close

Materi Bar Operations Meliputi Sejarah Bar, Fungsi, Pengaturan Tata Ruang Bar / Lay out dan Macam-macam Bar

Macam-macam Bar

Sejarah Bar

  • Para ahli mengatakan bahwa kata bar berasal dari kata barrier yang berarti penghalang.
  • Yang dimaksudkan adalah bahwa para tamu yang datang untuk membeli dan menikmati minuman dengan petugas peramu – pencampur minuman dibatasi oleh suatu penghalang yang lazim disebut bar counter, sehingga para tamu tidak bebas masuk ke tempat petugas berada. Arti counter sendiri adalah meja penghalang yang membatasi dua ruangan, yaitu ruangan dimana petugas bar bekerja dengan ruangan tempat para tamu duduk santai sambil menikmati minuman yang disuguhkan.
  • Istilah bar mula – mula dikenal di Amerika Utara pada abad XVI. Sekarang istilah itu menjadi popular diseluruh dunia.


Pengertian Bar

Bar adalah suatu tempat yang menyediakan/menjual minuman beralkohol maupun tidak beralkohol yang dilengkapi dengan fasilitas pendukung terdapat didalam hotel maupun diluar hotel yang di organisasikan secara profesional dan komersil/profit oriented

Fungsi Bar

  • Sebagai fasilitas pelengkap bagi para tamu yang berkunjung, yang kadang – kadang dioperasikan bersama – sama dengan restoran, Room Service.
  • bar juga merupakan pemasok pendapatan dan keuntungan yang cukup besar bagi Hotel

Bar dilihat dari Fungsi

  1. Service Bar adalah bar yang pada umumnya terletak dalam sebuah Hotel, dimana dalam pelayanannya Bartender tidak langsung berhubungan dengan para tamu. Pesan minuman dilakukan lewat waiter.Bar ini hanya berfungsi melayani pesanan minuman lewat restaurant, maupun dari Room Service.
  2. Public Bar adalah bar yang terdapat dalam sebuah Hotel maupun diluar Hotel ( Berdiri Sendiri ), lokasinya terlihat oleh tamu, tamu dapat bertemu dan pesan minuman kepada bartender. Di bar ini disediakan meja dan kursi sebagaimana layaknya sebuah restoran. Para petugas  bar mempunyai kesempatan untuk berkemunikasi secara langsung dan akrab dengan tamu.

Pengaturan Tata Ruang Bar / Lay out

  • Bar Counter
    Yaitu suatu penghalang bagian depan yang fungsinya sebagai     pemisah     antara tamu dengan pekerja bar dan biasanya dilengkapi     dengan Bar Stools (kursi tinggi) didepannya, untuk para tamu yang     duduk. Tinggi Bar Counter yang ideal sekitar 110 cm.
  • Space
Banyak bar yang mempunyai Space (jarak) terlalu keci. Yang ideal adalah antara Bar Counter dengan Back Cupboard / Back Wall adalah 100 125 cm ini memudahkan jangkauan Bartender untuk mengambil sesuatu untuk keperluan operation seefisien mungkin.
  • Flooring (lantai)
Bahan yang terbaik untuk lantai adalah yang mudah dibersihkan dan dikeringkan serta tidak licin, untuk menghindari kecelakaan kerja pada saat operation.
  • Back Wall / Bar Display
Yaitu bagian yang berada di belakang counter yang berfungsi sebagai tempat menaruh dan memajang minuman (bottle display) serta gelas-gelas dengan pengaturan yang menarik dan atraktif.
  • Glass Display / Hanger
Letaknya biasanya diatas counter, yang mana fungsinya untuk memajang (mendisplay) gelas. Biasanya hanya untuk gelas yang berkaki (stem glass), dimana gelas-gelas berkaki tersebut di gantung di hanger.

  • Cocktail Station / Speed Rack
Yaitu tempat untuk menyimpan jenis minuman yang akan dijual. Pada umumnya adalah jenis Pouring Brand, serta dilengkapi dengan te,pat untuk menaruk juice, ice cube, garnish and sink untuk mencuci gelas, peralatan bar dan untuk mencuci tangan.
  • Sink / Plumbing
Yaitu tempat untuk mencuci gelas serta perlatan bar yang kotor. Penempatannya biasanya disudut bar agar tidak terlihat oleh tamu yang duduk di counter.
  • Drawer / Kabinet.
Yaitu tempat menyimpan stock minuman, barang-barang groceries dan keperluan lainnya setelah bar tutup.
  • Chiller / Refrigeration
Yaitu tempat menyimpan minuman yang perlu didinginkan seperti : Beer, Wine, Champegne, milk serta buah-buahan.
  • Cashier Desk
Yaitu ruangan dimana cashier membuat check atau bill, menerima pembayaran, dan mengerjakan tugas-tugas lainnya. Cashier Desk biasanya didalam Bar Counter ataupun berada di Hall area

Macam-macam Bar

  1. Tavern : istilah untuk sebuah Hotel kuno yang masih dipergunakan untuk sebuah tempat yang menyajikan minuman beralkohol, biasanya di tempat kediaman atau daerah lingkungan industri.
  2. Night Club : sebuah tempat baik yang ada diluar maupun didalam Hotel yang diorganisasikan secara komersil, dimana disajikan minuman beralkohol dan juga makanan, makan malam dengan pelayana prima, dekorasi mewah, diiringi musik / hiburan lain yang disediakan bagi para tamu yang ingin menikmati kehidupan malam.
  3. Poll side Bar : Bar mini yang berlokasi di area kolam renang, disediakan bagi para pengunjung kolam renang, yang menyajikan makanan kecil ( snack dan sandwich ) serta minuman ringan. Seperti soft drink, beer, teh, kopi, susu, dan juga bermacam – macam ice cream. Tidak menjual minuman berkadar alcohol tinggi.
  4. Expresso Bar : Bar ini juga terdapat di pelabuhan – pelabuhan udara dan laut, yang menjual berbagai macam minuman. Di sini justru yang ditekankan adalah penjualan kopi dan ice cream.
  5. Restoran dan bar : Biasanya terdapat di kota – kota besar, bentuk dan situasinya seperti sebuah restoran, peralatannya lebih lengkap dan mewah. Ada piano dan bas gitar untuk mengiringi tamu yang tengah makan dan minum. Persediaan minumannya lengkap, terutama wine dan champagne.
  6. Main Bar : Bar utama dengan tempat tersendiri, biasanya ruangannya tertutup, dilayani oleh petugas bar sendiri ( bar waiter dan bar waitress ). Petugas dapat berdialog secara langsung dan akrab dengan para tamu, bar seperti ini merupakan tempat informasi atau sales information secara langsung.Tamu dapat menikmati minuman secara rileks karena tempat dan penerangannya sengaja dibuat redup, romantis, sambil menikmati musik.
  7. Cocktail Lounge : disebut juga Lounge Bar. Pada umumnya tempatnya luas memanjang. Lingkungannya lebih nyaman daripada bar biasa. Tamu – tamu dilayani petugas bar, seperti bar waiter,bar waitress dan kadang – kadang bartender sendiri.
  8. Portable Bar : Bar ini sangat praktis karena dapat dipindah – pindah terutama untuk garden party, room cocktail party,  barbeque, out side catering, dll ( keperluan Event)
  9. Home bar atau Private bar : Bar yang terdapat di sebuah rumah/tempat. Dimana tidak semua tamu dapat datang dan menikmati.



Penelusuran yang terkait dengan Materi Bar
  • bagian bagian bar
  • tugas bar back
  • tugas bar captain
  • pengertian bar stool
  • bar knowledge spirit
  • sunken bar adalah
  • tugas dan tanggung jawab bartender
  • tempat garnish bar
  • Pengetahuan Bar - Bar knowledge 

0 Response to "Materi Bar Operations Meliputi Sejarah Bar, Fungsi, Pengaturan Tata Ruang Bar / Lay out dan Macam-macam Bar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->