Hotel Adalah : Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Hotel [ LENGKAP ]

Hotel Adalah : Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Hotel [ LENGKAP ]

Pengertian Hotel

Secara umum, pengertian hotel adalah sebuah tempat untuk bermalam ketika Anda mengunjungi suatu tempat dengan membayar sejumlah uang. Namun, ada beberapa definisi hotel yang lebih rinci, baik berdasarkan peraturan legal maupun menurut para ahli sebagai berikut.

1. Keputusan Menteri Parpostel No. KM 94/HK103/MPPT 1987

Hotel adalah jenis akomodasi yang menggunakan sebagian atau seluruh bagian untuk memberikan jasa pelayanan penginapan, penyedia makanan dan minuman, serta jasa lain bagi masyarakat umum dan dikelola secara komersial.

2. Surat Keputusan Menteri Perhubungan No. PM.10/PW.301/Phb-77

Hotel adalah suatu bentuk akomodasi yang dikelola secara komersial dan disediakan untuk semua orang yang membutuhkan pelayanan penginapan, makan, dan minum.

3. American Hotel & Motel Association

Hotel adalah tempat yang menyediakan penginapan, makan dan minum, serta pelayanan lain yang disewakan kepada para tamu atau orang-orang yang tinggal untuk sementara.

4. Endar Sri, 1996

Hotel adalah bangunan yang dikelola secara komersial untuk memberikan fasilitas penginapan kepada masyarakat umum dengan fasilitas di antaranya pelayanan barang bawaan, makanan dan minuman, fasilitas perabot dan hiasan yang ada di dalamnya, serta jasa pencucian pakaian.

 5. Lawson, 1997
Hotel adalah sarana tempat tinggal umum bagi wisatawan yang memberikan pelayanan jasa kamar, makanan dan minuman, serta akomodasi dengan syarat penggunanya harus membayar.



Fungsi Hotel

  1. Bagi pemiliknya, hotel adalah alat untuk mendapatkan keuntungan finansial serta menyelamatkan dan mengamankan modal yang sudah dikeluarkan untuk membangunnya.
  2. Bagi karyawan, hotel adalah tempat mencari nafkah untuk mendapatkan penghasilan demi pemenuhan kebutuhan hidup yang layak bagi diri dan keluarganya, juga tempat menambah kemampuan dan pengalaman.
  3. Bagi para tamu, hotel berfungsi sebagai tempat menginap sementara yang diharapkan bisa memberikan pelayanan yang nyaman, aman, dan memuaskan.
  4. Bagi pemerintah, keberadaan hotel memiliki fungsi penting untuk menyerap tenaga kerja setempat, menambah pendapatan daerah; dan membantu mempromosikan objek wisata setempat.

Jenis-jenis Hotel

Hotel dilihat dari lokasi hotel
  1. City Hotel : Hotel yang berlokasi di perkotaan, biasanya diperuntukkan bagi masyarakat yang bermaksud untuk tinggal sementara (dalam jangka waktu pendek). City Hotel disebut juga sebagai transit hotel karena biasanya dihuni oleh para pelaku bisnis yang memanfaatkan fasilitas dan pelayanan bisnis yang disediakan oleh hotel tersebut.
  2. Residential Hotel : Hotel yang berlokasi di daerah pinngiran kota besar yang jauh dari keramaian kota, tetapi mudah mencapai tempat-tempat kegiatan usaha. Hotel ini berlokasi di daerah-daerah tenang, terutama karena diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin tinggal dalam jangka waktu lama. Dengan sendirinya hotel ini diperlengkapi dengan fasilitas tempat tinggal yang lengkap untuk seluruh anggota keluarga.
  3. Resort Hotel : Hotel yang berlokasi di daerah pengunungan (mountain hotel) atau di tepi pantai (beach hotel), di tepi danau atau di tepi aliran sungai. Hotel seperti ini terutama diperuntukkan bagi keluarga yang ingin beristirahat pada hari-hari libur atau bagi mereka yang ingin berekreasi.
  4. Motel (Motor Hotel) : Hotel yang berlokasi di pinggiran atau di sepanjang jalan raya yang menghubungan satu kota dengan kota besar lainnya, atau di pinggiran jalan raya dekat dengan pintu gerbang atau batas kota besar. Hotel ini diperuntukkan sebagai tempat istirahat sementara bagi mereka yang melakukan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum atau mobil sendiri. Oleh karena itu hotel ini menyediakan fasilitas garasi untuk mobil.
  5. Mountain Hotel, yaitu hotel yang berlokasi di daerah pegunungan
  6. Beach Hotel, yaitu hotel yang berlokasi di dekat pantai
  7. Bandara hotel : Mereka berada di dekat bandar udara utama, terutama ketika mereka jauh dari pusat perkotaan untuk melayani. Para pelanggan utama penumpang transit masuk atau keluar tanpa waktu yang cukup untuk pindah ke kota dan maskapai penerbangan Crews. Tetap biasanya sangat singkat. Menjadi populer karena kedekatannya dengan bandara dan menyesuaikan layanan mereka kepada pelanggan, khususnya eksekutif.
Berdasarkan Sistem penetapan tarif kamar (room rate)
  • Full American Plan (FAP), yaitu hotel yang menganut sistem dimana harga kamar sudah termasuk tiga kali makan
  • Modified American Plan (MAP), yaitu hotel yang menganut sistem dimana harga kamar sudah termasuk makan dua kali
  • Continental Plan, yaitu hotel yang menganut sistem dimana harga kamar sudah termasuk makan pagi (continental breakfast)
  • Bermuda Plan, hotel dengan sistem harga kamar sudah termasuk makan pagi (American Breakfast)
  • European Plan, yaitu hotel dengan sistem dimana harga kamar tidak termasuk makan (room rate only)
Berdasarkan ukuran dan jumlah kamar
  • Hotel kecil, jumlah kamar sampai dengan 25 kamar
  • Hotel menengah, memiliki jumlah kamar antara 25 sampai 100
  • Hotel sedang, jumlah kamar antara 100 sampai 300
  • Hotel besar, yaitu hotel yang mempunyai jumlah kamar diatas 300
Berdasarkan jenis atau tipe tamu
  • Family hotel, yaitu hotel yang sebagian besar tamunya terdiri dari keluarga
  • Business hotel, sebagian besar tamunya merupakan orang–orang yang sedang melakukan tugas/usaha
  • Tourist hotel, yaitu hotel yang sebagain besar tamunya adalah wisatawan
  • Transit hotel, yaitu hotel yang sebagian besar tamunya adalah mereka yang akan melanjutkan perjalanan (hotel hanya sebagai tempat persinggahan sementara saja)
  • Cure Hotel, yaitu hotel yang sebagian besar tamunya adalah dengan tujuan pengobatan
Segi Jumlah Kamar Hotel
Menurut Tarmoezi (Tarmoezi,2000:3), dari banyaknya kamar yang disediakan, hotel dapat dibedakan menjadi :
a. Small Hotel : Jumlah kamar yang tersedia maksimal sebanyak 28 kamar.
b. Medium Hotel : Jumlah kamar yang disediakan antara 28- 299 kamar.
c. Large Hotel : Jumlah kamar yang disediakan sebanyak lebih dari 300 kamar.

Berdasarkan lama tamu menginap
  • Transient Hotel, hotel dimana para tamunya rata-rata menginap hanya untuk satu atau dua malam
  • Residential Hotel, yaitu hotel dima para tamunya menginap untuk jangka waktu lama, lebih dari satu minggu
  • Semi Residential Hotel, yaitu hotel dimana para tamunya menignap lebih dari dua malam sampai satu minggu
Berdasarkan Disain dan struktur hotel
  • Conventional Hotel, hotel yang bentuknya tinggi bertingkat menjulang ke langit
  • Bungalows, hotel yang bentuknya tidak bertingkat dan setiap bangunan berlokasi menyebar satu dengan yang lain
  • Motor Hotel, hotel yang mempunyai garasi di masing-masing kamar atau kelompok kamar
Berdasarkan lama buka hotel dalam setahun
  • Seasonal Hotel, yaitu hotel yang dibuka hanya untuk waktu-waktu tertentu dalam satu tahun (3 bulan, 6 bulan, 9 bulan)
  • Year Round Hotel, yaitu hotel yang dibuka sepanjang tahun
Berdasarkan tarif hotel
  • Economy Hotel, yaitu hotel dengan tarif yang relatif murah
  • First Class Hotel, yaitu hotel dengan tarif sedang
  • Deluxe Hotel, yaitu hotel dengan tarif mahal
Istilah-istilah hotel lainnya:
  • Guest House, sesuai namanya tempat ini menyerupai rumah dengan beberapa kamar. Beberapa kamar disewakan dengan penggunaan bersama untuk dapur, ruang tamu dan ruang-ruang lainnya. Pemilik rumah ada juga yang tinggal disini.
  • Villa atau Cottage. Secara fisik sebenarnya merupakan hotel dengan beberapa rumah dalam satu kawasan. Bangunan rumah terpisah dari unit lainnya. Lokasinya biasanya tidak berada di kawasan padat. Biasnya menawarkan suasana yang lebih tenang. Layanan kamar disediakan seperti halnya hotel, bahkan untuk villa mewah disediakan petugas tersendiri untuk tiap-tiap unit villa.
  • Homestay. Sebenarnya mirip dengan guest-house hanya biasanya pemilik rumah tinggak bersama tamu. Homestay biasanya dimiliki pribadi.
  • Inn/Lodge. Merupakan penginapan sederhana dan terletak dipinggir kota atau tempat transit. Tidak menyediakan banyak fasilitas.
  • Bed & Breakfast. Adalah hotel dengan fasilitas hanyalah untuk tidur dan sarapan saja. Istilah ini masih kurang populer di Indonesia tetapi di luar negeri sudah banyak digunakan.
  • Budget Hotel. Adalah hotel dengan fasilitas terbatas dan biasanya berada di tengah kota.
  • Hostel. Hotel sederhana yang biasanya digunakan tamu rombongan. Satu kamar bisa diisi 4 orang bahkan lebih. Fasilitasnya sederhana dengan kamar mandi biasanya di luar kamar. Hostel ini yang biasanya digunakan untuk rombongan study-tour.
Jenis-Jenis Kamar Tamu Hotel Menurut Tempat Tidur Yang Ada
  • Single Room : Kamar yang tersedia untuk satu orang penghuni dengan kondisi berisi satu tempat tidur tunggal(single bed). Jenis room seperti ini sudah jarang dan hamper tidak ada di hotel berbintang.
  • Double Room : Kamar yang tersedia untuk dua orang penghuni dengan kondisi berisi satu tempat tidur besar (double bed).
  • Twin Room : Kamar yang tersedia untuk dua orang penghuni dengan kondisi, berisi dua tempat tidur double (twin bed) dan ditempatkan secara terpisah.
  • Standard Room : Kamar yang tersedia untuk dua orang penghuni dengan kondisi, beisi satu tempat tidur double (double bed) atau dua tempat tidur.
  • Superior Room : Kamar standard yang lebih luas atau lebih besar.
  • Deluxe Room : Kamar dengan ukuran
  • Suite Room : Kamar yang tersedia untuk 2/3 atau lebih dengan kondisi berisi dua atau tiga kamar lebih dengan ukuran kamar lebih besar, lebih luas dan lebih lengkap yang dilengkapi dengan fasilitas tambahan seperti ruang tamu, makan, keluarg dan dapur kecil(kitchenette) serta mini bar. Tempat tidurnya etrdapat double bed, twin bed atau bahkan single bed.
  • Presidential. Inilah kamar terluas dibandingkan dengan jenis kamar lainnya. Pada dasarnya ini masuk kategori Suite Room dengan luas dan fasilitas paling lengkap. Kamar jenis ini hampir menyerupai rumah. Tidak semua hotel memiliki kamar jenis ini, hanya hotel-hotel mewah bintang 5 yang menyediakannya, itupun hanya beberapa unit saja. Beberapa hotel menempatkan Presidential Suitenya dekat dengan fasilitas pendaratan helikopter (helipad) dan memiliki pemenadangan terbaik yang dimiliki hotel.

Baca Juga: Pengertian Food & Beverage Service Beserta Tugas Dan Tanggung jawab Masing-Masing Jabatan



Penelusuran yang terkait dengan hotel adalah

  • resort hotel adalah
  • motor hotel adalah
  • pengertian hotel wikipedia
  • hotel adalah sebagian atau seluruh bangunan disewa kepada tamu ditambah dengan layanan
  • sejarah hotel
  • chain hotel adalah
  • klasifikasi hotel
  • transit hotel adalah

0 Response to "Hotel Adalah : Pengertian, Fungsi, dan Jenis-jenis Hotel [ LENGKAP ]"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->