Hubungan Housekeeping Dengan Front Office di Dunia Perhotelan | Materi Perhotelan

Ilmu Perhotelan - Hubungan housekeeping dengan front office ibarat dua sisi mata uang yang tidak mungkin berdiri sendiri, oleh sebab itu hubungan ini menjadi suatu divisi yang disebut Room Division, hubungan kerja tersebut antara lain ; housekeeping mempersiapkan kamar bersih sedangkan front office yang akan menjualnya, front office sebagai central informasi dari tamu kemudian housekeeping sebagai eksekutor di lapangan, dan lain-lain. 

    RuangLingkup Room Division

Rooms Division merupakan sebagai sebuah divisi di hotel yang terdiri gabungan dari  departemen housekeeping dan frontoffice.houseekepping memberikan pelayanan jasa kebersihan, perawatan dan pemeliharaan kamar serta area-area umum di hotel, termasuk penyediaan pencucian pakaian tamu serta pencucian dan pemeliharaan linen yang digunakan oleh departemen lain.Sedangkan departemen front office memberikan jasa pemesanan kamar.



Posisi Kerja Front Office di Industri Perhotelan

  berikut ini mengenai berbagai macam posisi di divisi Front Office.
  1. Greeter and Bell boy
    Seorang Greeter bertugas sebagai penyambut tamu ketika tamu tersebut masuk ke lobby hotel. Kemudian,Greeter ini mengarahkan tamu ke Reception untuk melakukan check in process. Melihat pekerjaan tersebut, posisi lowongan seorang Greeter ini membutuhkan calon pencari kerja yang memiliki kemampuan berbahasa asing secara aktif. Biasanya, tugas seorang Greeter ini merangkap sebagai Bell Boy untuk mengantarkan barang-barang yang dibawa oleh tamu dengan menggunakan Trolley. Nah, disinilah terjadi percakapan dengan para tamu.
  2. Front Desk Attendant /Reception
    Tugas seorang Front Desk Attendant (FDA) atau Reception adalah melayani transaksi check in dan check out tamu hotel dan menerima pembayaran dari tamu. Selain itu, FDA juga sebagai pusat informasi hotel. Seorang FDA akan selalu berkoordinasi dengan staff Housekeeping di dalam mengelola room. Seorang FDA juga harus memiliki kemampuan berbahasa asing secara aktif, memiliki kepribadian yang ramah, suka membantu orang lain dan memiliki ketrampilan komputer yang baik.
  3. Bell Driver
    Tugas seorang Bell Driver ini adalah mengantar dan menjemput tamu hotel ke tempat tujuan dan menjemput tamu dari bandara atau stasiun sesuai dengan reservasi yang dilakukannya. Seorang Bell Driver juga harus memiliki kepribadian yang ramah, gemar membantu orang lain, aktif dalam berkomunikasi, mengetahui tempat-tempat wisata beserta rute dikotanya.
  4. Guest Relation Officer (GRO)
    Tugas seorang GRO ini adalah melayani tamu V.I.P dan tamu V.VIP hotel mulai dari check in hingga tamu VIP tersebut masuk ke dalam kamarnya serta memenuhi kebutuhan tamu V.I.P tersebut selama berada di hotel. Biasanya, posisi GRO ini untuk wanita, tetapi ada juga di beberapa hotel yang mempunyai staff GRO laki-laki. Keahlihan dalam berkomunikasi aktif, hubungan interpersonal yang baik dan menguasai beragam bahasa menjadi kunci sukses untuk Anda menempati posisi ini.
  5. Telephone Operator (Call Center)
    Tugas seorang Call Center adalah menerima dan menjawab telepon hotel yang berasal dari tamu yang ingin melakukan reservasi lewat telepon. Tidak hanya telepon dari tamu saja, melainkan dari semua telepon masuk, kemudian seorang Call center akan menghubungkan telepon masuk tersebut ke departemen yang akan dituju. Setiap malam, tugas Call Center ini adalah merangkum semua aktifitas dan biaya telepon yang masuk dan keluar serta melakukan wake up call kepada tamu-tamu yang telah memesan.
  6. Front Office Admin
    Tugas seorang admin di FO departemen adalah mencakup kegiatan pengadministrasian dokumen, hingga permintaan barang ke Gudang. Seorang admin di FO biasanya merangkap menjadi FDA sesuai kebutuhan dan wewenang dari FO Manager.
  7. Night Audit
    Posisi Night Audit sebenarnya masih menjadi perdebatan karena posisi ini bisa menjadi bagian dari Accounting Department ataupun di Front Office Department. Tugas seorang Nigh Auditor adalah memeriksa dan memverifikasi kesesuaian data yang bersumber dari sistem komputer Front Desk Agent dengan transaksi keuangan. Selain itu, Night Auditor juga menghitung Occupancy bulanan hotel sehingga bisa untuk dijadikan sebagai sumber data bagi General Manager untuk membuat keputusan. Seorang Night Auditor ini bertugas di malam hari setelah Reception melakukan Closing.

Hubungan Housekeeping Dengan Front Office

Hubungan housekeeping dengan front office ibarat dua sisi mata uang yang tidak mungkin berdiri sendiri, oleh sebab itu hubungan ini menjadi suatu divisi yang disebut Room Division, hubungan kerja tersebut antara lain ; housekeeping mempersiapkan kamar bersih sedangkan front office yang akan menjualnya, front office sebagai central informasi dari tamu kemudian housekeeping sebagai eksekutor di lapangan, dan lain-lain. Oleh sebab itu komunikasi yang baik antara housekeeping dengan front office akan memberikan nilai tambah bagi kepuasan tamu.
  • Front Office

Mengirimkan data forecast occupancy yaitu daftar kamar-kamar yang sudah dipesan, atau jumlah kamar yang telah dipesan tamu dalam satu periode, dapat berupa pesanan dalam satu hari, mingguan, bulanan, tiga bulanan bahkan data untuk satu tahun.
  1. Mengirimkan EA rooms atau daftar kamar yang sudah dipesan untuk hari ini.
  2. Mengirim kamar yang diblok untuk VIP.
  3. Memberitahukan setiap pergantian kamar.
  4. Meminta pemasangan extra bed atau baby box.
  5. Memberikan Kamar xpected departure list pada hari ini.
  6. Melaporkan complaint tamu tentang kondisi kamar.
  7. Membantu housekeeping untuk menagih pembayaran barang-barang yang rusak / hilang dari kamar.
  • Housekeeping

  1. Mempersipkan dan membersihkan kamar-kamar yang sudah check out secepatnya agar dapat dijual kembali.
  2. Membuat laporan Room discrepancy.
  3. Menyiapkam kamar-kamar yang EA, VIP.
  4. Membuat housekeeping report.
  5. Memasang Extra bed atau baby box dan menginformasikannya ke front office.
  6. Me-release kamar-kamar yang sudah dibersihkan dengan segera agar dapat kembali dijual.
  7. Memberitahukan kamar-kamar yang status out of order akibat kerusakan ataupun karena program general cleaning dari housekeeping.
  8. Melaporkan penemuan barang tamu yang tertinggal di kamar dan mencatatnya pada Lost and Found log book.
  9. Melaporkan barang hotel yang hilang dari kamar untuk ditagihkan ke tamu tersebut.

Demikian Hubungan Housekeeping Dengan Front Office yang harus kamu ketahui, Semoga Artikel Ini Menambah Wawasan Untuk Kita Semua.

Penelusuran yang terkait dengan Hubungan Housekeeping Dengan Front Office
  • hubungan kerja front office dengan food and beverage department
  • hubungan front office dengan f&b service
  • hubungan masing-masing departemen hotel
  • jelaskan hubungan kerja housekeeping dengan laundry
  • hubungan f.o dengan security
  • perbedaan status kamar antara housekeeping dengan front office disebut
  • seksi dalam front office
  • hubungan hotel dengan housekeeping

0 Response to "Hubungan Housekeeping Dengan Front Office di Dunia Perhotelan | Materi Perhotelan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->