close

Pengertian Front Office Manager Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya

Pengertian Front Office Manager  Via: Klipingku.my.id

front office adalah salah satu department yang ada di hotel yang mempunyai tanggung jawab atas penerimaan pemesanan kamar, melakukan prosess kedatangan & keberangkatan dan merupakan department yang ada paling depan di hotel.

Selain itu front office merupakan department yang menjadi first impression dan kesan terakhir di hotel yang akan diingat oleh pelanggan.  Yang Kita Bahas di sini adalah mengenai Front Office Manager meliputi pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya. Mari Simak di Bawah Ini:


Baca Juga: Pengertian Assistant Front Office Manager Tugas dan Tanggung Jawab Assistant Front Office Manager


Front Office Manager

Tugas dan tanggung jawab dari seorang Manager Front Office adalah Mengawasi, mengatur dan mengontrol semua yang menyangkut operasional yang ada di Front office departemen. Seorang manager Front Office juga memiliki tanggung jawab dalam hal mengontrol pemakaian barang-barang yang  ada kaitannya dengan biaya operational serta menjaga standar mutu pelayanan terhadap tamu tetap terjaga dengan baik. 
Front Office Manager juga bertanggung jawab dalam hal kinerja seluruh staff Front office, memastikan bahwa semua staff mematuhi dan mengikuti semua peraturan perusahaan serta sepenuhnaya peduli terhadap keamanan dan keselamatan kerja dan efisinsi serta memelihara seluruh fasilitas hotel yang ada.
 
 
Uraian Tugas danTanggung Jawab
1.    Mengusahakan tercapainya occupancy hotel semaksimal mungkin, di usahakan tanpa mengurangi average rate sesuai dengan target perusahaan
2.    Memeriksa / meneliti reservasi individu maupun grup serta VIP
3.    Memperhatikan dan menjawab surat – surat yang di tujukan kepada Front Office Manager
4.    Meneliti ketepatan daily/weekly/monthly occupancy report
5.    Mengadakan inspeksi ruang secara teratur dengan executive Housekeeper dan Chief Engineering
6.    Memeriksa / meneliti laporan – laporan statistic tamu
7.    Memonitor kelancaran ketepatan pelayanan check in dan check out
8.    Merumuskan rekomendasi penyesuaian tariff kamar
9.    Mengadakan pengecekan secara teratur terhadap competition rate dan room occupancy hotel lain
10.  Meneliti ketepatan room sales recapitulation, house count sheet, expected arrival dan departure list
11.  Menyiapkan one year reservation
12.  Menangani pemberian discount special rate
13.  Mengarahkan dan mengawasi pelayanan Front Office Cashier
14.  Menyusun rencana anggaran Front Office Departement
15.  Meneliti hasil inventarisasi fisik
16.  Menandatangani store room requisition dan memonitor pengadaannya
17.  Membina hubungan baik dengan tamu – tamu
18.  Membantu kelancaran operasional dari berbagai kegiatan yang ada kaitan kerja dengan Front Office Departement
19.  Melakukan penilaian penampilan kerja karyawan / bawahan langsung dan menyetujui hasil penilaian yang dilakukan oleh bawahan langsung
20.  Memonitor masalah produktivitas kerja dan membuat perencanaan pengembangan personal Front Office Departemen
21.  Menciptakan dan membina suasana kerja yang sehat
22.  Menyelenggarakan briefing dan meeting
23.  Menghadiri rapat management


Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Front Office Manager Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya, Semoga Bermanfaat Bagi yang Membutuhkan dan Jangan Lupa di Share Keteman Kamu yang Lainnya. Trimakasih

Penelusuran yang terkait dengan tanggung jawab front office manager
  • tugas dan tanggung jawab front office manager secretary
  • area kerja assistant front office manager
  • apa tugas dan tanggung jawab recreation manager
  • front office adalah
  • tugas dan tanggung jawab food and beverage manager
  • tugas front office di perusahaan
  • job description front office hotel
  • perbedaan front office dan resepsionis

0 Response to "Pengertian Front Office Manager Beserta Tugas dan Tanggung Jawabnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->