Tugas Makalah Housekeeping Sekolah Tinggi Pariwisata

Admin
0
Gambar Grand Central Hotel Pekanbaru
Penulis merangkum dari sumber Modul, Housekeeping atau Tata Graha adalah salah  satu bagian atau department yang ada di dalam hotel yang menangani hal berkaitan dengan keindahan, kerapian, kebersihan, kelengkapan dan kesehatan seluruh kamar, juga area- area umum lainnya, agar seluruh tamu maupun karyawan dapat merasa nyaman dan aman berada di dalam hotel. hal yang Housekeeping department juga merupakan bagian rumah tangga hotel yang bertugas membuat perencanaan, perawatan/ pembersihan semua kamar tamu, ruang kantor, lobby,terrace, corridors, lift/ elevator, toilet umum, public space, locker's room, linen dan uniform rooms, halaman, taman, kolam renang dan ruang parkir.Fungsi management secara umum planning. organizing, staffing, leading and
controlling harus diterapkan secara konsisten, demikian pula dimensi - dimensi Total Quality Management dan Total Quality Service di aplikasikan sebagai alat untuk mencapai tujuan organisasi perusahaan tersebut.

Karena berhubung kebetulan penulis menupakan mahasiswa STIPRAM jurusan perhotelan yang mengambil spesialisasi Housekeeping dan pernah magang Housekeeping Department di The Alana Hotel & Convention Center. Maka penulis mempunyai sedikit materi di luar kepala dan paling tidak mengetahui seluk beluk Housekeeping Department. Berikut Tugas Housekeeping Departmen secara umum menurut penulis;

Tugas Housekeeping Deparment:
  1. Menciptakan suasana hotel yang bersih, menarik,nyaman, dan aman.
  2. Memberikan pelayanan di kamar dengan sebaik-baiknya kepada tamu supaya tamumerasa puas saat berkunjung maupun menginap di hotel.
  3. Penyiapan, penataan, dan pemeliharaan kamar-kamar.
  4. Bertanggung jawab atas pemeliharaan kebersihan seluruh outlet dan ruangan umum dihotel.
  5. Melaporkan dan membawa lost and found pada supervisor
  6. Mengenakan seragam hotel,sepatu dan kaus kaki yang ditentukan 

Section dalam Housekeeping

Sebagai department yang memiliki ruang lingkup kerja yang luas, ruang lingkup yang dimaksudkan adalah begitu luas dan banyak area atau ruangan – ruangan yang harus dibersihkan, ditata kenyamanannya, dirawat furniture-furniturenya dan difungsikan sesuai dengan fungsinya. Housekeeping tentunya harus memiliki team yang sesuai dengan kebutuhan system operasional untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Area atau ruangan-ruangan yang merupakan ruang lingkup housekeeping dikelompokan Sebagai berikut;
  • Public Area Meliputi Lobby, Rest Room, Elevator, Mushalla, linen, uniform room, lockers room, basement corridor, area parking, dll.
  • F&B outlet seperti restaurant, bar, meeting room,function room, ballroom,
  • A&G office seperti General Manager, Assistant executive Manager, F&B director,Finance Director, Director of sales and Marketing, Public Relation Manager danruangan executive officer lainnya.
  • Back Office area seperti Human Resourches Training center , Enggineering, Purchasing, Accounting, Cost Control.
  • Floor area seperti guest room, executive launch, pantry area / station floor,corridor, guest landing.
Area - area yang dikelompokan di atas tersebut merupakan area yang harus dirawat, dijaga kebersihannya, ditata untuk kenyamanannya dan mengikuti kaidah GCG ( good corporate governance ), AMDAL (analisis mengenai dampak lingkungan ) dan CSR ( corporate social responsibility ).

Secara garis besar, penulis akan menguraikan section kelompokan seperti di bawah ini : section dalam housekeeping dapat di
A. Floor section
Mainly dalam floor section ini adalah guest room/ Tamu, tentunya dengan tidak mengesampingkan area lainnya seperti corridor, guest landing, executive launch dan pantry area atau station floor.
Guest Room
Guest room adalah Kamar Tamu yang merupakan element yang paling penting dalam
usaha penginapan, apartment , hetel atau sejenisnya. Kebersihan, penataan, penggunaan jenis






Untuk File Nya Silahkan Di Download disini

DOWNLOAD FILE



Penelusuran yang terkait dengan makalah housekeeping
  • contoh makalah perhotelan
  • pengertian housekeeping
  • artikel tentang housekeeping
  • contoh judul karya tulis housekeeping
  • materi housekeeping
  • bahan pembersih housekeeping
  • belajar housekeeping
  • istilah housekeeping

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close