Cara Menangani Kerusakan di kamar dan Gangguan di Kamar Hotel

Admin
0


Kerusakan di kamar

Apabila terjadi kerusakan kamar maka yang harus dilakukan order taker adalah:
  1. Semua informasi tentang kerusakan di kamar dicatat di order taker log book; jam diterima informasi, nomor kamar, jenis kerusakan, pengirim oreder dan nama petugas yang menerima informasi.
  2. Permohonan maaf harus disampaikan kepada tamu.
  3. Apabila peralatan tidak berfungsi dikarenakan rusak, order segera memberi tahukan ke bagian engineering agar mengirim petugas untuk memperbaiki.
  4. Disamping pemberitahuan langsung ke bagian engineering, order taker harus melengkapi order tersebut dengan work order (WO) yang ditanda tangani Executive Housekeeper, kemudian dikirim ke bagian engineering.

Baca Juga: Mengatur Perlengkapan Untuk Tamu atau Prosedur Mengatur Perlengkapan untuk Tamu

Cara Menangani Kerusakan (Malfunction) di Kamar Hotel

cara menangani benda yang mengalami kerusakan (malfunctions).Benda yang malfungsi adalah ketika benda tersebut tidak beroperasi dengan benar, menimbulkan suara yang mengganggu, terlihat berbahaya, rusak, atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.
Sebagai staf Housekeeping, berikut hal-hal yang perlu Kamu lakukan:
  1. Tandai dengan label Out of Order, agar staf dan tamu tidak menggunakannya dahulu karena bisa membahayakan, terutama benda elektronik.
  2. Keluarkan benda yang rusak dari kamar, lalu bawalah benda tersebut ke bagian Engineering agar bisa diperbaiki oleh teknisi.
  3. Hubungi Front Office, karena kondisi malfungsi fasilitas kamar akan mengganggu kenyamanan tamu, maka hubungi Front Office agar kamar tidak dijual dahulu sampai kerusakan diperbaiki.
  4. Tukar benda yang rusak, benda yang rusak bisa ditukar sementara dengan benda dari kamar lain sebagai alternatif atau membeli yang baru.
  5. Pindahkan tamu, apabila kondisi kamar sudah diisi tamu saat kerusakan terjadi, bantulah tamu untuk berpindah kamar dengan membawakan barang-barang mereka.


Gangguan Kamar

Apabila ada laporan tentang kamar maka yang harus dilakukan order taker adalah:
  1. Semua informasi tentang kerusakan di kamar dicatat di order taker log book; jam diterimsnys informasi, nomor kamar, jenis kerusakan, pengirim oreder dan nama petugas yang menerima informasi.
  2. Permohonan maaf harus disampaikan kepada tamu.
  3. Jika gangguan ringan, order taker menginformasikan hal tersebut kepada supervisor untuk ditangani.
  4. Apabila gangguan berat, oerder taker menginformasikan kepada duty manager dan security untuk ditindaklanjuti, dan melaporkan hal ini kepada Exc. Housekeeper.

Baca Juga: Penanganan Kamar Don`t Disturb Untuk Room Attendant
 
Penelusuran yang terkait dengan Cara Menangani Kerusakan di kamar

  • rpp menyediakan layanan housekeeping untuk tamu
  • contoh permintaan khusus tamu hotel
  • percakapan layanan housekeeping
  • prosedur peminjaman barang hotel
  • prosedur penanganan order taker
  • prosedur penanganan extra bed
  • jelaskan langkah-langkah menangani permintaan tamu
  • layanan jasa housekeeping

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close