja tugas seorang Cost Control.

Tugas seorang Cost Control adalah melakukan control terhadap beban keuangan hotel. Kewenangan seorang Cost Control ini adalah membatasi jumlah pembelian dan permintaan pembelian yang berasal dari divisi lain agar tidak terjadi over budget. Selain itu, tugas Cost Control lainnya adalah memverifikasi data yang diinput oleh Purchasing dalam bentuk PO , dari Store keeper dalam bentuk Surat pengeluaran barang maupun surat barang masuk dan dari Recevier dalam bentuk Receiving Order (Surat penerimaan barang).

Purchase Order dan Receiving Order yang sudah lolos verifikasi dari Cost Control akan langsung diserahkan ke Staff AP untuk dilakukan pencatatan hutang.


1# Berikut adalah beberapa tugas utama dari Cost Control

  1. Mengatur dan melaksanakan proses inventory setiap bulan.
  2. Menerapkan semua kebijakan dan prosedur Cost control kepada semua department dan memastikan semua penghitungan  inventory  beserta bukti atau document pendukungnya.
  3. Reviewer – Comprehensive. Memastikan kebenaran dari setiap transaksi (terutama transaksi pengeluaran/ Pembelian)
  4. Comparing data.
  5. Double Control
Selain dari ke lima tugas utama cost control yang sangat membantu kita untuk mengontrol setiap alur proses keuangan dalam perusahaan, cost control juga memiliki  5 tanggungjawab  utama yang juga harus diketahui untuk memaksimalkan pengimplementasian cost control pada perusahaan.

2# Tanggung jawab cost controller :

  1. Mengawasi keluar masuk semua barang,Storekeepers dan  Receiving.
  2. Bekerjasama dengan Purchasing dalam hal pembelian harga barang serta penerimaan barang.
  3. Mengecek order pembelian ( PO) dan Market list
  4. Membuat laporan daily Flash Cost
  5. Melaksanakan inventory atau penghitungan  semua barang setiap bulan serta membuat laporan bulanan ( Cost of product )

3# Standard Control atau Pengawasan

  • Mengawasi  penerimaan barang yang dilakukan oleh receiving dalam penghitungan quantity dan kualitas barang berdasarkan form order pembelian atau market list.
  • Mengawasi dan memastikan barang yang keluar dari store  harus di sertai dengan document Store Requestion yang lengkap ( Quantity Requestion item, Stock onhand, tanggal, nama, tanda tangan )
  • Mengecek semua document pendukung untuk pembelian ( Purchase Order, Purchase Requestion, Market List, Cash Purchase dsb) untuk semua jenis pembelian.



Penelusuran yang terkait dengan Deskripsi Kerja Costcontrol di Hotel
  • tugas cost control accounting
  • pengertian cost control
  • job desk cost control perusahaan
  • cost control perusahaan manufaktur
  • gaji cost control hotel
  • tugas cost control proyek
  • contoh laporan cost control
  • apa fungsi dan tugas cost control pada sebuah hotel

0 Response to "Wajib Tahu Costcontrol Hotel Yang Meliputi Tugas, Tanggung Jawab dan tandard Control atau Pengawasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->