Makalah Ekonomi Sektor Pariwisata Dengan Tema Berdikari Dalam Bidang Ekonomi


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Dalam konteks berdikari dalam bidang ekonomi, Bung Karno menyatakan bahwa “bangsa Indonesia harus bersandarpada kekuatan, dana, tenaga yang memang sudah dimiliki dan sudah ditangan kita yang digunakan semaksimalnya untuk kemakmuran rakyat”. Dalam rancangan pembangunan ekonomi yang termanifestasi dalam Deklarasi Ekonomi (Dekon), Bung Karno menempatkan kedudukan rakyat sebagai sumber daya sosial dan sumber daya ekonomi dalam pembangunan. Dalam konteks tersebut sudah dinyatakan oleh pemangku kekuasaan pertama di Indonesia yaitu presiden soekarno bahwa bangsa Indonesia harus bersandar pada kekuatan, dana dll agar digunakan untuk memakmurkan rakyatnya akan tetapi pada kenyataannya masih banyak rakyat Indonesia yang hingga hari ini hidup di bawah garis kemiskinan. Pembangunan yang tidak merata, terlebih di daerah perbatasan. Dominasi penguasaan sumber daya alam yang memiliki nilai ekonomi yang strategis dimiliki oleh warga asing, juga kesenjangan kemakmuran yang hanya dinikmati oleh segelintir orang. Berkedaulatan secara ekonomi, sekali lagi solusinya adalah keberanian pemimpin ini untuk bersikap tegas.

    Dalam era globalisasi saat ini yang kian hari kian bertambah rumit apalagi jika bercermin dalam perekonomian Indonesia yang semakin mencekik masyarakatnya. Sektor pariwisata merupakan salah satu industri terbesar dan terkuat dalam pembiayaan ekonomi global. Sektor pariwisata ini akan menjadi salah satu pendorong utama perekonomian dunia karena dilihat dari beberapa keutungan salah satunya dapat memberikan devisa yang cukup besar bagi berbagai negara,memperluas lapangan kerja dan memperkenalkan budaya. Dalam pengembangan pariwisata yang telah dilakukan oleh pemerintah maupun swasta sudah meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan. Kedatangan para wisatawan akan merangsang masyarakat ddalam berbagai aspek, dan merupakan sebuah keuntungan bagi masyarakat sekitarnya. Maka makalah ini mencoba untuk mengulas tentang ekonomi disektor pariwisata yang mana merupakan salah satu keuntungan bagi perekonomian negara khususnya bagi indonesia yang memiliki banyak tempat yang dapat dijadikan sektor pariwisata.




BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian Pariwisata
Pengerian pariwisata secara Etimologi, pariwisata berasal dari dua kata yaitu “ pari” yang berarti banyak atau berkeliling, sedangkan pengertian wisata berarti “pergi”. Dalam kamus besar Indonesia pariwisata adalah suatukegiatan yang berhubungan dengan perjalanan rekreasi. Sedangkan pengertian secara umum pariwisata merupakan suatu perjalanan yang dilakukan seseorang untuk sementara waktu yang diselenggarakan dari suatu tempat ke tempat lain dengan meninggalkan tempat semula dan dengan suatuperencanaan
Adapun pengertian  pariwisata menurut para ahli yaitu:
  1. Menurut UU No.10/2009 tentang kepariwisataan, yang dimaksud dengan pariwisata adalah berbagai macam kegiatan wisata dan didukung oleh berbagai fasilitas serta layanan yang disediakan masyarakat, pengusaha, pemerintah, dan pemerintah daerah.
  2. Koen Meyers (2009) pariwisata adalah aktivitas perjalanan yang dilakukan oleh semntara waktu dari tempat tinggal semula ke daerah tujuan dengan alasan bukan  untuk menetap atau mencari nafkah melainkan hanya untuk memenuhi  rasa ingin tahu, menghabiskan waktu senggang atau libur serta tujuan-tujuan lainnya.
  3. Suwantoro (1997) , pariwisata adalah suatu proses kepergian sementara dari seseorang atau lebih menuju tempat lai dari luar tempat tinggalnya karena suatu alasan dan bukan untuk melakukan kegiatan yang menghasilkan uang.
  4. James J. Spillane, pariwisata adalah kegiatan melakukan perjalanan dengan tujuan untuk mendapatkan kenikmatan, mencari kepuasan, mengetaui dsesuatu, memperbaiki kesehatan, menikmati olahraga atau istirahat, menunaikan tugas, dan berziarah.
  5. Soekadijo (1996), pariwisata adalah gejalayang komples dalam masyarakat, di dalamnya terdapat hotel, objek wisata, souvenir, pramuwisata, angkutan wisata, biro perjalanan wisata, rumah makan dan banyak lainnya.
  6. Drs. E.A.Chalik, pariwisata adalah perjalanan yang dilakukan secara berkali-kali atau berkeliling.


File Lengkapnya




File Lengkapnya Bisa Di Download di Bawah Ini:

Download File PDF/Docx



Penelusuran yang terkait dengan makalah pariwisata
  • makalah pariwisata lombok
  • makalah pariwisata jawa tengah
  • makalah pariwisata bali
  • judul makalah tentang pariwisata
  • makalah pariwisata jakarta
  • makalah pariwisata malang
  • makalah pariwisata makassar
  • makalah pariwisata bahari

0 Response to "Makalah Ekonomi Sektor Pariwisata Dengan Tema Berdikari Dalam Bidang Ekonomi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!-- Composite Start -->