Terminologi Atau istilah-istilah Hotel pada Food & Beverage Secara Lengkap

Food and beverage merupakan istilah bahasa ingris yang memiliki arti makanan dan minuman. Dua istilah ini, dijadikan sebagai satu layanan eksklusif pada sebuah tempat publik yang fungsinya memang tidak lepas dari istilah awalnya yaitu untuk melayani makan dan minum.
Food and bevereve adalah pelayanan makanan dan minuman di sebuah hotel atau penginapan. Tujuannya adalah supaya kebutuhan makan dan minum konsumen menjadi terpenuhi.
Dengan adanya food and beverage ini, sarana dan prasarana hotel terlihat lengkap, sistematis dan kompak. Sehingga konsumen merasa dilayani dengan baik sehingga ada indikasi di kesempatan berikutnya si konsumen akan memilih hotel yang sama sebagai tempat menginap.
Nah, dari narasi diatas, bisa kami tarik kesimpulan kalau food and beverage merupakan layanan di dalam sebuah hotel yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan makan dan minum konsumen dengan cara sistematis sehingga konsumen merasa puas dan bersedia menjadi pelanggan tetap dan setia.


Baca Juga:  Terminologi Atau istilah-istilah Hotel pada Human Resources Department ( HRD ) Secara Lengkap

 Alasan Food & Beverage

Munculnya layanan food and beverage disebabkan berbagai alasan. Ada alasan prinsipil sebagai pemenuhan hak hak manusia, ada juga karena alasan bisnis yang berhubungan dengan mencari profit sebesar besarnya. Berikut ini kami list alasan alasan diadakannya layanan food and beverage, yaitu :
  1. Manusia Membutuhkan Makanan dan minuman yang enak dan bersih
  2. Mencari Profit Besar Dari Berbagai Layanan yang Disediakan
  3. Menarik minat pelanggan dari sistematisasi layanan hingga menu yang disajikan
  4. Membantu pelanggan menggunakan waktunya lebih efektif dan efisien
  5. Membuka lapangan kerja untuk masyarakat sekitar
  6. Bersaing sehat dengan pengusaha hotel atau penginapan yang lainnya

Tujuan Food & Beverage

Dibuatnya layanan food and beverage bukan tanpa sebab. Tetapi disana ada tujuan yang harus dicapai yang puncak dari tujuan tersebut adalah keuntungan sebesar besarnya dalam waktu yang secepat cepatnya. Baik yang berupa keuntungan finansial maupun keuntungan psikologis pemilik hotel atau si pengelolanya.
Ini dia tujuan tujuan dibuatnya layanan food anda beverage, yaitu :
  1. Hotel Terkenal hingga ke Mancanegara
  2. Konsumen merasa puas dan senang
  3. Hotel sering dijadikan rujukan penginapan terbaik
  4. Pelayan hotel banjir tip dan pujian
  5. Modal pendirian usaha bisa balik dengan cepat
  6. Merajai usaha penginapan di Indonesia
Tujuan tujuan tersebut bisa terlaksana jika layanan food and beverage nya bekerja dengan baik. Jika tidak, justru efek sebaliknya bisa dirasakan oleh hotel tersebut seperti :
  1. Kehilangan nama Baik
  2. Ditinggalkan oleh konsumen
  3. Mendapatkan kritik keras dari konsumen
  4. Tersingkir dari Persaingan dengan usaha perhotelan lainnya
  5. Hotel selalu mendapat kerugian yang besar


Terminologi Atau stilah-istilah Hotel pada Food & Beverage


  1. Ala Carte  - Daftar menu lengkap, pemesan dapat memilih beberapa hidangan saja atau hidangan disajikan secara lengkap namun dibayar hanya yang dimakan/ di minum, hidangan lain yang tidak dimakan/ diminum tidak dihitung
  2. American Breakfast - Makan pagi (sarapan) gaya Amerika, berupa makanan dari telur dan roti serta irisan – irisan daging dengan porsi kecil
  3. American Plan - Sistem pembayaran sewa kamar hotel yang sudah termasuk biaya makan tiga kali sehari, dengan sajian table d’hote. Di daratan Eropa cara ini seperti ini disebut full pension
  4. Aperitif - Hidangan menggugah nafsu makan, makanan/ minuman pembangkit nafsu makan, misalnya sop panas
  5. Apetiser (Appetizer) - Makanan pembuka dalam European Standard Course untuk menimbulkan nafsu makan. Apetiser dapat berupa dingin atau panas.
  6. Au Gratin - Makanan yang dihidangkan dengan bubuk keju kemudian dipanaskan dalam oven
  7. Back of The House - Hotel bagian belakang, bagian hotel yang tidak langsung berhubungan dengan tamu, misalnya ruang dapur
  8. Bacon Fat - Lemak babi, diambil dari bagian perut
  9. Bain Marie  - Tempat pemanas makanan dengan penguapan
  10. Banquette (Banket) - Jamuan pesta yang diadakan di hotel, dengan penghidangan makanan dan minuman di ruang – ruang khusus
  11. Bar - Kedai atau restoran yang hanya menyediakan minuman beralkohol kadar tinggi untuk umum/ tamu hotel
  12.  Barbeque - Daging panggang dengan menggunakan alat tertentu, misalnya kambing guling (dibakar di atas api sambil di putar perlahan – lahan & diberi bumbu)
  13. Bartender  - Pramusaji minuman di bar, dan meramu minuman pesanan para tamu di bar
  14. Beverage (minuman non alkohol) - Minuman yang tidak mengandung alkohol, misalnya terbuat dari jenis minuman yang lembut (soft drink): Coca Cola, Pepsi, Cola, Sprite, Fanta, Sari buah    (nenas, jeruk, alpokat, tomat dan lain-lain), teh dalam botol, jahe dalam botol, teh panas, kopi panas, es teh, coklat dan sebagainya.
  15. Breakfast  - Waktu makan pagi (sarapan)
  16. Brunch - Waktu makan antara makan pagi dan makan siang         
  17. Buffet - Sistem pelayanan hidangan yang disajikan di meja besar, dan tamu dipersilakan memilih sendiri hidangan yang disukainya. Di Indonesia lebih dikenal dengan istilah prasmanan.
  18. Chef -  Kepala dapur di hotel atau di restoran.
  19. Chiller - Lemari pendingin dalam ukuran yang besar
  20. Cocktail - Minuman hasil ramuan dari dua atau lebih jenis-jenis    minuman beralkohol (liquor dicampur dengan sampanye atau dengan alacoholic drinks lainnya).
  21. Coffee Shop - Restoran yang menyediakan hidangan-hidangan ringan   dan cepat dengan peralatan sederhana. Untuk teman   minum kopi panas biasanya juga disediakan sandwich,   hamburger, snack dan lain-lain.
  22. Complimentary - Cuma-Cuma, misalnya makanan yang disajikan tanpa dipungut bayaran, atau pemakaian kamar tanpa dipungut bayaran.
  23. Continental Breakfast - Menu sarapan dengan gaya kontinental terdiri dari minuman (kopi, coklat, susu atau teh) panas yang disajikan bersama roti bakar dan selai (nanas, strawberry, jeruk, dll.) continental breakfast gaya Belanda atau Norwegia, selain dihidangkan di atas, ditambah lagi dengan hidangan keju dan daging/ikan dingin.
  24. Continental Plan  - Tarif hotel dengan makan pagi, maksudnya tarif yang dikenakan terhadap yang menginap di hotel tersebut sudah termasuk untuk makan pagi
  25. Cover Charge - Biaya yang dikenakan kepada setiap pengunjung yang akan memasuki suatu ruangan untuk menikmati pertunjukan yang diselenggarakan di tempat tersebut, misalnya: night club, discotheque dan theatre. Cover charge tidak termasuk biaya untuk makanan/minuman yang disajikan selama menonton acaranya.
  26. Croissant - Roti yang berbentuk tapak kuda, seperti lambang huruf Omega
  27. Crountons - Potongan roti yang dibakar atau digoreng dengan mentega untuk pengiring makan Sop panas           
  28. Dessert  - Hidangan berupa makanan pencuci mulut, misalnya: buah-buahan segar.
  29. Dinner - Santap malam dalam hidangan European Standard Course.
  30. Door Knob Menu - Daftar menu yang digantungkan di pegangan pintu, tempat tamu mengisi daftar makanan yang dipesannya untuk makan pagi, kemudian petugas malam menyerahkannya kepada bagian persiapan hidangan (food & beverage manager).
  31. Draught Beer - Bir yang dihidangkan dari tong khusus dan dituangkan ke dalam gelas dengan pompa yang dipasang di counter.
  32. Dressing  - Bumbu pengiring (misalnya untuk menghidangkan tomat belah dan roti dadu goreng)
  33. Entree - Hidangan utama (main course) dalam suatu penyajian European Standard Course.
  34. European Plan - Tarif yang dipasang untuk sewa kamar saja. Tarif untuk makanan&minuman dikenakan tersendiri, berdasarkan pesanan.
  35. Fruit Basket - Buah-buahan yang diberikan secara gratis untuk tamu yang mendapat perlakuaan khusus
  36. F&B COST - Perbandingan prosentase antara biaya bahan mentah       dengan harga jual makanan dan minuman. Pihak hotel    berusaha memasang tarif yang sesuai dengan jumlah/ kalkulasi biaya penyediaan bahan ditambah dengan keuntungan.
  37. Garnish  - Menghias, misalnya menghias kue, es krim, cocktail untuk disajikan kepada para tamu.
  38. Gastronomy - Hal makan enak, ilmu tentang pengetahuan mengolah hidangan yang lezat.
  39. Gastronomist - Ahli gastronomi, orang yang suka makan enak, orang yang pandai menyusun hidangan lezat
  40. Groceries - Katagori makanan dalam kemasan (kering)
  41. Gourmet - Orang yang suka makan enak
  42. General Store - Gudang umum, tempat penyimpanan kebutuhan-kebutuhan hotel yang bersifat umum, termasuk suku cadang mobil milik hotel tersebut.
  43. Half Board - Penginapan yang sudah termasuk biaya untuk makan pagi dan makan siang atau makan malam.
  44. Hors D’oeuvre - Hidangan pembuka.
  45. Hotel - Tempat penginapan yang ditangani secara komersial, dengan menyediakan fasilitas akomodasi yang memadai beserta hidangan dan pelayanan yang baik.
  46. Hotel Arcade - Bagian hotel yang disewakan kepada suatu perusahaan (shopping arcade) dalam suatu perusahaan dalam jangka panjang yang digunakan untuk kantor, toko, biro jasa, dsb.
  47. Liqueur - Liquour dengan rasa manis.
  48. Liquor - Minuman beralkohol kadar tinggi (brendi, wiski).
  49. Lunch - Waktu makan siang
  50. Menu Ala Carte - Daftar hidangan yang disetai harga tiap-tiap hidangan sehingga tamu dapat memilih hidangan sesuai keinginan dan kemampuan
  51. Minestrone - Sop khas Italia
  52. Minuman Campuran (Mixed Drink) - Jenis minuman hasil campuran liquor dengan beverage
  53. Omelette - Telur dadar, telur yang digoreng setelah dikocok dan dibumbui secukupnya
  54. Sunny Side up - Telur mata sapi
  55. Supper - Waktu santap malam yang agak larut (jam 23.00)
  56. Supper Club - Restoran yang dibuka pada malam hari untuk melayani tamu-tamu yang ingin santap malam. Biasanya supper club menyajikan hiburan berupa musik, peragaan busana, dansa bersama dengan iringan musik yang sudah diatur sehingga fungsinya mirip dengan night club.
  57. Pantry - Ruang dapur hotel yang digunakan untuk menyiapkan makan pagi
  58. Pastry - Hal-hal yang berkaitan dengan kue (tempat pengolahan kue, kue-kue kecil, seksi pengolahan kue)
  59. Perishable - Bahan makanan yang mudah rusak, misalnya kol, daging, susu segar, ikan 
  60. Poached Eggs - Telur yang dipecah kemudian dimasukkan ke dalam air mendidih dan dimasak lagi sebentar, sehingga putih telur matang menggulung kuning telur yang masih setengah matang
  61. Room Service - Hidangan makanan & minuman yang dikirim kekamr sesuai dengan pesanan pada jam-jam yang telah ditentukan. Ada hotel yang siap melayani tamu selama 24 jam untuk room service ini.
  62. Russian Service - Pelayanan gaya Rusia / Soviet yakni tamu-tamu siap duduk dikursi masing-masing kemudian pramusaji menghidangkan makanan & minuman dengan platter, tamu baru dipersilahkan mengambil sendiri-sendiri hidangan yang disukai.
  63. Table D’hote - Suatu menu dengan sajian yang lengkap dan pasti. Bila tamu menginginkan tambahan hidangan akan dikenakan tambahan biaya secara tersendiri.
  64. Water Goblet - Gelas untuk menyajikan air putih.
  65. Welcome Drink - Minuman yang diberikan secara gratis pada saat tamu dalam proses Check In.
  66. Wine Basket - Keranjang anggur, keranjang yang digunakan untuk menghidangkan anggur.
  67. Wine Cellar - Gudang bawah tanah untuk menyimpan minuman anggur.
  68. Wine Cooler - Tempat pendingin anggur.
  69. outh Hostel - Sejenis sarana akomodasi untuk remaja dan para wisatawan yang berkantong tipis untuk dapat dinikmati fasilitas pelayanan yang memuaskan dengan biaya murah.

Baca Juga: Terminologi Atau istilah-istilah Hotel Pada Engineering Secara Lengkap



Penelusuran yang terkait dengan Food & Beverage

  • food and beverage service department
  • fungsi food and beverage service
  • ilmu food and beverage service
  • download buku food and beverage service
  • ruang lingkup food and beverage
  • materi food and beverage service pdf
  • tugas food and beverage service
  • f&b service knowledge

0 Response to "Terminologi Atau istilah-istilah Hotel pada Food & Beverage Secara Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->