close

Langkah – langkah Making bed Yang Baik Dan Benar

Bed atau tempat tidur di dalam kamar hotel merupakan ‘center point’ yang menjadi titik paling kritis dalam penataan sebuah kamar hotel. Perhatian tamu hotel akan tertuju pada penataan bed atau tempat tidur pada saat pertama kali memasuki ruangan, sehingga diperlukan ketelitian dan kecermatan dalam penataannya.

Di dalam pembahasan kali ini, kita akan mengulas secara singkat tahapan making bed” yang merupakan bagian terpenting dalam pekerjaan seorang housekeeper, khususnya yang bekerja pada bagian Room section sebagai Room Boy atau Room Maid.

Making bed adalah mempersiapkan tempat tidur tamu yang merupakan salah satu tahapan pekerjaan yang paling penting yang harus dikerjakan oleh seorang Room Boy atau Room Maid. Dalam making bed, beberapa aspek penting harus diperhatikan, yaitu; kebersihan, kerapian, keindahan, ketelitian, dan kenyamanan. Tentu saja pengerjaannya harus sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure) yang telah ditetapkan oleh masing-masing hotel.



Dari bermacam-macam teknik penataan tempat tidur pada sebuah kamar hotel, berikut ini secara spesifik akan kita bahas 14 langkah praktis penataan tempat tidur dengan menggunakan ‘blanket system’.




Langkah – langkah secara sederhana Making bed

  • Tarik bed ke belakang satu langkah untuk mempermudah pengerjaan making bed.
  • Striping semua linen kotor secara hati-hati sambil mengecek barangkali ada barang tamu yang tertinggal atau ada linen yang rusak atau terkena noda oleh tamu, kemudian lipat linen kotor tersebut untuk mempermudah penyimpanan di troley ( supaya tidak menumpuk ).
  • Rapihkan bed pad sebelum menebar sheet.
  • Tebar sheet sampai menutupi semua bagian bed dengan rata antara bagian atas, bawah, kanan dan kiri
  • Lipat tiap sisi sheet ke bagian bawah bed dengan membentuk sudut 45 derajat.
  • Tebarkan duvet cover ke atas bed, lalu masukan iner duvet ke duvet cover sampai semua bagian terisi ( tidak ada yang kopong ).
  • Lipat bagian duvet atas selebar pillow.
  • Pasang pillow case ke pillow lalu letakan pillow di bagian atas / kepala bed dengan rapih.
  • Dorong kembali bed ke depan / head board.
 
 
BED ANATOMY (BAGIAN-BAGIAN TEMPAT TIDUR)

Sebelum membahas tentang langkah-langkah kerja di dalam making bed, perhatikanlah bagian-bagian tempat tidur yang tersusun pada gambar bed anatomy dibawah ini.


Bagian-bagian tempat tidur dengan menggunakan blanket system adalah;
a.      Pillow :  Bantal.
b.     Bed Cover : Penutup tempat tidur.
c.     Bed Skirt : Kain di sekeliling frame tempat tidur untuk estetika dan kerapian.
d.    Top sheet : Lapisan linen paling atas.
e.     Blanket : Selimut
f.      2nd sheet : lapisan linen kedua, untuk melapisi blanket.
g.      1st sheet : Lapisan linen pertama yang berfungsi sebagai sprei.
h.     Comforter : Pelapis kasur sekaligus menambah kenyamanan tamu.
i.       Matrass : Kasur


LANGKAH KERJA MAKING BED

Secara praktis making bed dengan blanket system dapat dilakukan dengan menggunakan 14 langkah kerja berikut ini:

  1. Tariklah bed terlebih dahulu untuk menciptakan ruang gerak yang leluasa sehingga tidak mengganggu langkah pengerjaan making bed.
  2. Kumpulkan barang-barang milik tamu yang ada di atas bed dan taruhlah di tempat yang semestinya. Jangan mengembalikan apapun ke dalam almari. Rapikan, letakkan, dan kumpulkan di tempat yang mudah dilihat oleh tamu.
  3.  Periksa kotoran/sampah yang ada di atas dan di bawah bed, lalu buanglah di tempat sampah. Untuk membantu lingkungan, pisahkan sampah sebisa mungkin.
  4. Lepaslah semua linen mulai dari pillow case, top sheet, blanket, serta sheet yang lain, dan letakkan ditempat yang tersendiri.  
  5. Masukkan linen yang kotor kedalam kantong linen kotor yang ada pada trolley cart, lalu ambillah linen yang bersih sesuai yang dibutuhkan.
  6. Periksalah kondisi matress, lalu rapikan bed pad atau comforter, bed skirt, dan pastikan semuanya dalam keadaan bersih. 
  7. Tebarkan sheet pertama sampai seluruhnya membungkus matress. Pastikan lipatan tengah sheet tepat pada bagian tengah bed.  Jika ada noda atau kerusakan pada sheet, segera ganti dengan yang lain.
  8. Tebarkan sheet kedua dengan posisi jahitan menghadap keatas, lipatan tengah sheet tepat pada bagian tengah bed, dan tepian sheet bagian atas tepat di pinggir matress.  Segera ganti dengan sheet yang lain jika ada noda atau kerusakan.
  9. Tebarkan blanket dengan tepian atas turun sekitar 40 cm, atau selebar pillow. Pastikan blanket dalam keadaan bersih.
  10. Tebarkan top sheet hingga menutup blanket dengan tepian atas sekitar 15 cm diatas blanket, kemudian lipatlah masuk ke dalam blanket.
  11. Lipatlah sheet kedua beserta blanket dan sheet ketiga ke arah bawah. Rapikan dan kencangkan semua sheet.
  12. Masukkan sheet ke sisi kanan dan kiri serta sisi bawah bed. Ujung kanan dan kiri bagian bawah dibuat sudut 45'  atau 90'.
  13. Pasanglah pillow case pada pillow, kemudian letakkan pillow di bagian atas bed.  Jika ada dua pillow, pastikan lubang pillow case berada di tengah bed agar lebih rapi.
  14. Tutuplah dengan bed cover dan rapikan. Kemudian dorong dan kembalikan bed ke posisi semula. Lakukanlah pemeriksaan final secara menyeluruh sebelum melakukan pekerjaan kamar yang lain.
Ingatlah bahwa Making Bed adalah practical skill yang artinya memerlukan praktek yang berkelanjutan untuk mencapai hasil yang maksimal sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya.

0 Response to "Langkah – langkah Making bed Yang Baik Dan Benar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->