Makalah Tentang Bahan Pembersih Yang Digunakan di House keeping Department

Admin
0
Gambar BATIQA Hotel Pekanbaru

BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Hotel adalah bangunan megah dan mahal,padahal tidak semua demikian ada banyak hotel yang murah dan terjangkau. Hotel berasal dari kata hostel, konon diambil dari bahasa perancis kuno yang artinya penampungan buat pendatang atau bisa juga ”bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum”. Hotel harus mampu memberikan pelayanan secara maksimal dan memuaskan kepada tamu. Dari berbagai pendapat mengenai hotel dapat disimpulkan,hotel adalah badan usaha akomodasi atau perusahaan yang menyediakan pelayanan bagi masyarakat umum dengan fasilitas jasa penginapan,penyediaan makanan dan minuman, jasa layanan kamar serta jasa pencucian pakaian. Fasilitas ini diperuntukan bagi mereka yang bermalam di hotel tersebut ataupun mereka yang menggunakan fasilitas tertentu yang dimiliki di hotel itu.
Dalam hotel tentu banyak department yang mendukung segala kegiatan yang ada didalamnya , adapun department tersebut yaitu kantor depan ,food and baverage, HK department,engineering department ,HRD, accounting department semua bagian itu sesuai dengan besar kecilnya hotel tersebut ,seluruh department ini saling mendukung dan berhubungan satu sama lain. Dari seluruh department ini tentunya memiliki fungsi kerjanya masing-masing ,namun dari berbagai department itu yang banyak memiliki peranan penting adalah house keeping department.
Housekeeping Departement adalah salah satu departement yang berada disuatu hotel yang mengutamakan kelengkapan, kebersihan kamar, keselamatan, kelestarian lingkungan di areal hotel, baik operasional maupun administrasinya. House keeping department dapat diartikan sebagai suatu department yang berdiri sendiri dan memiliki tugas dan peranan sangat penting dalam sebuah hotel,yang bertugas menjaga kebersihan keseluruhan hotel. House keeping department terdiri dari seksi-seksi. Pada setiap seksi mengemban tugas dan fungsi masing-masing. Dalam melaksanakan tugasnya,seksi yang ada harus saling menjalin kerjasama yang sehat maka akan dapat tercipta suasana kerja yang dinamis dan kondusif. Seksi-seksi department house keeping yaitu room section,public area,laundry,florist,gardener,linen and uniform. Di setiap section tentunya memiliki bahan-bahan pembersih sendiri untuk melakukan setiap tugas dari setiap section yang ada di house keeping. Bahan pembersih ini tentunya sangat memiliki peran yang sangat penting bagi petugas house keeping dalam membantu dan memudahkan setiap pekerjaan petugas house keeping.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan Latar belakang yang telah dijelaskan diatas, maka dapat ditarik kesimpulan untuk dijadikan Rumusan Masalah sebagai berikut :
  1. Apa yang dimaksud dengan bahan pembersih?
  2. Bahan pembersih apa saja yang di gunakan di house keeping?
  3. Apa saja chemical-chemical yang digunakan dalam housekeeping?
  4. Bagaimana fungsi bahan pembersih di house keeping?

1.3  Tujuan Masalah
Didalam membuat sebuah makalah, tentunya terdapat tujuannya. Adapun tujuan masalah dari makalah ini antara lain :
  1. Untuk mengetahui pengertian dari bahan pembersih.
  2.  Untuk mengetahui bahan pembersih yang di gunakan di housekeeping.
  3. Untuk mengetahui chemical-chemical yang digunakan dalam housekeeping
  4. Untuk mengetahui fungsi bahan pembersih di  housekeeping.

1.4  Manfaat
Selama pembuatan makalah ini, penulis merasakan bahwa ada banyak manfaat yang bisa didapat baik untuk penulis maupun pembaca. Adapun manfaat penulisan makalah ini adalah sebagai berikut :
1.4.1  Manfaat bagi penulis :
  1. Penulis mendapatkan banyak informasi mengenai pengertian dari bahan pembersih.
  2. Penulis dapat berbagai informasi serta pengetahuan yang didapat kepada pembaca.
  3. Penulis mampu memberikan informasi tentang Bahan pembersih yang di gunakan di house keeping department kepada pembaca sehingga dapat dijadiakan sebuah pedoman oleh pembaca yang memiliki keterarikan akan dunia pariwisata utamanya perhotelan.
1.4.2   Manfaat  bagi pembaca
Manfaat yang dapat dirasakan oleh pembaca makalah ini adalah sebagai berikut :
  1.  Melalui makalah ini, pembaca jadi lebih mengetahui pengertian dari bahan pembersih.
  2. Pembaca mendapatkan pengetahuan lebih seputar dunia perhotelan yang dibahas secara sederhana didalam makalah ini.





Untuk File Nya Silahkan Di Download disini

DOWNLOAD FILE



Penelusuran yang terkait dengan makalah housekeeping
  • contoh makalah perhotelan
  • pengertian housekeeping
  • artikel tentang housekeeping
  • contoh judul karya tulis housekeeping
  • materi housekeeping
  • bahan pembersih housekeeping
  • belajar housekeeping
  • istilah housekeeping

Post a Comment

0Comments
Post a Comment (0)
close